Cara Merevisi Teks Tantangan | Bahasa Indonesia SMP 2019

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan materi tentang cara merevisi teks tantangan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga materi yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi materi cara merevisi teks tantangan dalam pembelajaran bahasa Indonesia SMP 2019. Dan harapannya materi yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan belajar anak didik di sekolah. Selamat belajar dan semoga sukses. 

Cara Merevisi Teks Tantangan | Bahasa Indonesia SMP 2019
www.ilmubindo.com


Menulis teks tantangan perlu memperhatikan kebenaran struktur kalimat dan ketepatan penggunaan ejaan. Penggunaan bahasa baik dan benar pada teks tantangan memudahkan orang lain menelaah dan merevisi teks tantangan tersebut.

Cermatilah paragraf dalam kutipan teks tantangan berikut.
Memberikan uang kepada pengemis anak-anak berarti diajarkan kemalasan kepada mereka. Dengan kemudahan mendapatkan uang mereka tidak akan mau bersekolah. Mereka sudah merasa enak mendapat uang, tinggal mengemis bisa memperoleh Rp 150.000,00 sehari.

Dalam paragraf tersebut terdapat kesalahan tata bahasa dan ejaan. Kalimat pertama dalam paragraf tersebut tidak efektif karena ketidaktepatan penggunaan kata berimbuhan. Imbuhan di-kan pada kata diajarkan tidak tepat. Perbaikan tepat imbuhan tersebut adalah meN-kan menjadi mengajarkan. Kalimat kedua tidak efekif karena tidak ada penggunaan tanda baca koma setelah anak kalimat. Tanda baca koma seharusnya diletakkan setelah anak kalimat. Kalimat ketiga dalam paragraf tersebut terdapat kesalahan penulisan ejaan. Seharusnya antara Rp dan angka 150.000,00 ditulis tanpa spasi. Seharusnya penulisan tepat adalah Rp150.000,00.

Perbaikan paragraf tersebut sebagai berikut.
Memberikan uang kepada pengemis anak-anak berarti mengajarkan kemalasan kepada mereka. Dengan kemudahan mendapatkan uang, mereka tidak akan mau bersekolah. Mereka sudah merasa enak mendapatkan uang, tinggal mengemis bisa memperoleh Rp150.000,00 sehari.

Kegiatan mengidentifikasi dan mengoreksi tata bahasa teks merupakan kegiatan merevisi. Kegiatan tersebut meninjau dan memeriksa kembali untuk memperbaiki teks agar mudah dipahami.

Langkah-langkah yang harus dilakukan saat merevisi sebuah teks tantangan sebagai berikut.
1. Tandai kata, kalimat, atau makna salah.
2. Perbaiki kata, kalimat, atau makna salah sesuai unsur kebahasaan.
3. Tulis kembali teks tersebut menjadi teks baik dan benar.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang cara merevisi teks tantangan dalam bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan ini bermanfaat buat kemajuan belajar anak didik di sekolah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.