Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Kumpulan 10+ Contoh Soal Esai (Uraian) Teks Persuasi Dilengkapi Kunci Jawaban


Daftar Isi [Tampil]

ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal esai (uraian) materi teks persuasi dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas delapan semester dua dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang contoh soal esai (uraian) materi teks persuasi dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas delapan semester dua dilengkapi dengan kunci jawaban.

Kumpulan 10+ Contoh Soal Esai (Uraian) Teks Persuasi Dilengkapi Kunci Jawaban

Gambar: freepik.com

Soal Esai -1

Apa yang dimaksud dengan teks persuasi?

Jawaban:

Teks persuasi adalah teks yang memiliki fungsi utama memengaruhi pendapat, perasaan, dan perbuatan pembaca. Teks persuasi bertujuan membujuk pembaca agar mau mengikuti kemauan atau ide penulis disertai alasan bukti dan contoh konkret.

Soal Esai -2

Tuliskan 1 paragraf contoh teks persuasi!

Jawaban:

Kegiatan nonakademik sah-sah saja dijalankan, apalagi dapat memaksimalkan diri untuk mencapai prestasi  yang gemilang. Sebagai pelajar, kegiatan utamamu adalah belajar. Kamu harus pandai-pandai membagi waktu. Percayalah saja, semua kegiatan positif akan membuahkan kesuksesan.

Soal Esai -3

Tuliskan ciri-ciri teks persuasi!

Jawaban:

Ciri-ciri teks persuasi adalah sebagai berikut.

  • Penulis memahami bahwa pendirian dan pemahaman dapat diubah.
  • Penulis berusaha menjelaskan dan menarik kepercayaan pembaca.
  • Penulis berusaha menciptakan kesepakatan atau penyesuaian melalui kepercayaan penulis dengan pembaca.
  • Penulis berusaha menghindari konflik agar kepercayaan tidak hilang dan dapat tercapai.
  • Penulis menampilkan imbauan dan ajakan.
  • Penulis menyertakan data dan fakta dalam teks persuasi.

Soal Esai -4

Tuliskan jenis-jenis teks persuasi dan jelaskan?

Jawaban:

Teks persuasi digolongkan ke dalam beberapa jenis, yaitu sebagai berikut.

a. Persuasi Politik

Sesuai dengan namanya, persuasi politik dipakai dalam bidang politik oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang politik dan kenegaraan. Para ahli politik dan kenegaraan sering menggunakan persuasi jenis ini untuk keperluan politik dan negara.

b. Persuasi Pendidikan

Persuasi pendidikan dipakai oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang pendidikan dan digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan. Seorang guru, misalnya bisa menggunakan persuasi ini untuk memengaruhi murid supaya giat belajar dan senang membaca.

c. Persuasi Iklan

Persuasi iklan bermanfaat terutama dalam dunia usaha untuk memperkenalkan barang atau jasa tertentu. Melalui persuasi iklan diharapkan pembaca atau pendengar menjadi kenal, senang, ingin memiliki, dan berusaha untuk memiliki barang atau memakai jasa yang ditawarkan. 

d. Persuasi Propoganda

Objek yang disampaikan dalam persuasi propoganda adalah informasi. Tujuan persuasi tidak hanya berhenti pada penyebaran informasi. Lebih dari itu, dengan informasi diharapkan pembaca atau pendengar sadar atau berbuat sesuatu.

Soal Esai -5

Tuliskan contoh paragraf simpulan dalam teks persuasi!

Jawaban:

Dalam menyambut hari Sumpah Pemuda, kita harus bisa mengambil hikmah yang terkandung di dalamnya. Salah satu hikmahnya adalah semangat persatuan. Bangsa Indonesia yang pada waktu itu sedang menghadapi penjajah Belanda perlu bersatu untuk menghadapinya secara bersama-sama. Karena itulah, disepakati bersama untuk mengucapkan ikrar sebagai kebulatan tekad dalam mengusir penjajah Belanda yang selama itu telah memorak-porandakan kehidupan bangsa.

Soal Esai -6

Tuliskan langkah-langkah menyimpulkan teks persuasi!

Jawaban:

  1. Membaca keseluruhan isi teks persuasi
  2. Mencatat bagian-bagian penting atau pokok-pokok informasi dari teks
  3. Menghubungkan pokok informasi menggunakan kata penghubung
  4. Merumuskan simpulan isi teks secara ringkas dan jelas

Soal Esai -7

Tuliskan struktur teks persuasi!

Jawaban:

  1. Pengenalan isu
  2. Rangkaian argumen
  3. Pernyataan ajakan
  4. Penegasan kembali

Soal Esai -8

Tuliskan contoh paragraf bagian pengenalan isu dalam teks persuasi!

Jawaban:

Seperti yang kita ketahui bahwa disiplin adalah taat, patuh, dan ikut terhadap peraturan yang ada. Kedisiplinan bertujuan membuat semua hal menjadi teratur. Salah satu penerapan sikap disiplin dapat dapat temui dalam kehidupan sehari-hari, misalnya di sekolah. Kedisiplinan di sekolah merupakan sesuatu yang sangat penting karena merupakan salah satu kunci menuju kesuksesan.

Soal Esai -9

Tuliskan contoh paragraf rangkaian argumen dalam teks persuasi!

Jawaban:

Setiap sekolah mempunyai peraturan. Peraturan sekolah bertujuan membina siswa agar berdisiplin, berakhlak mulia, adil, rasional, dan bertimbang rasa. Kedisiplinan di sekolah merupakan usaha yang dilakukan pihak sekolah untuk memelihara perilaku siswa agar tidak menyimpang dan dapat mendorong siswa untuk berperilaku sesuai dengan norma, peraturan, dan tata tertib yang berlaku. Jika ada pelanggaran makan akan diberlakukan sangsi. Dengan demikian, kedisiplinan dapat mewujudkan suasana sekolah yang harmonis dan teratur.

Kedisiplinan tidak bisa lepas dari persoalan dan perilaku negatif siswa. Pelanggaran terhadap berbagai aturan dan tata tertib sekolah masih sering ditemukan, mulai dari membolos, berkelahi, menyontek, mencuri, dan bentuk-bentuk penyimpangan perilaku lainnya. Perilaku menyimpang tersebut tentu membutuhkan upaya pencegahan dan penanggulangan yang bertanggung jawab dan mendidik dari pihak sekolah. Pemberian sangsi bagi siswa pelanggar tidak semata-mata dapat membuat siswa jera, tetapi juga menumbuhkan tanggung jawab bagi dirinya sendiri. Di sinilah arti penting dari kedisiplinan.

Kedisiplinan yang terpelihara akan membawa dampak positif yang bagi pihak yang menjalankannya. Dengan disiplin, siswa dapat belajar dengan baik dan teratur untuk mencapai prestasi. Sekolah pun akan merasa bangga memiliki siswa-siswa yang berprestasi. Lain halnya dengan siswa-siswa yang kurang disiplin, siswa-siswa tersebut cenderung akan merusak nama baik sekolah dengan perilaku mereka yang tidak disiplin. Dengan demikian, kedisiplinan dapat membiasakan siswa untuk selalu berperilaku positif dan pandai menyesuaikan diri dengan tuntutan di lingkungannya.

Soal Esai -10

Tuliskan 3 contoh kata-kata yang mengandung ajakan, dorongan, atau bujukan!

Jawaban:

  1. Mari, kita bangun kesadaran untuk melestarikannya karena Taman Laut Bunaken merupakan ikon dunia.
  2. Siapa pun dia,  hendaklah dapat menjaga kelestarian Taman Laut Bunaken yang merupakan primadona pariwisata Sulut di mata dunia.
  3. Jadikanlah pelestarian ini dapat mendongrak pariwisata Sulut


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kumpulan 10+ Contoh Soal Esai (Uraian) Teks Persuasi Dilengkapi Kunci Jawaban

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /