Contoh Latar Belakang, Rumusan Masalah, dan Tujuan | Teks Laporan Percobaan

ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh bagian pendahuluan dalam teks laporan percobaan yang meliputi latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan penelitian dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas sembilan revisi. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang contoh bagian pendahuluan dalam teks laporan percobaan yang meliputi latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan penelitian dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dan harapannya, apa yang adminn bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami bagian pendahuluan dalam teks laporan percobaan.

Contoh Latar Belakang, Rumusan Masalah, dan Tujuan | Teks Laporan Percobaan

Contoh Latar Belakang

Untuk tetap bertahan hidup, mahkluk hidup memerlukan makanan sebagai sumber energi. Makanan merupakan kebutuhan kita sehari-hari dan kebutuhan mutlak yang wajib dipenuhi bagi setiap makhluk hidup. Makanan yang kita konsumsi setiap hari merupakan zat gizi utama bagi tubuh. Zat gizi (nutrisi) adalah substansi-substansi di dalam makanan yang menyediakan energi dan material untuk perkembangan, pertumbuhan, dan perbaikan sel tubuh.

Makanan yang masuk ke tubuh kita akan diproses melalui sistem pencernaan yang dipecah menjadi molekul sederhana melalui dua cara, yaitu cara mekanis dan kimiawi. Cara mekanis melibatkan pergerakan otot, misalnya melalui mulut (gigi) dan gerak paristik. Cara kimiawi dilakukan oleh enzim pencernaan dan diproses di dalam mulut dan lambung.

Sebelum makanan dikonsumsi untuk selanjutnya dapat dicerna oleh tubuh, sebaiknya perlu diperhatikan zat gizi (nutrisi) yang terkandung di dalamnya. Akan tetapi, kebanyakan orang memang tidak terlalu memerhatikan hal tersebut sehingga saat manusia makan, mereka melupakan nutrisi yang dibutuhkan tubuhnya. Dalam kehidupan sehari-hari, beberapa orang hanya mengonsumsi karbohidrat tanpa protein, glukosa, dan makanan lainnya yang menjadi sumber zat gizi (nutrisi). Hal tersebut bisa terjadi karena kebanyakan dari mereka tidak mengetahui pasti bahan makanan apa saja yang mengandung zat gizi (nutrisi) yang diperlukan oleh tubuh mereka.

Berkaitan dengan hal tersebut, perlu diadakan praktikum untuk mengetahui kandungan karbohidrat, protein, lemak, dan glukosa dalam berbagai bahan makanan.

Contoh Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian tersebut, rumusan masalah dalam laporan ini adalah bagaimana menguji kandungan karbohidrat, protein, lemak, dan glukosa dalam berbagai bahan makanan?

Contoh Tujuan Penelitian

Laporan ini bertujuan mengetahui kandungan karbohidrat, protein, lemak, dan glukosa dalam berbagai bahan makanan.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang contoh bagian pendahuluan dalam teks laporan percobaan yang meliputi latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan penelitian dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat buat kemajuan anak didik dalam memahami materi pokok pembelajaran seputar teks laporan percobaan. Terima kasih