Contoh Soal Menyimpulkan Pertanyaan yang Merupakan Ringkasan Peristiwa (USBN 2019/2020)

ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh soal USBN bahasa Indonesia kelas 9 dengan indikator soal yang diujikan adalah anak didik mampu menyimpulkan pertanyaan yang merupakan ringkasan peristiwa. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang contoh soal USBN bahasa Indonesia kelas 9 dengan indikator soal yang diujikan adalah anak didik mampu menyimpulkan pertanyaan yang merupakan ringkasan peristiwa. Dan harapannya apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami contoh soal USBN bahasa Indonesia kelas 9 dengan indikator soal yang diujikan adalah anak didik mampu menyimpulkan pertanyaan yang merupakan ringkasan peristiwa.

Contoh Soal Menyimpulkan Pertanyaan yang Merupakan Ringkasan Peristiwa (USBN 2019/2020)
 www.ilmubindo.com

1. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Nalea tersenyum. Sebenarnya, lelaki itu sudah lama ingin bercerita, bahwa ia bukan ayahnya. Dahulu ketika sedang memulung barang bekas, ia melihat seorang wanita turun dari mobil, meletakkan kardus di bawah sudut jembatan layang, kemudian kembali ke mobil dan pergi. Ketika didekati, didapatinya di dalam kardus itu seorang bayi. Saat itulah, lelaki itu merasa iba, lalu merawatnya. Ia memberi nama Nalea, nama yang ditemukannya dalam sebuah cerita pendek di koran lama. Nalea kemudian tumbuh dalam tumpukkan sampah, terkadang lelaki itu heran bagaimana bayi itu bisa bertahan hidup.

Nilai moral yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. menolong dengan ikhlas orang yang membutuhkan
B. menolong dengan ikhlas makhluk yang lemah
C. mengorbankan hidup untuk sesamanya
D. mengorbankan hidup untuk orang tua

2. Bacalah kutipan teks laporan berikut!
Kehilangan es multitahun ini merupakan masalah kronis di Arktik. Sebab, es di sini membentuk pusat es tahun depan dan merupakan habitat paus, singa laut, dan burung. "Juga berperan mengurangi jumlah panas yang ditampung laut saat musim panas," kata Moon. Jika hanya ada sedikit es yang mengapung di permukaan Arktik, laut berwarna gelap akan menyerap lebih banyak energi matahari.

Simpulan isi teks di atas adalah ....
A. Es berperan mengurangi panas yang ditampung laut musim panas.
B. Es di Arktik merupakan habitat paus, singa laut, dan burung.
C. Kehilangan es merupakan masalah kronis Arktik
D. Sedikit es mengapung membuat laut lebih banyak menyerap energi matahari.

3. Perhatikan kutipan cerita berikut!
Dan saat ia memandang ke langit, ia melihat sesuatu yang sangat indah. Kupu-kupu dengan sayap warna-warni terbang di atas tupai itu, kemudian menyapanya "Halo teman, masih ingatkah kau padaku?"
Tupai itu hanya tergum-kagum dengan keindahan kupu-kupu, "Siapa kau, hei, kupu-kupu cantik?"
"Aku adalah ulat bulu jelek yang dulu di atas pohon ini bersamamu",
Tupai terkejut, "Bagaimana mungkin?"
"Aku memiliki masa yang disebut metamorfosis, dan setelah itu aku akan berubah menjadi kupu-kupu. Setiap ulat bulu akan berubah seperti aku". Tupai terheran-heran, kemudian menyesal telah mengejek ulat bulu. Kemudian tupai meinta maaf akan kesalahannya dulu, dan ia tidak lagi suka mengejek orang lain.

Makna tersirat dari kutipan cerita tersebut adalah ....
A. Mintalah maaf kalau melakukan kesalahan
B. Bertemanlah tanpa membeda-bedakan
C. Kagumilah segala keindahan makhluk Tuhan
D. Jangan suka mengejek segala ciptaan Tuhan

4. Bacalah teks cerita pendek berikut!
Disebut-sebut, kemampuan turun-temurun Banun ini tak hanya ampuh mengobati patah-tulang orang-orang tani, tapi juga bisa mempertautkan kembali lutut kuda yang retak, akibat bendi yang dihelanya terguling lantaran sarat muatan. Kedua, Banun dukun beranak yang kendalanya lebih dipercayai ketimbang bidan desa yang belum apa-apa sudah angkat tangan, lalu menyarankan pasien buntingnya bersalin di rumah sakit kabupaten. Sedemikian mumpuninya kemampuan Banun kedua ini, bidan desa merasa lebih banyak menimba pengalaman dari dukun itu ketimbang dari buku-buku semasa di akademi.

