Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Kumpulan 80+ Contoh Soal Fakta dan Opini Artikel Dilengkapi Kunci Jawaban | Bahasa Indonesia Kelas XII


Daftar Isi [Tampil]

ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal materi fakta dan opini yang terdapat sebuah artikel dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas XII revisi. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan anak didik dalam mencari referensi tentang contoh soal materi fakta dan opini yang terdapat sebuah artikel dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mata pelajaran bahasa Indonesia.

Kumpulan 80+ Contoh Soal Fakta dan Opini Artikel Dilengkapi Kunci Jawaban | Bahasa Indonesia Kelas XII

Gambar: freepik.com

1. Kalimat berikut yang merupakan fakta adalah....
A. Tingginya air yang menggenangi ruas jalan di Wonokromo memang tak seberapa
B. Berdasarkan rilis BMG kelas I Juanda, kondisi berawan hingga hujan masih akan turun mewarnai langit Surabaya
C. Terhambatnya penurunan tinggi air di ruas jalan Tenggelis kemungkinan disebabkan oleh tersumbatnya air
D. Aksi blokir di jalan tol Pondok Aren Jakarta kembali terjadi
E. Saya berharap pembangunan tol Semarang-Solo bisa dipercepat

2. 1) Menurut seorang pengembang. Pengembang agrobisnis dan agroindustri merupakan tuntutan perkembangan logis. 2) Pengembang telah dilanjutkan sebagai wujud kesinambungan penganekaragaman dan pengalaman pertanian. 3) Telah pula dilaksanakan pengembangan di beberapa wilayah. 4) Hasil yang dicapai mengesankan dan memuaskan.

Kalimat pernyataan di atas yang berupa opini terdapat pada nomor....
A. 1) dan 4)
B. 1) dan 3)
C. 2) dan 3)
D. 1) dan 2)
E. 3) dan 4)

3. 1) Peserta Perkebunan Inti Rakyat (PIR) kelapa sawit, di Desa Suka Makmur bukan hanya memerlukan rumah yang layak huni. 2) Mereka tahu betul, arti rumah yang sehat dan indah. 3) Untuk bisa memilih rumah, mereka melakukan arisan di antara kelompok tani. 4) Sekarang di desa yang ditempati tahun 1986 itu telah berdiri 200 rumah permanen dengan ukuran rata-rata 12 x 14 meter. 5) Dua puluh anggota kelompok tani Bunga Kantil memiliki rumah baru dan permanen.

Kalimat yang berisi fakta terdapat pada nomor....
A. 1) dan 2)
B. 1) dan 3)
C. 3) dan 4)
D. 3) dan 5)
E. 4) dan 5)

4. 1) Udara di Bogor terasa dingin. 2) Kali ini dinginnya melebihi hari-hari sebelumnya. 3) Dinginnya suhu udara di Bogor mencapai 24ÂșC. 4) Data tingkat suhu udara ini, terdapat di papan informasi pengukur suhu di jalan-jalan besar di kota Bogor.

Dua kalimat pendapat pada teks tersebut ditandai dengan nomor ....
A. 1) dan 2)
B. 2) dan 3)
C. 1) dan 3)
D. 2) dan 4)
E. 3) dan 4)

5. 1) RSU ini direncanakan merupakan salah satu alternatif tepat pemilihan pengobatan di kota ini. 2) Di RSU ini dipasang dua alat canggih / ECG untuk mendeteksi kelainan jantung buatan Jerman. 3) Pengelola RSU berusaha melengkapi pengobatan setingkat RSU di kota besar. 4) Jika pertambahan penduduk meningkat 2% per tahun, RSU ini menjadi alternatif pertama dalam pemilihan kesehatan. 5) Ada kasus bahwa pelayanan kesehatan bermutu lebih mudah dikenal dari kecanggihan infrastruktur klinik maupun rumah sakit.

Kalimat yang mengandung fakta terdapat pada nomor....
A. 1)
B. 2)
C.(3)
D. 4)
E. 5)

6. 1) Pemkot Depok telah menertibkan 700 Pedagang Kaki Lima (PKL) yang menggelar dagangannya di pinggir jalan. 2) Hal ini dinilai sebagai penyebab kemacetan. 3) Di samping itu, keberadaan PKL juga dianggap menimbulkan kesan semrawut. 4) Penertiban yang berlangsung tanggal 26 Desember itu disambut dengan senang oleh para pengguna jalan.

Dua kalimat pendapat pada teks tersebut ditandai dengan nomor ....
A. 1) dan 2)
B. 1) dan 4)
C. 2) dan 3)
D. 3) dan 4)
E. 2) dan 4)

7. 1) Transportasi kereta api mempunyai keunggulan dibandingkan dengan transportasi darat yang lain. 2) Keunggulan itu antara lain hemat energi dan dampak lingkungan yang ditimbulkan relatif lebih kecil. 3) Selain itu kereta api merupakan sarana angkutan yang lebih ekonomis baik bagi penumpang maupun barang untuk jarak jauh. 4) Hal ini diungkapkan oleh kepala PJKA dalam harian ibukota. 

