Kumpulan 8 Contoh Teks Rekaman Percobaan Terbaru 2017

ilmubindo.com_  Kali ini admin akan membagikan delapan contoh teks Rekaman Percobaan dalam Bahasa Indonesia kelas 9 semester 1. Semoga contoh teks Rekaman Percobaan yang admin bagikan ini dapat bermanfaat buat peserta didik dalam mencari referensi contoh teks terbaru mata pelajaran Bahasa Indonesia materi teks Rekaman Percobaan. Selamat belajar, semoga apa yang kalian pelajari saat ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Membuat Batrei dari Sabun

Tujuan
Seperti yang kita tahu baterai merupakan salah satu alat untuk menyimpan energi secara sementara. Banyak alat yang membutuhkan baterai, contohnya mouse tanpa kabel, remote tv, dan lainnya.

Nah ternyata terdapat kreasi yang unik yaitu baterai dari sabun yang bisa kita buat dengan mudah tanpa mengeluarkan banyak biaya. Pembuatan baterai ini bisa menambah kreativitas dan menambah wawasan kita.

Kumpulan 8 Contoh Teks Rekaman Percobaan Terbaru 2017
www.ilmubindo.com

Alat dan Bahan
1. Sabun mandi (merk apapun)
2. Kawat tembaga
3. Aluminium dari kaleng minuman bersoda, bisa juga bekas plat nomor maupun panci.
4. Lampu LED 1 buah
5. Gunting besi, pisau, dan kabel secukupnya.

Langkah-langkah
Potong aluminium dengan bentuk persegi panjang sebanyak 10 buah, dengan ukuran 0,5 X 10 cm
Cm.
Potong kawat tembaga sebanyak 10 buah dengan panjang sekitar 10 cm.
Potong sabun menjadi 10 buah dengan pisau.
Tancapkan potongan Aluminium dan kawat tembaga tadi pada potongan sabun berhadapan tanpa saling bersentuhan.
Hubungkan potongan kawat tembaga dengan potongan Aluminium sampai semua potongan tadi saling terhubung, ujung susunan 10 sabun tadi diawali dengan kawat tembaga dan diakhiri potongan aluminium.
Beri 1 atau 2 tetes air pada potongan sabun yang telah terpasang logam tembaga dan aluminium.
Kabel listrik lalu dihubungkan dengan kaki lampu LED. Apabila tidak menyala kabel tersebut ditukarkan posisinya pada kaki LED tersebut.
Lampu LED akan menyala selama sabun dalam keadaan basah, Apabila mati tinggal meneteskan 1, 2 tetes air pada potongan sabun.

Hasil
Ketika proses pembuatan sudah selesai maka kamu sudah mempunyai energi alternatif. Bisa juga kamu mengembangkan kreasi ini sehingga bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Kesimpulan
Kita bisa memanfaatkan bahan disekitar kita untuk membuat energi, misalnya dengan menggunakan bahan wortel, kentang, jeruk nipis, dan lainnya. Bahan bisa digunakan untuk membuat baterai asalkan kandungan pH diatas 7.

Membuat Pendingin Sederhana

Tujuan
Pendingin seperti kulkas banyak ditemukan di rumah warga maupun toko, tetapi harga yang terbilang mahal dan membutuhkan listrik yang tidak sedikit, membuat masyarakat berfikir dua kali untuk membelinya.

Sayangnya makanan mudah membusuk apabila tidak disimpan di kulkas, dan sebenarnya kita bisa membuat kreasi dengan membuat kulkas sederhana dari pot tanah liat.

Alat dan Bahan
1. 2 buah pot dari bahan tanah liat (tembikar) dengan diameter 60 cm dan 40 cm.
2. Lem kayu.
3. Kain penutup.
4. Pasir.
5. Air.
6. Sterofom.

Langkah-langkah
Tutup terlebih dahulu lubang pot menggunakan pecahan genting dan lem, usahakan agar tidak ada lubang pada kedua buah pot yang akan digunakan sebagai pendingin.
Tempelkan pot kecil ke dalam pot besar seperti pada gambar diatas menggunakan lem. Siapkanlah pasir atau bahan yang bisa dibasahi lainnya seperti pasir laut dsb.
Masukkan pasir ke dalam ruang antara pot besar dan pot kecil sampai penuh, basahi pasir menggunakan air dan kemudian tutuplah ruangan yang tersisa menggunakan stereofom.
Masukan buah-buahan serta sayuran kedalam pot kecil.
Tutup dengan kain dan ukur suhunya.

Hasil
Kini pendingin sudah bisa digunakan untuk menyimpan sayur dan buah, air dalam pasir akan mengalami evaporasi, evaporasi inilah yamg akan mendinginkan ruangan di dalam pot. Pendingin berbahan pot ini cukup efektif mengawetkan sayur-sayuran dan buah-buahan.

