Contoh Soal Menyimpulkan Makna Simbol dalam Cerpen dan Fabel (Kisi-Kisi UN Bahasa Indonesia 2019)

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan contoh soal ujian nasional kisi-kisi soal tahun 2019 dengan indikator menyimpulkan makna simbol dalam cerpen dan fabel Bahasa Indonesia kelas 9. Semoga soal-soal kali ini dapat membantu anak didik dalam mempelajari soal tentang bagaimana mengerjakan soal dengan indikator menyimpulkan makna simbol dalam cerpen dan fabel. Selamat belajar dan salam sukses UN.

1. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Dulu, setelah negatif filmnya kita cetak, dengan amat bersemangat kau bilang bahwa ayahmu masih kukuh. Kau ceritakan pula, saat memperbaiki pintu dapur yang lepas dari engselnya, ayahmu masih waswas bila tenaga mudamu tak sanggup menggeret daun pintu itu sendirian, lalu ayahmu tergesa datang membantu, hingga kalian merehab dapur ibumu bersama-sama. Masa itu ayahmu juga masih tangguh. Sepulang bekerja menggali sumur di rumah orang, sekujur tubuhnya bergelimang tanah liat. Kau bilang, hanya lidahnya yang tak berwarna tanah.
"Sepanjang sekop masih beradu dengan batu-batu di kedalaman sumur, jangan pernah ragu. Ayah akan terus bergelimang tanah, sementara kalian riang gembiralah di dunia sekolah," begitu ayahmu memompa semangat kalian.

Makna simbol bergelimang tanah dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. membangun rumah
B. menggali sumur
C. mengotori diri
D. bekerja keras

Contoh Soal Menyimpulkan Makna Simbol dalam Cerpen dan Fabel (Kisi-Kisi UN Bahasa Indonesia 2019)
www.ilmubindo.com

2. Bacalah kutipan cerpen berikut!
"Bapak seorang garin di sini." Ia kembali menerawang. Tadinya masjid ini begitu ramai. Nenek selalu bersama kami di masjid ini. Walaupun safnya jauh di belakang, tapi kami merasa ialah yang menuntun kami melakoni setiap gerakan shalat. Maklum, kami tahu tata cara shalat dari beliau."
Aku mengangguk dalam. Tiba-tiba aku ingin menangis lagi.

Makna simbol mengangguk pada kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. memikirkan
B. mengiakan
C. mengerti
D. menolak

3. Bacalah kutipan fabel berikut!
Suatu hari Merak sedang menari memamerkan bulu-bulunya yang indah. Merpati tampak memandangi keindahan bulu merak itu di atas dahan pohon. Dia ingin bersahabat dengan Merak. Namun, Merak tidak mau bersahabat dengan Merpati. Merak menganggap Merpati sebagai burung jelak.

Simbol bulu merak dalam fabel tersebut mempunyai makna ....
A. kesempurnaan
B. keistimewaan
C. kecantikan
D. keindahan

4. Perhatikan kutipan berikut!
Basri memungut sepotong benda keras. Dilemparnya ke tiang listrik. Ia mengalihkan kepada orang-orang yang latihan bermain bola sebelum duduk di tepi lapangan. Permainan itu bukan untukku, pikirnya. Ibunya yang kurus dan sering sakit-sakitan toh tak akan pernah punya uang untuk membelikannya sepatu bola. Basri berdiri. Lamunannya buyar. Orang-orang yang memadati alun-alun bubar sebab hari ini semakin gelap. Basri memandang ruas jalan depan kantor polisi. Kali ini bola matanya bersinar cerah. Secerah senyum mengembang di garis wajahnya. Ia berlari seakan melupakan duri dan luka.

Makna simbol duri dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. benda runcing yang melukainya
B. rencana yang dipikirkannya
C. sesuatu yang menyusahkannya
D. angan-angan yang dilamunkannya

5. Perhatikan kutipan cerpen berikut!
Sejak saat itu aku lebih pemalu dan tertutup. Aku semakin takut dekat dengan orang-orang selain Ayah dan Ibuku. Aku menjaga jarak dengan orang lain. Tapi hidup tak pernah berhenti sampai di situ, saat kau berpikir harusnya tak ada hari esok, ternyata apalah kau manusia, tak mampu mengaturnya. Matahari tetap bersinar dan aku pun menyambutnya.

