Langkah-Langkah Menemukan Topik/Informasi Pokok dalam Teks Berita | Bahasa Indonesia Kelas 8 (Revisi)

ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan tentang langkah-langkah menemukan topik dan informasi pokok dalam sebuah teks berita bahasa Indonesia kelas 8 revisi terbaru. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang langkah-langkah menemukan topik dan informasi pokok dalam sebuah teks berita bahasa Indonesia kelas 8 revisi. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami langkah-langkah menemukan topik dan informasi pokok dalam sebuah teks berita bahasa Indonesia kelas 8 revisi.

Langkah-Langkah Menemukan Topik/Informasi Pokok dalam Teks Berita | Bahasa Indonesia Kelas 8 (Revisi)
www.ilmubindo.com

A. Pokok Teks Berita

Informasi pokok yang terkandung dalam teks berita dapat ditemukan dengan panduan pertanyaan apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana. Dalam bahasa Inggris, pertanyaan yang dipakai untuk memahami teks berita dirumuskan dalam 5W + 1H (what, who, when, where, why, dan how).

 B. Tujuan Teks Berita

Salah satu tujuan membaca beberapa berita adalah untuk menemukan satu topik yang sama dari berbagai media, menemukan masalah utama dari tiap artikel, atau untuk menyimpulkan persamaan masalah utama dari semua artikel.

C. Bahasa Teks Berita

Bahasa yang terdapat dalam media cetak (surat kabar) berciri:
  1. komunikatif
  2. informatif
  3. kadang-kadang mengabaikan kaidah bahasa Indonesia
  4. mudah dipahami isinya
D. Langkah-Langkah Menemukan Topik

Berikut ini adalah beberapa langkah dalam menemukan topik berita dalam beberapa surat kabar. Adapun langkah-langkah menemukan topik teks berita dalam surat kabar adalah sebagai berikut.
  1. Siapkan beberapa berita aktual yang bertopik sama dari beberapa surat kabar.
  2. Guntinglah topik berita dari beberapa surat kabar tersebut dan tempelkan di buku tugas kalian.
  3. Carilah kalimat utama dan pikiran utama yang sama dari suatu paragraf yang kalian anggap menarik dan berilah tanda pada paragraf tersebut.
  4. Tuliskan kembali kalimat utama dan pikiran utama tersebut di buku latihanmu.
  5. Kalian akan menemukan kalimat topik dengan karakteristik yang sama.
E. Contoh Teks Berita

Berikut ini adalah beberapa contoh teks berita dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun  beberapa contoh teks berita tersebut adalah sebagai berikut.


Pemangkas Suku Bunga AS Bikin Rupiah Terkapar

Langkah-Langkah Menemukan Topik/Informasi Pokok dalam Teks Berita | Bahasa Indonesia Kelas 8 (Revisi)

Jakarta - Nilai tukar rupiah pada perdagangan pasar spot Kamis, (31/10) berada di posisi Rp14.042 per dolar AS (USD). Kurs mata uang garuda tercatat melemah 12 poin atau 0,09 persen dibandingkan perdagangan Rabu di level Rp14.030 per USD.

Sedangkan kurs referensi Bank Indonesia (BI) Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) menempatkan rupiah di posisi Rp14.008 per USD, atau melemah dibandingkan posisi Rabu (30/10), Rp14.044 per USD. Sore hari kemarin mayoritas mata uang di kawasan Asia menguat terhadap dolar AS. Tercatat, Peso Filipina menguat 0,39 persen, won Korea menguat 0,37 persen, yuan Tiongkok 0,13 persen, dan yen Jepang 0,42 persen. 

Selanjutnya, baht Thailand. dolar Singapura, dan ringgit Malaysia masing-masing menguat sebesar 0,10 persen. Sementara, pelemahan terjadi pada rupee India 0,11 persen, dan lira Turki yang melemah sebesar 0,28 persen terhadap dolar AS.

Di negara maju, mayoritas nilai tukar menguat terhadap dolar AS. Poundsterling Inggris menguat0,37 persen, dolar Australia 0,22 persen, dan euro keok 0,19 persen, sedangkan dolar Kanada turun tipis 0,05 persen.

