Kumpulan Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Terbaru

ilmubindo.com_ Kali ini saya akan bagikan contoh surat lamaran terbaru. Seringkali kita bingung ketika kita akan melamar pekerjaan tetapi tidak tahu harus menulis apa dalam surat tersebut. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu sedikit dan yang pastinya semoga Anda di terima di tempat kerja yang Anda inginkan.
Surat lamaran pekerjaan merupakan jenis surat pribadi resmi yang berisi permohonan pekerjaan pada kantor, perusahaan, atau instansi tertentu. Surat lamaran pekerjaan disebut juga dengan istilah rekes.
Surat lamaran pekerjaan dibuat sendiri oleh pelamar pekerjaan (pencari kerja). Kemudian, surat tersebut dikirimkan kepada kantor, instansi, atau perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja.
Informasi mengenai lowongan pekerjaan dapat diperoleh melalui beberapa saluran, seperti: media cetak (koran, majalah, selebaran), media audio (radio), dan media visual (televisi). Selain itu, informasi tentang lowongan kerja dapat diperoleh dari intern pencari tenaga kerja (dari pejabat bersangkutan yang bekerja di instansi atau perusahaan tersebut).

Kumpulan Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Terbaru
 www.ilmubindo.com

Terdapat dua hal penting di dalam surat lamaran pekerjaan yaitu, surat lamaran dan daftar riwayat hidup (curriculum vitae). Surat lamaran pekerjaan meruopakan ungkapan atau keinginan si pelamar untuk mendapatkan pekerjaan. Dalam surat lamaran pekerjaan tercantum data pribadi pelamar yang disebut kualifikasi pelamar. Sementara itu, daftar riwayat hidup merupakan pelengkap yang sangat penting sebagai promosi diri si pelamar. Meskipun singkat, daftar riwayat hidup harus memuat informasi atau keterangan diri si pelamar yang memunyai nilai-nilai jual (selling point).
Berikut contoh surat lamaran pekerjaan berdasarkan berbagai sumber informasi tentang lowongan pekerjaan.

Surat Lamaran Pekerjaan Berdasarkan Iklan Media Cetak

Toraja, 13 Mei 2017
Hal      : Lamaran Pekerjaan
Lamp  : 6 (enam) lembar

Yth. Kepala Bagian Personalia
PT Thiess
Kotak Pos 75611/KT
Sangatta

Dengan hormat,
Dalam harian Toraja Pos tanggal 10 Mei 2017, saya telah membaca iklan yang menyebutkan bahwa PT Thiess membutuhkan tenaga untuk bagian administrasi.
Berdasarkan syarat-syarat yang ditentukan dalam iklan tersebut, saya memenuhi untuk mengisi lowongan pekerjaan tersebut. Oleh karena itu, saya mengajukan surat lamaran ini.
Berikut kualifikasi pribadi saya.
Nama                                    : Diana Putri
Tempat, tanggal lahir            : Rantepao, 12 November 1999
Alamat                                  : Jalan Poros Bolu, No. 09, Toraja Utara
Pendidikan                            : SMK Tagari Toraja Utara
Pengalaman                         : Sejak dua tahun terakhir saya bekerja sebagai pengawai administrasi dengan mengoperasikan komputer di CV BALOTA, Jalan Yos Sudarso II, Toraja Utara.
Keinginan untuk berpindah kerja ke PT Thiess telah saya bicarakan dengan pimpinan saya. Untuk memenuhi dan memperkuat surat lamaran ini, sebagai bahan pertimbangan berikut saya lampirkan:
1. fotokopi ijazah SMK,
2. fotokopi sertifikat kursus komputer,
3. fotokopi sertifikat kursus Bahasa Inggris,
4. fotokopi pengalaman kerja dan izin pindah dari CV BALOTA Toraja Utara, dan
5. foto berwarma ukuran 4 x 6 sebanyak dua lembar.
Besar harapan saya atas terkabulnya permohonan ini. Akhirnya, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,


Diana Putri
Surat Lamaran Pekerjaan Berdasarkan Informasi dari Media Audio (Radio)
Malang, 2 Januari 2017

Yth.
Kepala Bagian Personalia
PT MAJU MULIA
(Pemasang iklan pada Radio Buana Raya)
Jalan Aneka Sari Nomor 101
Malang

Dengan hormat,
Mendengar iklan kebutuhan tenaga kerja dari siaran iklan lowongan pekerjaan dari PT Maju Mulia pada radio Buana Raya, pada tanggal 30 Desember 2017, saya tertarik untuk mengisi lowongan tersebut. Saya bernama Abdul Rahman. Saya seorang laki-laki, sehat jasmani dan rohani. Saya lulus dari SMA Negeri II Malang pada Tahun 2013. Saya menyukai tantangan dan suka bekerja keras serta bekerja dalam tim.
Sebagai pertimbangan, bersama surat lamaran ini saya lampirkan salinan ijazah SMA, sertifikat kursus komputer, serta dua lembar pasfoto ukuran 4 x 6 cm.
Terima kasih atas perhatian Bapak terhadap lamaran pekerjaan yang saya ajukan.

