Contoh Analisis Latar Waktu, Tempat, Suasana, dan Sosial dalam Sebuah Teks 2019

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan contoh latar waktu, tempat, suasana, dan sosial. Semoga apa yang admin bagikan ini bermanfaat buat kemajuan belajar anak didik di sekolah khususnya dalam mencari referensi tentang latar dalam sebuah teks. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan belajar anak didik di sekolah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Contoh Latar Waktu, Tempat, Suasana, dan Sosial dalam Sebuah Teks 2019
www.ilmubindo.com

Baca dan pahamilah cerita anak Indonesia Raja yang Culas dari Riau.

Pada zaman dahulu, Raja kaya dari Negeri Tiangkerarasen mengakhiri hubungan dengan istri mudanya yang sedang hamil dengan cara mendorongnya ke sungai.Istri muda tersebut diselamatkan oleh seorang pengail miskin di sungai. Setelah anaknya lahir di beri nama Aji Bonar, ia hidup di kampung pengail yang menolong ibunya. Ia pandai bermain gangsing. Suatu hari hari ia mengadu gangsing dengan Putra Raja Negeri Tiangkerarasen dengan bertaruh dan dimenangkan oleh Aji Bonar. Hal itu tidak membuat putra raja menjadi jera tetapi semakin penasaran dan mempertaruhkan semua yang dimilikinya sampai akhirnya ia mempertaruhkan kerajaan ayahnya. Pertandingan dengan mempertaruhkan kerajaan tetap dimenangkan oleh Aji Bonar. Akhirnya Aji Bonar menjadi raja dan menjemput ibunya tinggal di istana kerajaan. Aji Bonar yang sebenarnya. Ternyata adalah putranya yang disia-siakan dan sekarang menjadi raja.

Analisis latar:
1. Latar waktu :  pada zaman dahulu
2. Latar tempat : di Negeri Tiankerarases
3. Latar suasana : menegangkan (ketika raja mendorong istrinya ke sungai dan ketika Putra Raja mempertaruhkan kerajaannya)
4. Latar sosial : 
a. masyarakat bangsawan yang kaya dan terhormat
b. masyarakat miskin sebagai pengail

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang contoh analisis latar waktu, tempat, suasana, dan sosial dalam pembelajaran sebuah teks. Semoga yang admin bagikan ini bermanfaat buta kemajuan belajar anak didik di sekolah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.