Membandingkan Penggunaan Bahasa dan Pola Penyajian Beberapa Jenis Teks UNBK Bahasa Indonesia Kelas 9

ilmubindo.com_ Membedakan dua teks adalah membandingkan dua teks untuk dicari perbedaannya. Perbedaan antarteks dapat dilihat dari dua aspek, yaitu dari segi fitur bahasa dan segi struktur atau pola penyajian. Fitur bahasa adalah unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks, sedangkan pola penyajian adalah cara suatu teks disusun.

1. Cermatilah kutipan teks prosedur dan teks laporan berikut.
Teks prosedur
Cara membuat nasi goreng
1. Siapkan wajan dan tuangkan minyak goreng secukupnya, lalu panaskan api.
2. Masukkan bawang merah, bawang putih, dan cabai hingga matang.
3. Masukkan telur dan orak-arik hingga matang
4. Masukkan nasi putih dan aduk hingga tercampur dengan semua bahan.
5. Tambahkan saus tomat, garam, dan merica hingga semua tercampur rata.
6. Jika telah tercium bau harum, angkat nasi dan sajikan di atas piring.

Membandingkan Penggunaan Bahasa dan Pola Penyajian Beberapa Jenis Teks UNBK Bahasa Indonesia Kelas 9
www.ilmubindo.com

Teks laporan
Kebersihan lingkungan merupakan aspek yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Kebersihan lingkungan menciptakan lingkungan yang sehat sehingga tidak mudah terserang berbagai penyakit. Kondisi kebersihan lingkungan di Perumahan Cendana sangat baik. Selokan terpelihara dengan baik dan tidak tersumbat. Tempat pembuangan sampah pun sudah ada di tiap depan rumah warga.

Perbedaan penggunaan bahasa kedua teks tersebut adalah ....
A. Teks prosedur adanya konjungsi dan teks laporan menggunakan pola kalimat perintah
B. Teks prosedur kalimat kompleks dan teks laporan menggunakan kata keterangan
C. Teks prosedur menggunakan pola kalimat perintah dan teks laporan adanya frasa/kelompok kata
D. Teks prosedur kalimat kompleks dan teks laporan menggunakan istilah

2. Cermatilah kutipan teks biografi dan teks eksposisi berikut
Teks biografi
Ki Hajar Dewantara tidak hanya dianggap sebagai tokoh dan pahlawan pendidikan yang tanggal kelahirannya 2 Mei dijadikan hari Pendidikan Nasional, tetapi juga ditetapkan sebagai pahlawan pergerakan nasional melalui surat keputusan Presiden RI No. 305 Tahun 1959, tanggal 28 November 1959. Ki Hajar Dewantara meninggal dunia pada tanggal 28 April 1959 di Yogyakarta. Untuk melestarikan nilai dan semangat perjuangannya, penerus Taman Siswa mendirikan Museum Dewantara Kirti Griya di Yogyakarta.
Teks eksposisi
Dengan berbagai teknologi intensifikasi sederhana, pekarangan dapat menjadi sumber bahan pokok makanan seperti beras, sayur-mayur, dan ikan.
Dengan kegiatan ini, kebutuhan masyarakat akan makanan pokok yang bernilai gizi tinggi diharapkan dapat terpenuhi. Alasan pemanfaatan pekarangan sebagai sumber bahan makanan pokok adalah aneka tanaman sayur-mayur, seperti kacang panjang, cabai, kangkung darat, dan terong, misalnya, dapat ditanam di media selain tanah.

Perbedaan penggunaan bahasa kedua teks tersebut adalah ....
A. Teks biografi adanya kohesi gramatikal dan teks eksposisi adanya kohesi leksikal
B. Teks biografi adanya waktu dan tempat dan teks eksposisi adanya kohesi gramatikal
C. Teks biografi adanya kohesi gramatikal dan teks eksposisi adanya waktu dan tempat
D. Teks biografi adanya kalimat tunggal dan teks eksposisi adanya kalimat majemuk

 3. Cermati kutipan teks ulasan dan teks tanggapan kritis berikut!
Teks ulasan
Novel yang disajikan dengan bahasa yang cantik ini mampu menyihir pembaca sehingga pembaca bisa ikut merasakan kebahagian, keputusasaan, dan kesedihan. Selain itu, buku ini memiliki lelucon-lelucon yang tidak biasa, cerdas dan pasti akan membuat pembaca tertawa. Dengan membaca buku ini, Anda akan mengetahui bahwa Andrea Hirata memiliki pribadi yang cerdas dalam mengolah kata-kata dan memiliki wawasan yang sangat luas.
Teks tanggapan kritis
Mungkin banyak orang beranggapan bahwa setelah lulus dari SMK nanti, kita tidak bisa lanjut ke perguruan tinggi. Hal ini tentu salah, karena siswa SMK tetap bisa melanjutkan ke perguruan tinggi. Kelebihan masuk SMK, siswa mempunyai hardskill berupa kemampuan kejuruan yang spesifik sehingga ketika kuliah seorang siswa mengambil jurusan yang sama dengan ketika dia SMK, maka dia akan lebih mudah untuk mempelajari materi kejuruannya.

Perbedaan ciri bahasa kedua teks tersebut adalah ....
A. Teks ulasan: kata keterangan tempat dan kalimat perintah, teks tanggapan kritis: terdapat kata rujukan dan metafora.
B. Teks ulasan: terdapat kata rujukan dan metafora, teks tanggapan kritis: kata keterangan tempat dan kalimat perintah.
C. Teks ulasan: terdapat kata sifat sikap dan kata kerja, teks tanggapan kritis: terdapat kata hubung dan kata rujukan.
D. Teks ulasan: terdapat kata hubung, teks tanggapan kritis: terdapat kata sifat sikap dan kata kerja.