Makna simbol matahari tetap bersinar dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. musim kemarau panjang
B. kehidupan terus berjalan
C. pengalaman menyedihkan
D. udara yang sangat panas

6. Bacalah kutipan cerpen berikut!
1) Aku berlari secepat yang kubisa, berusaha tak menghiraukan tanda biru kehitaman yang ada di kakiku. 2) Samar-samar aku bisa mendengar seseorang meneriakkan namaku dari belakang. 3) Suara orang itu seakan memotivasiku untuk berlari lebih cepat. 4) Hari ini, materi olahraga yang diujikan adalah lari jarak 100 meter. 5) Untuk membuktikan bahwa aku baik-baik saja, aku bisa berlari dengan kecepatan yang baik, rata-rata 17 detik kurasa.

Makna simbol tanda biru kehitaman pada kalimat pertama adalah ....
A. tahi lalat
B. tato
C. luka memar
D. luka goresan

7. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Senja hari. Lelaki tua itu tergagap dari lamunan. Dari kamar tengah terdengar tangis seorang bocah kecil dari darah dagingnya sendiri, dari rahim Sawitri, puterinya. Seorang bocah yang dulu menjadi tumpuan harapan untuk memegang tongkat estafet keluarga terhormat Dirdjo Puspito. Namun, kini, justru mengendepankan segudang penyesalan di dada tuanya.

Makna simbol senja dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. jiwa rapuh
B. wajah sedih
C. menjelang malam
D. usia tua

8. Bacalah kutipan fabel berikut!
"Aku binatang terkuat dan terbesar di dunia ini, "kata kodok dalam tempayan. Kodok itu lahir dan besar di dalam tempayan. Dia hanya ditemani nyamuk-nyamuk, sebab hanya nyamuk yang senang tinggal di tempat yang lembab dan gelap. Kodok itu belum pernah pergi keluar tempayan. Ia merasa dialah binatang yang terkuat di antara nyamuk-nyamuk yang ada di sekitarnya.

Makna simbol tempayan dalam cerita tersebut adalah ....
A. tempat yang dibenci binatang karena lembab dan gelap
B. tempat yang nyaman untuk ditinggali binatang
C. tempat yang menyebabkan seseorang tidak memiliki wawasan luas
D. tempat untuk menghaluskan bumbu dapur sebelum dimasak

9. Bacalah teks cerpen berikut!
Ruang tunggu sepi. Bus bergerak dan sosok perempuan hitam pun lenyap. Lewat knalput bus terdengar tanya mengiringi deru mesin.
"Bayi apa? Anak apa? Perempuan apa? Manusia apa?"
Melintas senyuman petugas tua yang beruban. Bus melaju.
"Warga siapa? Nenek siapa? Istri siapa? Ibu siapa?"

Kata hitam dalam kutipan cerita tersebut merupakan simbol dari ....
A. kecemasan
B. keberanian
C. kesuksesan
D. ketakutan

10.  Bacalah cerita fabel berikut!
Pagi itu Harimau berjalan-jalan menyusuri hutan. Ia berjalan menuju sungai. Ketika sampai di tepi sungai, Harimau melihat bayangan dirinya di air sungai yang jernih.
"Aku tak terkalahkan di hutan ini, aku yang paling kuat dan hebat," gumam Harimau.
Tupai melihat sahabatnya yang sedang termenung di tepi sungai segera menghampiri.
"Selamat pagi sahabatku, Harimau," sapa Tupai.
"Kamu sedang apa di tepi sungai sendirian?" tanya Tupai.
"Pagi Tupai, aku sedang mengagumi diriku sendiri. Alangkah kuatnya tubuhku ini. Aku tak terkalahkan di hutan ini. Semua hewan takut dan tunduk kepadaku," jawab Harimau.

Makna simbol harimau dalam kutipan fabel tersebut adalah ....
A. hewan yang hidup di hutan
B. hewan pemakan segala
C. hewan pemberani
D. hewan sombong

Kunci Jawaban:
  1. D
  2. B
  3. D
  4. C
  5. B
  6. C
  7. D
  8. C
  9. D
  10. D