Kesimpulan
Benda yang bermanfaat tidak selalu didapatkan dengan mengeluarkan biaya mahal. Pendingin ini bisa bermanfaat ke daerah yang belum terjangkau oleh listrik.

Agar kerja pendingin optimal, jangan menaruh pendingin di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung untuk menjaga suhu pendingin tetap stabil!

Membuat Tinta Tidak Terlihat

Tujuan
Tinta pada umumnya yang kita gunakan bersifat terlihat, misalnya pulpen untuk menulis buku. Nah pernahkah kamu menemukan tinta yang tidak terlihat ? Kedengarannya sangat unik bukan ?
Kamu dapat membuat tinta tidak terlihat dengan bahan-bahan yang sangat mudah untuk di dapat, untuk menyampaikan pesan rahasia kepada seseorang misalnya.

Alat dan Bahan
1.    Lemon
2.    Air
3.    Sendok
4.    Mangkuk
5.    Cotton Bud
6.    Kertas Putih
7.    Lampu Bohlam

Langkah-Langkah Membuatnya
1.    Langkah pertama yang harus dilakukan adalah peras jus lemon ke dalam mangkuk dan tambahkan beberapa tetes air ke dalam mangkuk tersebut.
2.    Kemudian aduk air dan jus lemon dengan menggunakan sendok.
3.    Celupkan cotton bud ke dalam campuran dan tulis pesan diatas kertas putih.
4.    Tunggu jus tersebut kering sehingga tidak terlihat.
5.    Untuk membaca pesan tersebut dapat dilakukan dengan memanaskan kertas yang dipegang dengan mendekatkannya ke bola lampu.

Hasil
Setelah langkah diatas selesai kamu laukan, kamu berhasil membuat tinta rahasia yang tidak terlihat. Kamu dapat menyampaikan pesan rahasia ini kepada teman-teman mu dengan cara menggunakan tinta yang tidak terlihat ini. Ini merupakan salah satu reaksi kimia.

Kesimpulan
Jus lemon adalah senyawa organik yang bisa teroksidasi dan berubah warnanya menjadi cokelat ketika dipanaskan. Bahan yang diencerkan ini membuat pesan sulit untuk dibaca. Dengan demikian, tidak seorang pun menyadari keberadaan tulisan itu sampai dengan tulisan tersebut dipanaskan dengan cara mendekatkannya kepada bola lampu.
Zat lain yang bisa bekerja dengan cara yang sama adalah jus jeruk, madu, susu, jus bawang, cuka, dan anggur. Tinta tidak terlihat juga dapat dibuat dengan menggunakan reaksi kimia atau melihat cairan tertentu melalui

Membuat Teleskop

Tujuan
Agar bisa mengamati benda-benda yang berada di langit, dibutuhkan alat yang canggih yang biasa disebut dengan teleskop. Teleskop adalah sebuah teropong besar yang dipakai di dalam astronomi.
Ilmi ini mempelajari benda-benda yang ada di langit atau luar angkasa. Astronomi tidak akan bisa berkembang dengan baik karena banyak orang yang berpendapat bahwa astronomi membutuhkan teleskop yang mahan serta memiliki teknologi yang canggih.

Alat dan Bahan
1. Lensa objektif LUP / lensa cembung praktikum, biasa dijual di toko alat laboratorium, menggunakan diameter 5 cm.
2. Pipa PVC dan perlup dengan panjang kurang lebih 30 cm.
3. Perkakas seperti gergaji dan lem perekat.
4. Lensa okuler bisa juga dengan membeli lensa di toko alat laboratorium dengan menggunakan diameter 2,5 cm.

Langkah-Langkah Membuatnya
1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah tentukan terlebih dahulu panjang badan teleskop. Dengan menggunakan rumus fisika yang sudah kita ketahui : fob + fok = L.
2. Potong pipa PVC yang panjangnya sudah diketahui tersebut.
3. Letakkan lensa objektif ke dalam sambungan pipa, kemudian sambungkan sambungan pipa yang sudah berisi lensa tadi diujung paling depan pipa PVC yang sudah kamu ukur. Ingat, lensa objektif letaknya harus didepan lensa okuler. Pasangkan perlup di ujung paling belakang pipa.
4. Teleskop sederhana telah selesai kamu buat.

Hasil
Setelah melalui langkah-langkah tersebut, kini teleskop sederhana dapat digunakan untuk mengamati benda-benda di langit, seperti kawah bulan ataupun planet-planet terdekat dengan bumi.

Kesimpulan
Untuk mengamati benda langit yang jaraknya jauh ternyata tidak selalu harus menggunakan alat yang memiliki teknologi yang sangat canggih. Kamu bisa membuatnya sendiri dengan biaya yang relatif lebih murah dan sederhana.

Membuat Taplak Meja

Tujuan
Taplak meja biasa dipakai untuk menghias meja dan sangat banyak tersedia di toko-toko dengan harga yang bisa dibilang lumayan. Tetapi pernah enggak sih kamu kepikiran untuk membuat taplak meja sendiri ? Kamu sebenarnya bisa membuat taplak meja sendiri dengan biaya yang relatif lebih murah.
Tujuan dari pembuatan taplak meja ini agar kita dapat memanfaatkan barang-barang bekas yang berada disekitar kita sehingga lebih bernilai dan bermanfaat.

Alat dan Bahan
1. Kain perca 2 meter
2. Jarum dan benang
3. Pensil, gunting, dan kertas
4. Jangka 

Langkah-Langkah Membuatnya
1. Buatlah sketsa gambar terlebih dahulu pada kertas dengan menggunakan jangka dengan diameter 8 cm, kemudian gunting sesuai pola jangka tersebut.
2. Tempelkan pada kain perca lalu jiplak polanya dan gunting kain percanya, ulangi sampai 60 bulatan.
3. Jahit pinggirnya lalu tarik kemudian di tali, ulangi sampai 60 bulatan.
4. Langkah selanjutnya, rangkaikan bulatan satu dengan bulatan yang lainnya dan kemudian bentuk pola seperti taplak meja.
5. Setelah membentuk sebuah pola yang kamu inginkan, jahit bulatan satu dengan yang lainnya.
6. Kemudian setelah selesai membentuk taplak meja, kamu bisa merapihkan jahitannya agar terlihat lebih indah.

Hasil
Jadilah taplak meja dengan kreasi tangan kamu sendiri. Sekarang kamu dapat meletakkan taplak meja tersebut di meja ruang makan atau bisa juga meja ruang tamu. Kamu dapat mengembangnya menjadi sebuah peluang usaha yang menguntungkan.

Kesimpulan
Membuat taplak meja tidaklah begitu sulit, tetapi kamu juga harus telaten dan ulet dalam proses pengerjaannya. Sehingga keterampilan yang kamu miliki akan terus terasah dan berkembang, sekaligus kamu dapat menghemat biaya dan bisa menambah keuntungan jika kamu memanfaatkannya sebagai peluang usaha.

Baterai Alami dari Kentang

Tujuan
Pernahkah kamu mengalami mati lampu di rumah? Rasanya tidak enak jika harus beraktivitas dalam kegelapan. Selama ini listrik yang kamu gunakan masih menggunakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Suatu saat sumber energi itu akan habis.

Oleh karena itu, sebuah energi alternatif sangat diperlukan untuk menghindari krisis energi. Percayakah kamu jika alam ini sebenarnya memiliki banyak sumber energi? Ada sebuah energi listrik alternatif yang dapat dikembangkan di kemudian hari.

Alat dan bahan yang digunakan:
1. Kentang.
2. Lampu LED (atau lampu bohlam kecil juga bisa).
3. Kabel.
4. Penjepit buaya.
5. Lempengan tembaga.
6. Lempengan seng.
7.  Untuk pengganti tembaga dan seng ini dapat digunakan isi dalam baterai yang biasanya berwarna hitam.

Langkah-Langkah Pembuatan:
1. Tusukkan lempengan tembaga dan seng ke dalam kentang dengan jarak beberapa mili/ senti (jangan disatukan)!
2. Jepitkan kabel pada tiap-tiap lempengan tersebut dan hubungkan dengan lampu!
3. Perhatikan nyala lampu yang terjadi! Jika nyala lampu belum kelihatan, coba dibalik! Jika lampu tidak menyala juga, silakan tambah kentang tersebut agar arus listrik yang dihasilkan bertambah besar!
Setelah langkah-langkah terlaksana, kini kamu memiliki salah satu energi alternatif. Jika terus dikembangkan, energi alternatif ini tidak menutup kemungkinan menjadi energi yang dapat digunakan di masa yang akan datang.

Lampu tersebut dapat menyala karena adanya arus listrik yang mengalir. Seperti halnya baterai lampu senter, kentang dan lempengan-lempengan itu pun menghasilkan arus listrik walaupun sangat lemah. Getah kentang mempengaruhi logamlogam itu secara kimiawi layaknya larutan elektrolit dalam aki. Oleh karena itu, susunan seperti ini disebut elemen galvani karena yang pertama kali mengamati proses ini dalam eksperimen ialah seorang dokter dari Italia bernama Galvani.

Jebakan Tikus Sederhana

Tikus merupakan hewan pengerat yang sangat mengganggu. Untuk itu, harus ada metode atau cara untuk membasmi tikus tikus pengganggu tersebut. Salah satu caranya adalah dengan membuat sebuah jebakan tikus sederhana. Sebenarnya ada banyak metode yang sudah ada untuk membasmi pengerat ini, mulai dari pemberian racun sampai menggunakan alat elektronik, namun metode tersebut tidak ramah lingkungan. Nah untuk itu jebakan tikus sederhana ini bisa jadi pilihan Anda untuk membuat pembasmi tikus yang ramah lingkungan.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat jebakan tikus sangatlah sederhana dan tentu bisa didapat dengan mudah. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat jebakan tikus sederhana :

1. Ember yang berukuran besar.
2. Kaleng bekas.
3. Kawat besi.
4. Balok kayu kecil.
5. Selai kacang atau selai lainnya.
Kalau sudah tersedia semua bahan seperti di atas, silahkan ikuti langkah-langkah berikut :

1. Pertama untuk membuat jebakan tikus sederhana adalah melubangi ember untuk menaruh kawat tersebut, kira-kira berdiameter 6 cm, dengan ketinggian kurang lebih ¾ dari ketinggian ember.
2.Kedua, lubangi lagi ember tersebut di bawah lubang yang pertama tadi! Lubang yang ini dibuat lebih besar agar tikus dapat masuk ke dalamnya.
3. Ketiga, buat jalan dari balok kayu kecil tadi menuju lubang yang lainnya!
4. Keempat, buat juga lubang di kaleng bekas tadi tepat di tengah-tengah sisi atas dan bawahnya!
5. Kelima, masukkan kawat tadi di lubang ember besar yang pertama! Kemudian disusul kaleng bekas tadi.
6. Keenam, olesi kaleng bekas tadi dengan selai kacang! Jebakan yang kamu buat siap digunakan.
Setelah melakukan langkah-langkah pembuatan, jebakan tikus sederhana dapat kamu gunakan. Kamu dapat meletakkan jebakan tersebut di gudang, dapur, kamar tidur, ataupun tempattempat yang banyak tikus. Jebakan ini hanya untuk menjerat atau menjebak tikus di dalam ember. Jebakan ini tidak membunuh tikus tersebut.
Jebakan tikus seperti di atas merupakan salah satu alat penjebak tikus dengan cara kerja yang ramah lingkungan tanpa harus menggunakan bahan kimia. Selain itu, cara ini dapat menekan biaya yang harus dikeluarkan untuk membasmi tikus karena bahan-bahan yang digunakan hanyalah sebuah barang bekas.

Membuat Perangkap Nyamuk Sederhana

Tujuan
Pada saat kita tidur, baik siang maupun malam hari, selalu saja ada makhluk kecil bersayap yang mengganggu tidur kita. Ya, makhluk kecil bersayap tersebut bernama nyamuk. Hal ini mungkin bagi sebagian orang adalah hal yang sepele dan dapat diatasi dengan menyemprotkan cairan pembasmi nyamuk yang banyak beredar di pasar. Namun, tahukah kamu jika cairan pembasmi tersebut mengandung berbagai bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan kita? Untuk mengatasi hal tersebut, kini terdapat cara alternatif yang lebih aman untuk menangkap dan memerangkap nyamuk. Cara membuatnya cukup sederhana dan bahan untuk membuatnya pun dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari.

Alat dan Bahan
Botol plastik bekas ukuran 1,5 liter.
200 ml air.
50 gram gula merah.
1 gram ragi
Pisau

Langkah-langkah
Potong botol plastik di tengah, Simpan bagian atas botol.
Campur gula merah dengan air panas, biarkan hingga dingin dan kemudian tuangkan di separuh bagian potongan bawah botol.
Tambahkan ragi dan tidak perlu diaduk, ini akan menghasilkan karbondioksida.
Pasang potongan botol bagian atas dengan posisi terbalik seperti corong.
Bungkus botol dengan sesuatu yang berwarna hitam, kecuali bagian atas, dan letakkan di beberapa sudut rumah Anda.

Hasil
Setelah melalui langkah-langkah pembuatan, kini alat perangkap nyamuk yang sederhana serta cukup ampuh telah berhasil dibuat. Dan perangkap nyamuk ini bisa digunakan malam atau pagi.

Kesimpulan
Perangkap nyamuk ini lebih aman dibandingkan dengan perangkat nyamuk yang terbuat dari cairan kimia. Alat ini bisa digunakan di pojok kamar maupun tempat tidur. Dalam 1 minggu, kamu akan melihat banyak nyamuk yang berada dalam botol