Kalimat yang berisi pendapat/opini adalah kalimat....
A. pertama
B. ketiga
C. kedua
D. Kedua dan keempat
E. pertama dan keempat

8. Sulit meminta maaf dan sulit memberi maaf sesungguhnya merupakan sifat manusia pada umumnya. Namun, peluang untuk meminta maaf dan memberi maaf pastilah selalu ada. Jika setiap orang bersedia memberi maaf alangkah tenteram dan nikmatnya kehidupan di muka bumi ini. Lebih dari itu, apabila setiap orang sadar bahwa memberi maaf itu bahkan lebih mulia nilainya daripada meminta maaf.

Pendapat yang tepat sesuai paragraf di atas adalah....
A. Memberi maaf dan meminta maaf merupakan sikap yang baik
B. Meminta maaf lebih mulia daripada memberi
C. Sulit bagi kita meminta maaf lebih dahulu
D. Kita jangan meminta maaf jika tidak bersalah
E. memberi dan meminta maaf adalah sesuatu yang sulit

9. Setelah masyarakat Jawa menjerit karena harga gabah melonjak bulan Juli 2019 lalu, giliran petani Bali menjerit. 2) Harga gabah hasil panen belakangan ini, turun drastis dari harga satu kilo 7500 menjadi 5000 per kilo. 3) Kondisi seperti ini sebenarnya merupakan peristiwa tahunan. 4) Ketika terjadi panen raya pada Februari hingga April, karena over supply, maka harga turun drastis.

Kalimat yang merupakan opini/pendapat adalah kalimat nomor....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5 

10. Bacalah kedua kutipan artikel berikut!

Artikel 1
Indonesia punya menu ayam goreng yang rasanya sangat lezat. Yaitu, ayam goreng Kalasan. Ayam goreng Kalasan ini rasanya sangat gurih. Ada bumbu kriuk yang selalu setia menemani ayam goreng kampung ini. Salah satu perbedaan yang paling penting ayam goreng Kalasan menggunakan ayam kampung. Ayam Kalasan ini dimasak dengan aneka rempah khas Indonesia. Pasti lebih sehat karena tanpa penyedap rasa yang berlebihan.

Artikel 2
Rendang adalah masakan tradisional bersantan dengan daging sapi sebagai bahan utamanya. Masakaan khas dari Sumatera Barat ini sangat digemari semua kalangan. Tidak saja masyarakat Indonesia bahkan luar negeri pun menggemarinya. Selain daging sapi, rendang juga menggunakan kelapa. Rendang menggunakan bumbu khas Indonesia. Bumbu tersebut yaitu cabai, lengkuas, serai, bawang dan aneka bumbu lain.

Persamaan ide kedua artikel tersebut adalah....
A. Masakan Indonesia yang digemari masyarakat luar negeri
B. Masakan yang tidak menggunakan penyedap rasa
C. Masakan-masakan khas Indonesia
D. Wisata kuliner Indonesia
E. makanan tradisional

11. Simaklah kutipan tajuk berikut!
1) Musim banjir belum lagi mencapai puncaknya yang diperkirakan berlangsung Januari 2020 mendatang. 2) Akan tetapi, di beberapa tempat di Bandung, ratusan rumah telah terendam banjir, tepatnya di kecamatan Bandung Kota.3) Penyebabnya sudah pasti selokan menyempit dan tertutup sampah. 4) Mula-mula hujan turun terus-menerus menyebabkan bertambahnya aliran air di permukaan. 5) Dalam keadaan normal, air itu akan mengikut hukum alam mencari tempat yang lebih rendah. 6) Dalam hal ini, sungai, dari sana, curahan air mengikuti aliran sungai menuju laut.

Kalimat yang merupakan opini /pendapat adalah kalimat nomor....
A. 1
B. 3
C. 5
D. 6
E. 2

12. Bacalah kutipan teks berikut!
1) Kita pertanyakan keseriusan pemerintah menyediakan infrastruktur dan sarana transportasi publik, khususnya angkutan darat. 2) Sampai kini, belum terlihat upaya signifikan ke arah itu. 3) Bahkan, kita melihat kemacetan parah setiap saat di kota-kota besar, khususnya di Jakarta. 4) Kegagalan pemerintah di sektor transportasi publik itulah pemicu konsumsi BBM semakin melonjak. 5) Buktinya, sektor transportasi darat menyedot 90 persen BBM bersubsidi, mobil pribadi mengonsumsi 53 persen dan sepeda motor 40 persen. 6) Menggunakan kendaraan pribadi walau ongkos mahal menjadi pilihan efektif ketika solusi alternatif bagi masyarakat tidak tersedia. 7) Kita ingatkan, jangan sampai pemerintah ingin menghemat anggaran subsidi demi APBN lantas masyarakat berkorban berkali-kali lipat karena kehilangan kesempatan peningkatan produktivitas, akibat kelangkaan BBM yang merugi, melainkan secara umum pertumbuhan ekonomi pun terhambat.

