Menentukan Bagian Teks UNBK Bahasa Indonesia Kelas 9

ilmubindo.com_ Jenis-jenis teks yang secara umum dikenal antara lain deskripsi, laporan, prosedur, eksposisi, eksplanasi, ulasan, biografi, diskusi, fabel, tantangan, eksemplum, tanggapan kritis, rekaman percobaan, dan lain-lain. Jenis-jenis teks tersebut mempunyai struktur yang berbeda. Struktur teks merupakan tata organisasi teks.

Contoh Soal
1. Cermatilah kutipan teks laporan berikut.
Kebersihan lingkungan tidak sulit untuk diterapkan apabila kita membiasakan hidup bersih dan sehat. Budaya hidup yang bersih dan sehat akan mendatangkan manfaat bagi manusia. Kita dapat menjalankan aktivitas hidup yang sehat, produktif, dan pada gilirannya mengapai kesuksesan. 

Struktur teks laporan tersebut adalah ....
A. definisi umum
B. deskripsi bagian
C. definisi bagian
D. deskripsi manfaat

Menentukan Bagian Teks UNBK Bahasa Indonesia Kelas 9
www.ilmubindo.com

2. Cermatilah kutipan teks eksposisi berikut.
Temulawak adalah tumbuhan herbal yang berasal dari Indonesia. Habitat tanaman ini berada di hutan tropis. Tumbuhan ini mampu hidup di daratan yang rendah secara baik. Tumbuhan ini memiliki kandungan minyak asiri, kurkumin, dan zat tepung.

Struktur teks eksposisi tersebut adalah ....
A. tesis
B. deskripsi
C. argumentasi
D. penegasan ulang

3. Cermati kutipan teks ulasan berikut.
Dalam novel berjudul 5 cm ini, terdapat kata-kata yang membuat kita terinspirasi untuk semangat menjalani kehidupan. Ditambah lagi penggunaan bahasa yang mudah dimengerti dan penempatan setting waktu dan tempat yang sangat detail.

Struktur struktur teks ulasan tersebut adalah ....
A. orientasi
B. tafsiran
C. evaluasi
D. rangkuman

4. Cermatilah kutipan teks biografi berikut.
Chairil Anwar lahir di Medan pada tanggal 26 Juli 1922. Chairil menekuni pendidikan HIS dan MULO , walau pendidikan MULO-nya tidak tamat. Ia kemudian pindah ke Batavia (sekarang Jakarta) dengan ibunya pada tahun 1940, tempat ia menggeluti dunia sastra.

Struktur teks biografi tersebut adalah ....
A. orientasi
B. peristiwa dan masalah
C. reorientasi
D. evaluasi

5. Cermatilah kutipan teks prosedur "Cara menyajikan White Coffee" berikut.
Di Indonesia, komunitas pecinta kopi semakin hari semakin bertambah pesat. Tak jarang bermunculan kedai kopi yang menyajikan rasa kopi yang begitu nikmat. Tentu saja untuk menikmati kopi berkualitas tersebut tidak bisa dengan harga yang murah. Walaupun begitu, tidak usah kecewa. Kini kopi dalam kemasan telah banyak beredar dengan rasa yang tak kala nikmat, White Koffee contohnya. Untuk mendapatkan cita rasa seduhan yang nikmat, kita harus menyajikan dengan tepat pula.

Struktur teks prosedur tersebut adalah ....
A. tujuan
B. bahan-bahan dan alat
C. langkah-langkah
D. penutup

6. Cermati kutipan teks tanggapan kritis berikut.
Dengan demikian, siswa lulusan SMK jauh lebih siap kerja dibandingkan dengan SMA. Namun, untuk menentukan pilihan itu semua tergantung dengan minat, kemampuan, serta bakat kita.

Struktur teks tanggapan kritis tersebut adalah ....
A. evaluasi
B. deskripsi teks
C. penegasan ulang
D. orientasi

7.  Cermatilah kutipan biografi berikut.
N. H. Dini, Lahir 29 Februari 1936 di Semarang. Berpendidikan SMA bagian Sastra (1956), Kursus Pramugari Darat GIA Jakarta (1956), dan Kursus B-I Jurusan Sejarah (1957).

Struktur teks biografi tersebut adalah ....
A. orientasi
B. peristiwa
C. masalah
D. reorientasi

8. Cermatilah kutipan ulasan berikut.
Oleh karena itu, Laskar Pelangi layak disebut sebagai salah satu film terbaik Indonesia sepanjang masa. Meskipun film ini diproduksi pada tahun 2008, Laskar Pelangi masih layak untuk ditonton kapan pun secara berulang-ulang. Film ini juga dapat ditonton oleh semua umur karena tidak ada satu pun adegan kekerasan atau sensual. diharapkan di waktu mendatang, semakin banyak produser film Indonesia yang termotivasi untuk membuat film dengan kualitas yang sama, bahkan melebihi film Laskar Pelangi.

