Pengertian Diskusi Panel dalam Teks Diskusi | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)

ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan tengang diskusi panel dalam teks diskusi. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang diskusi panel dalam teks diskusi. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan belajar anak didik dalam memahami diskusi panel dalam teks diskusi.

Pengertian Diskusi Panel dalam Teks Diskusi | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)
www.ilmubindo.com

Pengertian Diskusi Panel

Diskusi panel adalah diskusi yang dilakukan oleh sekelompok orang (panel). Mereka membahas sebuah topik yang menjadi perhatian umum di hadapan khalayak, bisa juga pendengar radio atau penonton televisi. Sementara itu, khalayak ini diberi kesempatan untuk bertanya atau memberikan pendapat.

Diskusi panel merupakan pertukaran gagasan publik yang memungkinkan para ahli dan penonton untuk mendiskusikan topik tertentu. Diskusi panel sering dilakukan untuk membahas situasi politik, masalah yang memengaruhi masyarakat, dan topik akademik.

Hal yang Diperhatikan dalam Diskusi Panel

Di bawah ini beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam diskusi panel. Adapun hal-hal penting tersebut adalah sebagai berikut.

1. Batasi Jumlah Sesi Diskusi

Dalam undangan yang diterima tercantum bahwa diskusi panel akan berjalan selama setengah hari. Seharusnya sesi itu disesuikan dengan alokasi waktu. Jangan terlalu penuh, karena audiens pun membutuhkan waktu untuk mencerna materi diskusi panel dan mungkin menginginkan ikut terlibat dalam diskusi itu dengan mengajukan pertanyaan.

2. Batasi Jumlah Panelis

Di atas panggung, para panelis satu demi satu berbicara. Jumlah panelis yang banyak dipandu oleh satu seorang fasilitator. Berhubung jumlah panelis begitu banyak, maka setiap panelis hanya diberi waktu lima menit. Secara kalkulasi kasar, dengan mengabaikan waktu jeda antara panelis total 30 menit.

3. Ketat dalam Pengaturan Waktu

Jika ada peserta yang menggunakan waktu terlalu banyak dalam berbicara maka fasilitator akan memberikan teguran. Di sisi ini, kemampuan fasilitator sebagai seorang moderator diuji untuk tegas mengatur jalannya diskusi. Ketegasan moderator diuji untuk tegas mengatur jalannya diskusi. Ketegasan moderator untuk taat waktu sangat diperlukan. Bahkan dalam dua kasus moderator berani meng'cut' pembicara panelis sepenting apapun jabatan si panelis itu.

Cara Menyusun Diskusi Panel

Di bawah ini adalah beberapa cara menyusun diskusi panel. Adapun cara dalam  menyusun diskusi panel adalah sebagai berikut.

1. Pilih Suatu Topik

Topik diskusi harus penting bagi banyak orang sehingga kalian bisa melibatkan orang-orang dengan latar belakang dan minat berbeda. Namun, hindari perangkap dalam membuat topik yang sangat umum atau samar sehingga diskusi menjadi tidak fokus.

Bila kalian memiliki kesulitan dalam menyeimbangkan tujuan ini, ingatlah bahwa topik tidak harus berupa perdebatan. Beberapa panel dibentuk untuk menawarkan saran atau informasi, dan ini tidak selalu menampilkan poin persaingan.

2. Carilah Partisipan yang Beragam

Diskusi panel yang terdiri dari tiga sampai lima orang biasanya menciptakan diskusi yang sangat menarik. Cari orang-orang yang memiliki wawasan baik dari berbagai latar belakang. Contoh, anggota masyarakat yang terlibat dalam masalah, seseorang yang memiliki pengalaman bekerja dengan masalah itu dalam bisnis atau nonprofit, dan seorang akademisi yang telah mempelajari masalah tersebut. Bentuk diskusi panel yang juga bervariasi dalam usia, gender, dan etnis, karena latar belakang pribadi seorang bisa memiliki pengaruh signifikan terhadap pandangan.

Mengundang paling tidak empat orang mungkin paling aman, untuk berjaga-jaga bila ada yang membatalkan pada menit terakhir. Undang orang-orang setidaknya beberapa minggu sebelumnya, untuk memberi mereka waktu yang cukup untuk bersiap-siap, dan untuk memberi kalian waktu mencari alternative bila salah satu dari mereka menolak undangan.