Direktur PT Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi menilai pelemahan rupiah terjadi akibat pemangkasan suku bunga dari The Fed. Kemudian bank sentral AS juga mengisyaratkan bahwa mereka mungkin menghentikan rencana kenaikan suku bunga di masa depan. 

Pemkab Prioritaskan Proyek Pengendali Banjir

Langkah-Langkah Menemukan Topik/Informasi Pokok dalam Teks Berita | Bahasa Indonesia Kelas 8 (Revisi)

Tenggarong - Penanggulangan banjir di Tenggarong terus dilakukan. Pembersihan sedimentasi di parit-parit serta pembuatan saluran air baru mulai dikerjakan. Langkah taktis itu dikebut sambil memulihkan kembali fungsi Sungai Kejawi di Tenggarong.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kukar Muhammad Yamin didampingi Kasi Pemanfaatn Sungai Danau Waduk Rawa dan Pantai Dinas PU Kukar Syarifah Rositah mengatakan, sejumlah proyek untuk mengendalikan banjir di Tenggarong akan digarap hingga akhir tahun.

Tak hanya melakukan pengangkat sedimentasi di lokasi yang rawan, proyek pembuatan jalur pembuangan air baru terus dikerjakan. "Ada juga yang harus memotong jalan untuk mempercepat aliran air ke sungai," ujar Yamin.

Kegiatan pembuatan parit yang baru diantara berada di Jalan Ahmad Dahlan, Jalan AM Sangaji, hingga Jalan Imam Bonjol. Beberapa pelebaran parit dilakukan, menyesuaikan kebutuhan debit air. "Karena penganan debit air ini juga menjadi atensi Pemkab Kukar untuk segera diselesaikan. Ini akan terus berlanjut hingga 2020," tambahnya.

"Bupati sangat serius menangani banjir ini. Karena itu beliau turun langsung melihat parit-parit menjelang musim hujan. Bahkan sampai ikut membersihkan langsung bersama warga," ujarnya. Proses pengerjaan penanggulangan banjir ini terus berkelanjutan. Pada 2020, kata dia, pihaknya akan melakukan proyek pembuatan serta normalisasi saluran air secara masif. Dengan demikian, diharapkan satu tahun anggaran bisa tuntas persoalan banjir tersebut. 

Perkuat Industri Kelapa Sawit

Langkah-Langkah Menemukan Topik/Informasi Pokok dalam Teks Berita | Bahasa Indonesia Kelas 8 (Revisi)

Bali - Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan pertanian Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Musdalifah Mahmud menyampaikan saat ini rancangan peraturan tersebut sudah ditandatangani presiden "Ada tiga. Belum terbit, tapi sudah final, sudah di presiden, "ungkapnya, Kamis (31/10). 

Ia membeberkan, ketiga aturan tersebut perlu dibuat untuk melindungi industri sawit nasional dari tantangan yang cukup kompleks. Mulai dari kampanye negatif dari Uni Eropa hingga pemenuhan kebutuhan pasar global.

Aturan pertama akan berbentuk instruksi presiden (inpres) terkait rencana aksi nasional kelapa sawit berkelanjutan (RAN KSB), Beleid hukum itu akan berisi soal kebijakan penggunaan data dasar perkebunan kelapa sawit untuk mendukung tata kelola industri. Beleid tersebut juga akan berisi ketentuan pengembangan industri sawit berkelanjutan yang terlibat dalam industri sawit serta kebijakan di tiap tingkat pemerintahan.

Aturan kedua berbentuk peraturan presiden (perpres) terkait ISPO. Beleid hukum ini akan memperkuat pelaksanaan ISPO yang sudah berjalan ini. Penguatan aturan ISPO menyangkut beberapa hal, misalnya penunjukkan badan/lembaga indenpenden dalam rangka pelaksanaan ISPO. Di Indonesia, pelaksaan ISPO saat ini masih berada di bawah Kementerian Pertanian (Kementan) dengan koordinasi bersama Kemenko Perekonomian.

Aturan ketiga berupa peraturan pemerintah (pp) terkait riset perkebunan nusantara. Regulasi ini akan mengatur soal pembentuka program riset di anak usaha PT Perkebunan Nusantara III (Persero). "Ini dalam rangka memperkuat riset dan penyediaan bibit benih unggul ke depan, " ujarnya.

