Cara Mengidentifikasi Jenis Teks Prosedur Edisi Terbaru

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan bagaimana dalam mengidentifikasi jenis-jenis teks prosedur dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Semoga materi yang admin bagikan kali ini dapat bermanfaat buat peserta didik semua dalam mencari referensi  bagaimana cara mengidentifikasi jenis teks prosedur. Selamat belajar dan semoga apa yang kalian pelajari saat ini dapat bermanfaat buat kalian semua pastinya. Good Luck.

Teks prosedur dapat dibagi menjadi tiga yaitu teks prosedur membuat sesuatu, cara memainkan sesuatu, dan melakukan sesuatu.

Cara Mengidentifikasi Jenis Teks Prosedur Edisi Terbaru
 www.ilmubindo.com

Adapun bagian teks prosedur adalah sebagai berikut.
  • Teks Prosedur Membuat Sesuatu
Teks prosedur berisi cara membuat sesuatu. Proses membuat tersebut berdasarkan kreativitas seseorang. Kreativitas seseorang berbeda-beda. Oleh karena itu, benda atau karya yang dihasilkan setiap orang pun berbeda-beda. Teks prosedur membuat sesuatu berisikan langkah-langkah membuat suatu barang. Barang yang dapat dibuat bermacam-macam. Barang-barang tersebut dapat berupa hasil kerajinan dan makanan. Contoh teks prosedur membuat sesuatu ditunjukkan oleh contoh teks membuat resep tradisional bagi penderita insomnia.
  • Teks Prosedur Memainkan Sesuatu
Teks prosedur memainkan sesuatu bertujuan untuk memandu seseorang untuk mampu memainkan suatu alat secara tepat. Teks prosedur jenis ini berisi langkah-langkah urut dalam memainkan sesuatu. Contoh teks prosedur memainkan sesuatu adalah prosedur memainkan angklung.
  • Teks Prosedur Melakukan Sesuatu
Teks prosedur memainkan sesuatu bertujuan memandu seseorang dalam melakukan suatu kegiatan secara tepat dan urut. Langkah urut akan menunjang tercapainya tujuan teks prosedur tersebut. Contoh teks prosedur melakukan sesuatu yaitu teks berjudul "Cara Melakukan Tari Tor Tor". Teks prosedur tersebut memandu seseorang dalam melakukan gerakan tor tor sesuai dengan langkah urut dan benar.