3. Undang Seorang Moderator

Pilih satu orang tambahan yang tidak ambil bagian dalam diskusi panel, untuk berperan sebagai moderator. Idealnya, orang ini harus sudah memunyai pengalaman menjadi moderator diskusi panel. Pilih seorang yang memiliki pemahaman yang cukup baik tentang topik agar dapat mengikuti diskusi, dan memiliki keterampilan dalam situasi sosial. Peran utama moderator adalah untuk membuat panelis tetap fokus pada penonton, menjaga diskusi supaya berjalan lancar, dan membantu para panelis bila mereka terhenti.

4. Rencanakan Pengaturan Fisik

Kursi individu akan membuat partisipan tampak lebih dekat dengan penonton daripada meja lengkap, sehingga akan mendorong partisipasi penonton. Mengatur kursi agak melingkar yang masih menghadap penonton bisa membantu para panelis mendiskusikan topik dengan satu sama lain. Sertakan meja kecil atau stan untuk menempatkan catatan, dan siapkan segelas air untuk semua partisipan, dan mikrofon pribadi untuk moderator.

Pertimbangkan untuk menempatkan moderator ditengah-tengah panelis supaya membantunya menunjuk dan memandu panelis dengan efisien. Menempatkan moderator pada podium di sisi terpisah akan membuat tugasnya lebih sulit.

Contoh Teks Diskusi

Di bawah ini beberapa contoh teks diskusi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun contoh teks diskusi tersebut adalah sebagai berikut.

Teks Diskusi 1
Kenakalan Remaja

Dewasa ini, pergaulan bebas yang terjadi di kalangan remaja banyak berasal dari eksploitasi seksual pada media yang ada di sekeliling kita. Eksploitasi seksual video klip, majalah, televisi, dan film-film ternyata mandorong para remaja untuk melakukan aktivitas seks secara sembarangan di usia muda.

Dengan memilih tampilan atau tanyangan seks di media, para remaja itu beranggapan bahwa seks adalah sesuatu yang bebas dilakukan oleh siapa, dan di mana saja. Bahkan tidak sedikit remaja yang terjerumus pergaulan bebas lain misalnya narkoba, rokok, dan minuman keras.

Dapat diperkirakan setiap harinya lebih dari 2 juta remaja di negara kita telah mempergunakan rokok maupun narkoba. Oleh karena itu, kami memilih tema pergaulan bebas remaja untuk dikaji lebih lanjut sebagai informasi bagi kaum remaja. Masalah ini kami buat berdasarkan sumber-sumber yang jelas dan akurat dengan harapan supaya remaja dapat mengatasi libidonya sehingga para remaja dapat terhindar dari akibat negatif pergaulan bebas.

Dan mengimbau kepada para remaja untuk tidak salah langkah dalam mengambil keputusan oleh karena perubahan pola pikir yang terjadi pada dirinya. Semoga kita menjadi generasi penerus bangsa yang bisa diandalkan bagi nusa dan bangsa.

Teks Diskusi 2
Dampak Teknologi bagi Remaja

Pada zaman yang modern ini, banyak sekali perkembangan pada teknologi-teknologi yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah teknologi elektronik. Perkembangan pada teknologi elektronik kini berkembang sangat pesat di Indonesia. Namun, perkembangan tersebut memberi pengaruh atau dampak terhadap konsumennya, khususnya para remaja masa kini.

Contoh teknologi elektronik yang pasti disukai oleh para remaja masa kini adalah handphone. Mereka menyukai handphone karena teknologi elektronik bentuknya yang tidak terlalu besar sehingga mudah di bawah kemana-mana membuat daya tarik tersendiri bagi para remaja sekarang yang tidak ingin repot. Tetapi, teknologi elektronik memunyai dampak negatif dan dampak positif. Contoh dampak negatifnya adalah remaja kecanduan menggunakan teknologi-teknologi tersebut sehingga mereka lupa akan kewajibannya untuk menuntut ilmu sebagaimana mestinya.

Ada pula dampak positifnya, yaitu para remaja bisa mengenal lebih luas teknologi-teknologi yang ada dan memungkinkan mereka untuk memanfaatkan teknologi-teknologi tersebut menjadi sesuatu yang bermanfaat. Oleh karena itu, kita sebagai remaja atau pelajar harus bisa memafaatkan teknologi elektronik dengan sebaik-baikya, jangan digunakan untuk hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang diskusi panel dalam teks diskusi. Semoga apa yang admin bagikan ini bermanfaat buat kemajuan belajar anak didik dalam memahami diskusi panel dalam teks diskusi. Selamat belajar dan semoga sukses. Terima kasih