Materi Dongeng dalam Bahasa Indonesia | Teks Fabel Revisi

ilmubindo.com_ Sewaktu kecil, kalian tentu pernah mendengarkan dongeng yang diceritakan oleh orang tua atau guru. Dongeng diceritakan dengan menarik dan penuh pesan moral. Dongeng merupakan salah satu cerita rekaan yang memiliki unsur seperti tokoh, watak, tokoh, latar, dan pesan atau amanat. Tokoh dalam dongeng selain manusia, dapat berupa binatang atau tumbuhan. Berikut ini adalah satu contoh teks dongeng yang berjudul "Mengapa Beo selalu Menirukan Suara". Selamat membaca semoga menghibur.

Mengapa Beo Selalu Menirukan Suara

Dahulu kala, hewan-hewan di hutan bisa berbicara seperti manusia. Mereka bercakap, bekerja sambil bercakap, juga hidup rukun dan damai. Pada suatu hari, Ibu Peri Penjaga Hutan mengumpulkan penghuni rimba dan berkata, "Anak-anakku, Sang Pencipta telah menciptakan makhluk baru. Namanya manusia. Sang Pencipta memutuskan bahwa manusialah yang akan berbicara dengan bahasa kita dan suara baru untuk kita pakai mulai saat ini."

Materi Dongeng dalam Bahasa Indonesia | Teks Fabel Revisi
www.ilmubindo.com

Pada mulanya para penghuni rimba terkejut. Namun, mereka sadar bahwa tidak mungkin menolak kehendak Sang Pencipta.
"Ibu Peri Penjaga Hutan, kami tunduk kepada kehendak Sang Pencipta. Tapi sekarang, kami belum bisa mencari bahasa baru untuk kami pakai. Berilah kami waktu," ujar Singa mewakili teman-temannya.

"Aku mengerti. Kalian diberi waktu satu minggu. Kalian akan berkumpul lagi di sini dan memberitahu kepadaku bahasa apa yang kalian pilih. Setelah itu, pakailah bahasa serta suara itu, dan lupakan bahasa manusia."
Maka, pulanglah penduduk hutan ke tempat masing-masing. Mereka mulai berpikir keras untuk mencari suara yang gagah dan cocok untuk mereka masing-masing.

Hari demi hari penduduk hutan sibuk mencari suara yang akan mereka pakai selanjutnya. Singa yang telah dinobatkan sebagai raja hutan karena keberaniannya, lebih dahulu memilih suara mengaum.
 "Aouuuum," katanya dengan gagah memamerkan suaranya. Penduduk hutan yang lain senang mendengarnya. Mereka merasa suara itu pas dengan tubuh singa yang gagah.
Tapi tidak semua hewan senang mendengarnya. Burung Beo yang usil malah menertawakan suara itu. "Hahaha, mirip orang sakit gigi," cetus Beo sambil tertawa terbahak-bahak.
Singa malu mendengarnya.

Hari berganti hari, semuanya mencoba berbagai suara kecuali Beo. Ia sibuk mengejek suara-suara yang berhasil ditemukan. "Hahaha, seperti suara pinut yang tidak diminyaki," ejek Beo kepada Jangkrik yang menemukan suara berderik.

"Hahaha, kudengar nenek-nenek tertawa," ejeknya kepada Kuda.
"Ban siapa yang bocor? Hahaha," ia menertawakan suara desis ular.
Begitulah pekerjaan Beo setiap hari. Ia sibuk mengintip dan menertawakan penduduk hutan lainnya yang mencoba suara baru. Teman-temannya tidak dapat berbuat apa-apa. Mereka malu dan menghindar dari Beo. Tapi, Beo, selalu berhasil menemukan dan menirukan suara mereka.
"Mbeeeek," tirunya melihat Kambing.

"Ngok-Ngoook," tirunya ketika melihat Babi.
Tak terasa sudah satu minggu. Penduduk hutan harus berkumpul kembali mengumumkan suara yang mereka pilih.
Ibu Peri Penjaga Hutan memanggil mereka satu per-satu, hanya Beo yang masih tertawa. Ia pikir teman-temannya bodoh karena suara yang mereka temukan lucu.
Tibalah giliran Beo untuk mengumumkan suara barunya. Ia maju ke depan.
"Mbeeek," jeritnya.

"Hei itu suaraku," kata Kambing.
Yang lain tertawa.
Beo tertekun. Ia baru sadar. selama ini ia terlalu sibuk mengejek teman-temannya sehingga lupa mencari suarnya sendiri.

"Muuu,.. guk-guk,..meong," Beo panik. Ia menirukan saja suara yang pernah ia dengar. Tentu saja Sapi, Anjing, dan Kucing tertawa terbahak-bahak.
Beo sangat malu. Akhirnya ia menangis tersedu-sedu dan meminta maaf kepada teman-temannya.
Dengan tersenyum Ibu Peri Penjaga Hutan berkata," Sudahlah, kamu akan tetap kuhadiahkan sebuah suara. Tapi sebagai pelajaran, kau akan tetap menirukan suara orang sehingga kau akan ditertawakan selamanya."
Begitulah riwayat, mengapa burung Beo selalu menirukan suara-suara.

Berdasarkan dongeng di atas, kalian dapat mengetahui beberapa unsur yang digunakan oleh pengarang untuk menciptakan sebuah dongeng. menjadi utuh, lengkap, dan enak dinikmati.baca. Unsur-unsur yang membangun sebuah dongeng adalah sebagai berikut.

1. Tokoh, yaitu pelaku dalam dongeng
Dalam dongeng di atas, tokoh utamanya adalah beo. Selain itu masih ada tokoh-tokoh lain yang melengkapi dongeng tersebut yaitu, Ibu Peri Penjaga Hutan, Kambing, Kuda, Singa, Babi, Anjing, Ular, Jangkrik, dan Kucing.

2. Watak tokoh, yaitu karakter atau ciri batiniah yang diperankan oleh tokoh
Beo memiliki karakter sebagai binatang yang suka mengejek teman-temannya sehingga ia tidak disukai oleh semua penghuni hutan.

3. Latar, yaitu tempat, waktu, dan suasana dalam dongeng
Latar tempat yang digunakan adalah hutan karena tokoh-tokohnya berupa hewan. Latar waktu yang digunakan suatu hari yang cerah dan berlangsung sampai sati minggu. Adapun latar suasana yang digambarkan dalam dongeng adalah suasana rapat yang tenang, suasana menjengkelkan sekaligus menggelikan karena ulah Beo yang usil.

4. Amanat, yaitu pesan yang ingin disampaikan penulis atau pendongeng
Berdasarkan dongeng di atas, pengarang sebetulnya ingin menyampaikan pesan bahwa kita sebagai makhluk sosial yang hidup berdampingan diharapkan bisa saling menghormati dan menghargai setiap perbedaan. Janganlah kita terbuai dengan pikiran kita sendiri dan hal-hal yang terjadi di sekitar kita sehingga kita menjadi lupa tugas dan tanggung jawab kita. Itulah amanat yang ingin disampaikan oleh pengarang.

Dongeng mengandung nilai-nilai pendidikan yang baik, seperti pendidikan moral, pendidikan etika, pendidikan budi pekerti, dan yang lainnya. Nilai-nilai yang terkandung dalam dongeng sangat relevan dengan situasi sekarang, meski dongeng tersebut mungkin dibuat beberapa tahun yang lalu.

Dongeng "Mengapa Beo Selalu Menirukan Suara" ditokohkan oleh binatang-binatang, namun nilai-nilai yang terkandung dapat dicerna oleh manusia. Tokoh Beo dalam dongeng mengibaratkan seorang anak yang congkak. Kecongkakanya membawa malapetaka baginya. Dalam kehidupan sekarang, kalian sering menemukan perilaku congkak dari beberapa teman kalian. Perilaku ini tidak patut dicontoh.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang materi dongeng atau teks fabel dalam pembelajaran bahasa Indonesia kurikulum 2013. Semoga materi yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik untuk kemajuan belajar anak didik di sekolah khususnya materi teks fabel dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan terima kasih.