Contoh Soal Pilihan Ganda Materi Teks Deskripsi Edisi Revisi Part IV

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan contoh soal pilihan ganda Teks Deskripsi kelas 7 semester 1. Semoga contoh soal yang admin bagikan kali ini bermanfaat buat peserta didik dan dapat membantu kalian dalam mencari referensi soal-soal terbaru seputar Teks Deskripsi di kelas 7. Selamat belajar, dan semoga apa yang kalian pelajari saat ini dapat berguna bagi kalian semua. Salam sukses.

Bacalah cuplikan teks di bawah ini untuk menjawab soal nomor 1 dan 2!
Tongkonan adalah rumah adat masyarakat Toraja. Tongkonan berasal dari kata tongkon yang artinya 'duduk bersama-sama'. Suku Toraja yang memiliki rumah adat ini berada di pengunungan yang berbatasan dengan Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

1. Objek yang dideskripsikan adalah ....
A. rumah adat
B. masyarakat Toraja
C. suku Toraja
D. Kabupaten Enrekang

Contoh Soal Pilihan Ganda Materi Teks Deskripsi Edisi Revisi Part IV
www.ilmubindo.com

2. Dalam teks deskripsi, bagian tersebut termasuk ....
A. identifikasi
B. deskripsi bagian
C. definisi
D. kesan-kesan

3. Bacalah cuplikan teks berikut untuk menjawab soal nomor 3 dan 4!
Bagas sangatlah manja. Hampir tiap malam, Bagas tidur di ujung kakiku. Sebelum kuelue-elus, dia akan selalu menggangguku. Kalau waktunya makan, dia berputar-putar di depanku sambil mengibas-ngibaskan telinganya yang panjang. Mulutnya berkomat-kamit seperti orang sedang berdoa. Kemanjaannya membuat aku selalu rindu.

3. Aspek yang dideskripsikan itu berkenaan dengan ....
A. fisik tokoh
B. sifat tokoh
C. kehidupan tokoh
D. lingkungan tokoh

4. Kata sifat yang terdapat di dalam cuplikan itu adalah ....
A. sangat
B. manja
C. malam
D. selalu

5. Cuplikan teks deskripsi yang termasuk bagian identifikasi adalah ....
A. Pada hari kelima, semua gadis dan wanita di desa itu berduyun-duyun ke rumahnya. Sementara itu, semua laki-laki dilarang menghadiri acara ini.
B. Gadis itu didudukkan di sebuah ruangan kecil dengan rambut yang diatur rapi. Pada leher si gadis itu digantungkan kalung dari gigi-gigi anjing.
C. Kawasan sekitar Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng, Jakarta, dibanjiri manusia. Kerumunan orang tua, muda, dan anak-anak di mana-mana. Sebagian tampak berjejer di pinggir jalan masuk. Sebagian lagi duduk-duduk beralas koran dan rumput. Ada juga yang duduk santai di atas motor dan mobil yang diparkir seenaknya di kiri kanan jalan masuk menuju bandara.
D. Kami berempat baru saja turun dari kereta api di Stasiun Palmerah, Jakarta Selatan. Kami berasal dari kampung dan masing-masing menenteng sebuah tas sederhana berwarna gelap. Eh, begitu keluar dari stasiun, kami digeledah di sekitar gedung MPR/DPR yang memang letaknya dekat stasiun. Akhirnya, polisi menangkap saya dan membawa ke markas, kami diumumkan sebagai pembawa senjata tajam, padahal kami hanya pedagang benda tersebut.

Bacalah teks di bawah ini untuk menjawab soal nomor 6 dan 7!
Di Kampung Randu, di Kota Padang, ada sebuah rumah kayu beratapkan seng. Laetaknya jauh dari pohon-pohon kayu yang rindang. Jika ditilik dari perkakas rumah ini dan susunannya, nyatalah rumah ini suatu rumah yang tiada dipelihara benar-benar karena sekalian yang ada di dalamnya terlalu tua, kotor, dan tempatnya tiada teratur dengan baik. Di serambi hanya ada sebuah lampu gantung yang telah berkarat besi-besinya.

6. Objek yang dideskripsikan adalah ....
A. Kampung Randu
B. Kota Padang
C. rumah kayu
D. serambi

7. Bagian yang tidak dideskripsikan adalah ....
A. atapnya
B. letaknya
C. kesehatannya
D. bentuknya

Bacalah cuplikan teks berikut untuk menjawab soal nomor 8 dan 9!
Tini lagi berbaring di sofa membaca buku. Kedua belah tangannya memegang buku itu ke atas supaya terang kena cahaya lampu dari belakangnya. Kepalanya berbantalkan tiga buah bantal sofa supaya tinggi. Badannya seolah-olah setengah bersandarkan bantal itu. Biasanya, dia sudah tidur atau sudah berbaring di tempat tidur seolah-olah sudah nyenyak, tetapi dia sebenarnya menunggu-nunggu Kartono pulang.

8. Berdasarkan strukturnya, cuplikan tersebut termasuk bagian ....
A. identifikasi
B. deskripsi umum
C. deskripsi bagian
D. kesan-kesan

9. Kata ganti persona dalam cuplikan itu adalah ....
A. buku
B. kepala
C. dia
D. bantal

10. Bacalah cuplikan teks di bawah ini!
Kalau beberapa tahun yang lalu tuan datang ke kota kelahiranku dengan menumpang bus, tuan akan berhenti di dekat pasar. Melangkahlah menyusuri jalan raya ke barat maka kira-kira sekilometer dari pasar akan sampailah tuan di jalan kampungku. Pada simpang kecil ke kanan, simpang yang kelima, membeloklah ke jalan sempit itu. Dan di ujung jalan itu nanti tuan akan temui sebuah surau tua. Di depannya ada kolam ikan yang airnya mengalir melalui empat buah pancuran mandi.

Objek yang digambarkan dalam teks di atas adalah ....
A. kondisi pasar
B. kolam ikan
C. keadaan kota kelahiranku
D. pasar di kampungku