Pilihan Kata (Diksi) dalam Teks Deskripsi Revisi 2017

ilmubindo.com_ Pilihan kata (diksi) pada hakikatnya merupakan pemilihan kata yang tepat dan selaras dalam penggunaannya sehingga dapat memberikan kesan sesuai dengan harapan. Diksi akan sangat ditentukan oleh penguasaan perbendaharaan kata. Semakin banyak kosakata yang dimiliki seseorang, semakin tepat pula pilihan kata yang digunakan dalam teks.

Bahasa Indonesia termasuk salah satu bahasa di dunia yang sangat kaya kosakatanya. Ada banyak kata yang memiliki makna sama, seperti hamil, mengandung, bunting, berbadan dua, tetapi menimbulkan kesan atau efek yang berbeda-beda.

Perhatikan beberapa contoh penggunaan kata yang bermakna sama, tetapi memiliki kesan yang berbeda pada kalimat berikut.
Pilihan Kata (Diksi) dalam Teks Deskripsi Revisi 2017
www.ilmubindo.com

Contoh 1
  1. Korban gempa bumi di Lombok diperkirakan 56 orang meninggal dunia.
  2. Perampok itu tewas di tembak oleh kepolisian tadi malam.
Contoh 2
  1. Istri tetangga kami sudah hamil 3 bulan.
  2. Anak pak Agus telah bunting 3 bulan.
Contoh 3
  1. Sudah seminggu kedatangan ayah dari Jakarta
  2. Kakak sudah tiba dari Manado kemarin sore.
Bagaimana kesan kalian setelah membaca ketiga pasang kalimat tersebut? Manakah pilihan kata yang bercetak miring yang tepat? Nah, penguasaan kata menjadi salah satu kunci pilihan kata yang tepat dalam menyusun sebuah teks deskripsi. Semakin banyak kosakata yang kalian miliki, semakin banyak pula kata yang tepat untuk kamu pilih sehingga tulisanmu mampu memberikan gambaran sejelas-jelasnya dan mampu menimbulkan efek emosional tertentu kepada pembaca.