UMK Diprediksi Naik Lagi

Langkah-Langkah Menemukan Topik/Informasi Pokok dalam Teks Berita | Bahasa Indonesia Kelas 8 (Revisi)

Penajam - Upah minimum kabupaten (UMK) penajam Paser Utara saat ini menjadi yang tertinggi kedua Kaltim, setelah Berau. Nilainya Rp3.100.000, naik sebesar Rp311.000 pada 2018, dari sebelumnya Rp2.789.000. Diprediksi untuk 2020 bakal menggalami kenaikan lagi. 

Dikatakan, pembahasan kenaikan UMK akan dilakukan dalam waktu dekat. Setelah edaran upah minimum provinsi (UMP) mereka terima. "Sejauh ini kami masih menunggu edaran dari Samarinda. Ketika sudah ditetapkan maka akan jadi rujukan. Kemungkinan 1 November sudah kami terima. Jadi, saat ini kami belum bisa memastikan berapa kenaikan UMK, "katanya, kemarin.

Dia merincikan, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) telah mengeluarkan edaran soal kenaikan UMP dan UMK 2020 sebesar 8,51 persen. Kenaikan tersebut berdasarkan data insflasi dan pertumbuhan ekonomi nasional 2019. Keputusan tersebut pun tertuang dalam edaran nomor B-m/308/HI.01.00/X/2019 tentang penyampaian data tingkat inflasi nasional dan pertumbuhan produk domestik bruto 2019.


"Berdasarkan edaran Menteri pada 15 Oktober 2019, inflasi nasional sebesar 3,39 persen. Dan pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,12 persen. Jadi, kenaikan UMK PPU masih menunggu sidang dewan pengupahan. Itu bisa dilaksanakan setelah UMP ditetapkan," lanjutnya.

Anggota dewan pengupahan sendiri meliputi, Disnaker, Disperindagkop, Apindo, Kahutindo, dan Badan Statistik.


Satlinmas Pemilu Diserahkan Kembali

Langkah-Langkah Menemukan Topik/Informasi Pokok dalam Teks Berita | Bahasa Indonesia Kelas 8 (Revisi)

Tanah Paser - Pemilihan umum pada April 2019 telah berlalu. Mereka yang terpilih pun, para wakil rakyat dan presiden wakil presiden, sudah dilantik. Di Kabupaten  Paser, pemilu berlangsung kondusif dan lancar. Dan dengan berakhirnya proses pemilu ini maka petugas yang terlibat secara resmi dikembalikan.

Dipimpin Kapolres Paser AKBP Roy Satya Putra, sebanyak 2,475 personel gabungan yang disebut Satuan Pelindung Masyarakat (Satlinmas), resmi dikembalikan kepada pemerintah daerah. "Terima kasih atas pengabdian seluruh petugas yang sudah berhasil mengamankan proses hingga berakhirnya pemilu serentak. Selanjutnya kita harus bersiap menyambut pemilu serentak untuk kepala daerah tahun depan," ujar Kapolres, saat memimpin apel serah terima, Kamis (31/10).

Sekretaris Kabupaten Paser Katsul Wijaya yang menerima penyerahan personel, memberi apresiasi kepada petugas yang telah berjuang tak kenal lelah dan tak kenal waktu mengamankan jalannya pemilu serentak. Hingga akhirnya berjalan kondusif hingga pelantikan pejabat legislatif di Paser.

"Akan ada tugas berat kita selanjutnya, yakni mengamankan pilkada. Dari sekarang kita harus bersama-sama tetap menjaga kamtibmas, kendati pesta Katsul.

Dari 2.476 personel yang dilibatkan untuk untuk pengamanan, terdiri dari Linmas cadangan umum kecematan sebanyak 110 personel. Linmas cadangan umum kelurahan sebanyak 35 personel dan Linmas PAM TPS sebanyak 1.586 personel. Mereka bertugas di 793 TPS.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang langkah-langkah menemukan topik dan informasi pokok dalam teks berita. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami langkah-langkah menemukan topik dan informasi pokok dalam teks berita. Semoga bermanfaat dan terima kasih.