Jenis-Jenis Teks Eksposisi Menurut Gorys Keraf | Bahasa Indonesia SMP

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan jenis-jenis teks ekposisi menurut Gorys Keraf dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII semester 1. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan anak didik di sekolah khususnya dalam mencari referensi tentang jenis-jenis teks eksposisi. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan anak didik di sekolah dan luar sekolah. Selamat belajar, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Jenis-Jenis Teks Eksposisi Menurut Gorys Keraf | Bahasa Indonesia SMP
www.ilmubindo.com

Teks eksposisi adalah salah satu diantara bentuk tulisan atau karangan yang isinya berusaha untuk menjelaskan dan menguraikan suatu pokok pikiran yang dapat memperluas pandangan atau pengetahuan seseorang yang membaca uraian tersebut dengan gaya penulisan yang singkat, padat, dan jelas.

Jenis-Jenis Teks Eksposisi Menurut Gorys Keraf

1. Teks Eksposisi Analisis
Teks eksposisi analisis adalah suatu cara membagi-bagi suatu objek ke dalam komponen-komponennya. Kata analisis berasal dari bahasa Yunani yaitu analyein yang berarti menanggalkan, menguraikan. Menurut arti kata, analisis adalah melepaskan, menanggalkan, atau menguraikan sesuatu yang terikat padu. 

2. Teks Eksposisi Definisi
Teks eksposisi definisi adalah suatu pernyataan tentang maksud dengan suatu hal atau barang. Definisi adalah suatu pernyataan atau penjelasan tentang makna suatu kata atau frasa. Definisi dapat pula berarti suatu proses yang berusaha meletakkan batas-batas penggunaan sebuah kata. 

Definisi dibedakan menjadi dua yaitu definisi secara sempit dan definisi secara luas. Definisi sempit bukan definisi mengenai suatu kata. Sementara itu, definisi luas mencakup pembatasan pengertian suatu barang atau hal yang didefinisikan.

3. Teks Eksposisi Klasifikasi
Teks eksposisi klasifikasi adalah sebuah metode yang bersifat alamiah untuk menampilkan pengelompokan-pengelompokkan sesuai dengan pengalaman manusia. Barang, hal, atau gagasan yang dikenal melalui pengalaman dapat tersusun secara sistematis. Klasifikasi merupakan suatu metode untuk menempatkan hal atau benda dalam satu kelompok sehingga dapat diketahui hubungan antarhal atau atau antarbenda dalam kelompok tersebut.

4. Teks Eksposisi Ilustrasi
Teks eksposisi ilustrasi adalah suatu metode untuk mengadakan gambaran atau penjelasan khusus dan konkret terhadap suatu prinsip bersifat umum. Penulis akan menjelaskan suatu gagasan secara jelas sehingga pembaca tidak kebingungan dalam memahami gagasan tersebut.

Sebuah gagasan yang umum memerlukan ilustrasi atau contoh konkret. Akan tetapi, contoh-contoh tersebut dipakai untuk menjelaskan dan menegaskan ide, gagasan, dan maksud penulis. Dalam hal ini pengalaman pribadi merupakan bahan ilustrasi atau contoh yang paling efektif dalam menjelaskan gagasan-gagasan umum tersebut.

5. Teks Eksposisi Perbandingan atau Pertentangan
Teks eksposisi perbandingan atau pertentangan merupakan tipe analisis dengan menggunakan teknik pengembangan paragraf dan paragraf itu sendiri. Kalimat utama yang mengandung pokok pikiran dalam paragraf dapat dijelaskan dengan cara membandingkan dengan masalah lain. Aspek yang dipakai sebagai pembanding harus bersifat konkret atau paling tidak sudah diketahui oleh masyarakat umum.

6. Teks Eksposisi Identifikasi
Teks eksposisi identifikasi adalah sebuah metode yang berusaha menyebutkan ciri-ciri atau unsur-unsur pengenal suatu objek. Dengan menyebutkan ciri suatu objek diharapkan pembaca atau pendengar lebih mengenal objek tersebut.

Contoh Teks Eksposisi

 Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia

Di waktu keadaan perekonomian global yang dilandasi krisis, pencapaian tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia menorehkan hasil yang baik. Padahal ekonomi Indonesia tumbuh kurang lebih 6,4 persen. Apabila dibandingkan, pada triwulan ke-2 tahun ini dengan periode yang sama tahun lalu.

Peningkatan ini masih tetap terfokus di Pulau Jawa dengan penambahan sekitar 57,7 persen. Seandainya diakumulasikan dan dibandingkan dengan semester I tahun 2011 yang tumbuh sekitar 6,3 persen. Pertumbuhan ekonomi Indonesia semester I tahun 2012 menjadi lebih baik.

Meskipun begitu, pertumbuhan ekonomi Indonesia dianggap berada pada anomali atau bias. Hal tersebut dikatakan oleh pengamat ekonomi Indonesia for Global Justice, Salamuddin Daeng, ia berkata bahwa tingkat pertumbuhan ekonomi ini tidak diimbangi dengan pertambahan tingkat kesejahteraan masyarakat.

Tak cukup sekadar itu, Daeng juga menunjukkan, setidak-tidaknya terdapat 4 faktor yang menyebabkan ekonomi Indonesia terjadinya bias. Pertama, nilai utang asing terus meningkat nilai pada perekonomian Indonesia yang lebih banyak ditengarai. Kedua, faktor pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia termasuk juga ikutnya peningkatan konsumsi masyarakat. Adapun sumber peningkatan konsumsi masyarakat adalah berasal dari kenaikan harga sandang pangan.

Di lain sisi, pengamat ekonomi dari Universitas Gadjah Mada A Tony Prasetiantono, menjelaskan sektor domestik berperan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. Berdasarkan pendapatnya, pada tahun ini pada kuartal ke-3 dan ke-4 efek krisis global melalui defisit neraca perdagangan dan menurunnya ekspor baru akan terlihat. Ia beranggapan keterlibatan ekspor terhadap PDB tidaklah terlalu tinggi.

Berdasarkan pendapat A Tony Prasetiantono, lebih besar dan cepatnya pengeluaran pemerintah juga sangat menopang peningkatan, sejalan dengan hal tersebut, tingkat inflasi yang ada di bawah 5% dirasa bisa menolong, meskipun pada akhirnya tetap terdapat dampaknya, yaitu terus membengkaknya nilai subsidi energi sebenarnya tak sehat.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang jenis-jenis teks eksposisi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan anak didik di sekolah, khususnya materi teks eksposisi (jenis-jenis teks eksposisi). Semoga bermanfaat dan terima kasih.