13 Jenis Teks Diskusi dalam Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 2

ilmubindo.com_Kali ini admin akan membagikan 13 jenis teks diskusi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 9 semester 2. Semoga jenis-jenis teks diskusi yang admin bagikan ini dapat membantu rekan-rekan guru dan juga peserta didik dalam mencari referensi jenis-jenis teks diskusi. Banyak jenis diskusi yang dapat digunakan sebagai forum untuk menyelesaikan suatu masalah. Jenis-jenis diskusi tersebut sebagai berikut.
  • Diskusi Kelompok
Pada hakikatnya diskusi ini digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah. Metode yang digunakan adalah proses berpikir kelompok. Oleh karena itu, diskusi kelompok merupakan suatu kegiatan koordinatif yang mengandung langkah-langkah tertentu dan harus dipatuhi oleh kelompok. Diskusi kelompok berlangsung apabila sejumlah orang yang berminat terhadap suatu masalah dengan senggaja berkumpul untuk mendiskusikannya. 
  • Dialog Interaktif
Dialog interaktif merupakan percakapan yang melibatkan pemirsa atau pendengar dengan narasumber atau pembicara. Narasumber dalam dialog interaktif bisa lebih dari satu. Adanya beberapa narasumber ini bertujuan menjaga keseimbangan informasi yang disajikan. Pemirsa atau pendengar berperan untuk ikut menanggapi atau menanyakan seputar isi pembicaraan dalam dialog tersebut.
  • Rapat
Rapat merupakan komunikasi timbal balik dengan sarana bahasa antara dua orang atau lebih untuk memperdalam pemahaman dan memutuskan pengambilan langkah tertentu dalam rangka suatu kerja sama tetap. Bahan pembicaraan dapat berupa baik pengupasan suatu bagian masalah dalam kerja sama, penilaian atas pelaksanaan kerja sama, maupun penyusunan rencana kerja.
13 Jenis Teks Diskusi dalam Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 2
 www.ilmubindo.com
  • Diskusi Panel
Diskusi panel adalah diskusi yang dilakukan oleh sekelompok orang (panel). Mereka membahas sebuah topik yang menjadi perhatian umum dihadapan khalayak, bisa juga pendengar radio atau penonton televisi.
  •  Simposium
Simposium merupakan variasi dari diskusi panel. Dalam simposium terdapat beberapa ahli yang memiliki pandangan berbeda tentang permasalahan yang sedang dibicarakan dan disampaikandalam diskusi tersebut. Peserta simposium terlibat aktif dalam kegiatan tersebut.
  • Seminar
Diskusi jenis ini bertujuan untuk mencari kesepakatan langkah atau pandangan dalam menghadapi suatu persoalan. Diskusi ini bersifat formal sehingga pemrasaran perlu menyiapkan makalah atau kertas kerja untuk disajikan.
  • Konferensi
Konferensi merupakan bentuk diskusi resmi mengacu pada pengambilan tindakan. Diskusi ini bertujuan untuk membuat keputusan bersama dan bertindak sesuai dengan keputusan tersebut. Diskusi ini dilakukan jika terdapat suatu masalah yang menuntut suatu tindakan. Dalam konferensi ini, aspek yang diutamakan adalah cara menyelesaikan masalah tersebut sehingga sering dilakukan pemungutan suara untuk menentukan cara penyelesaian efektif.
  • Komite
Komite melakukan penelitian dan pengusutan sesuai bidang komite tersebut, lalu mendiskusikannya dengan anggota komite lain berdasarkan temuan penelitian. Langkah ini sesuai dengan arti komite, yaitu panitia yang dibentuk khusus untuk menyelenggarakan suatu usaha atau pekerjaan.
  • Diskusi Fak
Diskusi fak bertujuan mengolah suatu bahan secara bersama-sama di bawah bimbingan seorang ahli. Diskusi ini biasanya diselenggarakan pada akhir suatu cerita atau makalah yang mengupas suatu masalah dari bidang ilmu tertentu.
  • Diskusi Podium
Diskusi podium adalah sebuah penjelasan suatu masalah yang dilakukan oleh wakil dan berbagai kelompok yang memiliki pendapat berbeda. Dalam diskusi ini, masalah-masalah bersifat umum dijelaskan secara panjang lebar sehingga jelas.
  • Forum Diskusi
Forum diskusi merupakan bentuk dialog yang sering dipergunakan dalam bidang politik. Forum diskusi merupakan kombinasi beberapa bentuk dialog. Dalam bidang politik, para pemimpin partai sering mengadakan forum diskusi secara terbuka kepada para pendengar atau pemirsa televisi.
  • Lokakarya
Lokakarya adalah pertemuan antara para ahli atau pakar untuk membahas masalah praktis atau bersangkutan dengan palaksanaan dalam bidang keahliannya. Oleh karena itu, peserta lokakarya biasanya berlatar belakang sama.
  • Debat
Debat pada dasarnya merupakan pembicaraan saling adu argumentasi. Pelaku debat bisa antarpribadi atau kelompok. Tujuan dari debat untuk mencapai kemenangan bagi salah satu pihak yang berdebat. Oleh karena itu, terjadi sikap saling menjatuhkan antarpribadi atau antarkelompok yang berdebat.
Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini, semoga apa yang admin bagikan dapat bermanfaat. Terima kasih.