4. Cermatilah kutipan teks ulasan dan teks eksposisi berikut.
Teks Ulasan
Novel 5 cm bercerita tentang persahabatan antara Arial, Riani, Ian, Zafran, dan Genta. Di novel ini juga disajikan masalah-masalah yang biasa terjadi dalam sebuah persahabatan. Namun, masalah-masalah tersebut dapat diselesaikan secara baik.
Novel karya Dhonny Dhirgantoro ini mempunyai ciri khas tersendiri. Di novel ini banyak terdapat lirik-lirik lagu yang digunakan penulis untuk penekanan dari situasi yang digambarkan.
Novel 5 cm sangat inspiratif, menuntut para pembacanya untuk menjadi pribadi yang optimis dan pantang menyerah pada keadaan.
Novel ini secara garis besar berisi tentang kekuatan cinta dan keajaiban mimpi dan keyakinan. Dan tidak perlu bukti dan hitungan yang rumit untuk membuktikan keajaiban itu tapi hanya harus memercayainya.
Teks eksposisi
Di banyak kota besar, kemacetan lalu lintas di jalan raya menjadi persoalan yang pelik. Sebenarnya, ini merupakan hal yang tidak aneh. Meskipun demikian, kemacetan lalu lintas merupakan keadaan yang menjengkelkan kita sebagai pengguna jalan .
Jika diperhatikan, pada waktu-waktu tertentu lalu lintas di jalan-jalan tampak macet. Pada pagi hari, kemacetan lalu lintas mulai terasa ketika warga mulai berangkat ke tempat kerja dan para pelajar berangkat sekolah.
Penyebabnya di antaranya adanya persilangan dengan jalan kereta api, banyaknya kendaraan yang lalu lalang, banyak jalan yang digunakan sebagai parkir, dan polisi lalu lintas tidak tampak pada tempatnya saat lampu lalu lintas mati, dan sebagainya.
Dengan demikian, akibat kemacetan lalu lintas pun muncul, seperti waktu yang terbuang percuma, bahan bakar juga terbuang percuma, polusi udara dan suara. Bahkan, dapat mengakibatkan stress.

Perbedaan struktur teks ulasan dan teks eksposisi adalah ....
A. Teks ulasan: orientasi, tafsiran, evaluasi, rangkuman.
Teks eksposisi: tesis, argumentasi, penegasan ulang pendapat.
B. Teks ulasan: tafsiran, orientasi, evaluasi, rangkuman.
teks eksposisi: argumentasi, tesis, penegasan ulang pendapat.
C. Teks ulasan: rangkuman, orientasi, tafsiran, evaluasi.
teks eksposisi: tesis, penegasan ulang pendapat, argumentasi.
D. Teks ulasan: tesis, argumentasi, penegasan ulang pendapat.
teks eksposisi: orientasi, tafsiran, evaluasi, rangkuman.

5. Cermatilah kutipan teks biografi dan teks laporan berikut!
Teks biografi
Chairil Anwar dilahirkan di Medan, 26 Juli 1922. Dia dibesarkan dalam keluarga yang cukup tidak harmonis karena orang tuanya berpisah. Selepas perpisahan itu, saat setelah SMA, Chairil Anwar mengikuti ibunya ke Jakarta.
Teks laporan
Beruang madu merupakan jenis paling kecil dari kedelapan jenis beruang yang ada didunia. Beruang ini adalah fauna khas provinsi Bengkulu sekaligus dipakai sebagai simbol dari provinsi tersebut.

Perbedaan penyajian struktur teks pada kedua teks tersebut adalah ....
A. Pada teks biografi struktur teks bagian reorientasi, sedangkan pada teks laporan struktur teks bagian deskripsi manfaat.
B. Pada teks biografi struktur teks bagian reorientasi, sedangkan pada teks laporan struktur teks bagian deskripsi bagian.
C. Pada teks biografi struktur teks bagian definisi umum, sedangkan pada teks laporan struktur teks  bagian orientasi.
D. Pada teks biografi struktur teks bagian orientasi, sedangkan pada teks laporan struktur teks bagian definisi umum.

6. Cermatilah kutipan teks tanggapan kritis dan teks prosedur berikut.
Teks tanggapan kritis
 Sebagaimana telah dimukakan sebelumnya, awig-awig merupakan peraturan yang mengikat setiap warga dari suatu desa adat. Awig-awig menyerukan kepada warganya agar tidak menjalankan hal-hal yang menentang moral. Dengan harapan warga desa Pakraman Bukti menjadi lebih baik dari sebelumnya.
Teks prosedur
Komputer adalah salah satu perangkat elekronik yang sering digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Sebelum digunakan, komputer ini harus dioperasikan terlebih dahulu. Dalam pengoperasian komputer harus mengikuti setiap prosedur dengan benar.

Perbedaan penyajian struktur teks pada kedua teks tersebut adalah ....
A. Pada teks tanggapan kritis struktur teks bagian penegasan ulang, sedangkan pada teks prosedur struktur teks bagian tujuan.
B. Pada teks tanggapan kritis struktur teks bagian tujuan, sedangkan pada teks prosedur struktur teks bagian penegasan ulang.
C. Pada teks tanggapan kritis srtuktur teks bagian evaluasi, sedangkan pada teks prosedur struktur teks bagian tujuan.
D. Pada teks tanggapan kritis struktur teks bagian penegasan ulang, sedangkan pada teks prosedur struktur teks bagian langkah-langkah.