Pengertian Tubuh Berita atau Body Lengkap dengan Contohnya | Teks Berita 2019

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan pengertian tubuh berita atau body dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII dilengkapi dengan contohnya. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang pengertian dan contoh tubuh berita dalam teks berita. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan anak didik di sekolah, khususnya materi teks berita. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Pengertian Tubuh Berita atau Body Lengkap dengan Contohnya | Teks Berita 2019
www.ilmubindo.com

Tubuh berita atau body adalah berisi peristiwa atau kejadian yang dilaporkan dalam sebuah berita. Bahasa dalam berita singkat, padat, dan jelas. Dengan demikian, tubuh atau body berita merupakan penjelasan dari kepala berita atau lead secara lengkap dalam sebuah berita. Di bawah ini beberapa contoh kalimat tubuh atau body berita dalam sebuah berita.

Contoh Tubuh/Body Berita:

1. Anggota keluarga kerajaan Inggris itu tertangkap memakai celana pendek pada awal bukan Agustus 2019, tepatnya ketika ikut serta dalam perlombaan King's Cup Regatta 2019. Celana pendek yang dipakai Kate pun bukan tanpa alasan. Dalam perlombaan di atas perahu, memakai celana pendek hal yang paling memungkinkan. Memang, ini bukan kali pertama pakai celana pendek. Ia pernah mengenakan ketika belum menjadi anggota keluarga kerajaan Inggris. Namun ketika menjadi bagian keluarga kerajaan yang masih eksis di dunia itu, momen menunjukkan kaki panjang tersebut dapat dikatakan baru pertama kali. Oleh karena itu, tak sedikit orang bereaksi dengan membicarakan. Menariknya, Kate bukanlah keluarga Kerajaan Inggris pertama yang memakai celana pendek.

2. Dijelaskan oleh dokter spesialis THT Sam Huh,  air garam bersifat hipertonik, atau memiliki tekanan osmotik yang tinggi dibanding cairan di sel. "Jadi ketika sel-sel di tenggorokan ini terendam oleh air garam, cairan dalam sel akan tertarik ke permukaan, termasuk virus atau bakteri yang ada di tenggorokan. Sehingga kita bisa mengeluarkannya sambil mengeluarkan air yang dikumur,: kata Huh. Kelembaban ektra di permukaan juga akan membuat tenggorokan terasa lebih nyaman. Selain itu, garam juga kemungkinan bisa membunuh beberapa virus atau bakteri jika mereka bisa terterik ke permukaan.

3. Kasat Lantas Polres Tangsel AKP Lalu Hedwin mengatakan, setelah kejadian tersebut, pengendara pikap langsung diamankan. Hingga saat ini, Moh Soleh masih diperiksa terkait insiden yang terjadi di Jalan H Ranta, Legok, Kabupaten Tangerang, Senin (26/8/2019) lalu itu. Untuk pengendara mobil sendiri sudah kami periksa. Untuk statusnya juga masih saksi, kata Hedwin, Sabtu ini. Menurut Hedwin, pengendara pikap tersebut bersedia untuk bertanggung jawab dalam membiayai perawatan Calvin yang saat ini sedang dirawat di Rumah Sakit Umum Siloam, Karawaci, Tangerang.

4. "Ketika pertama kali ini diluncurkan dan disampaikannya, banyak yang peisimis. Bahwa mana mungkin itu bisa dikerjakan ," Ujar Anies saat acara serah terima kunci di Rusun Klapa Village, Jakarta Timur, Sabtu (31/8/2019). Menurut dia, cara untuk menepis rasa pesimistis orang-orang kala itu dengan membuktikan terbangunnya Rusunamawi di Klapa Village ini. Anies mengklaim sudah banyak masyarakat yang mengincar rusunami ini. Rusunami ini ia beri nama Samawa yang  kepanjangannya adalah Solusi Rumah Warga.

5. "Dari pengakuan kedua tersangka RN dan DN ini, mereka sudah mengonsumsi sabu sejak tiga bulan lalu," kata Buhanduddin saat dihubungi Kompas Sabtu (31/8/2019). Sampai saat ini, kedua pelaku masih menjalani pemeriksaan. Dari kepemilikan paket narkoba jenis sabu seberat 0,32 dan 0,65 gram, keduanya berstatus sebagai pemakai. Menurut Burhanuddin, dari pengakuan kedua pelaku, RN dan DN menggunakan sabu hanya untuk menambah kepercayaan diri. "Bukan buat doping. Iya mereka pakai buat meningkatkan percaya diri saja," kata Burhanuddin.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang pengertian tubuh berita dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang teks berita terutama pada struktur teksnya di bagian tubuh berita. Semoga bermanfaat dan terima kasih.