Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Kumpulan 40+ Contoh Soal Teks Buku Fiksi dan Nonfiksi Dilengkapi Kunci Jawaban


Daftar Isi [Tampil]

ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal materi buku fiksi dan nonfiksi dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VII revisi terbaru. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi tentang contoh soal materi buku fiksi dan nonfiksi dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mata pelajaran bahasa Indonesia.

Kumpulan 40+ Contoh Soal Teks Buku Fiksi dan Nonfiksi Dilengkapi Kunci Jawaban

Gambar: freepik.com

1. Halaman buku yang memuat judul, nama penulis, dan penerbit terdapat pada....
A. Halaman judul 
B. Halaman hak cipta
C. Daftar isi
D. Daftar pustaka

2. Berikut ini merupakan contoh karya fiksi, kecuali....
A. novel
B. cerpen
C. drama
D. berita

3. Novel ini dapat menambah pengetahuan masyarakat mengenai kehidupan pesantren. Dengan adanya novel ini, penulis dapat menyampaikan gambaran nyata mengenai kehidupan pesantren modern yang mengajarkan bahkan mewajibkan para siswanya untuk memperdalam bahasa asing (bahasa inggris dan bahasa arab). Novel ini juga dapat memberikan motivasi kepada para pembaca melalui kalimat penyemangat yang ada didalamnya. Novel ini juga dapat menginspirasi anak muda zaman sekarang untuk lebih bersemangat meraih cita-cita dan rasa patuh kepada orang tua. (Negeri 5 Menara, Ahmad Fuadi)
Cuplikan resensi tersebut berisi komentar tentang....
A. Kekurangan buku
B. Kelebihan buku
C. Gambaran penulis
D. Manfaat pembaca

4. Karya yang ditulis berdasarkan kenyataan disebut karya ....
A. nonfiksi
B. fiksi
C. rekaan
D. imajinatif

5. Tujuan dibuatnya rangkuman pada buku adalah....
A. menghilangkan malas membaca
B. meringkas materi pembelajaran
C. mempermudah seseorang mengetahui isi sebuah tulisan
D. menghilangkan kejenuhan membaca

6. Berikut ini merupakan buku-buku nonfiksi, kecuali ....
A. biografi
B. memoar
C. Hikayat Bayan Budiman
D. Sejarah Indonesia Modern

7. Dalam buku tersebut masih terdapat beberapa kata yang sulit dimengerti dan tidak terindeks pada bagian indeks.
Cuplikan resensi tersebut berisi komentar tentang....
A. Kekurangan buku
B. Kelebihan buku 
C. Gambaran penulis
D. Manfaat pembaca 

8. Perbedaan antara novel dan karya biografi adalah sebagai berikut, kecuali ....
A. Terdapat tokoh yang diceritakan
B. Novel tidak berdasarkan kenyataan, Biografi berdasarkan kenyataan
C. Adanya unsur latar yang berbeda
D. Sumber data yang digunakan

9. Buku Agar Menulis-Mengarang Bisa Gampang tersebut memuat daftar pustaka yang berhubungan dengan isi buku sehingga pembaca bisa mendapatkan rekomendasi lain tentang menulis.
Unsur buku yang dianalisis pada kutipan tersebut adalah....
A. indeks
B. isi buku
C. glosarium
D. daftar pustaka

10. (1) Konon tersebutlah seorang raja yang bernama Prabu Baka. (2) Beliau bertakhta di prambanan. (3) Raja ini seorang raksasa yang menakutkan dan besar kekuasaannya. (4) Meskipun demikian, kalau sudah takdir, akhirnya dia kalah juga dengan Raja Pengging... (Kemdikbud, 2013)
Berdasarkan isi petikan teks tersebut, teks ini dapat dikategorikan ke dalam cerita ....
A. fiksi
B. nonfiksi
C. kenyataan
D. sejarah

11. Mengarang merupakan pekerjaan yang mudah. Namun, juga bukan merupakan suatu hal yang sulit dilakukan. Jika komitmen senantiasa dijaga, maka proses menulis dan mengarang menjadi lebih mudah. Komitmen tersebut adalah janji pada diri sendiri bahwa saya akan menjadi seorang penulis yang hebat. Jadi, penulis itu enggak perlu mempunyai bakat. Sebab tidak lebih dari minat dan ambisi yang terus menerus dikembangkan.
Rangkuman yang tepat untuk teks di atas adalah....
A. Mengarang membutuhkan komitmen, dan keinginan penulis untuk menjadi penulis yang hebat karena menulis bukanlah bakat melainkan minat dan ambisi untuk menulis yang harus dikembangkan
B. Proses mengarang itu membutuhkan konsentrasi yang tinggi sehingga menghasilkan karya yang indah.
C. Penulis itu dimulai dari bakat dan keinginan yang sungguh-sungguh untuk menulis sehingga menghasilkan karya yang tak ternilai
D. Kegiatan tulis menulis harus disertai dengan kegigihan usaha, minat, dan juga bakat yang mendukung untuk menjadi penulis yang hebat.

12. (1) Konon tersebutlah seorang raja yang bernama Prabu Baka. (2) Beliau bertakhta di prambanan. (3) Raja ini seorang raksasa yang menakutkan dan besar kekuasaannya. (4) Meskipun demikian, kalau sudah takdir, akhirnya dia kalah juga dengan Raja Pengging.
Dalam kutipan di atas terdapat kata transisi antarkalimat, yakni....
A. dan
B. yang
C. akhirnya
D. meskipun demikian

13. Novel ini dapat membuat pembacanya terhanyut dalam kisah yang diceritakan oleh pengarang. Kisah dalam novel ini juga diangkat dari kehidupan nyata dan sangat menyentuh sekali. Novel ini juga melampirkan foto perjuangan Keke ketika melawan penyakitnya tersebut hingga foto bersama para sahabat Keke saat di pemakaman Keke.
Komentar tersebut berisi tentang....
A. Kekurangan buku
B. Kelebihan buku
C. Gambaran penulis
D. Manfaat pembaca

14. Beliau bertakhta di prambanan. Kalimat di atas memiliki kesalahan penulisan huruf, yakni kata....
A. Beliau seharusnya ditulis beliau
B. bertakhta seharusnya ditulis ber-takhta
C. di prambanan seharusnya ditulis di Prambanan
D. bertakhta diganti dengan bergelar

15. Novel ini mengajarkan kita untuk lebih bisa bersahabat dan bersemangat dalam mencapai cita-cita. Novel ini begitu inspiratif, cocok dijadikan sebagai inspirasi kita dalam meraih mimpi-mimpi. Dalam penggambaran alur dan tokohnya tidak membingungkan pembacanya. (Parahu Kertas, Dewi Lestari)
Amanat yang dapat diambil dari mambaca novel tersebut adalah....
A. Meningkatkan imajinasi pembaca
B. Mencontoh penokohan tokoh
C. Semangat dan sabar meraih cita-cita
D. Bahasanya mudah dimengerti

16. Konon tersebutlah seorang raja yang bernama Prabu Baka. (2) Beliau bertakhta di prambanan. (3) Raja ini seorang raksasa yang menakutkan dan besar kekuasaannya. (4) Meskipun demikian, kalau sudah takdir, akhirnya dia kalah juga dengan Raja Pengging.
Bagaimana wujud fisik seorang raja yang bernama Prabu Baka ....
A. menyeramkan
B. gagah
C. kurus
D. menyenangkan

17. Novel Perahu Kertas menceritakan tentang seorang remaja yang bernama Keenan yang baru saja lulus dari SMA di Amsterdam dan terpaksa pulang ke Indonesia untuk kuliah di Bandung. Ia kuliah disana dikarenakan ayahnya menginginkan Keenan menjadi seorang pebisnis. Namun pada kenyataannya Keenan sendiri ingin menjadi seorang pelukis yang mana bakat tersebut dimiliki dari ibunya. Di sisi lain Kugy adalah seorang wanita remaja yang mempunyai cita-cita menjadi seorang juru dongeng. Namun dia tetap melanjutkan pendidikannya di Fakultas Sastra.
Kutipan tersebut termasuk dalam unsur....
A. Prakata
B. Indeks
C. Sinopsis
D. Daftar pustaka

18. Apa pengertian biografi ....
A. Teks yang mengisahkan tokoh fiksi seperti Superman.
B. Teks yang memaparkan berita.
C. Teks yang mengisahkan tokoh atau pelaku, peristiwa, dan masalah yang dihadapinya.
D. Teks yang melukiskan latar tertentu.

19. Buku yang berisi kisahan atau cerita yang dibuat berdasarkan khayalan atau imajinasi pengarang. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari....
A. Buku
B. Buku fiksi
C. Buku nonfiksi
D. Buku pengayaan 

20. (1) Penyair legendaris indonesia sesudah masa Chairil Anwar adalah W.S. Rendra. (2) Penyair yang dikenal dengan sebutan Si Burung Merak ini sangat produktif menulis puisi. Seperti halnya Chairil, karya-karya W.S. Rendra juga diterjemahkan ke dalam bahasa asing. Tema puisi penyair ini meliput berbagai aspek kehidupan misalnya, kasih sayang, persoalan sosial-kemanusiaan, bahkan politik. Puisi Rendra juga banyak dikaji para ilmuwan di lingkungan kampus dan kritikus sastra. Kehadiran Rendra dalam berbagai pergelaran kesenian dan apresiasi sastra juga selalu menarik perhatian. Hingga saat ini, Rendra yang juga dikenal sebagai dramawan dan budayawan ini masih produktif menulis, baik puisi,naskah drama, dan tulisan tentang budaya. (Dikutip dari Priyatni, dkk., 2008)
Siapa yang tokoh diceritakan dalam teks biografi tersebut ....
A. W.S. Rendra
B. Chairil Anwar
C. M. Yamin
D. Ilmuwan

21. Buku nonfiksi dibuat berdasarkan...., realita, atau hal-hal yang benar-benar terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari.
A. Opini
B. Pendapat
C. Pandangan Seseorang
D. Fakta

22. (1) Penyair legendaris indonesia sesudah masa Chairil Anwar adalah W.S. Rendra. (2) Penyair yang dikenal dengan sebutan Si Burung Merak ini sangat produktif menulis puisi. Seperti halnya Chairil, karya-karya W.S. Rendra juga diterjemahkan ke dalam bahasa asing. Tema puisi penyair ini meliput berbagai aspek kehidupan misalnya, kasih sayang, persoalan sosial-kemanusiaan, bahkan politik. Puisi Rendra juga banyak dikaji para ilmuwan di lingkungan kampus dan kritikus sastra. Kehadiran Rendra dalam berbagai pergelaran kesenian dan apresiasi sastra juga selalu menarik perhatian. Hingga saat ini, Rendra yang juga dikenal sebagai dramawan dan budayawan ini masih produktif menulis, baik puisi, naskah drama, dan tulisan tentang budaya. (Dikutip dari Priyatni, dkk., 2008)
Sebutan apa yang diberikan kepada W.S. Rendra ....
A. Si Burung Kondor 
B. Si Burung Merak
C. Si Elang dari Gua
D. Si Merak Bercahaya

23. Salah satu contoh dari buku nonfiksi adalah....
A. Buku Biografi
B. Cerpen
C. Novel
D. Puisi

24. (1) Penyair legendaris indonesia sesudah masa Chairil Anwar adalah W.S. Rendra. (2) Penyair yang dikenal dengan sebutan Si Burung Merak ini sangat produktif menulis puisi. Seperti halnya Chairil, karya-karya W.S. Rendra juga diterjemahkan ke dalam bahasa asing. Tema puisi penyair ini meliput berbagai aspek kehidupan misalnya, kasih sayang, persoalan sosial-kemanusiaan, bahkan politik. Puisi Rendra juga banyak dikaji para ilmuwan di lingkungan kampus dan kritikus sastra. Kehadiran Rendra dalam berbagai pergelaran kesenian dan apresiasi sastra juga selalu menarik perhatian. Hingga saat ini, Rendra yang juga dikenal sebagai dramawan dan budayawan ini masih produktif menulis, baik puisi, naskah drama, dan tulisan tentang budaya. Selain dikenal sebagai penyair, Rendra juga terkenal dalam profesi berikut, kecuali....
A. Dramawan
B. Budayawan
C. Sastrawan
D. Fotografer

25. Ada banyak jenis buku di Indonesia. Mulai dari buku fiksi yang menghibur hingga buku nonfiksi yang banyak memberikan .... bagi para pembacanya.
A. Pengetahuan
B. Nilai keidupan
C. Pelajaran hidup
D. Motivasi

26. Bacalah data buku berikut.
Identitas buku Judul : Perkembangan Bumi
Tahun terbit : 2009
Penerbit : PT Masa Depan
Ringkasan:
Perkembangan bumi yang kita tempati sekarang ini sangat menakjubkan. Pada 4,5 milyar tahun lalu, bumi masih berupa bola gas panas yang berpijar. Setelah hujan turun selama seribu tahun, keajaiban bumi dimulai. Butuh waktu miliaran tahun sampai kehidupan pertama yang sangat sederhana ini berkembang menjadi makhluk yang melakukan fotosintesis.
Topik yang dibahas dalam buku tersebut adalah ....
A. perkembangan bumi
B. keajaiban dunia
C. keajaiban buku
D. makhluk pertama di bumi

27. Setiap pembaca diberi kebebsan untuk menikmati setiap karya, baik buku fiksi maupun nonfiksi yang disesuaikan dengan....
A. Hobi dan kebutuhan
B. Kebutuhan
C. Hobi
D. Peluang

28. Perhatikan paragraf berikut.
Kriptantus adalah tanaman tak berbatang. Daun-daunnya saling bertumpuk mirip binatang laut dengan warna yang sangat beragam mulai dari hijau, ungu, hingga merah. Beberapa jenis memiliki garis putih melintang yang sangat nyaman dipandang. Hal yang diulas dalam paragraf tersebut adalah ....
A. tanaman kriptantus tidak berbatang
B. tanaman kriptantus indah dipandang
C. ciri-ciri tanaman kriptantus
D. habitat tanaman kriptantus

29. Buku nonfiksi lebih populer dikalangan pembaca yang tidak terlalu hobi membaca, karna mereka membeli buku-buku tersebut terdesak oleh....
A. Minat baca
B. Kebutuhan dan pengetahuan
C. Keinginan
D. Kemauan untuk membaca

30. Bacalah kutipan tanggapan buku fiksi berikut.
Cerita ini baik dan mudah ditangkap. Pengarang menyajikan masalah yang actual dan sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Semuanya dapat diterima akal sehat serta tidak membosankan. Pengarang menguraikan panjang lebar karakter tokoh-tokohnya sehingga cerita tidak kabur. Sayangnya, pengarang sering mengulang-ulang kata kurang sopan.
Kalimat tanggapan yang mengungkapkan keunggulan buku adalah ....
A. Cerita dapat diterima akal sehat dan tidak membosankan.
B. Karakter tidak tergambar dengan cepat dan membaca berulang-ulang.
C. Pengarang menghidupkan cerita dengan cerita vulgar.
D. Cerita diungkapkan seperti lazimnya cerita yang lain.

31. Berikut ini termasuk jenis-jenis buku fiksi, kecuali....
A. Buku motivasi
B. Novel
C. Cerpen
D. Drama

32. Perhatikan daftar buku berikut!
a. Buku petunjuk menggunakan mesin
b. Buku resep
c. Buku dongeng
d. Buku diary
e. Buku ensiklopedia
f. Buku cerpen
g. Buku novel
Kelompokkan buku-buku tersebut yang termasuk kategori fiksi dan nonfiksi ....
A. Buku cerpen, buku resep, buku novel
B. Buku diary, buku ensiklopedia, buku petunjuk menggunakan mesin
C. Buku ensiklopedia, buku diary, buku dongeng
D. Buku novel, buku cerpen,buku dongeng

33. Baik buku fiksi maupun nonfiksi memiliki tujuan sendiri untuk disampaikan kepada pembacanya, seperti saat membaca buku budidaya akan memberikan keterampilan khusus kepada....
A. Masyarakat
B. Pembacanya
C. Pendengar
D. Penulis