Masalah dalam kutipan teks tersebut adalah....
A. Pemerintah tidak serius dalam menyediakan infrastruktur dan sarana transportasi publik
B. Kegagalan pemerintah di sektor transportasi publik memicu konsumsi BBM semakin melonjak
C. Kemacetan lalu lintas parah terlihat pada setiap saat di kota-kota besar, khususnya di Jakarta
D. Pemerintah ingin menghemat anggaran subsidi APBN, tetapi dalam kenyataannya malah
E. Pertumbuhan ekonomi terhambat dan terjadi kelangkaan BBM karena pemerintah menaikkan harga BBM

13. Simaklah kutipan tajuk berikut!
1) Musim banjir belum lagi mencapai puncaknya yang diperkirakan berlangsung Januari 2020 mendatang. 2) Akan tetapi, di beberapa tempat di Bandung, ratusan rumah telah terendam banjir, tepatnya di kecamatan Bandung Kota.3) Penyebabnya sudah pasti selokan menyempit dan tertutup sampah. 4) Mula-mula hujan turun terus-menerus menyebabkan bertambahnya aliran air di permukaan. 5) Dalam keadaan normal, air itu akan mengikut hukum alam mencari tempat yang lebih rendah. 6) Dalam hal ini, sungai, dari sana, curahan air mengikuti aliran sungai menuju laut.

Kalimat yang merupakan opini /pendapat adalah kalimat nomor....
A. 1
B. 3
C. 5
D. 6
E. 2

14. 1) Kita pertanyakan keseriusan pemerintah menyediakan infrastruktur dan sarana transportasi publik, khususnya angkutan darat. 2) Sampai kini, belum terlihat upaya signifikan ke arah itu. 3) Bahkan, kita melihat kemacetan parah setiap saat di kota-kota besar, khususnya di Jakarta. 4) Kegagalan pemerintah di sektor transportasi publik itulah pemicu konsumsi BBM semakin melonjak. 5) Buktinya, sektor transportasi darat menyedot 90 persen BBM bersubsidi, mobil pribadi mengonsumsi 53 persen dan sepeda motor 40 persen. 6) Menggunakan kendaraan pribadi walau ongkos mahal menjadi pilihan efektif ketika solusi alternatif bagi masyarakat tidak tersedia. 7) Kita ingatkan, jangan sampai pemerintah ingin menghemat anggaran subsidi demi APBN lantas masyarakat berkorban berkali-kali lipat karena kehilangan kesempatan peningkatan produktivitas, akibat kelangkaan BBM yang merugi, melainkan secara umum pertumbuhan ekonomi pun terhambat.

Opini penulis dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor....
A. 1) dan 2)
B. 2) dan 4)
C. 3) dan 4)
D. 5) dan 6)
E. 6) dan 7)

15. Cermati paragraf berikut!
1) Udara yang dihirup makhluk hidup mempunyai kadar oksigen 21 persen. 2) Kadar tersebut harus tetap terpelihara. 3) Namun setiap tahun, diperkirakan dunia industri akan menghabiskan kira-kira 41 persen oksigen untuk menggerakkan roda perindustriannya. 4) Kalau diperkirakan dalam bilangan nyata, oksigen dihabiskan oleh industri kurang lebih 400 ton setiap menit yang akan diambil dari udara tanpa pengembalian. 5) Meskipun bilangan itu cukup besar, keadaan itu diperkirakan belum sampai membuat kita sesak nafas.

Kalimat fakta dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor.... 
A. 1) 
B. 2)
C. 3)
D. 4)
E. 5)

16. Cermatilah paragraf berikut dengan saksama!
Mengonsumsi buah dan sayur lebih dari lima porsi setiap harinya terbukti berguna menjaga kesehatan. Studi terbaru menyebutkan sayur dapat mencegah kematian akibat penyakit jantung, stroke, dan kanker. Penelitian yang dilakukan tim ilmuwan dari University College London (UCL) di London, Inggris ini merekomendasikan untuk mengonsumsi hanya lima porsi buah dan sayuran setiap hari ternyata tidaklah cukup. Paling tidak, kita musti melahap tujuh porsi buah dan sayuran segar setiap harinya, terutama produk sayuran-sayuran. Studi yang dilansir laman The Guardian juga menyarankan untuk menyantap buah kalengan, berseberangan dengan mereka yang meyakini bahwa kebiasaan tersebut termasuk sehat.

Tujuan isi artikel tersebut memberitahu kepada pembaca bahwa....
A. Menyarankan untuk mengonsumsi buah dalam kesehatan minimal lima
B. Mengonsumsi buah dan sayur setiap harinya penting menjaga kesehatan
C. Buah dan sayur minimal lima porsi setiap hari dikonsumsi
D. Menyarankan untuk makan buah dan sayuran setiap hari selesai makan
E. Mengonsumsi buah setiap harinya penting menjaga kesehatan

17. Bacalah paragraf berikut dengan seksama!
1) Sebagai salah satu negara dengan hutan terluas di dunia, Indonesia menjadi incaran investor kegiatan ekonomi ekstraktif. 2) Kini luas hutan di Indonesia yang mengalami deforentasi atau penggundulan dan degradasi atau penurunan kualitas tutupan hutan mencapai 56 juta hektar. 3) Perbaikan hutan pada tahun ini diharapkan dapat mencapai 1 juta hektar. 4) Akan tetapi, itubergantung pada anggaran. 5) Tahun ini Departemen Kehutanan mengajukan anggaran Rp 8,5 trilyun ke Departemen Keuangan.

Kalimat fakta dalam paragraf di atas terdapat pada nomor....
A. 1) dan 2)
B. 1) dan 3)
C. 2) dan 3)
D. 2) dan 5)
E. 3) dan 5)

18. Cermati isi paragraf berikut!
1) Saya sekarang setiap hari menyempatkan membaca buku, terutama membaca buku sastra. 2) Manfaat yang dihasilkan dari sebuah proses membaca karya sastra dapat dirasakan langsung oleh penikmat sastra. 3) Menurut saya sebuah karya sastra mempunya andil besar dalam menyebarkan manfaat bagi diri lewat keindahannya. 4) Bukan sebaliknya, menyebarkan keindahan yang melenakan dan tidak membawa gerak perubahan karena sastra lahir dari kejernihan jiwa, dan perasaan seseorang. 5) Oleh sebab itu, manfaat tersebut dapat dirasakan antara lain: melembutkan perasan dan hati, memberi kesadaran akan kebenaran hidup, kegembiran dan pengobat kegelisahan hati, memberikan penghayatan mendalam, dan yang paling penting lagi menjadikan manusia berbudaya dan peka lingkungan

Kalimat fakta dalam paragraf tersebut, terdapat pada nomor....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
E. 5)

19. Kalimat berikut yang menyatakan pendapat / opini adalah....
A. Harga tiket penerbangan Makassar- Lombok sebesar Rp271.200,00, sementara pelajar dan mahasiswa tetap mendapat diskon 25%
B. Penumpang terusan yang ke Denpasar dan kota lainnya selama di Surabaya mendapatkan pelayanan hotel gratis
C. Perjanjian carter telah ditandatangani dengan jadwal pemberangkatan malam hari dari Balikpapan menuju Surabaya
D. Petugas Bandara Sepinggan memerincikan dari sekitar enam ribu pengguna jasa angkutan udara, 80% di antaranya adalah pelajar dan mahasiswa
E. Rencananya, akan dibangun kawasan perhotelan di sekitar bandara untuk memberikan layanan fasilitas kepada para penumpang

20. Cermatilah teks berikut!
1) Perempuan memang paling rentan terhadap anemia, terutama anemia karena kekurangan zat besi. 2) Darah memang sangat penting bagi perempuan, terutama pada saat hamil zat besi itu dibagi dua, yaitu bagi si ibu dan janinnya. 3) Apabila si ibu anemia, bisa terjadi abortus, lahir prematur, dan juga kematian ibu melahirkan. 4) Padahal, kita ingat, di Indonesia, angka kematian ibu melahirkan dan kematian bayi masih cukup tinggi. 5) Bahkan, bagi janin, zat besi juga dibutuhkan, terutama juga ada kaitannya dengan kecerdasan.

Contoh istilah dalam cuplikan teks tersebut adalah....
A. anemia, zat besi, bayi
B. prematur, anemia, darah tinggi
C. kematian, kecerdasan, anemia
D. darah, anemia, hamil
E. melahirkan, bayi, hamil

21. Bacalah wacana berikut dengan saksama!
1) Virus flu burung dua tahun belakangan ini sudah membuat puluhan korban tewas sia-sia terutama di Pulau Komodo. 2) Bahkan, tercatat Indonesia merupakan salah satu negara dengan korban paling besar di dunia. 3) Usaha pencegahan yang dilakukan pemerintah selama ini terkesan tidak efektif. 4) Buktinya, korban terus saja bertambah. 5) Oleh karena itu, pemerintah harus berusaha meningkatkan pencegahan virus flu burung agar korban tidak terus bertambah.

Opini dalam paragraf tersebut adalah kalimat nomor....
A. 1 dan 3
B. 1 dan 4
C. 3 dan 4
D. 3 dan 5
E. 4 dan 5

22. Cermatilah teks berikut!
1) Perempuan memang paling rentan terhadap anemia, terutama anemia karena kekurangan zat besi. 2) Darah memang sangat penting bagi perempuan, terutama pada saat hamil zat besi itu dibagi dua, yaitu bagi si ibu dan janinnya. 3) Apabila si ibu anemia, bisa terjadi abortus, lahir prematur, dan juga kematian ibu melahirkan. 4) Padahal, kita ingat, di Indonesia, angka kematian ibu melahirkan dan kematian bayi masih cukup tinggi. 5) Bahkan, bagi janin, zat besi juga dibutuhkan, terutama juga ada kaitannya dengan kecerdasan.

Fakta yang mendasari pengembangan cuplikan itu dinyatakan dalam kalimat....
A. 1) dan 2)
B. 2) dan 3)
C. 3) dan 4)
D. 4) dan 5)
E. 1) dan 5)

23. Manggis yang menjadi andalan ekspor Indonesia dan Thailand sekarang dikembangkan di Australia. Bahkan sudah dua belas tahun terakhir ini mereka serius berkebun manggis. Bibit manggis asl biji tersebut antara lain dipungut dari Bali dan Lombok. Di Indonesia nasib manggis agaknya kurang seberuntung rekannya yang dikembangkan di Australia. Kini pekebun Australia telah menuai hasilnya.

Berdasarkan pargraf di atas pertanyaan-pertanyaan berikut yang jawabannya dapat berupa opini adalah....
A. Negara mana yang menjadikan manggis sebagai andalan ekspor?
B. Berapa lama manggis sudah dikembangkan secara serius di Australia?
C. Apakah buah manggis sudah dikembangkan di Australia?
D. Bagaimana nasib buah manggis di Indonesia?
E. Dari mana bibit asal biji diperoleh?

24. Cermatilah teks berikut!
Olahraga sangat membantu pertahanan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit. Rajin berolahraga, antara lain, membuat kita dapat tidur nyenyak. Olahraga juga membuat kita menjadi orang yang selalu ceria sehingga terhindar dari berbagai macampenyakit termasuk kanker.

Pendapat yang dapat mewakili pernyataan itu adalah....
A. Orang yang terkena kanker pasti tidak pernah berolahraga
B. Sebelum tidur, seseorang harus banyak berolahraga
C. Kanker merupakan penyakit yang disebabkan oleh kurang tidur
D. Rajin berolahraga sudah pasti terbebas dari kanker
E. Berolahraga dapat menghindarkan kita dari berbagai penyakit

25. Pemulihan ekonomi Indonesia yang berjalan lamban, menurut Minasapti Triaswati, dosen Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, tidak terlepas dari kendala birokrasi dan mentalitas pejabatnya. Meminjam data ASEAN Economic Outlook, pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 1998-2003 hanya 0,6 persen sehingga menempati posisi terendah di kawasan ASEAN. Sekedar contoh, pada periode yang sama, pertumbuhan ekonomi Malaysia adalah 2,8 persen, Filipina mencapai 3,4 persen.

Yang merupakan opini dalam paragraf di atas adalah....
A. Nina Triaswati dosen Fakultas Psikologi Universitas Indonesia
B. Pemulihan ekonomi Indonesia berjalan lamban, terkait dengan kendala birokrasi
C. Pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 1998-2003 0,6 persen, menempati posisi terendah di ASEAN
D. Pertumbuhan ekonomi Malaysia tahun 1998-2003 2,8 persen
E. Pertumbuhan ekonomi Filipina tahun 1998-2003 3,4 persen

26. Cermatilah teks berikut!
Olahraga sangat membantu pertahanan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit. Rajin berolahraga, antara lain, membuat kita dapat tidur nyenyak. Olahraga juga membuat kita menjadi orang yang selalu ceria sehingga terhindar dari berbagai macampenyakit termasuk kanker.
Fakta yang diperlukan untuk pendapat-pendapat yang ada pada cuplikan itu adalah....
A. jumlah penyakit yang biasa menyerang tubuh
B. pengalaman tentang orang-orang yang biasa berolahraga
C. cara-cara berolahraga yang bailk
D. proses perkembangbiakan kanker
E. macam-macam penyakit berbahaya

27. 1) Kisah pembuatan film biasanya melewati proses yang panjang dan rumit. 2) Ide membuat film dan cerita datang dari Castle Production yang bergerak di bidang film animasi sangat bermanfaat. 3) Castle cukup berhasil bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyaring siswa SMK yang memiliki kemampuan untuk membuat gambar. 4) Dari seleksi gambar animasi kiriman siswa, Castle memilih Iima puluh siswa SMK, tiga di antaranya perempuan, mengikuti pelatihan menggambar animasi lalu memproduksi film animasi. 5) Untuk keperluan itu, Castle mengerahkan animator profesional seperti Boy Wahyudi dan Donny Moersito untuk mengaiar mereka.

