Pengertian dan Contoh Teks Berita Kurikulum 2013 | Revisi Terbaru 2018

ilmubindo.comKali ini admin akan membagikan materi tentang pengertian dan contoh teks berita dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII semester 1. Semoga contoh soal yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan belajar anak didik khususnya mata pelajaran bahasa Indonesia materi teks berita. Selamat belajar dan semoga apa yang kalian pelajari hari dapat mengantarkan kalian memeroleh nilai terbaik. Sukses selalu buat kalian semua dan semoga apa yang kalian cita-citakan dapat terwujud.

Berita merupakan bentuk laporan suatu kejadian atau peristiwa yang sedang terjadi atau keterangan terbaru dari suatu peristiwa. Dengan kata lain berita adalah fakta menarik atau suatu kejadian penting yang disampaikan kepada masyarakat melalui media. Akan tetapi, tidak semua fakta bisa diangkat menjadi berita. Setiap fakta akan dipilih yang pantas untuk disampaikan kepada masyarakat.

Pengertian dan Contoh Teks Berita Kurikulum 2013 | Revisi Terbaru 2018
www.ilmubindo.com

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia berita adalah cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat. Berita juga berarti laporaa. Ada yang mengatakan, berita adalah informasi baru yang disajikan dalam pembacaan dan penulisan yang jelas, aktual, dan menarik. Bila pembacaan dan penulisan, serta redaksi berfungsi baik, pembaca dan pendengar akan memeroleh informasi yang aktual.

Kata berita berasal dari bahasa Sanskerta virit berarti "terjadi" atau  "ada". Beberapa orang juga ada yang menyebut kata ini dengan kata vritta. Kata vritta berarti "kejadian" atau "yang sedang terjadi". Menurut Atar Semi, kritikus Sastra Indonesia, berita adalah cerita atau laporan mengenai kejadian atau peristiwa faktual baru dan luar biasa sifatnya.

Berita dapat dapat disampaikan secara lisan seperti dari teman, radio, dan televisi. Berita dalam bentuk tulisan dapat disampaikan melalui surat kabar, majalah, atau sarana tulisan yang lain. Peristiwa dalam cerita tersebut benar-benar aktual. Peristiwa dalam cerita memiliki nilai kejutan dan memenuhi hasrat keingintahuan banyak orang. Peristiwa itu bukan kejadian secara rutin dan natural, melainkan di luar kebiasaan dan di luar dugaan. Dengan demikian, peristiwa yang berlangsung atau terjadi secara lumrah dan rutin tidak dapat dinilai sebagai berita. Sementara itu, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, berita adalah cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa hangat.

Unsur-unsur pokok dalam berita dapat dirumuskan:
5W adalah what, who, why, when, dan where
1H adalah how
1. What (apa) : Apa yang terjadi?
2. Who (siapa) : Siapa yang terlibat dalam peristiwa itu?
3. Why (mengapa) : Mengapa hal itu bisa terjadi?
4. When (kapan) : Bilamana atau kapan peristiwa itu terjadi?
5. Where (di mana) : Di mana peristiwa itu terjadi?
6. How (bagaimana) : Bagaimana peristiwa itu bisa terjadi?

Ciri Teks Berita
Fakta adalah kejadian yang berlangsung dalam imajinasi atau berdasarkan cerita tidak jelas kebenarannya tidak layak dan tidak dapat dijadikan berita. Berita bukan sebuah karya fiksi yang berlangsung sesuai imajinasi penulis. Penulis berita tidak boleh mereka-reka sebuah kejadian atau peristiwa. penulis juga tidak boleh melebih-lebihkan informasi sebenarnya.

Baru adalah peristiwa yang terjadi bulan lalu tidak memunyai nilai sebagai sebuah berita layak disiarkan. Berita itu merupakan ulasan dan penggambaran latar belakang dari peristiwa masa lalu. Ulasan tersebut perlu dilakukan karena peristiwa atau kejadian tersebut masih dianggap perlu diketahui pembaca atau pendengar. Cara tepat adalah memberi ulasan lebih luas mengenai kejadian tersebut.

Luar biasa adalah peristiwa atau kejadian jarang terjadi dan mengherankan merupakan bahan berita baik. Peristiwa luar biasa, misalnya Dr. Yogi Ahmad Erlangga, seorang dosen ITB, berhasil memecahkan rumus Matematika Persamaan Helmholtz. Rumus tersebut telah membelenggu para pakar ilmu pengetahuan dan teknologi. Selama 30 tahun rumus tersebut tidak bisa dipecahkan.

Contoh Teks Berita 1:
Parkour, Seni Melarikan diri

Kamis (8/11) sore, di antara kerumuman orang yang olahraga di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, tampak aktivitas empat orang yang berbeda. Mereka mempraktikkan gerakan loncat menggunakan sebuah meja. Terkadang mereka juga melompati pagar stadion. Terkesan main-main, tetapi mereka serius dan mengulangi gerakan-gerakan itu. Untuk meloncati pagar kira-kira 2,5 meter, mereka hanya menggunakan dua kali panjatan.

