Perbedaan Teks Eksplanasi dengan Teks Lain | Bahasa Indonesia SMP 2019

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan perbedaan teks eksplanasi dengan teks lain dalam pembelajaran bahasa Indonesia SMP. Semoga materi yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang teks eksplanasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dan harapannya contoh soal yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan anak didik di sekolah. Selamat belajar dan semoga sukses.

Perbedaan Teks Eksplanasi dengan Teks Lain | Bahasa Indonesia SMP 2019
www.ilmubindo.com

Berikut ini adalah perbedaan antara teks eksplanasi dengan teks cerpen dalam pembelajaran bahasa Indonesia:

1. Teks eksplanasi bertujuan menjelaskan proses terjadinya suatu peristiwa baik alam, sosial, maupun budaya, Sedangkan teks cerpen adalah teks yang berisi cerita yang berbentuk fiksi. 

2. Teks eksplanasi memiliki ciri: 1) menggunakan istilah teknis; 2) menggunakan kalimat aktif; 3) menggunakan kalimat tanya dan kalimat berita; 4) ditulis untuk menjawab pertanyaan mengapa; 5) ditulis berdasarkan hasil penelitian ilmiah, Sedangkan ciri-ciri teks cerpen adalah: 1) panjang karangan lebih kurang 10 halaman; 2) habis dibaca sekali duduk; 3) dalam cerpen hanya ada satu peristiwa yang menguasai jalan cerita; 4) terdapat konflik, tetapi tidak menimbulkan perubahan nasib pelaku; 5) hanya memunyai satu alur; dan 6) perwatakan tokoh dilukiskan secara singkat.

3. Teks eksplanasi memiliki struktur teks 1) orientasi; 2) komplikasi; dan 3) resolusi, Sedangkan teks cerpen memiliki struktur teks 1) orientasi; 2) rangkaian komplikasi; dan 3) evaluasi; 4) resolusi.

4. Langkah-langkah menulis teks eksplanasi adalah menentukan topik dan menyusun kerangka teks, Sedangkan langkah-langkah menyusun teks cerpen adalah 1) menentukan tema; 2) menentukan pusat pengisahan; 3) menentukan perwatakan.

5. Ciri kebahasaan teks eksplanasi adalah menggunakan kalimat deskriptif, Sedangkan ciri kebahasaan teks cerpen menggunakan kata dan istilah.

6. Teks eksplanasi tidak menggunakan majas, Sedangkan teks cerpen menggunakan majas.

7. Teks eksplanasi tidak memiliki sudut pandang, Sedangkan teks cerpen memiliki sudut pandang. 

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang perbedaan antara teks eksplanasi dengan teks lain (cerpen) dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga materi yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan anak didik di sekolah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.