Pengertian, Jenis, dan Cara Membaca Diagram | Bahasa Indonesia 2019

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membangikan pengertian, jenis, dan cara membaca diagram. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang pengertian, jenis, dan cara membaca diagram. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan anak didik di sekolah, khususnya materi diagram. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Pengertian, Jenis, dan Cara Membaca Diagram | Bahasa Indonesia 2019
www.ilmubindo.com

Diagram adalah informasi umum dari suatu keadaan yang dituangkan dalam bentuk gambar, misalnya garis dan batang.

Diagram atau bagan digunakan dalam penyusunan langkah-langkah, proses kerja atau rincian yang bertingkat-tingkat serta penyusunan antarbagian dari suatu struktur.

Jenis-Jenis Diagram

1. Diagram batang
2. Diagram lingkaran
3. Diagram garis
4. Histogram

Diagram batang (bar graph) adalah diagram yang terdiri dari garis vertikal dan horizontal. Garis-garis tersebut menunjukkan angka tertentu.

Diagram lingkaran (pie graph) adalah diagram yang berupa lingkaran yang terdiri dari bagian-bagian dengan luas masing-masing ditentukan oleh angka data.

Diagram garis adalah diagram yang terdiri dari garis vertikal dan garis horizontal dan kedua garis tersebut menunjukkan angka-angka tertentu.

Histogram adalah persegi panjang yang terdiri alas dan tinggi yang kedua-duanya menunjukkan angka tertentu.

Cara Membaca Diagram

1. Membaca judulnya
2. Membaca informasi yang ada atas, bawah, atau sisinya
3. Mengajukan pertayaan tentang tujuan diagram tersebut
4. Membaca diagram secara menyeluruh

Contoh Diagram

Histogram



Diagram Lingkaran

Diagram Batang



Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang pengertian, jenis, dan cara membaca diagram. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang materi ini. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dan memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan anak didik di sekolah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.