Langkah-Langkah Menyajikan Teks Eksposisi | Bahasa Indonesia Kelas VIII (Revisi)

ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang langkah-langkah menyajikan teks eksposisi dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII (delapan). Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi langkah-langkah menyajikan teks eksposisi. Mudah-mudahan apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami langkah-langkah menyajikan teks eksposisi.

Langkah-Langkah Menyajikan Teks Eksposisi | Bahasa Indonesia Kelas VIII (Revisi)
www.ilmubindo.com

Di bawah ini adalah langkah-langkah menyajikan teks ekposisi lengkap dengan contoh teks eksposisi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun langkah-langkah dan contoh teks eksposisi tersebut adalah sebagai berikut.

A. Menyajikan Teks Eksposisi

Berikut ini adalah beberapa langkah dalam menyajikan teks eksposisi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Untuk lebih jelasnya silakan kalian simak langkah-langkahnya di bawah ini.
  1. Menyiapkan satu tema yang berkaitan dengan teks eksposisi
  2. Menentukan isu atau masalah yang akan di bahas
  3. Membaca bacaan dari berbagai sumber yang berkaitan dengan isu yang dipilih
  4. Mendaftar topik-topik yang berkaitan dengan isu berdasarkan hasil membaca sebelumnya
  5. Menyusun kerangka karangan sesuai dengan struktur teks eksposisi
  6. Mengembangkan kerangka karangan yang telah disusun menjadi teks eksposisi
B. Contoh Teks Eksposisi

Berikut ini adalah contoh teks eksposisi yang berjudul "Budidaya Bawang Merah" dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun contoh teks eksposisi tersebut adalah sebagai berikut.

Budidaya Bawang Merah

Bawang merah (Allium oscalonicum) merupakan tanaman hortikultura musiman yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Namun pada saat tertentu sering mengalami banjir produksi sehingga harganya anjlok. Diperparah lagi dengan kebijakan impor yang diterapkan pemerintah yang sering kali memperparah kejatuhan harga bawang merah di pasaran.

Untuk menghindari fluktuasi harga yang sangat merugikan petani, perlu upaya untuk melakukan budidaya bawang merah diluar musim. Seiring dengan pembatasan kegiatan budidaya di musim-musim puncak.

Budidaya bawang merah memerlukan penyinaran matahari lebih dari 12 jam sehari. Tanaman ini cocok dibudidayakan di dataran rendah dengan ketinggian 0 hingga 900 meter dari permukaan laut. Suhu optimum untuk perkembangan tanaman bawang merah berkisar 25-32 derajat celcius. Sedangkan keasaman tanah yang dikehendaki sekitar 5pH 5,6-7. 

Benih bawang merah yang baik berasal dari umbi yang dipanen tua, lebih dari 80 hari untuk dataran rendah dan 100 hari dataran tinggi. Benih bawang merah yang baik setidaknya telah disimpan 2-3 cm dengan bentuk yang bagus, tidak cacat, berwarna merah tua mengkilap.

Untuk penanaman tanah dibuat bedengan dengan lebar 1-2,2 meter, tinggi 20-30 cm dan panjang sesuai dengan kondisi kebun. Jarak antar bedengan 50 cm, sekaligus dijadikan parit sedalam 20 cm, gemburkan tanahnya. Bentuk permukaan atau bagian atas bedengan rata, tidak melengkung.

Tambahkan kapur atau dolomit sebanyak 1-1,5 ton per hektar apabila keasaman tanah kurang dari pH 5,6. Penambahan kapur setidaknya diberikan 2 minggu sebelum tanam.

Budidaya bawang merah mempunyai banyak jenis hama dan penyakit. Namun yang paling sering menyerang di sentra-sentra produksi adalah hama dan ulat penyakit layu. Hama ulat (Spodoptera sp) menyerang daun, gejala terlihat bercak putih pada daun. Bila daun diteropong terlihat seperti gigitan ulat. 

Penyakit layu fusarium, disebabkan oleh cendawan. Gejalanya daun menguning dan seperti terpilin. Bagian pangkal batang membusuk. Penanganannya dengan mencabut tanaman yang mati kemudian membakarnya. Penyemprotan bisa menggunakan fungsidia.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang langkah-langkah menyajikan teks eksposisi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami langkah-langkah menyajikan teks eksposisi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Selamat belajar dan semoga sukses. Terima kasih.