Unsur Sastra, Nilai Sastra, dan Parafrasa Sastra | Bahasa Indonesia Kelas VIII (Revisi)

ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang unsur, nilai, dan parafrasa dalam teks puisi bahasa Indonesia kelas VIII (Delapan) revisi. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam memahami unsur, nilai, dan parafrasa dalam teks puisi bahasa Indonesia. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang unsur, nilai, dan parafrasa dalam teks puisi bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Unsur Sastra, Nilai Sastra, dan Parafrasa Sastra | Bahasa Indonesia Kelas VIII (Revisi)
www.ilmubindo.com

A. Unsur-Unsur Sastra

Di bawah ini adalah beberapa unsur-unsur yang terdapat dalam karya sastra. Adapun beberapa unsur karya sastra tersebut adalah sebagai berikut.
1) Unsur Intrinsik
Intrinsik adalah unsur karya sastra yang mendukung dari dalam (intern) sebuah karya sastra tersebut.
1. Tema
Sebuah inti atau pokok pikiran pengarang ke dalam karya sastra tersebut.
2. Diksi
Bahas yng digunakan merupakan diksi atau pilihan kata yang tepat, indah dan mudah dipahami tanpa meninggalkan kesan kata berkonotasi.
3. Alur
Alur atau plot adalah hubungan cerita dari awal sampai akhir secara runtut sehingga menimbulkan cerita yang runtut. Alur bisa berupa maju, mundur, atau maju mundur.
4. Tokoh
Penokohan adalah karakteristik watak, pelaku  dalam cerita tersebut.
5. Latar
Latar atau setting adalah tempat terjadinya peristiwa tersebut diceritakan.
6. Sudut Pandang
Sudut pandang atau disebut juga point of view adalah cara pengarang menceritakan tokoh-tokohnya dalam suatu cerita. Sudut pandang hanya terbagi dua, yaitu sudut pandang orang pertama dan sudut pandang orang kedua.
7. Amanat
Amanat merupakan pesan yang akan disampaikan pengarang lewat sebuah penceritaan tersebut. Biasanya menggunakan bahasa yang tersirat atau tersembunyi.
2) Unsur Ekstrinsik
Ekstrinsik adalah unsur karya sastra yang mendukung dari luar (ekstern) sebuah karya sastra tersebut. Unsur ekstrinsik tersebut, seperti daftar riwayat hidup pengarang. latar sosial masyarakatnya, atau kehidupan si pengarang tersebut.

B. Nilai Sastra

Berikut ini adalah beberapa nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah karya sastra. Adapun beberapa nilai-nilai dalam karya sastra adalah sebagai berikut.
1. Nilai Moral
Sebuah karya sastra secara umum membawa pesan atau amanat. Pesan moral dapat disampaikan secara langsung maupun tidak langsung oleh pengarang. Pesan moral dapat diketahui dari perilaku tokoh-tokohnya atau komentar langsung pengarangnya lewat hasil karya sastranya.
2. Nilai Estetis
Selain pesan moral, nilai estetis merupakan nilai keindahan yang melekat pada karya sastra tersebut. Nilai keindahan itu dapat diketahui dari bentuk rima, diksi, atau gaya bahasanya.
3. Nilai Budaya
Nilai budaya dan sosial tidak terlepas dari karya sastra tersebut bercerita tentang daerah tertentu. Aspek sosial budaya tersebut dapat diketahui dari bentuk latar atau setting, tokoh, corak masyarakat, kesenian,  ataupun kebudayaannya.

C. Parafrasa
Memahami sebuah puisi merupakan kenikmatan yang luar biasa dari sebuah apresiasi karya sastra. Walaupun pemahaman tersebut bersifat banyak interprerasi (banyak penafsiran), salah satu cara untuk dapat memahami sebuah puisi adalah dengan cara memparafrasakan. Parafrasa adalah mengubah bentuk puisi ke dalam prosa sesuai dengan bahasa kita sendiri.

Ada dua cara proses memparafrasakan, yaitu:
1. Parafrasa Terikat
Proses parafrasa yang "hanya" menambahkan kata-kata tertentu pada larik-larik puisi tersebut tanpa mengubah larik-larik puisi tersebut.
2. Parafrasa Bebas
Proses parafrasa yang "bebas" mengubah larik-larik puisi tersebut ke dalam bahasa kita sendiri.

D. Contoh Teks Puisi

Berikut ini adalah beberapa contoh teks puisi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun beberapa contoh teks puisi tersebut adalah sebagai berikut.

Teks Puisi 1

Di bawah ini adalah teks puisi yang berjudul "Mama" karya Ewl dalam pembelajaran teks puisi bahasa Indonesia kelas VIII (Delapan). Adapun beberapa contoh teks puisi tersebut adalah sebagai berikut.

Mama
Oleh: Ewl

Unsur Sastra, Nilai Sastra, dan Parafrasa Sastra | Bahasa Indonesia Kelas VIII (Revisi)

Matamu sayu menyambut pagi
Sebab semalam kau pulang dini hari
Selalu bersimpuh kepada sang Ilahi
Untuk memberkahi hari ini

Senyummu selalu berkembang
Setiap menyambut kami
Peluhmu kau keringkan setiap memeluk kami
Bibirmu selalu menyentuh pipi
Setiap meninggalkan kami
Tak membiarkan nestapa menghantui

Tapi kesenangan itu pasti hanya menjerit dalam hati
Bila sedang tersakiti
Ini hanya tulisan
Yang tak perlu dipuji
Yang tak sebanding dengan perjuanganmu hingga kini

Mungkin aku bukan anak yang berbakti
Tapi aku hanya punya cinta dalam hati
Yang selalu terukir setiap harinya
Takkan berdasar bila kau selami

Teks Puisi 2

Berikut ini adalah satu contoh teks puisi yang berjudul "Sahabat Jauh" buah tangan Nur Laili Khairunnisa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga contoh teks puisi ini dapat bermanfaat buat kalian semuanya. Adapun contoh teks puisinya adalah sebagai berikut.

Sahabat Jauh
 Oleh: Nur Laili Khairunnisa

Unsur Sastra, Nilai Sastra, dan Parafrasa Sastra | Bahasa Indonesia Kelas VIII (Revisi)

Saat kupejamkan mata
Kuteringat akan kenangan indah bersamamu
Senyummu ...
Suaramu ...
Dan semua tentangmu ...

Saat kulihat senyummu
Bagai air jernih yang menyegarkan jiwaku
Saat kudengar suaramu
Rasa rindupun terobati walau tak melihatmu
Dan dirimu
Penyemangat dalam setiap langkahku

Bahagiamu adalah bahagiaku
Susahmu adalah susahku
Dan akan tetap seperti itu
Hingga ajal menjemputku

Saat kubuka mata
Kutersadar bahwa itu hanyalah
 Sederet kenangan indah bersamamu
Dan kusadari bahwaku
Sangat merindukanmu
Wahai sahabat jauhku

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang unsur, nilai, dan parafrasa dalam teks puisi bahasa Indonesia. Moga-moga apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami unsur, nilai, dan parafrasa dalam teks puisi bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan terima kasih.