Kalimat yang menyatakan fakta pada paragraf tersebut adalah....
A. 1) dan 3)
B. 2) dan 3)
C. 2) dan 4)
D. 3) dan 4)
E. 4) dan 5)

28. Cermatilah teks berikut!
Tentunya, penanganannya itu perlu disertai pembenahan di sana-sini, terutama kewenangan dari pihak-pihak terkait yang selama ini terkesan tumpang tindih, baik itu antarkementerian, antardirjen, maupun kewenangan pemerintah pusat dengan daerah.
Berdasarkan istilah yang digunakannya, cuplikan artikel tersebut bertopik tentang....
A. pendidikan
B. politik
C. pemerintahan
D. ekonomi
E. kekuasaan

29. Kepala Dinas Pertanian Cilacap Gunawan mengakui, kalau banjir masih merendam lahan persawahan sampai tiga hari ke depan, dipastikan ribuan hektar sawah yang terancam gagal panen. ”Sekarang saja sudah ada 73 hektar yang puso akibat terendam banjir,” katanya. Untuk menyelamatkan produksi padi Cilacap saat ini, dia mengaku masih berusaha meminta bantuan benih dan pupuk ke Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Sementara itu, berdasarkan data yang dihimpun Posko Bencana Cilacap, kerugian yang diakibatkan banjir di kawasan bagian barat Cilacap mencapai Rp16,076 miliar. Tentu saja, angka yang sangat besar itu termasuk kerugian yang di alami oleh petani karena ancaman gagal panen tersebut.

Kalimat berikut ini yang merupakan fakta pada paragraf di atas adalah....
A. Kalau banjir masih merendam lahan persawahan sampai seminggu ke depan, dipastikan ribuan hektar sawah yang terancam gagal panen
B. Untuk menyelamatkan produksi padi di Cilacap saat ini, bantuan benih , pupuk, traktor dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sangat diperlukan
C. Petani di Kabupaten Cilacap mengalami kerugian yang sangat besar akibat bencana banjir lebih-lebih jika ada stunami
D. Kerugian yang diakibatkan banjir di kawasan bagian barat Cilacap mencapai Rp16,076 miliar
E. Bantuan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan pemerintah pusat sangat diperlukan untuk mengatasi gagal panen akibat banjir di Kabupaten Cilacap

30. Cermatilah teks berikut!
Tentunya, penanganannya itu perlu disertai pembenahan di sana-sini, terutama kewenangan dari pihak-pihak terkait yang selama ini terkesan tumpang tindih, baik itu antarkementerian, antardirjen, maupun kewenangan pemerintah pusat dengan daerah.
Pendapat di dalam cuplikan teks tersebut dianggap kurang baik karena....
A. gagasannya bertumpuk
B. kurang logis
C. tidak berdasarkan fakta
D. menggunakan data yang tidak akurat
E. berdasarkan pendapat pribadi

31. Karena dituduh mencuri sarung seharga Rp30.000 seorang wanita terancam hukuman 5 tahun penjara. Ia lakoni mendekam di LP Pamekasan. Dalam persidangan wanita itu telah mengakui mencuri sarung majikannya yang harganya Rp30.000 dan dijualnya Rp15.000. Saat diadili ia tanpa didampingi penasihat hukum. Ia meminta kebijakan hakim untuk penangguhan penahanan karena ia punya tanggung jawab mengurus anaknya yang berusia 10 tahun.

Namun nyatanya ia tetap mendekam di penjara. Ketidakadilan hukum membelalakkan mata kita. Ada seorang wanita yang mencuri senilai Rp30.000 harus mendekam di bui. Sementara ada koruptor malah diizinkan pergi ke luar negeri ketika Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membidiknya dalam kasus korupsi. Penegakan hukum kita tajam ke bawah, dan tumpul ke atas. Selain mengganggu rasa keadilan juga menciptakan antipati rakyat terhadap penegak hukum. Gejala ini sedang terjadi dan menimbulkan kegelisahan meluas pada masyarakat, khususnya mahasiswa terhadap nasib bangsa.

Oleh karena itu tindakan cepat harus segera diambil.
A. Seorang wanita diancam hukuman 5 tahun karena kasus pencurian. Saat ini ia mendekam di penjara
B. Ada koruptor diizinkan ke luar negeri walaupun Komisi Pemberantasan Korupsi telah membidiknya akan kasus korupsi
C. Penegakan hukum kita menimbulkan kegelisahan masyarakat khususnya mahasiswa
D. Seorang wanita meminta penangguhan hukuman kepada hakim, namun tidak dikabulkan
E. Gejala penegakan hukum yang tajam ke bawah, tumpul ke atas harus cepat diambil tindakan

32. Cermatilah teks berikut!
Selain itu, proyek besar yang sedang dijalankan dan tidak dikenal pada zaman menteri sebelumnya adalah Program Guru Pembelajar (GP) dan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Kedua proyek tersebut kini masih berlangsung, Ini termasuk pelatihan-pelatihan implementasi Kurikulum 2013 edisi revisi. Ada pula penganggaran buku dan perangkat-perangkat pembelajarannya. Tentunya, proyek-proyek tersebut menyedot anggaran yang tidak sedikit.

Contoh pendapat dalam cuplikan itu ada pada kalimat....
A. pertama
B. kedua
C. ketiga
D. keempat
E. kelima

33. Cermatilah teks berikut!
1) Perempuan memang paling rentan terhadap anemia, terutama anemia karena kekurangan zat besi. 2) Darah memang sangat penting bagi perempuan, terutama pada saat hamil zat besi itu dibagi dua, yaitu bagi si ibu dan janinnya. 3) Apabila si ibu anemia, bisa terjadi abortus, lahir prematur, dan juga kematian ibu melahirkan. 4) Padahal, kita ingat, di Indonesia, angka kematian ibu melahirkan dan kematian bayi masih cukup tinggi. 5) Bahkan, bagi janin, zat besi juga dibutuhkan, terutama juga ada kaitannya dengan kecerdasan.

Fakta yang mendasari pengembangan cuplikan itu dinyatakan dalam kalimat....
A. 1) dan 2)
B. 2) dan 3)
C. 3) dan 4)
D. 4) dan 5)
E. 1) dan 5)

34. Cermatilah teks berikut!
Selain itu, proyek besar yang sedang dijalankan dan tidak dikenal pada zaman menteri sebelumnya adalah Program Guru Pembelajar (GP) dan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Kedua proyek tersebut kini masih berlangsung, Ini termasuk pelatihan-pelatihan implementasi Kurikulum 2013 edisi revisi. Ada pula penganggaran buku dan perangkat-perangkat pembelajarannya. Tentunya, proyek-proyek tersebut menyedot anggaran yang tidak sedikit.
Menurut peristilahan yang digunakannya, cuplikan itu bertopik....
A. penerbitan
B. pendidikan
C. perguruan
D. pemerintahan
E. perpustakaan

35. Bacalah penggalan teks berikut ini!
1) Sungguh, kenaikan harga itu merupakan kado yang tidak simpatik, tidak bijak, dan tidak logis. 2) Masyarakat sebagai konsumen menjadi terkaget-kaget karena kenaikan tanpa didahului sosialisasi.  3) Pertamina memutuskan secara sepihak seraya menggiringnya dengan alasan yang terkesan logis.  4) Merugi Rp22 trilyun selama 6 tahun sebagai dampak kenaikan harga di pasar internasional serta melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.
Fakta dalam kalimat di atas yaitu kalimat bernomor....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
E. 5)

36. Perempuan memang paling rentan terhadap anemia, terutama anemia karena kekurangan zat besi. Darah memang sangat penting bagi perempuan. Hal ini terutama pada saat hamil, zat besi itu dibagi dua, yaitu bagi si ibu dan janinnya Apabila si ibu anemia, bisa terjadi abortus, lahir prematur, dan juga kematian ibu melahirkan. Padahal, kita ingat, di Indonesia, angka kematian ibu melahirkan dan kematian bayi masih cukup tinggi. Bahkan, bagi janin, zat besi juga dibutuhlkan. terutama juga ada kaitannya dengan kecerdasan.
Isu yang layak dijadikan bahan penulisan artikel dari dari bacaan di atas adalah....
A. pemeliharaan bayi prematur
B. fungsi kecerdasan bagi anak
C. kebutuhan manusia akan darah
D. anemia sebagai penyakit berbahaya bagi perempuan
E. cara memelihara bayi dalam kandungan

37. Bacalah penggalan teks berikut ini!
1) Kita mengapresiasi langkah cekatan pemerintah dalam mengapresiasi kenaikan harga elpigi nonsubsidi 12 kg itu seraya menggiringnya dengan pertanyaan. 2) Benarkah pemerintah tidak tahu dan tidak diberi tahumengenai rencana Pertaminan menaikkan secara sewenang-wenang.  3) Pertaminamerupakan perusahaan negara yang diamanati Undang-undang sebagai pengelola minyak dan gas bumi untuk sebesar-besarnya kemakmuran dan kesejahteraan rakyat. 4) Rasanya mustahil kalau pemerintah, dalam hal ini Menteri Ekuin dan Menteri BUMN tidak tahu, tidak diberi tahu serta tidak dimintai pandangan, pendapat,dan petimbangan.

