Kata Depan | Pengertian, Fungsi, dan Contoh Kata dalam Bahasa Indonesia

ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan pengertian, fungsi, dan contoh kata depan dalam pembelajaran bahasa Indonesia secara khusus kata depan yang terdapat dalam sebuah teks diskusi. Semoga dengan apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan anak didik dalam memnacri referensi tentang pengertian, fungsi, dan contoh kata depan dalam pembelajaran bahasa Indonesia secara khusus kata depan yang terdapat dalam sebuah teks diskusi. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi pekembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami pengertian, fungsi, dan contoh kata depan dalam pembelajaran bahasa Indonesia secara khusus kata depan yang terdapat dalam sebuah teks diskusi.

Kata Depan | Pengertian, Fungsi, dan Contoh Kata dalam Bahasa Indonesia
 www.ilmubindo.com

Pengertian Kata Depan

Kata depan atau preposisi adalah kata yang menghubungkan kata benda dengan bagian kalimat. Kata depan biasanya digunakan untuk mengantarkan objek penyerta kalimat dan tidak boleh mengantarkan subjek kalimat. Selain kata depan di, ke, dari, dikenal juga kata depan pada, kepada, oleh, dengan, atas.

Fungsi Kata Depan

Di bawah ini adalah beberapa fungsi kata depan. Adapun fungsi kata depan tersebut adalah sebagai berikut.
  1. menyatakan tempat (di)
  2. menyatakan tujuan (ke)
  3. menyatakan asal (dari)
  4. penanda pelaku (oleh)
  5. penanda cara (dengan)
  6. penanda peruntukkan (bagi, untuk, buat, guna)
  7. penanda ihwal (tentang)

Contoh Kata Depan

Di bawah ini adalah beberapa contoh kata depan. Adapun contoh kata depan tersebut adalah sebagai berikut.
  1.  Putu belajar di sekolah
  2. Paman berangkat ke kantor naik mobil
  3. Kakak pulang dari rumah sakit
  4. Bayu mengerjakan soal ulangan dengan teliti 
Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang pengertian, fungsi, dan contoh kata depan dalam pembelajaran bahasa Indonesia secara khusus kata depan yang terdapat dalam sebuah teks diskusi. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.