Diskusi Kelompok dalam Teks Diskusi | Bahasa Indonesia Kelas 9 Revisi Terbaru

ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian dan contoh teks diskusi dalam pembejaran bahasa Indonesia kelas 9. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang pengertian dan contoh teks diskusi dalam pembejaran bahasa Indonesia. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan belajar anak didik dalam memahami pengertian dan contoh teks diskusi dalam pembejaran bahasa Indonesia.

Diskusi Kelompok dalam Teks Diskusi | Bahasa Indonesia Kelas 9 Revisi Terbaru
www.ilmubindo.com

Pengertian Diskusi Kelompok

Diskusi kelompok adalah diskusi yang digunakan untuk menyelesaikan masalah. Metode yang digunakan adalah proses berpikir kelompok. Oleh karena itu, diskusi kelompok merupakan suatu kegiatan kordinatif  yang mengandung langkah-langkah tertentu dan harus dipatuhi oleh kelompok. Diskusi kelompok berlangsung apabila sejumlah orang yang berminat terhadap suatu masalah dengan sengaja berkumpul untuk mendiskusikannya. Perkumpulan mereka bertujuan mencapai kesepakatan dalam menyelesaikan permasalahan.

Diskusi Kelompok Menurut Ahli

Menurut Subroto (2002:179), diskusi kelompok adalah suatu percakapan ilmiah oleh beberapa orang yang tergabung dalam suatu kelompok untuk saling bertukar pendapat atau masalah atau bersama-sama mencari pemecahan mendapatkan jawaban atau kebenaran atas suatu masalah.

Menurut Romlan (Dalam Nilawati, 1997:7), diskusi kelompok adalah percakapan yang sudah direncanakan antara tiga orang atau lebih untuk memecahkan masalah dan memperjelas sutu persoalan.

Jadi, diskusi kelompok adalah suatu percakapan yang dilakukan oleh tiga orang atau lebih , melalui proses bertukar pikiran dan argumentasi ke arah pemecahan masalah secara bersama-sama. Proses diskusi kelompok ini dapat dilakukan melalui forum diskusi diikuti oleh semua siswa di dalam kelas dapat pula dibentuk kelompok-kelompok lebih kecil.

Ciri-Ciri Teks Diskusi

Untuk lebih mudah membedakan antara teks ini dengan teks yang lainnya adalah, kalian dapat mencermati karakteristik teks diskusi berikut ini.
  1. Teks ini terdiri atas isu, argumen pendukung, argumen penentangm, dan kesimpulan.
  2. Berisi informasi yang cenderung bersifat informatif dan argumentatif.
Unsur Kebahasaan Teks Diskusi

Di bawah ini adalah beberapa unsur kebahasaan teks diskusi. Adapun unsur-unsur teks diskusi adalah sebagai berikut.
  1. Penggunaan kata hubung perlawanan seperti tetapi, namun, sedangkan, dan dsb.
  2. Pengaplikasian modalitas. Modalitas adalah istilah yang merujuk pada kata yang bermakan kemungkinan, dan fakta yang dituliskan pada kalimat.
  3. Penerapan kohesi leksikal dan gramatikal. Kohesi leksikal merupakan kemampuan mencapai kalimat padu dalam memilih kata. Sedangkan kohesi gramatikal adalah mencapai kepaduan kalimat dengan menggunakan aturan tata bahasa.
Contoh Teks Diskusi

Berikut ini adalah contoh teks diskusi yang berjudul "Kenakalan Remaja" dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun contoh teksnya adalah sebagai berikut.

Kenakalan Remaja

Dewasa ini, pergaulan bebas yang terjadi di kalangan remaja banyak berasal dari eksploitasi seksual pada media yang ada di sekeliling kita. Eksploitasi seksual video klip, majalah, televisi, dan film-film ternyata mandorong para remaja untuk melakukan aktivitas seks secara sembarangan di usia muda.

Dengan memilih tampilan atau tanyangan seks di media, para remaja itu beranggapan bahwa seks adalah sesuatu yang bebas dilakukan oleh siapa, dan di mana saja. Bahkan tidak sedikit remaja yang terjerumus pergaulan bebas lain misalnya narkoba, rokok, dan minuman keras.

Dapat diperkirakan setiap harinya lebih dari 2 juta remaja di negara kita telah mempergunakan rokok maupun narkoba. Oleh karena itu, kami memilih tema pergaulan bebas remaja untuk dikaji lebih lanjut sebagai informasi bagi kaum remaja. Masalah ini kami buat berdasarkan sumber-sumber yang jelas dan akurat dengan harapan supaya remaja dapat mengatasi libidonya sehingga para remaja dapat terhindar dari akibat negatif pergaulan bebas.

Dan mengimbau kepada para remaja untuk tidak salah langkah dalam mengambil keputusan oleh karena perubahan pola pikir yang terjadi pada dirinya. Semoga kita menjadi generasi penerus bangsa yang bisa diandalkan bagi nusa dan bangsa. 

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang pengertian dan contoh teks diskusi dalam pembejaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan ini bermanfaat buat kemajuan belajar anak didik dalam memahami pengertian dan contoh teks diskusi dalam pembejaran bahasa Indonesia. Selamat belajar dan semoga sukses. Terima kasih