Simpulan karakter tokoh Banun dalam kutipan cerita pendek di atas adalah ....
A. Orang yang tak punya kecakapan apa-apa
B. Orang yang punya kecakapan, tetapi tak mau berbagi
C. Orang yang tidak mempunyai kecakapan tetapi mau berbagi
D. Orang dengan kecakapan yang diakui

5. Cermatilah cerpen berikut!
(1)Semula ia hanya dipanggil Banun. (2) Namun, lantaran sifat kikirnya dari tahun ke tahun semakin mengakar, seseorang menambahkan kata "kikir" di belakang nama ringkas itu, hingga ia ternobat sebagai Banun kikir. (3) Konon, hingga kini, belum ada yang sanggup menumbangkan rekor kekikiran Banun. (4) Kekikiran karena memperjuangkan hidup. Kehidupan untuk diri sendiri dan anaknya karena sudah ditinggal suaminya.

Simpulan bahwa tokoh Banun memunyai sifat kikir yang berlebihan terlihat pada kalimat nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

6. Bacalah cerpen berikut!
Selesai belajar, dia menyuruh saya pulang karena hendak pergi mencari jangkrik. Saya langsung ingin menyatakan ingin ikut, tapi dia keberatan. Ayah dan ibunya pun melarang. Saya memang sering mendengar anak-anak beramai-ramai berangkat ke sawah untuk mencari jangkrik. Jangkrik-jangkrik yang diperoleh nantinya dapat dijual atau hanya sebagai koleksi, ditempatkan di sebuah kotak, lalu sesekali digelitik dengan lidi atau sehelai ijuk agar berteriak lantang. Dari apa yang saya dengar itu, proses mencarinya sangat mengasyikan. Sayang, Ayah tidak pernah membolehkan saya. Namun, malam itu saya nekat dan sahabat saya itu akhirnya tidak kuasa menolak.

Simpulan karakter tokoh saya dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. orang yang tak tahu diri
B. orang yang ingin menang sendiri
C. orang yang memunyai kemauan yang kuat
D. orang yang tidak memunyai kemauan

7. Bacalah cerpen berikut!
(1) Dua-tiga hari pertama, Mak Inang cukup senang berada di rumah berdinding batu setengah triplek milik Jamal. (2) Rasa senangnya itu bersumber dari cucu bujangnya yang masih merah itu. (3) Walau, sesungguhnya Mak Inang terkaget-kaget saat Kurti mengantarnya ke rumah Jamal. (4) Dalam benaknya yang mulai ringkih, Jamal berada di rumah-rumah beton yang diceritakan Mak Sangkut, bukan di rumah kecil sepengap ini.

Simpulan bahwa harapan tokoh Mak Inang tidak sesuai dengan kenyataan terdapat pada kalimat ....
A. (1)
B. (4)
B. (2)
C. (3)

8. Perhatikan kutipan teks berikut!
Penguasaan yang mendalam mengenai bahasa merupakan tolok ukur keberhasilan seorang wartawan. Kemahiran berbahasa wartawan akan memudahkannya memanipulasi bahasa sesuai dengan tujuan yang ingin dicapainya. Pilihan kata yang tepat dapat membangkitkan emosi pembaca. Sebaliknya, pilihan kata yang ceroboh dapat menimbulkan reaksi yang tidak diharapkan.

Simpulan isi teks tersebut adalah ....
A. Wartawan memang menguasai bahasa
B. Wartawan pandai mengolah bahasa
C. Wartawan harus terampil mengolah bahasa
D. Wartawan pintar memanipulasi bahasa

9. Perhatikan kutipan teks berikut!
Akhir-akhir ini setiap kali ada demonstrasi di situ pula terjadi kekerasan. hal ini diperkuat dengan peristiwa hari Selasa, 16 Oktober 2012 di depan Istana Negara. Demonstrasi yang dilakukan para buruh ini menimbulkan bentrokan fisik antara buruh dengan aparat penegak hukum. Demonstrasi memang tergolong penting dalam penegakan demokrasi. Namun, jangan dimaknai bahwa demokrasi selalu berkaitan dengan kekerasan.

