Contoh Soal Menggunakan Kata Bentuk Sesuai dengan Kaidah - UNBK SMP 2020

ilmubindo.com_ Kata berimbuhan merupakan kata yang dibentuk dengan melekatkan imbuhan. Imbuhan dibedakan menjadi empat jenis yaitu awalan, akhiran, awalan dan akhiran, serta sisipan.
1. Awalan disebut juga prefiks. Ada beberapa jenis prefiks, yaitu meN-, ber-, di-,ter-, peN-, pe-, se-, per, dan ke-.
a) Awalan meN- memiliki makna 'menyatakan perbuatan', 'menjadi', 'menggunakan apa yang ada pada bentuk daarnya', 'menuju ke', 'dalam keadaan'.
b) Awalan ber- memiliki makna "menyatakan perbuatan', 'dalam keadaan', 'kumpulan', 'menggunakan', dan 'memiliki'.
c)  Awalan di- memiliki makna 'melakukan perbuatan pasif'.
d) Awalan ter- memiliki makna 'melakukan perbuatan pasif', 'tidak sengaja', 'paling', dan 'kemungkinan'.
e) Awalan peN- memiliki makna 'melakukan perbuatan', 'alat', 'memiliki sifat','yang menyebabkan adanya sifat', dan 'melakukan perbuatan yang tertera dalam bentuk dasar'.
f) Awalan pe- memiliki makna 'orang yang melakukan kegiatan atau pekerjaan' dan 'orang yang di-'.
g) Awalan per- memiliki makna 'membuat jadi' dan 'mengaggap sebagai apa'.
h) Awalan se- memiliki makna 'satu', 'seluruh', 'sama seperti', dan 'setelah'.
i) Awalan ke- memiliki makna 'kumpulan' dan 'urutan'.

Contoh Soal Menggunakan Kata Bentuk Sesuai dengan Kaidah - UNBK SMP 2020
 www.ilmubindo.com

2. Akhiran disebut juga sufiks. Ada beberapa jenis sufiks, yaitu -kan, -i, - dan -an.
a) Akhiran -kan memiliki makna 'melakukan perbuatan untuk orang lain','membuat jadi', 'menyebabkan jadi', 'menganggap', dan 'membawa/memasukkan'.
b) Akhiran -i memiliki makna 'perbuatan berulang-ulang','memberi apa yang ada pada bentuk dasarnya', 'tempat', dan 'menyebabkan jadi'.
c) Akhiran -an memiliki makna 'sesuatu yang berhubungan dengan bentuk dasarnya', 'tiap-tiap', 'satuan', 'beberapa', dan 'sekitar'.

3. Gabungan awalan dan akhiran disebut juga konfiks. Konfiks dibedakan menjadi je-an, peN-an, per-an, ber-an, dan se-nya.
a) Konfiks ke-an memiliki makna 'hal', 'berhubungan dengan bentuk dasarnya', 'dikenai perbuatan pada bentuk dasarnya', 'dalam keadaan', dan 'tempat atau daerah'.
b) Konfiks peN-an memiliki makna 'hal atau perbuatan'. 'hasil perbuatan','alat yang digunakan untuk melakukan perbuatan, dan 'tempat untuk melakukan perbuatan'.
c) Konfiks per-an memiliki makna  'hal','hasil', 'tempat', 'daerah', dan 'macam-macam'.
d) Konfiks ber-an memiliki makna 'perbuatan yang disebut kata dasarnya', 'perbuatan berulang-ulang', dan 'saling'.
e) Konfiks se-nya memiliki makna 'sampai'.

4. Sisipan disebut pula infiks
Sisipan terdiri atas -in-, -el-, -em-, -er-, dan -ah-. Sisipan -in- digunakan dalam kata kinerja, sinambung, dan tinambah. Sisispan -el- digunakan dalam kata gelembung, geletar, dan leluhur. Sisipan -em- digunakan untuk kata gemetar, gemerlap, gemilang.Sisipan -er- digunakan dalam kata gerigi, serabut, dan seruling. Sementara itu, sisipan -ah- digunakan dalam dahulu dan sahaja.

Contoh Soal UN:
Cermati paragraf rumpang berikut!
Penampilan dianggap penting karena penampilan dapat [...] kesan pertama pelanggan. Tidak aneh jika petugas pelayanan harus [...] busana yang dikenakannya. Perlu diingat bahwa busana yang dikenakan dapat [...] kepada pelanggan.

Kata berimbuhan tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah....
A. mempengaruhi, diperhatikan, berpengaruh
B. memengaruhi, memperhatikan, berpengaruh
C. mempengaruhi, memperhatikan, dipengaruhi
D. dipengaruhi, memperhatikan, berpengaruh

Pembahasan:
Agar menjadi paragraf padu, bagian-bagian rumpang tersebut harus diisi dengan kata-kata berimbuhan. Kata-kata mempengaruhi, memperhatikan, dan berpengaruh merupakan kata-kata tepat untuk mengisi bagian-bagian rumpang tersebut. Kata berimbuhan mempengaruhi  tidak tepat dalampenulisannya. Sementara kata diperhatikan dan dipengaruhi tidak tepat untuk mengisi paragraf rumpang tersebut.

Jawaban: B

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang Contoh Soal Menggunakan Kata Bentuk (Mengisi Sesuai Kaidah Bentukan Kata)dalam ujian nasional mata pelajaran bahasa Indonesia. Semoga Materi dan contoh soal yang admin bagikan ini bermanfaat. Terima kasih.

BUKA SOAL