34. Perhatikan kutipan berikut!
Cak Rat pergi sendirian. Dia berjalan lunglai meninggalkan sekolah. Pikirannnya sudah di rumah untuk sanggup membantu orang tuanya mengerjakan sawah. Dia resah harus terlebih dulu melaksanakan apa, membantu bapakknya di sawah ataukah harus membantu ibunya mengupas kelapa untuk dijual. Semakin teringat hal itu, Cak Rat semakin cepat melangkahkan kakinya. Sekejap ia memejamkan mata, seketika ia berada di serambi rumah.
Mengapa kutipan tersebut dikatakan sebagai fiksi ....
A. Berisi tokoh bernama Cak Rat
B. Bersifat fakta
C. Bersifat imajinasi
D. Terdapat konflik di dalam cerita

35. Kegiatan mengkaji struktur dan bahasa teks secara mendalam. Pernyataan tersebut merupakan definisi dari....
A. Membaca
B. Mengabtraksi
C. Menganalisis
D. Menelaah

36. Buku ini berjudul Matematika aplikasi yang diperuntukkan untuk SMA dan MA kelas XII program studi ilmu alam, supaya dapat dipelajari sebagai sumber pengetahuan dan siswa dapat mendalami pelajaran matematika secara luas. Buku ini ditulis oleh Pesta E. S. dan Cecep Anwar H. F. S, dimana dalam buku ini, siswa dapat belajar aktif melalui aktivitas di kelas, gamemath dan siapa berani. Buku ini tergolong buku pelajaran yang materinya disajikan dengan bahasa yang lugas dan ilustrasi yang menarik. Buku ini berbalur ungkapan santun dengan bahasa yang komunikatif sehingga mudah dipahami oleh siswa.Selain itu, buku ini juga didukung dengan tampilan tata letak yang baik, disain dan ilustrasi yang menarik dengan memperhatikan tingkat pemahaman siswa.
Tentukan hal yang tidak dipaparkan dalam resensi tersebut ....
A. Identitas buku
B. Kelebihan buku
C. Bahasa penulisan
D. Kekurangan buku

37. Setiap buku, baik fiksi maupun nonfiksi yang sudah dibaca dapat kamu analisis berdasarkan....
A. Struktur dan kebahasaan
B. Nilai dan kehidupan
C. Intrinsik dan ekstrinsik
D. Kebahasaan dan unsur

38. Hiu tutul adalah satwa langka yang belum banyak diteliti sehingga pengetahuan tentang satwa itu masih minim. Makanan pokok hiu tutul adalah plankton. Keberadaan hiu tutul menjadi penting karena bisa menjadi indikator kualitas ekosistem laut. Dalam laporan International Union for Conservation of Nature (IUCN), hiu tutul masuk dalam daftar merah. Satwa yang umurnya bisa mencapai 70 tahun itu rawan punah.
Tentukan gagasan utama dalam kutipan tersebut ....
A. Minimnya pengetahuan tentang hiu tutul
B. Makanan pokok hiu tutul adalah plankton
C. Hiu tutul memiliki umur hingga 70 tahun
D. Hiu tutul masuk dalam daftar merah atau rawan punah

39. Perhatikan kutipan cerpen berikut!
Sehabis menggendong Tamara punggungku rasanya ingin copot. Bener juga kata Tamara badannya berat. Tapi, tidak apalah daripada sahabat aku Tamara gak pulang ke rumah.
Nilai yang terkandung Dari kutipan cerpen tersebut adalah....
A. Nilai pendidikan
B. Nilai buadaya
C. Nilai sosial
D. Nilai agama

40. Berikut ini yang tidak termasuk contoh buku fiksi adalah....
A. Novel, Biografi, Kumcer (Kumpulan cerita)
B. Dongeng, hikayat, legenda
C. komik, mitos, majalah
D. Jurnal, esai, skripsi


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kumpulan 40+ Contoh Soal Teks Buku Fiksi dan Nonfiksi Dilengkapi Kunci Jawaban

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /