Jenis-Jenis Teks Pidato Persuasif Lengkap dengan Contoh Teks 2019

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan artikel tentang jenis-jenis teks pidato persuasif dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas IX 2019. Semoga artikel yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi jenis-jenis teks pidato persuasif dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dan semoga artikel kali ini tentang jenis teks pidato persuasif dapat memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan belajar anak didik di sekolah khsusnya materi teks pidato. 

Jenis-Jenis Teks Pidato Persuasif Lengkap dengan Contoh Teks 2019
www.ilmubindo.com

Berbagai bentuk pidato didasarkan pada maksud dan tujuan penyampaian pidato. Ada sejumlah bentuk pidato. Bentuk-bentuk pidato tersebut adalah sebagai berikut.

1. Pidato Pemerintahan
Pidato pemerintahan adalah pidato yang berasal dari pemerintah untuk rakyat. Pidato ini berisi informasi resmi menyangkut kebijakan pemerintah. Bentuknya berupa pengumuman, penjelasan, imbauan, dan pesan pemerintah. Pidato ini harus jelas, tepat, dan pasti karena jika ada kesalahan akan berakibat fatal.

2. Pidato Sambutan
Pidato sambutan adalah jenis pidato yang dapat disampaikan secara tertulis atau lisan. Sambutan biasa disampaikan oleh orang-orang tertentu karena jabatan atau kedudukannya. 

3. Pidato Instansi
Pidato instansi adalah pidato yang bersifat memberi penerangan, penjelasan, dan pendidikan. Pidato ini disampaikan melalui berbagai media massa. Contoh dari pidato ini adalah contoh pidato instansi kesehatan dan pidato pendidikan.

4. Pidato Ceramah
Pidato ceramah adalah jenis pidato untuk menjelaskan sesuatu di hadapan pendengar. Masalah yang disampaikan dalam pidato ceramah bersifat umum. Contoh ceramah keagamaan, kesehatan, dan politik.

Contoh Teks Pidato Persuasif

Dampak Pergaulan Bebas

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang saya hormati Bapak Ni Wayan Selaku guru Bahasa Indonesia.

Dan tak lupa teman-temanku semua yang saya sayangi.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur sebanyak-banyaknya kepada Allah SWT atas rahmat-Nya kepada kita semua. Karena berkat rahmat-Nya kita bisa berkumpul pada pagi hari ini dalam keadaan sehat tanpa halangan apapun. Tak lupa shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi akhir jaman Nabi Muhammad SAW dan syafaatnya yang akan kita dapat di yaumul kiyamah nanti. Amin.

Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pidato singkat tentang pergaulan bebas. Di era modern dan serba teknologi canggih ini banyak sekali remaja yang terjerumus kedalam pergaulan bebas.

Yang dinamakan pergaulan bebas yaitu pergaulan yang berlebihan dan pergaulan yang sudah menyalahi norma-norma agama yang ada di masyarakat. Pergaulan bebas ini seperti merokok, mabuk-mabukan, balapan liar, atau bahkan hamil diluar nikah.

Terdapat banyak faktor penyebab pergaulan bebas, yang menjadi penyebab terbesarnya yaitu didipengaruhi oleh teman yang perilakunya kurang baik. Kurangnya kesadaran anak bisa akibat adanya pergaulan bebas.

Selain itu, pergaulan bebas ini juga karena kurangnya pengawasan dan perhatian dari orang tua sehingga anak tersebut mencari perhatian diluar lingkungan keluarga. Bahkan, adanya aturan orang tua yang terlalu mengekang dan kurangnya pendidikan agama yang ditanamkan oleh orang tua kepada anak juga sebagai penyebab pergaulan bebas.

Jadi, pergaulan bebas adalah apapun perbuatan yang tidak terpuji dan bisa merugikan diri sendiri. Maka dari itu, memperdalam ilmu agama agar tidak terjerumus adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Semoga pidato yang saya sampaikan pada kesempatan kali ini bermanfaat untuk Anda semua.

Sekian pidato dari saya, apabila ada kesalahan kata yang kurang berkenan di hati Anda semua, saya mohon maaf.

Wassalamulaikum Wr. Wb.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang jenis-jenis teks pidato persuasif lengkap dengan contohnya. Semoga artikel yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan anak didik dalam mempelajari jenis-jenis teks pidato persuasif. Semoga bermanfaat dan terima kasih.