Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Kumpulan Contoh Terbaru Teks Deskripsi, Teks Eksplanasi, dan Teks Eksposisi


Daftar Isi [Tampil]

ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh teks deskripsi, teks eksplanasi, dan teks eksposisi dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang contoh teks deskripsi, teks eksplanasi, dan teks eksposisi dalam mata pelajaran bahasa Indonesia.

Kumpulan Contoh Terbaru Teks Deskripsi, Teks Eksplanasi, dan Teks Eksposisi

A. Contoh Teks Deskripsi

Contoh Teks Deskripsi -1

Jalak suren (Sturnus contra)

Kumpulan Contoh Terbaru Teks Deskripsi, Teks Eksplanasi, dan Teks Eksposisi

Jalak Suren adalah spesies jalak yang ditemukan di Anakbenua India dan Asia Tenggara. Burung-burung ini biasa ditemukan dalam kelompok kecil di kaki lembah dan di dataran rendah. Jalak suren acapkali dijumpai di kota atau perdesaan, meskipun mereka tak seberani burung kerak ungu. Jalak suren memiliki beberapa variasi bulu dalam populasinya, dan sampai saat ini sudah teridentifikasi lima subspesiesnya.

Jalak ini berukuran sedang sekitar 24 cm berwarna hitam dan putih. Ukuran tubuh jalak suren jantan lebih besar dari jalak suren betina. Tubuh jalak suren betina adalah bulat dan pendek dengan gerakan yang kurang agresif dibanding jalak suren jantan.

Adapun perbedaan jantan dan betina terdapat pada panjang badan, kulit di sekeliling mata, bulu, ekor, dan jari-jari kaki. Seperti burung pengicau lainnya, jalak suren memiliki kaki berjenis anisodaktil di mana tiga jari menghadap ke depan dan satu jari menghadap ke belakang. Ukuran tubuh jalak suren jantan lebih besar dari jalak suren betina. Tubuh jalak suren betina adalah bulat dan pendek dengan gerakan yang kurang agresif dibanding jalak suren jantan. Contoh -2

Contoh Teks Deskripsi -2

Jalak Putih (S.melanopterus)

Jalak putih (Acridotheres melanopterus atau sinonimnya Sturnus melanopterus) adalah spesies jalak yang termasuk dalam familia Sturnidae. Spesies ini juga diketahui dengan nama beo sayap-hitam atau jalak dada-putih.

Jalak putih berukuran sedang (23 cm), berwarna hitam dan putih. Tubuhnya yang didominasi dengan warna putih menyebabkan ia disebut jalak bodas dalam bahasa Sunda. Tubuhnya hanya sedikit mengandung bulu yang berwarna putih.

Warna hitam hanya terdapat di ujung sayap dan ekornya. Badannya gagah dan paruhnya tajam, kuat, dan lurus. Kakinya panjang sebanding dengan tubuhnya. Ia bersuara ribut, berceloteh keras, dan terkadang meniru suara burung lainnya.

Contoh Teks Deskripsi -3

Jalak Bali (Leucopsar rothschildi)

Jalak Bali (Leucopsar rothschild) dikenali sebagai Curik Ketimbang Jalak yang hanya ditemukan di hutan bagian barat Pulau Bali. Habitat terakhir Jalak Bali di Taman Nasional Bali Barat hanya terdapat di Semenanjung Prapat mjAgung (tepatnya Teluk Brumbun dan Teluk Kelor). Hal ini menarik karena dalam catatan sejarah penyebaran Jalak Bali pernah sampai ke daerah Bubunan-Singaraja.

Jalak bali mempunyai fisik yang amat unik. Ukuran tubuhnya termasuk dalam kategori sedang antara 22 hingga 26 cm waktu dewasa. Mempunyai bulu putih di semua tubuhnya, jika pada ujung ekor serta sayapnya berwarna hitam. Mata berwarna cokelat tua, area di sekitar kelopak mata tidak berbulu dengan berwarna biru tua.

