Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Kumpulan 7+ Ciri-Ciri Teks Persuasi Dilengkapi Contoh Teks | Bahasa Indonesia Kelas VIII Revisi


Daftar Isi [Tampil]

ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan materi seputar ciri-ciri teks persuasi dilengkapi dengan contoh teks dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas delapan revisi terbaru. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik khususnya kelas delapan dalam mencari referensi tentang ciri-ciri teks persuasi dilengkapi dengan contoh teks dalam mata pelajaran bahasa Indonesia.

Kumpulan 7+ Ciri-Ciri Teks Persuasi Dilengkapi Contoh Teks | Bahasa Indonesia Kelas VIII Revisi

Gambar: freepik.com

Ciri utama teks persuasi adalah berusaha menarik, menyakinkan, dan merebut perhatian pembaca. Nah, adapun ciri-ciri teks persuasi tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Penulis memahami bahwa pendirian dan pemahaman pembaca dapat diubah.
  2. Penulis berusaha menjelaskan dan menarik perhatian dan kepercayaan pembaca.
  3. Penulis berusaha menciptakan kesepakatan atau penyesuaian melalui kepercayaan penulis dengan pembaca.
  4. Penulis berusaha menghindari konflik agar kepercayaan tidak hilang dan supaya kesepakatan pendapat tercapai.
  5. Penulis menampilkan imbauan dan ajakan.
  6. Penulis berusaha memengaruhi pembaca.
  7. Penulis menyertakan data dan fakta dalam teks persuasi.

Itulah beberapa ciri-ciri utama dari sebuah teks persuasi. Jadi, sebelum kalian menulis sebuah teks persuasi yang baik dan benar, kalian harus terlebih dahulu memahami ketujuh point penting di atas agar kalian tidak salah dalam bekerja. Berikut ini adalah beberapa contoh teks persuasi yang bisa kalian jadikan sebagai referensi dalam membuat teks persuasi yang benar dan membuat guru bahasa Indonesia kalian kagum dengan hasil pekerjaanmu.

Kejujuran dalam Pertemanan

Jujur merupakan sifat terpuji. Jujur adalah berkata terus terang tanpa menambah atau mengurangi perkataan tersebut. Selaku umat beragama, kita harus selalu berkata jujur kepada siapa pun, baik kepada orang tua, saudara, guru, maupun teman. Kejujuran setiap orang tidak bisa dinilai jika tidak ada bukti yang jelas. Meskipun seseorang mengaku dirinya jujur, belum dapat dipastikan jika tidak suatu yang membuktikan kejujuran tersebut.

Dalam pergaulan, bersikap jujur antarteman sangat diperlukan. Menjalin sebuah pertemanan harus di didasari dengan kejujuran yang tidak ada percekcokan atau kesalahpahaman dikemudian hari. Jalinan pertemanan pun akan menjadi lebih baik dan selalu bahagia karena tidak ada sesuatu hal yang ditutup-tutupi. Jika kamu merasa tidak enak hati terhadap sikap atau perbuatan temanmu, lebih baik katakanlah dengan sejujurnya. Sampaikan perasaanmu dengan cara yang halus dan lembut agar tidak menyinggung perasaan temanmu.

Jika kamu bersikap jujur, maka kamu akan disayangi, dihormati, dan dihargai oleh teman-temanmu. Kamu juga akan mendapat kepercayaan dari teman-temanmu. Kejujuran juga dapat mempererat ikatan pertemanan dengan teman-temanmu. Dengan kejujuran, hidup terasa nyaman dan tentram. Kebiasaan bersikap jujur akan membuatmu takut berbohong. Hal tersebut baik karena sekali kita berbohong, kebohongan tersebut akan terus berlanjut untuk menutupi kebohongan-kebohongan lain.

Kejujuran menjadi tiang penyangga hubungan pertemanan. Dengan bersikap jujur, pertemanan akan menjadi awet dan harmonis. Jagalah pertemanan dengan selalu bersikap jujur. Peliharalah sikap jujur pada dirimu dan teman-temanmu agar hubungan pertemanan tetap terjaga hingga usiamu sudah tidak lagi muda.

Cintai Tanah Air

Assalamualaikum Wr. Wb.

Kepada Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah SMPN 4 Jakarta.

Kepada Yang terhormat Wakil Kepala Sekolah SMPN 4 Jakarta.

Yang terhormat seluruh Bapak dan Ibu Guru beserta jajaran staf SMPN 4 Jakarta.

Pertama-tama, kita panjatkan puji syukur kepada kehadirat Allah SWT akan rahmat, hidayah, dan juga karunia-Nya kita semua dapat berkumpul di tempat ini dengan berbagai macam kondisi. Selain itu, shalawat serta salam kepada Nabi Muhammad SAW yang telah berjuang sekuat tenaga untuk membimbing umat Islam kepada kebaikan.

Pada pagi ini saya akan menyampaikan pidato mengenai cintailah tanah air Indonesia. Pada zaman dahulu, Indonesia sempat dijajah oleh berbagai macam pendatang dari berbagai macam negara. Mereka sengaja datang hanya untuk mengambil kekayaan alam yang kita miliki, terutama dalam hal rempah-rempah.

Kemudian, pada saat Belanda datang, bangsa tersebut telah menjajah negara kita tercinta ini selama 3,5 abad. Tentu saja itu adalah waktu yang sangat lama. Ada banyak pahlawan dan juga warga negara kita yang gugur demi mempertahankan negara ini dan memperoleh kemerdekaan.

Saat ini, semua warga Indonesia sudah merdeka. Hanya saja generasi zaman sekarang memiliki loyalitas yang semakin luntur terhadap tanah air ini. Ada banyak sekali anak muda yang menyukai barang-barang brand buatan negara bagian barat ada juga yang senang mengikuti berbagai macam festival Jepang dan Korea. 

 Itu hanya sebagian kecil dari contoh anak muda yang semakin meluntur jiwa nasionalismenya. Tidak masalah menyukai budaya dari bangsa lainnya. Asalkan juga selalu mengingat dan juga turut melestarikan budaya dari tanah air ini.

Sekian pidato dari saya dan saya mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata.

Wassalamualaikum Wr. Wb.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kumpulan 7+ Ciri-Ciri Teks Persuasi Dilengkapi Contoh Teks | Bahasa Indonesia Kelas VIII Revisi

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /