Contoh Soal Menyimpulkan Isi Teks - UNBK Bahasa Indonesia 2019

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan contoh soal indikator menyimpulkan isi teks dalam ujian nasional Bahasa Indonesia kelas 9 tahun 2019. Semoga soal-soal kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi soal-soal terbaru seputar UN/UNBK Bahasa Indonsia indikator menyimpulkan isi teks. Berikut adalah contoh soalnya. Selamat belajar.

1. Bacalah teks berikut!
Lingkungan hidup dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu unsur hayati (biotik), unsur sosial budaya, dan unsur fisik (abiotik). Unsur hayati (biotik) adalah unsur lingkungan hidup yang terdiri dari makhluk hidup, seperti manusia, hewan, tumbuhan, dan jasad renik. Unsur sosial budaya adalah unsur lingkungan sosial dan budaya yang dibuat oleh manusia berupa sistem nilai, gagasan, dan keyakinan dalam perilaku sebagai makhluk sosial. Unsur fisik (abiotik) adalah unsur lingkungan hidup yang terdiri dari makhluk tak hidup seperti  tanah, air, iklim, dan udara. Keberadaan unsur ini sangat penting bagi kelangsungan kehidupan di Bumi.

Simpulan teks laporan tersebut adalah ....
A. Ketiga unsur tersebut harus dapat saling bersinergi dengan baik
B. Ketiga unsur lingkungan hidup tersebut penting bagi kelangsungan kehidupan di Bumi.
C. Tiga macam unsur itu adalah biotik, abiotik, dan unsur sosial
D. Lingkungan hidup terbagi menjadi tiga macam unsur

2. Gerakan cinta produk dalam negeri tidak akan sukses jika kita hanya mengandalkan pemerintah. Contohnya, para pejabat negeri kita masih banyak yang menggunakan sepatu buatan luar negeri. Gerakan ini akan sukses jika kita sebagai warga negara mulai membangun kesadaran untuk menggunakan produk dalam negeri. Resepnya mudah saja, seperti yang Aa Gym pernah ucapkan, yaitu 3M: Mulai dari diri sendiri, Mulai dari hal kecil, dan Mulai dari sekarang. Ayo, kita cintai dan gunakan produk Indonesia!

Simpulan teks eksposisi tersebut adalah ....
A. Mari kita cintai dan gunakan produk Indonesia
B. Pejabat kita tidak bisa diteladani karena menggunakan produk luar negeri
C. Gerakan cinta produk dalam negeri merupakan tanggung jawab kita semua
D. Kita tidak bisa mengandalkan pemerintah dalam gerakan cinta produk dalam negeri

Contoh Soal Menyimpulkan Isi Teks - UNBK Bahasa Indonesia 2019
www.ilmubindo.com

3. Bacalah kutipan teks berikut!
Mengurangi emisi CO₂ dan mengurangi pemakaian bahan bakar fosil serta mencoba alternatif energi ramah lingkungan dan terbarukan, akan menjadikan Bumi sedikit bersih dari polusi yang telah membuat manusia sesak napas dan teracuni paru-parunya. Apalagi untuk Indonesia yang saat ini memiliki tingkat polusi sudah agak membahayakan bagi kesehatan penduduknya. Siapa lagi jika bukan kita yang mesti beraksi? ...

Simpulan isi teks tersebut adalah ....
A. Penanggulangan polusi mesti dilakukan secara komprehensif
B. Segala tindakan pencegahan harus segera kita lakukan
C. Marilah kita menjaga bumi ini dari gas-gas beracun
D. Jadi, kita harus melakukan aksi yang positif

4. Bacalah kutipan berikut!
MVP Pictures memproduksi film Hijrah Cinta yang bercerita tentang kisah hidup Ustaz Jefri Al Buchori atau yang dikenal dengan sapaan Uje. Cerita dimulai saat ia menjalani kehidupan sebagai pecandu narkotik hingga berpulang ke Ilahi karena kecelakaan. Para pemain, Alfie Alfandy (Uje), Revalina S. Temat (Pipik), Valentino (Gugun Gondrong), dan Wieke Widowaty (Umi Tatu) mampu berperan sangat apik.

Simpulan isi teks ulasan tersebut adalah ....
A. Film  tentang Ustaz Uje ini didukung oleh para pemain jempolan
B. Film ini akan menjadi alternatif film biografi
C. Film Indonesia yang mengangkat tema tentang kehidupan pendakwah masih jarang
D. Film kehidupan Ustaz Uje menjadi film dakwah yang menggetarkan diri

5. Bacalah teks berikut!
Semangat juang dan perlawanan Cut Nyak Dien bertambah kuat saat Belanda membakar Masjid Besar Aceh. Dengan semangat menyala, beiau mengajak seluruh rakyat Aceh untuk terus berjuang. Saat Teuku Ibrahim gugur, di tengah kesedihan, beliau bertekad meneruskan perjuangan. Dua tahun setelah kematian suami pertamanya tepatnya pada tahun 1880, Cut Nyak Dien menikah lagi dengan Teuku Umar. Layaknya Teuku Ibrahim, Teuku Umar adalah pejuang kemerdekaan yang hebat.

Simpulan isi teks biografi tersebut adalah ....
A. Sosok wanita pejuang yang tidak menghiraukan kesedihan diri sendiri
B. Cut Nyak Dien merupakan wanita pejuang yang memiliki semangat juang membara
C. Cut Nyak Dien merupakan wanita pejuang yang menginspirasi rakyat Aceh.
D. Cut Nyak Dien merupakan wanita pejuang yang bisa menggerakkan perlawanan rakyat Aceh

6. Bacalah kutipan teks berikut!
Jika kita memiliki pohon jeruk di sekitar rumah, tentunya kita perlu melakukan perawatan terhadap tanaman jeruk tersebut agar tetap subur dan terjaga. Bagaimana cara yang tepat untuk merawatnya? Berikut langkah-langkahnya.
1. Siapkan air dalam wadah khusus untuk menyiram
2. Taburkan pupuk kandang di sekitar batang bawah pohon jeruk
3. Siram dengan perlahan bagian atas pohon jeruk

Simpulan isi teks prosedur berikut adalah ....
A. Dengan melakukan ketiga langkah tersebut, kita dapat merawat pohon jeruk.
B. Pupuk kandang sangat baik untuk tanaman, terutama pohon jeruk
C. Ketiga langkah merawat pohon jeruk sangat praktis dan mudah
D. Pohon jeruk harus disiram setiap hari gar subur dan terjaga

7. Bacalah teks berikut!
Sebagai hasil olahan industri makanan, junk food biasanya banyak mengandung lemak jenuh. Ketika dipanaskan, lemak jenuh dapat bertahan pada temperatur tinggi. Bahayanya, lemak jenuh dapat menjadi biang kegemukan dan meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Apabila kondisi tersebut terjadi pada tubuh seseorang, maka masalah kesehatan serius lainnya pun akan terpicu. Kanker, penyakit jantung, dan stroke adalah contoh penyakit yang diakibatkan kandungan lemak jenuh tinggi.

Simpulan isi teks tersebut adalah ....
A. Junk food memiliki harga sangat murah dan ketika dipanaskan dapat bertahan pada temperatur tinggi
B. Lemak jenuh menjadi biang kegemukan dan meningkatkan kadar kolesterol dalam darah
C. Kandungan lemak jenuh pada junk food mengakibatkan berbagai penyakit
D. Junk food biasanya banyak mengandung lemak jenuh

8. Bacalah teks berikut!
Sungguh suatu kebahagiaan tersendiri, sebuah arsip atau karya film Indonesia di masa lampau, dalam hal ini karya Usmar Ismail, bisa kita saksikan dalam format yang telah direstorasi. Pentingnya sebuah karya film yang direstorasi itu sendiri adalah bagaimana kita bisa menyaksikan sebuah karya film-film produksi terdahuludalam bentuk yang utuh. Hal ini tidak lain karena beberapa arsip film Indonesia yang di produksi di masa lampau tidak mengalami perawatan yang memadai sehingga beberapa film klasik Indonesia tersebut, tidak bisa disaksikan dalam kondisi utuh seperti kondisi awal ketika diproduksi. Setidaknya pengertian utuh di sini adalah perihal film dalam bentuk (form) asalnya sangat dipengaruhi oleh material film yang mengalami kerusakan karena usia dan perawatan yang tidak memadai.

Simpulan isi teks ulasan tersebut adalah ...
A. Sebuah karya film yang direstorasi itu sendiri adalah bagaimana kita bisa menyaksikan sebuah karya film yang utuh
B. Beberapa arsip film Indonesia yang diproduksi di masa lampau tidak mengalami perawatan yang memadai
C. Perihal film dalam bentuk (form) asalnya sangat dipengaruhi oleh material film yang mengalami kerusakan karena usia dan perawatan yang tidak memadai
D. Sebuah arsip atau karya film Indonesia bisa kita saksikan dalam format yang telah direstorasi adalah hal yang sangat penting

9. Bacalah teks berikut!
Mawar tumbuh subur di daerah beriklim sedang walaupun beberapa kultivar yang merupakan hasil metode penyambungan dapat tumbuh di daerah beriklim subtropis. Selain sebagai bunga potong, mawar memiliki banyak manfaat, antara lain antidepresan, antiviral, antibakteri, antiperadangan, dan sumber vitamin C. Mawar juga dapat dimanfaatkan untuk teh, jelly, parfum, dan selai.

Simpulan kutipan teks laporan tersebut adalah ....
A. mawar dapat mengobati berbagai penyakit
B. mawar tanaman yang mudah ditanam
C. beragam manfaat bunga mawar
D. tempat tumbuh bunga mawar

10. Bacalah teks berikut!
Sang kucing desa kecewa dengan keadaannya di kota. Dia berbicara kepada sang kucing kota, "Aku memang memiliki kemewahan di sini, tapi apa mewahnya jika aku hanya mendapatkan sisa makanan dan hidupku tidak tenang. Ketika aku akan mencicipi makanan di meja itu, sebilah kayu menghantam tubuhku". Lalu sang kucing keluar dan meninggalkan kota tersebut. Kini dia kembali ke desa dengan makanan yang sederhana, tetapi penuh kedamaian dan ketenangan.

Simpulan pesan tersirat dalam teks di atas adalah ....
A. Berusahalah semaksimal mungkin untuk mengapai cita-cita
B. Berprasangka baiklah terhadap orang lain
C. Bersyukurlah atas segala sesuatu yang kita miliki
D. Hiduplah sederhana agar hati tenang dan damai

Kunci Jawaban:
1. B
2. C
3. D
4. D
5. B
6. A
7. C
8. A
9. C
10. C

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang contoh soal menyimpulkan isi teks dalam Ujian Nasional bahasa Indonesia kelas 9. Semoga contoh soal yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam memahami lebih jelas tentang contoh soal menyimpulkan isi teks dalam UN bahasa Indonesia. Selamat belajar dan semoga sukses.