Sisi bagian pipi yang tidak ditumbuhi bulu, memiliki warna biru cerah serta kaki yang berwarna keabu-abuan. Namun di bagian belakang kepala ada bulu surai yang berwarna putih. Jalak bali memiliki kaki berwarna abu-abu dengan 4 jari jemari ( 1 ke belakang serta 3 ke depan ). Paruh runcing dengan panjang antara 2-5 cm, dengan wujud yang khas di mana di bagian atasnya ada peninggian yang memipih tegak.

Warna abu-abu agak kehitaman dengan ujung berwarna kuning kecokelat-cokelatan. Sukar membedakan ukuran badan burung jalak bali jantan dengan betina, tetapi secara umum yang jantan agak semakin besar serta mempunyai kuncir yang lebih panjang. Jalak bali adalah type burung omnivora. Jalak Bali mempunyai telur berbentuk oval berwarna hijau kebiruan dengan rata-rata diameter terpanjang 3 cm dan diameter terkecil 2 cm.

Contoh Teks Deskripsi -4

Jalak Kerbau (Acridotheres javanicus)


Kerak kerbau (Acridotheres javanicus) atau juga dikenal sebagai jalak kebo, jalak hitam, jalak ungu, dan jalak penyu adalah spesies burung yang merupakan termasuk familia jalak. Burung ini menyebar luas di Asia Timur, Asia Tenggara dan Kepulauan Indonesia bagian barat.

Berukuran sedang (25 cm). Diselimuti bulu berwarna abu-abu tua (hampir hitam)/ungu kehitaman (hampir hitam) pada kepala, sayap, dan ekor, kecuali bercak putih pada bulu primer (yang terlihat mencolok sewaktu terbang), serta tunggir dan ujung ekor yang berwarna putih. Jambulnya pendek.

Mirip kerak jambul, perbedaan terletak pada lebar warna putih pada ujung ekor, yang mana kalau jalak hitam memiliki warna putih lebih lebar daripada kerak jambul, warna paruh yang kuning, dan tunggir yang putih. Burung remaja berwarna lebih coklat. Iris jingga; paruh dan kaki kuning. Postur tubuh burung jalak hitam jantan lebih panjang ketimbang betina. Tatapan matanya pun lebih tajam. Betina juga bisa berkicau sebagaimana pejantan.

Kicauannya berbunyi parau dengan nada berkeriut “ciriktetowi“; juga berbagai siulan dan nada berderik “criuk, criuk” yang khas, terutama sewaktu terbang. Kadang meniru kicauan burung lain. 

B. Contoh Teks Eksplanasi

 Gempa Bumi


Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam bumi secara tiba-tiba yang mengakibatkan guncangan. Peristiwa alam itu sering terjadi di daerah dekat gunung berapi dan juga daerah yang dikelilingi oleh lautan luas. Gempa bumi terjadi karena pergeseran lapisan bawah bumi dan letusan gunung berapi yang dahsyat.

Selain itu, gempa bumi juga dapat disebabkan oleh meteor atau asteroid yang jatuh ke bumi, runtuhan tambang atau tebing kapur, serta buatan manusia ( misalnya peledakan dinamit, nuklir dan lain-lain.). gempa bumi muncul tiba-tiba dengan dampak yang begitu hebat. Oleh karena itu, akibat yang ditimbulkan sangat luar biasa. Getaran gempa bumi sangat kuat dan merambat ke segala arah sehingga dapat menghancurkan bangunan dan menimbulkan korban jiwa.

Berdasarkan penyebab terjadinya, gempa bumi terbagi menjadi lima, yaitu gempa tektonik, vulkanik, tumbukan, runtuhan, dan buatan. Gempa tektonik disebabkan oleh adanya aktivitas tektonik, yaitu pergeseran lempeng bumi secara mendadak yang mempunyai kekuatan kecil hingga besar. Gempa bumi ini banyak menimbulkan kerusakan dan bencana alam di bumi. Gempa bumi vulkanik disebabkan oleh aktivitas gunung berapi, biasanya terjadi sebelum dan saat gunung berapi meletus, gempa vulkanik hanya terjadi di sekitar daerah gunung berapi.

Gempa tumbukan disebabkan oleh tumbukan meteor atau asteroid yang jatuh ke bumi, jenis gempa bumi ini sangat jarang terjadi. Gempa bumi runtuhan disebabkan oleh adanya bangunan atau tebing yang runtuh, gempa bumi runtuhan biasanya terjadi pada daerah kapur dan pertambangan.

Gempa bumi buatan disebabkan oleh aktivitas dari manusia, seperti peledakan dinamit, peledakan nuklir atau palu yang dipukulkan ke permukaan bumi. Gempa bumi dapat terjadi kapan saja, tanpa mengenal musim. Namun, konsentrasi gempa cenderung terjadi di tempat-tempat tertentu saja. Meskipun demikian, kita tetap harus waspada terhadap terjadinya gempa bumi supaya kita tidak menjadi korban bencana alam gempa bumi.

C. Contoh Teks Deskripsi

Apakah Ujian Nasional itu perlu?

Ujian Nasional yang diadakan oleh Negara sebagai standar kelulusan bagi siswa dirasa tidak tepat bagi sebagian masyarakat. UN dianggap membebani orang tua dan anak. Hal tersebut disampaikan anggota Aliansi Orang Tua Peduli Pendidikan yaitu Jumono. Menurutnya UN membebani orang tua terutama dari segi biaya. Orang tua harus mengeluarkan biaya bimbingan belajar agar anak nya bisa lulus UN dengan nilai yang memuaskan.

UN juga memberatkan psikolog anak yang IQ-nya kurang, serta menimbulkan kecurangan. Contoh kecurangan yang dilakukan siswa yaitu berkomunikasi menggunakan hp untuk mengetahui jawaban, membeli kunci jawaban dari calo-calo. Mereka melakukan itu semua karna takut jika tidak lulus UN. Selain itu, anak yang mempunyai IQ yang rendah tidak dapat lulus dengan kelebihan atau keahliannya di bidang lain, padahal bakat tersebut bias membuatnya sukses kelak.

Jumono juga tidak setuju dengan adanya UN tersebut karena UN merupakan bukti inkonsisten pemerintah dalam menjalankan PP no 19 tentang Standar Nasional Pendidikan. UN itu ada di nomor 8 setelah proses pengajaran, isi kurikulum, infrastruktur pendidikan, dan lain-lain. Yang utama belum dapat terpenuhi, sudah memakai standar Ujian Nasional.

Jumono mengatakan banyak sekolah di daerah infrastrukturnya masih sangat kurang namun dipaksakan dengan standar UN. Hal tersebut menimbulkan kesulitan tersendiri bagi mereka. Maka, menurutnya, sekarang ini pemerintah tidak perlu ikut campur membuat standar kelulusan. Hak membuat standar kelulusan harusnya diberikan kepada guru.Sehingga guru dapat menyesuaikan fasilitas sesuai dengan daerah agar siswa lebih nyaman. Sementara itu, pemerintah cukup membuat regulasi dan menyediakan anggaran

Hal itu didukung pernyataan Koordinasi Divisi Monitoring Pelayanan Publik Indonesian Corruption Watch(ICW), Febri Hendri. Febri juga menyebut ICW juga tidak setuju dengan UN. Menurutnya, UN selalu membuka corong-corong untuk berbuat curang.

Maka dari itu, karena UN mempunyai banyak kelemahan yaitu memberatkan biaya bagi orang tua, menyulitkan anak yang IQ-nya kurang, serta membuka corong-corong untuk berbuat curang. Dan sebelum PP no 19 dapat terlaksana UN tidak perlu diadakan. 