Simpulan paragraf tersebut adalah ....
A. Aparat penegak hukum tidak boleh melakukan kekerasan
B. Buruh harus melakukan demonstrasi dengan tertib
C. Masyarakat prihatin dengan para buruh di Istana Merdeka
D. Demokrasi Indonesia dicoreng dengan tindak kekerasan

10. Perhatikan kutipan teks berikut!
Sungai penting untuk kegiatan perikanan. Khususnya, di sungai besar yang menjadi tempat hidup beragam ikan dan hewan lainnya. Sungai besar ini menjadi tempat nelayan mencari mata pencahariaan. Manfaat sungai dalam pertanian juga tidak kalah penting, yakni sebagai sumber irigasi. Kawasan -kawasan pertanian yang subur mendapatkan pengairan dari sungai. Belakangan, manusia membendung sungai sebagai irigasi dan pembangkit tenaga listrik. Pembuatan bendungan itu sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Simpulan isi bacaan tersebut adalah ....
A. Sungai sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia
B. Sungai sumber pencaharian nelayan
C. Sungai sebagai sumber kehidupan sebagian manusia
D. Bendungan bermanfaat bagi kelangsungan hidup

11. Perhatikan kutipan teks berikut!
Acara wisuda Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), tidak dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Alasan ketidakhadiran presiden dalam acara itu disampaikan oleh Mendagri. Wisuda dipimpin Menteri Dalam Negeri, Mardiyanto, sekaligus mewakili presiden memimpin acara tersebut.

Simpulan isi teks tersebut adalah ....
A. IPDN mewisuda Prajanya
B. Mendagri menunda wisuda Praja IPDN
C. Presiden tidak hadir dalam wisuda Praja IPDN
D. Rektor memimpin wisuda Praja IPDN

12. Cermatilah kutipan teks laporan berikut dengan saksama!
Lingkungan hidup dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu: unsur hayati (biotik), unsur sosial budaya, dan unsur fisik (abiotik). Unsur hayati (biotik), yaitu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari makhluk hidup seperti manusia, hewan, tumbuhan dan jasad renik. Unsur sosial budaya, yaitu lingkungan sosial dan budaya yang dibuat oleh manusia berupa sistem nilai, gagasan,dan keyakinan dalam perilaku sebagai makhluk sosial.
Unsur fisik (abiotik), yaitu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari makhluk tak hidup seperti tanah, air, iklim, udara, dan lain sebagainya. Keberadaan unsur ini sangat besar bagi kelangsungan hidup segenap kehidupan di bumi.

Simpulan isi teks tersebut adalah ....
A. lingkungan hidup terbagi menjadi tiga macam unsur.
B. tiga macam unsur itu adalah biotik, abiotik, dan unsur sosial.
C. ketiga unsur lingkungan tersebut penting bagi kelangsungan kehidupan
D. ketiga unsur tersebut harus bisa saling disinergikan dengan baik.

13. Cermatilah kutipan teks eksposisi berikut dengan saksama!
Semburan lumpur Lapindo sangat berdampak kepada dunia usaha. Para pelaku usaha di Jawa Timur terus berupaya melakukan terobosan untuk menyiasati dampak berkepanjangan yang ditimbulkan oleh semburan lumpur Lapindo di Sidoarjo itu. Usaha ini ditempuh untuk mempertahankan usaha yang menjadi sumber penghidupan mereka.
Umumnya pelaku usaha ini merelokasi usaha mereka ke beberapa daerah seperti Malang, Surabaya, dan Jakarta.
Selain agar usaha mereka tetap eksis, para pengusaha ini sekaligus bertujuan mendekatkan barang-barang hasil produksi mereka dengan para pembeli.

Simpulan isi teks tersebut yang tepat adalah ....
A. langkah yang dilakukan pengusaha di Jatim untuk mempertahankan usanya.
B. upaya yang dilakukan pelaku usaha di Jawa Timur dalam rangka mendekati pembeli barang-barang hasil produksi mereka.
C. upaya pengusaha di Porong dalam merelokasi usahanya ke beberapa daerah yang jauh dari pusat semburan lumpur panas
D. langkah para pengusaha di Jatim untuk menghindari dampak semburan lumpur

14. Cermatilah teks prosedur berikut dengan saksama!
Setelah membaca sebuah cerpen yang dibagikan oleh guru di kelas, biasanya Anda diminta untuk menceritakan kembali isi cerpen secara lisan dengan menggunakan kalimat/kata-kata Anda sendiri. Bagaimana caranya?
Berikut langkah-langkahnya:
1) Cermatilah cerpen tersebut dengan saksama.
2) Mencatat unsur intrinsik cerpen tersebut (tema, latar, alur, penokohan, sudut pandang, amanat)
3) Menentukan ide-ide pokok (topik-topik) cerpen sesuai dengan alur dalam cerpen.
4) Mengembangkan kembali ide-ide pokok itu dengan kalimat sendiri.

Simpulan isi teks tersebut adalah ....
A. Dengan melakukan empat langkah itu maka kita bisa memahami isi cerpen.
B. Menceritakan kembali verpen yang telah dibaca tidak sulit
C. Keempat langkah menceritakan kembali isi cerpen itu cukup sistematis.
D. Langkah-langkah menceritakan kembali isi cerpen itu cukup praktis

15. Cermatilah kutipan teks tanggapan kritis berikut dengan saksama!
Pelanggaran peraturan berlalu lintas di jalan raya yang dilakukan pengemudi becak itu diakui oleh Kepala Dishub Kota Solo, Yosca Herman Soedrajad. Dia merasa kesulitan menertibkan para pengemudi becak yang melanggar aturan lalu lintas karena becak tidak teregistrasi. Namun, pihak terkait, seperti kepolisian dan Dishub harus segera mengatasi persoalan itu. Pelanggaran lalu lintas yang banyak dilakukan pengemudi becak itu sangat berbahaya, baik bagi mereka sendiri maupun pengguna jalan lain.

Simpulan isi teks tersebut adalah ....
A. Para pengemudi becak harus diberi pemahaman tentang tertip berlalu lintas.
B. Jika karena tak teregistrasi pengemudi becak tidak bisa dikani tilang maka harus dicari jalan lain agar mereka mau menaati aturan lalu lintas
C. Harus ada pembicaraan dua arah, antara organisasi atau perkumpulan pengemudi becak dan pihak-pihak terkait.
D.Pengemudi becak juga harus diperlakukan sama para pengemudi kendaraan yang lain, jangan ada anak emas dalam penertiban berlalu lintas

16. Perhatikan teks berikut!
Keberadaan hutan sangat penting. Hutan merupakan tempat hidup berbagai jenis satwa liar. Saat ini jumlah satwa liar yang hidup di hutan semakin berkurang. Manusia terus memburu satwa liar yang ada di dalam hutan dan mengambil sumber daya yang ada. Jika kejadian ini dibiarkan terus-menerus, satwa liar dan hutan akan punah.

Simpulan isi paragraf tersebut adalah ....
A. Kelestarian hutan sudah tidak dipedulikan lagi oleh manusia yang tidak brtanggung jawab.
B. Kelestarian hutan perlu dijaga agar satwa liar di hutan tidak penuh
C. Manusia terus memanfaatkan hutan demi kepentingan dirinya tanpa tanggung jawab.
D. Bila pembabatan hutan terus dilakukan tanpa aturan, hutan akan habis.

17. Cermatilah teks berikut!
Lidah buaya bersifat merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit. Dalam lendir lidah buaya terkandung zat lignin yang mampu menembus dan meresap kedalam kulit. Lensir ini akan menahan hilangnya cairan tubuh dari permukaan kulit. Hasilnya, kulit tidak terlihat kering dan terlihat awet muda.

Simpulan isi paragraf tersebut adalah ....
A. Lendir dalam lidah buaya menjadikan kulit terlihat kering karena kandungan zat lignin tidak mampu menembus kulit.
B. Lidah buaya mampu merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit karena mengandung berbagai jenis lendir yang baik untuk kulit
C. Manfaat lidah buaya dapat kita rasakan antara lain menghaluskan kulit dan merawat keremajaan kulit.
D. Zat lignin yang terkandung dalam lendir lidah buaya mampu meresap kedalam kulit sehingga kulit tidak terlihat kering.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang contoh soal USBN bahasa Indonesia kelas 9 dengan indikator soal yang diujikan adalah anak didik mampu menyimpulkan pertanyaan yang merupakan ringkasan peristiwa. Semoga apa yang admin bagikan kali dapat membantu anak didik dalam memahami contoh soal USBN bahasa Indonesia kelas 9 dengan indikator soal yang diujikan adalah anak didik mampu menyimpulkan pertanyaan yang merupakan ringkasan peristiwa. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

BUKA SOAL