Ternyata mereka tidak sekadar iseng. “Ini gerakan parkour. Kami, para pemain parkour, disebut traceur,” kata Aditya Tirto (22) yang bekerja di Restoran Ajisen Ramen. Parkour? Belum pernah dengar, kan? Wah, jadi loncat-loncat itu adalah cabang olahraga ya? Katanya, lari-lari dan loncat-loncat kayak ninja ini sempat fenomenal di Paris, Perancis. “Parkour itu seni bergerak, seni meloloskan diri,” kata Muhamad Fadli (26), editor Otostereo, yang bersama Aditya Tirto menjadi moderator forum web Parkour Indonesia di www.parkourindonesia.web.id.

Sore itu, bersama Agung Yuda Raharja (22), mahasiswa S-2 Binus dan Prabowo Sri Hayuningrat, mahasiswa Komunikasi Massa UI yang juga freelance video editor, mereka menggelar latihan rutin tiap Kamis di depan Pintu VII Stadion Gelora Bung Karno. Mereka ternyata baru kenal beberapa bulan lalu di internet, tepatnya di Forum Parkour Indonesia. “Kami semua sebelumnya belum kenal, dari internet itulah kami saling mengenal,” kata Fadli.

Biasanya mereka melihat video gerakan tertentu, kemudian dipraktikkan di rumah. Bosan mempraktikkan teori di rumah, mereka sepakat bertemu untuk latihan tiap Kamis di Pintu VII Stadion Gelora Bung Karno serta tiap Sabtu dan Minggu di Taman Ria, Senayan.

“Kami rata-rata tahu tentang parkour itu setelah nonton film Yamakasi dan Banlieue 13, “ kata Aditya. Yamakasi merupakan nama klub parkour yang didirikan mantan anggota Yamakasi yang juga pendiri parkour, David Belle. Yamakasi bukan berasal dari bahasa Jepang, melainkan bahasa lokal yang digunakan di Kongo. Yamakasi berarti spirit yang kuat.

Contoh Teks Berita 2:
Millenium Enterprise
Melahirkan Banyak Juara

Berawal dari keinginan menyalurkan anak-anak yang punya hobi menyanyi, Hence, Comeles Takapaha dan Ibu Irma Andries membentuk sanggar Millinium enterprise.

“Waktu itu, sekitar tahun 1998, kami kasihan melihat banyak anak yang punya bakat menyanyi, tetapi tidak tahu cara mengolahnya. Kebetulan kami tahu. Jadi, kami bagi-bagi ilmu. Selain itu, kami ingin sanggar ini menjadi wadah untuk mengisi waktu luang sehingga anak-anak tidak terjerumus melakukan perbuatan tidak baik,” jelas Hence, salah seorang pelatih.

Seperti halnya lembaga kursus menyanyi lain, waktu pertama kali berdiri, muridnya baru 10 orang. Itu pun terbatas pada kalangan sendiri. Maksudnya, keluarga dan kenalan. Seiring perkembangan dan prestasi hasil yang dicapai, lama-kelamaan peminatnya bertambah. Hingga kini mencapai 40-an orang. Bukan hanya dari Jakarta, tetapi ada juga dari Bekasi dan Depok.

“Lokasi tidak menjadi halangan bagi kami, yang penting bisa belajar cara menyanyi yang baik dan benar. Di samping itu, yang membuat kami betah latihan di sini adalah suasana kekeluargaan yang belum tentu didapatkan di tempat lain,” ujar Desi, salah seorang murid di Millenium Enterprise.

Pilihan Desi dan teman-teman berlatih di sanggar yang berlokasi di Jln. Kelapa No. 2 Rawamangun, Jakarta Timur ini tepat. Banyak murid setelah berguru dengan sungguh-sungguh berhasil menjadi juara berbagai lomba menyanyi. Bukan hanya seputar mall, tetapi juga di televisi. Tidak jarang dalam satu lomba, murid-murid sanggar tersebut saling bersaing.

“Kursus di sini tidak sia-sia. Sebelumnya, aku tidak bisa menyanyi. Setelah berguru di Millenium, ternyata aku bisa. Bahkan aku sering juara. Senangnya, pengalamanku jadi bertambah pula,” jelas Indah.

Ada juga yang sudah rekaman. Rata-rata di antara mereka sudah mengumpulkan puluhan, bahkan ratusan piala. Sanggar ini memang telah melahirkan juara, terutama menyanyi. Banyak juga artis cilik ibu kota berguru pada pelatih di sanggar ini.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang pengertian dan contoh teks berita dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII semester 1. Semoga bermanfaat dan terima kasih.