Pengertian Iklan Nonniaga Lengkap dengan Contohnya | Bahasa Indonesia SMP 2019

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan pengertian dan contohnya dalam teks iklan bahasa Indonesia kelas VIII semester 1. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik khususnya kelas VIII yang sedang mencari bahan tugas teks iklan yang diberikan di sekolah. Harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan anak didik di sekolah khususnya materi iklan. Semoga kalian menjadi penulis iklan yang lebih profesional dan menjadi generasi yang bisa sukses di kemudian hari. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Pengertian Iklan Nonniaga Lengkap dengan Contohnya | Bahasa Indonesia SMP 2019
www.ilmubindo.com

Iklan nonniaga adalah teks iklan yang digunakan sebagai iklan layanan masyarakat dengan tujuan menarik perhatian masyarakat. Jadi, warga masyarakat mempunyai rasa simpati atau memberikan dukungan terhadap aspek yang diiklankan. Iklan nonniaga juga disebut dengan iklan layanan masyarakat.

Isinya memuat tentang masalah-masalah sosial yang sering dijumpai dalam lingkungan masyarakat. Iklan ini dibuat untuk menyampaikan pesan-pesan sosial kepada masyarakat. Biasanya iklan ini beredar ketika masyarakat sedang mengalami suatu masalah tertentu.

Contoh iklan layanan masyarakat adalah sebagai berikut:
Iklan tentang bahaya narkoba, iklan anjuran berhenti merokok, iklan ajakan untuk membayar pajak, iklan keluarga berencana, iklan untuk menghemat air, iklan ajakan untuk menghemat listrik, iklan untuk menjaga lingkungan dan sebagainya.

Untuk lebih jelasnya silakan kalian lihat contoh iklannya di bawah ini:

Iklan 1
1. Bahaya narkoba
2. Narkoba membunuhmu
3. Narkoba merusak masa depanmu
4. Narkoba menjauhkan dari sahabat dan orang tercinta

Iklan 2
1. Rokok itu haram
2. Rokok itu racun
3. Rokok dapat merusak kesehatan
4. Rokok membunuhmu

Iklan 3
1. 2 (Dua) anak cukup
2. Membuat keluarga makin bahagia
3. Membuat hidup makin bermakna 

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang pengertian dan contoh iklan nonniaga. Semoga apa yang admin bagikan ini bermanfaat buat kemajuan belajar anak didik di sekolah khususnya dalam menguasai beberapa iklan, salah satunya adalah iklan nonniaga. Semoga bermanfaat dan terima kasih