Hormat saya,


Abdul Rahman

Surat Lamaran Pekerjaan Berdasarkan Informasi dari Orang Lain

Palangkaraya, 3 Agustus 2017

Hal      : Lamaran Pekerjaan
Lamp.  : 6 (enam) lembar

Yth. Direktur PT SURYA MAS
Jalan Cilik Riwut No. 234
Palangkaraya

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi dari salah seorang karyawan di PT SURYA MAS, yaitu Ibu Sinta Hanif, saya mengetahui bahwa terdapat lowongan pekerjaan untuk jabatan teknisi. Saya tertarik untuk mengisi lowongan tersebut. 
Saya lulusan SMK jurusan Teknik Listrik tahun 2016 dan telah mengikuti berbagai kursus. Meskipun saya belum memunyai pengalaman kerja, berkat pelajaran dan latihan yang sungguh-sungguh selama pendidikan, saya yakin akan memenuhi harapan Pimpinan PT SURYA MAS dan tidak mengecewakan dalam bekerja.
Untuk melengkapi persyaratan dalam iklan, saya lampirkan:
1. daftar riwayat hidup (curriculum vitae),
2. fotokopi ijazah SMK Teknik,
3. fotokopi sertifikat kursus mengetik,
4. fotokopi sertifikat kursus komputer,
5. fotokopi sertifikat kursus Bahasa Inggris, dan
6. foto berwarna 4 x 6 sebanyak dua lembar.
Atas perhatian dan terkabulnya permohonan ini, saya sampaikan terima kasih.

Hormat saya,


Rudi Harianto

Surat Lamaran Pekerjaan Berdasarkan Inisiatif Sendiri

Surabaya, 3 Juni 2017
Pimpinan PT PAMA PERSADA
Jalan Poros Kabo Jaya No. 35
Sangatta

Dengan hormat,
Melalui surat ini saya memberanikan diri mengajukan diri untuk dapat bekerja pada PT Pama Persada. saya sudah berpengalaman kerja selama empat tahun dalam bidang penjualan ekspordan impor. Selain itu, saya berijazah SI jurusan Ekonomi Akuntansi dari Universitas Negeri Makassar.
Dengan latar belakang tersebut, saya berharap bisa menjadi karyawan di perusahaan yang Bapak pimpin.
Demikian permohonan saya. Atas perhatian Bapak, saya mengucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,


Asmas Asmir


Surat lamaran kerja membutuhkan pendukung surat-surat yang kesemuanya terangkum menjadi satu kesatuan yang utuh atau lengkap serta terlihat menjanjikan dari diri si pelamar. Pendukung tersebut di antaranya, daftar riwayat hidup, Surat Keterangan Kelakuan Baik, surat pengalaman kerja, surat rekomendasi, surat keterangan izin orang tua, dan surat pernyataan.
Berikut penjelasan dari beberapa surat-surat pendukung tersebut.
Daftar Riwayat Hidup
Daftar riwayat hidup harus memuat segala informasi atau keterangan yang semuanya memunyai nilai jual (selling point) yang tinggi sehingga menarik dalam pandangan perusahaan pencari kerja.

Contoh:
DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Nama                              : Robertus Hardin
Tempat, tanggal lahir      : Manggarai, 11 April 1997
kewarganegaraan            : Indonesia
Agama                             : Katolik
Jenis Kelamin                  : Laki-laki
Status perkawinan           : Menikah
Alamat                             : Jalan Poros Kabo Jaya 345, Sangatta
Pendidikan                       : SMK Neg 1 Manggarai
Keterampilan                   : 
1. Mengetik 150 hentakan per menit
2. Terampil mengoperasikan komputer
Referensi                           : 
1. Redaksi majalah "Pelajar" SMK Neg 1 Manggarai
2. Direktur Pendidikan Anak Pintar Jalan Elang 55, Manggarai
Keterangan
1. Hobi                            : Membaca, korespondensi, sepakbola
2. Kegiatan                      : Karang Taruna, PMR
3. Prestasi                        : Menjadi siswa teladan tingkat SMP se-Manggarai
Daftar riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya.

Manggarai, 13 Mei 2017
Yang Membuat,


Robertus Hardin

Surat Keterangan Catatan Kepolisian
Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) juga merupakan elemen penunjang dalam sebuah surat lamaran pekerjaan karena surat ini memberi pernyataan akan diri pelamar, terutama sikap, tindakan dan kelakuan si pelamar sepengetahuan atau menurut catatan dari pihak yang berwajib (kepolisian).
Kebutuhan akan Surat Keterangan Catatan Kepolisian ini kadang diminta sebagai syarat dari pihak pencari tenaga kerja. Surat Keterangan Catatan Kepolisian ini dapat diurus sendiri oleh pelamar dengan membawa surat pengantar dari ketua RT/RW, Desa/Kelurahan dan terakhir pada Komando Sektor Kepolisian (POLSEK).
Jika menurut pihak kepolisian si pelamar memunyai catatan yang buruk karena si pelamar pernah terlibat dalam masalah kejahatan atau pelanggaran hukum lainnya, hal itu tentu akan menjadi catatan tersendiri pula bagi pihak-pihak si pelamar.
Surat Pengalaman Kerja
Surat pengalaman pekerjaan adalah surat yang dikeluarkan oleh instansi, kantor, atau perusahaan tempat di mana seseorang telah bekerja sebelumnya. Surat ini ditandatangani oleh pimpinan atau kepala bagian personalia atau kepegawaian pada instansi atau perusahaan tersebut.
Surat pengalaman kerja dibutuhkan oleh instansi atau perusahaan baru yang akan menerima calon karyawan tersebut memiliki pengalaman kerja dan juga merupakan acuan untuk menempatkan calon karyawan tersebut sesuai dengan bidang keahliannya yang sesungguhnya.
Selain itu, surat pengalaman kerja juga berfungsi untuk memberikan keterangan atau informasi, bahwa seseorang telah keluar kerja secara baik-baik. Ini menjadi bahan pertimbangan yang sangat berharga bagi perusahaan baru sebelum memutuskan untuk menerima atau menolak pelamat tersebut.

Demikianlah penjelasan tentang pengertian dan contoh surat lamaran pekerjaan. Semoga bisa membantu.. Salam