Langkah-Langkah Meringkas Teks Tanggapan 2019 | Bahasa Indonesia SMP Revisi

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan langkah-langkah meringkas teks tanggapan dalam bahasa Indonesia terbaru. Semoga materi tentang langkah-langkah meringkas teks tanggapan yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang cara meringkas teks tanggapan. Harapannya langkah-langkah yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan belajar anak didik di sekolah. Selamat belajar dan semoga sukses.

Langkah-Langkah Meringkas Teks Tanggapan 2019 | Bahasa Indonesia SMP Revisi
www.ilmubindo.com

Langkah-langkah yang perlu kalian lakukan untuk meringkas teks tanggapan adalah sebagai berikut.

Langkah 1
Membaca teks itu sekitar satu atau dua kali dengan tujuan untuk mengetahui isi serta struktur teks itu secara menyeluruh. Untuk mencapai tujuan tersebut, sub-subjudul yang ada di dalam teks itu dapat dijadikan pegangan.

Langkah 2
Mencatat gagasan utama yang ada pada subbab atau bagian demi bagiaannya. Bagian-bagian  penting yang ada pada paragraf-paragrafnya kita catat sebagai  dasar bagi pengolahan selanjutnya.

Langkah 3
Dengan menggunakan catatan-catatan yang diperoleh pada langkah kedua dan kesan umum yang diperoleh pada langkah pertama, kita dengan membuat ringkasannya. Soal urutan isi ringkasan tidak perlu sesuai dengan naskah aslinya. Hal yang harus diperhatikan adalah bahwa catatan itu harus:

a. berupa susunan kalimat-kalimat baru
b. berupa rangkaian semua gagasan pokok di dalam teks itu secara jelas dan logis
c. menggambarkan kembali isi dari teks aslinya

Bila di antara gagasan yang telah dicatat itu ada yang masih belum jelas, kalian dapat melihat kembali teks aslinya. Namun, hendaknya teks asli jangan dipergunakan lagi. Hal ini agar kita tidak tergoda untuk menggunakan kalimat dari teks aslinya.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang langkah-langkah meringkas teks tanggapan dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 9. Semoga materi yang admin bagikan kali ini bermanfaat buat kemajuan belajar anak didik di sekolah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.