Cara Mengemukakan Kembali Isi Berita yang Didengar Melalui Televisi atau Radio

ilmubindo.com_ Pada saat menyimak sebuah berita, tentu kalian ingin dapat memahami isi berita yang kalian simak. Dalam hal ini, kalian berharap dapat menyerap informasi yang disampaikan sehingga kalian memahami maksud dari berita tersebut. Namun demikian, tidaklah mudah untuk dapat mendapatkan dan memahami informasi dari sebuah berita yang sifatnya sekali tayang. Beberapa hal yang perlu kalian perhatikan dalam menyimak berita dari radio atau televisi adalah 1) berkonsentrasi; 2) memahami pesan pokok tiap kalimat; 3) apabila perlu membuat catatan kecil; serta 4) menyimpulkan dan menyarikan isi keseluruhan berita.

Tentu kalian ingin memiliki kemampuan menyimak yang baik. Untuk dapat memiliki kemampuan menyimak yang baik, tentu kalian harus rajin berlatih. Coba persiapkan diri kalian untuk mendengarkan berita dari televisi yang akan dibacakan oleh salah satu teman kalian. Usahakan kalian dapat memahami informasi yang ada dengan baik dan jelas. Berikut pembacaan berita dari televisi.

Cara Mengemukakan Kembali Isi Berita yang Didengar Melalui Televisi atau Radio
www.ilmubindo.com

Pemirsa, wabah demam berdarah mulai berjangkit di Kota Padang, Sumatra Barat. Tercatat 24 orang warga Kota Padang terkena demam berdarah. Sementara itu di Denpasar, Bali, wabah demam berdarah telah menelan korban 1 orang, dan kini 56 orang pasien dirawat di Rumah Sakit Umum Sangklah, Kuta, Denpasar.

Kasus demam berdarah yang berjangkit di Kota Padang ditemui di tiga kecamatan dari 11 kecamatan yang ada. Berdasarkan pantauan petugas, 24 pasien yang masuk rumah sakit rata-rata berasal dari Kecamatan Kuranji, Kecamatan Kuto Tangah, dan Kecamatan Bungas Buluspulutabu. Namun, di RSU Pusat Mohamad Jamil Padang ditemui juga beberapa pasien yang berasal dari luar Provinsi Sumatra Barat, yakni dari Pekanbaru, Riau. Dari pantauan, jumlah korban yang masih dirawat di RSUP Mohamad Jamil Padang tinggal 8 orang dari 13 orang yang masuk sejak awal Januari. Sementara di Rumah Sakit Yos Sudarso, jumlah pasien yang dirawat tinggal 3 orang dari 8 pasien yang masuk.

Penyakit demam berdarah juga telah menyerang warga Kota Denpasar dan sekitarnya sejak awal bulan Januari. Satu pasien demam berdarah telah meninggal dunia berumur 32 tahun. Dia berasal dari Jember. Ada 56 pasien telah menjalani rawat inap di Rumah Sakit Umum Sangklah, Denpasar. Kini jumlah pasien yang masih dirawat di sejumlah bangsal RSU Sangklah tinggal 25 pasien. Umumnya, penderita masih didominasi golongan usia dewasa. Di ruang rawat intensif khusus masih dipenuhi pasien demam berdarah.

Seorang yang menyimak berita dikatakan dapat memahami isi berita yang disampaikan apabila ia dapat mengungkapkan pokokpokok isi berita serta dapat mengemukakan inti sari berita tersebut kembali. Pokok-pokok isi atau inti sari berita dapat kalian simpulkan dengan menguraikan unsur-unsur kelengkapan berita.

Berkaitan dengan isi berita di atas, beberapa contoh atau alternatif jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan unsur kelengkapan isi berita dari penyampaian berita di atas, di antaranya adalah berikut.

1. Apa isi pokok berita tersebut?
– Wabah demam berdarah yang terjadi di Kota Padang dan Denpasar.
2. Siapa yang terkait atau terlibat dalam peristiwa yang menjadi isi berita tersebut?
– Warga yang menjadi korban demam berdarah, di Padang tercatat 24 orang, di Denpasar, Bali, 1 orang meninggal, dan 56 orang pasien masih dirawat di Rumah Sakit Umum Sangklah, Kuta, Denpasar.
3. Di mana peristiwa dalam berita tersebut terjadi?
– Di Kota Padang, Sumatra Barat, meliputi Kecamatan Kuranji, Kuto Tangah, dan Bungas Buluspulutabu serta di Denpasar, Bali, dan sekitarnya.
4. Mengapa hal atau peristiwa tersebut dapat terjadi?
– Kemungkinan munculnya wabah disebabkan adanya musim penghujan yang menimbulkan banyak genangan air sebagai tempat berkembang nyamuk demam berdarah.
5. Bagaimana kejadian peristiwa tersebut?
– Wabah menyerang kepada anak-anak maupun orang dewasa.

Berdasarkan berita yang telah kalian dengar, kalian dapat menyampaikan inti-inti pokok berita yang ada. Kalian tidak perlu membaca teks berita di atas ataupun mendengarkan ulang.

Berikut contoh penyampaian inti-inti pokok berita berdasarkan
berita di atas.

Terjadi wabah demam berdarah di Kota Padang yang telah menimbulkan korban jiwa. Berdasarkan pantauan, sebagian besar pasien berasal dari Kecamatan Kuranji, Kuto Tangah, dan Bungas Buluspulutabu. Pasien-pasien tersebut dirawat di RSUP Mohamad Jamil. Wabah demam berdarah juga menyerang Kota Denpasar dan sekitarnya. Wabah ini telah menimbulkan korban jiwa satu orang. Rata-rata pasien adalah orang dewasa. Kejadian tersebut telah menimbulkan banyak korban, baik korban meninggal maupun yang dirawat di rumah sakit daerah wabah