Kutipan ulasan film tersebut merupakan bagian ....
A. orientasi
B. tafsiran
C. evaluasi
D. rangkuman

9. Cermatilah kutipan teks berikut.
Namun, bagi saya facebook lebih banyak merugikan. Bagaimana tidak? Sebagai seorang pelajar, yang tentu mempunyai kewajiban belajar belajar, facebook sangat mengganggu terhadap pelajaran saya, baik dari segi waktu maupun konsentrasi untuk belajar.
Hampir setiap hari, orang-orang membuka facebook hanya untuk sekadar update status, chating, dan banyak lagi. Itu hanya membuang-buang waktu, padahal masih banyak yang lebih penting yang harus dikerjakan.

Kutipan teks eksposisi tersebut merupakan bagian ....
A. pernyataan pendapat
B. tesis
C. argumentasi
D. penegasan kembali

10.Cermatilah kutipan cerpen berikut.
Orang tua itu mendengar apa yang dibicarakan anak dan menantunya. Dia melihat ke depan, ke arah yang dikatakan anak dan menantunya. Tampak olehnya patung polisi di bawah guyuran hujanlebat dalam posisi memberi hormat kepada mereka. Mobil pun berjalan karena lampu telah hijau. Dari jendela orang tua itu melihat keluar. Dia perhatikan patung polisi itu dalam guyuran hujan. Dia iba melihat polisi patung itu. Dia tiba-tiba tersentak.
"Ya Allah. Polisi itu ... menjadi batu ...."

Kutipan tersebut merupakan bagian dari struktur cerpen, yaitu ....
A. abstrak
B. resolusi
C. evaluasi
D. koda

11. Cermatilah kutipan berikut.
Ketika itu, Yayuk Basuki akhirnya mundur dari Pelatnas. Dia tetap tercatat sebagai bagian dari sejarah petenis lapangan putri Indonesia. Dia berasal dari klub di Jakarta. Yayuk dinilai sebagai anak yang cukup penurut oleh orang tuanya.

Paragraf tersebut merupakan bagian struktur teks biografi yang disebut ....
A. orientasi
B. peristiwa dan masalah
C. reorientasi
D. koda

12. Cermatilah kutipan berikut.
Suatu ketika, terdapatlah tiga ikan yang hidup di sebuah kolam. Di suatu sore, beberapa nelayan melewati kolam tersebut dan melihat ikan-ikan itu. "Kolam ini penuh dengan ikan", mereka berbicara satu sama lain dengan bergairah. "Kita belum pernah memancing di sini sebelumnya. Kita harus datang lagi besok pagi dengan jaring kita dan menangkap ikan-ikan ini!" Kemudian nelayan-nelayan tersebut pergi.

Kutipan tersebut merupakan bagian dari teks fabel, yaitu ....
A. orientasi
B. komplikasi
C. resolusi
D. koda

13. Cermatilah kutipan teks ulasan berikut dengan saksama.
Meskipun disebut sebagai buku kedua dari tetralogi Laskar Pelangi, buku ini nyaris tidak ada hubungannya dengan buku Laskar Pelangi. Sang Pemimpi hanya menyebutkan kata Laskar Pelangi sekali. Keponakan yang Ikal biayai saat di Jawa juga tidak disebut sama sekali dalam buku ini, padahal di novel sebelumnya telah diceritakan dengan jelas.

Kutipan ulasan film tersebut merupakan bagian ....
A. orientasi
B. tafsiran
C. evaluasi
D. rangkuman

14. Cermati kutipan teks berikut.
Dengan demikian, nilai-nilai positif dalam pendidikan karakter itu dapat remaja yang unggul. Mereka bisa bersaing, baik ditingkat nasional maupun tingkat internasional. Dengan begitu, remaja yang memiliki karakter kuat akan tumbuh sebagai remaja yang unggul dan dibanggakan.

Kutipan teks eksposisi tersebut merupakan bagian ....
A. pernyataan pendapat
B. tesis
C. argumentasi
D. penegasan ulang

15. Cermati kutipan berikut dengan saksama.
Sang Semut selalu membanggakan dirinya yang bisa pergi ke tempat ia suka. Bahkan, sang Semut kuat mengangkat beban yang lebih besar dari tubuhnya. Sang Semut merasa bahwa dirinya adalah binatang yang paling hebat. Si kepompong hanya diam mendengar ejekan tersebut.

Kutipan teks fabel tersebut merupakan bagian ....
A. orientasi
B. komplikasi
C. resolusi
D. koda.