Tips Menghadapi Ujian Nasional untuk SMP dan SMA Tahun 2018

ilmubindo.com_ Ujian Nasional (UN) merupakan ajang untuk kemampuan diri. Saat itulah hasil belajarmu dievaluasi. Jangan grogi saat menghadapi UN. Tips berikut akan membantumu dalam menghadapi UN.

1. Berdoalah kepada Tuhan dan Mohon Doa Restu kepada Orang Tua
Setiap keberhasilan ada keikutsertaan Sang Pencipta di dalamnya. Berdoalah agar diberi kemudahan di dalam menghadapi UN. Selain itu, jadikan UN sebagai ajang untuk mempersembahkan yang terbaik kepada orang tua. Oleh karena itu, mintalah restu kepada orang tua sebelum UN agar diberi kemudahan dan kelancaran.

2. Perbanyak Latihan Soal
Berlatih mengerjakan soal-soal akan membuatmu terbiasa menghadapi beragam soal. Dengan sering berlatih, penguasaanmu terhadap materi semakin baik. Kamu tidak akan cemas atau grogi dalam menghadapi soal-soal UN.

Tips Menghadapi Ujian Nasional untuk SMP dan SMA Tahun 2018
www.ilmubindo.com

3. Belajar Kelompok
Dengan belajar kelompok, kamu dapat berbagi dengan teman yang lain dalam memecahkan soal-soal dan saling menguatkan motivasi belajar. Manfaatkanlah waktumu dengan belajar secara berkelompok.

4. Biasakan Bersikap Jujur dan Sportif
UN merupakan ajang yang sangat prestisius. Tidak mengherankan jika ada yang melakukan tindakan tidak terpuji di dalam pelaksanaan UN. Misalnya, membeli bocoran soal atau melakukan kecurangan saat UN. Hindari tindakan-tindakan seperti iyu. Bersikaplah jujur dan sportif, niscaya Tuhan akan memberi kemudahan.

5. Hindari Belajar Sistem Kebut Semalam
Belajarlah jauh-jauh hari sebelum UN tiba. Jangan menggunakan sistem kebut semalam yaitu belajar keras saat UN sudah dekat. Justru pada hari-hari mendekati UN, badan dan pikiran harus rileks. Jaga kondisi tubuhmu dengan makan makanan yang bergizi dan beristirahat yang cukup.

6. Hindari Kegiatan yang Bisa Mengganggu Konsentrasi Belajar
Untuk sementara tinggalkan dulu kegiatan/kesenangan/hobi yang bisa menganggu konsentrasi belajar seperti: bermain play station, chatting di internet, dan menonton televisi.