D. Kesimpulan

1. Teks Deskripsi

Berikut ini adalah struktur dari teks deskripsi dengan judul Burung Jalak :

1) Pernyataan benda yang dideskripsikan

Jalak adalah nama sekelompok burung pengicau dari suku Sturnidae. Macam - macam yang Burung Jalak yaitu Jalak suren (Sturnus contra), Jalak putih (S.melanopterus), Jalak bali (Leucopsar rothschildi), Jalak kerbau atau Kerak kerbau (Acridotheres javanicus).

2) Bagian – bagian yang dideskripsikan.

➔ Jalak suren (Sturnus contra) Berukuran sekitar 24 cm berwarna hitam dan putih, memiliki kaki berjenis anisodaktil dimana tiga jari menghadap ke depan dan satu jari menghadap ke belakang.

➔ Jalak putih (S.melanopterus)

Berukuran sekitar 23 cm berwarna hitam dan putih tetapi lebih didominasi warna putih pada tubuhnya sedangkan warna hitam hanya terdapat di ujung sayap dan ekornya. Badannya gagah dan paruhnya tajam, kuat serta lurus.

➔ Jalak bali (Leucopsar rothschildi)

Ukuran tubuh berkisar 22 cm hingga 26 cm waktu dewasa, bulu putih disemua tubuhnya sedangkan ujung ekor serta sayapnya berwarna hitam. Mata berwarna coklat tua dan disekitar kelopak mata tidak terdapat bulu berwarna biru tua. Kaki berwarna keabu-abuan, memiliki bulu surai berwarna putih pada bagian kepala, memiliki paruh runcing.

➔ Jalak kerbau atau Kerak kerbau (Acridotheres javanicus)

Berukuran sekitar 25 cm, bulu pada kepala, sayap dan ekor berwarna abu-abu tua hampir hitam atau ungu kehitaman. Bulu pada ujung ekor berwarna putih, jambulnya pendek, paruh burung berwarna kuning.

2. Teks Eksplanasi

Berikut ini adalah struktur teks eksplanasi dengan judul Gempa Bumi:

Pernyataan umum

Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam bumi secara tiba-tiba yang mengakibatkan guncangan.

Urutan sebab – akibat

Gempa bumi terjadi karena pergeseran lapisan bawah bumi dan letusan gunung berapi yang dahsyat, akibatnya dapat menghancurkan bangunan dan menimbulkan korban jiwa.

Urutan sebab – akibat

Berdasarkan penyebab terjadinya, gempa bumi terbagi menjadi lima, yaitu gempa tektonik, vulkanik, tumbukan, runtuhan, dan buatan serta gempa bumi ini banyak menimbulkan kerusakan dan bencana alam di bumi.

Urutan sebab – akibat

Gempa bumi dapat terjadi kapan saja, tanpa mengenal musim, jadi kita semua harus waspada terhadap terjadinya gempa bumi.

3. Teks Eksposisi

Pernyataan Pendapat

Ujian Nasional yang diadakan oleh Negara sebagai standar kelulusan bagi siswa dirasa tidak tepat bagi sebagian masyarakat. UN dianggap membebani orang tua dan anak.

Argumentasi 1

Menurutnya UN membebani orang tua terutama dari segi biaya, memberatkan psikolog anak yang IQ-nya kurang, serta menimbulkan kecurangan. 

Argumentasi 2

Jumono juga tidak setuju dengan adanya UN tersebut karena UN merupakan bukti inkonsisten pemerintah dalam menjalankan PP no 19 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Argumentasi 3

Jumono mengatakan banyak sekolah di daerah infrastrukturnya masih sangat kurang namun dipaksakan dengan standar UN.

Argumentasi 4

Febri juga menyebut ICW juga tidak setuju dengan UN. Menurutnya, UN selalu membuka corong-corong untuk berbuat curang.

Penegasan ulang pendapat

Maka dari itu, karena UN mempunyai banyak kelemahan yaitu memberatkan biaya bagi orang tua, menyulitkan anak yang IQ-nya kurang, serta membuka corong-corong untuk berbuat curang.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kumpulan Contoh Terbaru Teks Deskripsi, Teks Eksplanasi, dan Teks Eksposisi

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /