Contoh Soal Menentukan Bagian Teks - UNBK SMP/MTs 2020

ilmubindo.com_ Di dalam bahasa Indonesia dikenal beberapa jenis teks. Jenis-jenis teks tersebut antara lain teks laporan, teks eksposisi, teks ulasan, teks biografi, teks prosedur, dan teks tanggapan kritis. Teks laporan adalah bentuk hasil pengamatan yang dilakukan dan bertujuan untuk menginformasikan hasil yang diperoleh tersebut kepada pembaca. Oleh karena itu, teks laporan dapat pula disamakan dengan teks hasil observasi. Struktur teks observasi adalah 1) definisi umum; 2) deskripsi bagian; 3) deskripsi manfaat.
Teks Eksposisi merupakan uraian atau paparan yang bertujuan menjelaskan maksud dan tujuan dalam karangan. Eksposisi juga berarti tulisan atau keterampilan berbahasa secara efektif yang berusaha untuk menerangkan dan menguraikan suatu pokok pikiran yang dapat memperluas pandangan atau pengetahuan seseorang yang membaca uraian tersebut. Struktur teks eksposisi adalah 1) Tesis/opini (pembuka); 2) Argumentasi (isi); 3) Penegasan ulang (penutup)
Contoh Soal Menentukan Bagian Teks - UNBK SMP/MTs 2020
www.ilmubindo.com

Teks ulasan adalah teks yang dihasilkan dari sebuah analisis terhadap berbagai karya sastra. Analisis tersebut berisi tinjauan terhadap karya sastra baik buku, cerpen, novel, film, drama, maupun puisi. Struktur teks ulasan adalah 1) Orientasi; 2) Tafsiran; 3) Evaluasi; 4) Rangkuman
Teks biografi adalah riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain. Senuah biografi lebih kompleks daripada sekadar daftar tanggal lahir atau data kematian dan data pekerjaan seseorang. Struktur teks biografi adalah 1) Orientasi/Pengenalan Tokoh; 2) Peristiwa dan Masalah; 3) Reorientasi
Teks prosedur adalah tahap kegiatan untuk menyelesaikan suatu aktivitas. Teks cerita prosedur adalah petunjuk yang berisi langkah-langkah dengan tujuan tertentu. Struktur teks prosedur adalah 1) Tujuan; 2) Bahan-bahan/perlengkapan; 3) Langkah-langkah
Teks tanggapan kritis adalah karangan berisi tanggapan kritis terhadap masalah. Tanggapan kritis merupakan tanggapan (komentar) seseorang terhadap masalah berdasarkan cara berpikir kritis. Struktur teks tanggapan adalah 1) Resume/Ringkasan; 2) Kelebihan/kekurangan; 3) Penilaian menyeluruh
Contoh Soal UN:
1. Bacalah bagian teks berikut!
Golongan darah manusia terbagi menjadi 4 jenis, yaitu golongan darah A, B, AB, dan O. Setiap manusia memiliki golongan darah yang berbeda-beda berdasarkan garis keturunannya. Seorang anak yang lahir memiliki dua kemungkinan anak itu memiliki golongan darah yang sama dengan ayahnya ataupun sama dengan ibunya. Penelitian telah membuktikan bahwa golongan darah secara genetik dapat mempengaruhi karakter seseorang diwariskan oleh orang tua kepada anaknya. Golongan darah anak bisa dijadikan media untuk mengenali kepribadian dan karakternya. Meskipun tiap anak dilahirkan dengan pembawaan yang baik, namun dalam perkembangannya ia juga memerlukan lingkungan yang baik juga agar terbentuk karakter yang sesuai dengan orang tuanya harapkan.

Kutipan teks tersebut merupakan bagian ....
A. pendahuluan
B. sinopsis buku
C. kelebihan dan kelemahan
D. penutup

Pembahasan:  
Kutipan tersebut tergolong teks ulasan. Kutipan teks ulasan tersebut berisi gambaran umum tentang golongan darah manusia yang dapat membedakan karakter seorang anak. Paragraf yang berisi tentang gambaran umum atau deskripsi secara singkat sebuah teks disebut pendahuluan. Jadi, pilihan jawaban yang sesuai adalah pilihan jawaban A. Pilihan jawaban B, C, dan D tidak tepat. Sinopsis berisi pokok-pokok isi buku. Bagian kelebihan dan kelemahan berisi segi menarik dann kekurangan buku. Bagian penutup berisi simpulan karya tersebut.

Jawaban: A

2. Bacalah teks berikut!
Novel yang disajikan dengan bahasa cantik ini mampu menyihir pembaca sehingga mereka dapat ikut merasakan kebahagiaan, semangat yang tidak biasa, dan kesedihan. Selain itu, novel ini memiliki lelucon -lelucon yang tidak biasa, cerdas, dan pasti akan membuat pembaca tertawa. Dengan membaca novel ini, Anda akan mengetahui bahwa Andrea Hirata memiliki pribadi cerdas dalam mengolah kata-kata memiliki wawasan sangat luas.

Kutipan teks tersebut merupakan bagian ....
A. pendahuluan
B. sinopsis buku
C. kelebihan
D. penutup

Pembahasan:
Kutipan tersebut termasuk teks ulasan. Kutipan teks ulasan tersebut berisi kelebihan novel yang ditulis oleh Andrea Hirata. Jadi, jawaban tepat terdapat pada pilihan jawaban tepat terdapat pada pilihan jawaban C. Pilihan jawaban A, B, dan D tidak tepat. Bagian pendahuluan berisi gambaran umum tentang buku yang diulas. Bagian sinopsis buku berisi pokok-pokok isi buku. Bagian penutup berisi simpulan karya tersebut.

Jawaban: C

3. Paragraf eksposisi berikut yang berisi tesis/opini adalah ....
A. Pada masa perkembangan anak-anak mengalami masa transisi. Saat anak berusia 10-12 tahun mereka mengalami masa remaja. Masa remaja merupakan masa transisi dari masa anak-anak ke masa awal dewasa. Pada masa remaja ini mereka mengalami fase mencari identitas diri. Oleh karena itu, para remaja wajib mendapatkan pendidikan karakter sehingga mereka dapat mengarahkan diri pada kegiatan-kagiatan positif.

B. Pendidikan karakter akan membentuk remaja berprestasi. Mereka diajari nilai religius yang menguraikan kebaikan agar remaja tumbuh menjadi manusia yang peka terhadap lingkungan sosial dalam pendidikan karakter. Mereka diajari juga nilai toleransi dan nilai cinta damai atau nilai-nilai kemanusiaan yang membentuk remaja mempunyai sifat pengasih, berbudi pekerti, dan cinta damai.

C. Pendidikan karakter yang didapatkan remaja mengajari nilai suka bekerja keras, kreatif, dan mandiri. Selain itu, melalui pendidikan karakter, remaja ingin mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi. Nilai-nilai tersebut dapat membentuk remaja menjadi orang berprestasi.

D. Dengan demikian, nilai-nilai positif yang didapatkan para remaja dalam pendidikan karakter atau membentuk mreka menjadi remaja unggul. Mereka pasti mampu bersaing baik di tingkat internasional. Oleh karena itu, kita harus yakin bahwa remaja yang memiliki karakter kuat akan tumbuh menjadi remaja yang memiliki karakter kuat akan tumbuh menjadi remaja unggul dan membanggakan keran sehat secara fisik, srabil dalam emosi, dan intelektualnya berkembang baik.

Pembahasan:
Paragraf berisi tesis/opini terdapat pada pilihan jawaban A. Paragraf pada pilihan jawaban A berisi opini penulis tentang kewajiban remaja mendapatkan pendidikan karakter. Paragraf pada pilihan jawaban B dan C berisi argumentasi. Paragraf pada pilihan jawaban D berisi penegasan ulang.

Jawaban: A

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang Contoh Soal Menentukan Bagian Teks dalam Ujian Nasional bahasa Indonesia kelas 9. Semoga contoh soal yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik khususnya kelas 9 yang akan mengikuti ujian nasional tahun ini. Selamat belajar dan semoga apa yang kalian cita-citakan dapat tercapai dengan baik. Selamat belajar dan semoga sukses.

BUKA SOAL