Teks Persuasif | Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, dan Langkah-Langkah Membuat Teks Persuasi

ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan pengertian, ciri-ciri, struktur, dan langkah-langkah membuat teks persuasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang pengertian, ciri-ciri, struktur, dan langkah-langkah membuat teks persuasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami pengertian, ciri-ciri, struktur, dan langkah-langkah membuat teks persuasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

Teks Persuasif | Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, dan Langkah-Langkah Membuat Teks Persuasi
 www.ilmubindo.com

A. Pengertian Teks Persuasi

Teks persuasi adalah teks yang menyampaikan gagasan dengan menggunakan bahasa yang jelas dan lugas. Teks persuasi bersifat mempengaruhi orang lain.

B. Ciri Umum Teks Persuasi

Di bawah ini adalah beberapa ciri umum teks persuasif dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun ciri-ciri umum teks persuasif terebut adalah sebagai berikut.
  1. Bertujuan mengajak orang untuk melakukan sesuatu.
  2. Memiliki data berupa fakta, contoh, dan bukti yang digunakan untuk memperkuat alasan yang disampaikan penulis berkaitan dengan tujuanya.
  3. Mengandung kata-kata ajakan, seperti ayo, marilah, dan laksanakanlah.
C. Struktur Teks Persuasif

Berikut ini adalah beberapa struktur teks persuasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun beberapa struktur teks persuasi. 
  1. Pembukaan
  2. Tesis
  3. Argumen
  4. Rekomendasi
D. Langkah Membuat Teks Persuasi

Berikut ini adalah beberapa langkah-langkah membuat teks persuasi dalam bahasa Indonesia. Adapun langkah-langkah membuat teks persuasi tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Tentukan topik
  2. Tentukan tujuan yang akan dicapai
  3. Sampaikan tesis atau pendapat yang berhubungan dengan topik
  4. Buatlah kerangka teks persuasi
  5. Rumuskan kalimat ajakan
  6. Identifikasi alasan
  7. Kembangkan kerangka menjadi teks persuasi
  8. Jika teks disampaikan secara lisan, ungkapkan gagasanmu secara tegas dan lugas.
Kritis terhadap suatu masalah dalam kehidupan sehari-hari merupakan modal yang dibutuhkan untuk menulis teks persuasif. Hal tersebut akan membuat kita lebih kreatif dalam memilih topik untuk dijadikan bahan menulis teks.

E. Contoh Teks Persuasif 

Di bawah ini adalah beberapa contoh teks persuasif yang berjudul 'Yuk, Hilangkan Stres dengan Membaca' dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun contoh teks tersebut adalah sebagai berikut.

Yuk, Hilangkan Stres dengan Membaca!

Stres merupakan kekacauan mental dan emosional yang disebabkan oleh suatu hal di luar diri seseorang, seperti rasa tertekan dan terhimpit oleh keadaan tertentu. Stres menyebabkan ketegangan psikis dan fisik. Seseorang yang stres akan diliputi kecemasan, bahkan pada sesuatu yang belum terjadi. Hal ini sebaiknya tidak terjadi secara berlarut-larut karena akan semakin mengganggu kesehatan.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi atau mengatasi stres. Salah satu cara tersebut adalah membaca. Membaca dapat mengalihkan perhatian seseorang dari penyebab stres. Hal ini disebabkan kegiatan membaca membuat seseorang fokus pada sesuatu yang dibacanya. Secara tidak langsung, seseorang akan terhanyut dalam gagasan atau imajinasi penulis dan melupakan sejenak beban yang membuatnya stres. Hal tersebut telah terbukti dalam penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan Universitas Sussex pada tahun 2009.

Dengan demikian, jika kita mengalami stres sebaiknya luangkanlah waktu untuk membaca buku kesukaan. Begitu pula dengan orang lain yang juga mengalami stres, sarankan kepada orang tersebut untuk mengurangi stres dengan membaca.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang pengertian, ciri-ciri, struktur, dan langkah-langkah membuat teks persuasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam memahami pengertian, ciri-ciri, struktur, dan langkah-langkah membuat teks persuasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan terima kasih.