Opini dalam kalimat di atas yaitu....
A. 1), 2), 3)
B. 2), 3), 4)
C. 1), 2), 4)
D. 1), 3), 4)
E. 1), 2), 3), 4)

38. Selama bulan suci Ramadan, tempat-tempat hiburan memang perlu dibatasi jam operasinya. Selain mengganggu kekhusyukan ibadah umat Islam, tidak tertutup kemungkinan akan terjadinya hal-hal maksiat.
Contoh pendapat yang relevan untuk pernyatan di atas adalah....
A. Hal itu perlu dipikirkan ulang atas usulan penutupan tempat-tempat hiburan jangan sampai menimbulkan ekses negatif, terutama pada para pekerjannya
B. Memang sepantasnya, tempat-tempat hiburan itu ditutup agar umat Islam merasa dihargai dan ketenteraman di lingkungan masyarakat pada umumnya juga bias terjamin
C. Perlu ada partisipasi dari aparat keamanan untuk menciptakan ketenteraman di bulan Ramadan dan ketenteraman masyarakat lainnya
D. Tidak ada yang bisa menjamin terciptanya kekhusyukan beribadah hanya dengan menutup tempat-tempat maksiat seperti itu
E. Cara seperti itu bisa saja dilakukan, tetapi menurut saya tidak bisa memberikan solusi jangka panjang karena setelah Ramadan penyakit masyakat itu akan kembali berjangkit

39. Opini berupa prediksi terdapat pada kalimat di bawah ini yaitu....
A. Kenaikan harga itu merupakan kado ulang tahun baru 2014 yang tidak simpatik, tidak bijak, dan tidak logis
B. Pertamina tidak bisa semata-mata menjadikan harga pasar dunia sebagai kiblat dalam membuat keputusan. Sebab, di sisi lain perusahaan memperoleh keuntungan besar atas hasil tambang minyak dan gas yang dieksploitasi dari perut bumi Indonesia
C. Redaksi menduga bahwa pengakuan pemerintah yang tidak mengetahui rencana kenaikan harga elpiji hingga 50% itu tidak benar
D. Pemerintah seharusnya menggunakan keuntungan besar dari hasil tambang minyak dan gas untuk sebesar-besar kemakmuran dan kesejahteraan rakyat
E. Caranya dengan mengambil atau menyisihkan sepersekian persen keuntungan untuk menyubsidi kebutuhan bahan bakar kalangan masyarakat menengah ke bawah

40. Cermatilah paragraf berikut dengan saksama!
Survey Badan Pusat Stastistik di Indonesia pada tahun 2013 menunjukkan, orang Indonesia paling gemar menonton telivisi, yakni sekitar 91,68 persen,” kata Hamid. Sebelumnya, pada 12-13 November 2015, diselenggarakan pelatihan bagi 68 guru dari 33 propinsi mengenai buku pengenalan terhadap jasa keuangan itu. Para peserta pelatihan juga berlatih menggunakan permainan Sikapiuangmu, sebagai penerapan melalui permainan pengenalan produk dan jasa keuangan. Diharapkan, siswa dapat bermain sambil balajar.

Kata yang tepat untuk memperbaiki kata yang tidak baku dalam paragraf tersebut adalah....
A. survai, televisi, propinsi
B. survei, televisi, provinsi
C. survei, telipisi, propinsi
D. survey, telivisi, provinsi
E. survei, televisi, propinsi 

41. Opini berupa harapan terdapat pada kalimat di bawah ini yaitu....
A. Kenaikan harga itu merupakan kado ulang tahun baru 2014 yang tidak simpatik, tidak bijak, dan tidak logis
B. Pertamina tidak bisa semata-mata menjadikan harga pasar dunia sebagai kiblat dalam membuat keputusan. Sebab, di sisi lain perusahaan memperoleh keuntungan besar atas hasil tambang minyak dan gas yang dieksploitasi dari perut bumi Indonesia
C. Redaksi menduga bahwa pengakuan pemerintah yang tidak mengetahui rencana kenaikan harga elpiji hingga 50% itu tidak benar
D. Pemerintah seharusnya menggunakan keuntungan besar dari hasil tambang minyak dan gas untuk sebesar-besar kemakmuran dan kesejahteraan rakyat
E. Caranya dengan mengambil atau menyisihkan sepersekian persen keuntungan untuk menyubsidi kebutuhan bahan bakar kalangan masyarakat menengah ke bawah

42. Cermati kalimat-kalimat!

1) Sedangkan komitmen secara emosional melibatkan upaya untuk ”menyukai” apa yang kita pelajari karena Tanpa rasa ”senang” akan sulit bertahan dalam belajar, terutama jika kita menghadapi bagian-bagian yang sulit untuk dicerna. 2) Jika ingin belajar dengan sukses, prinsip utamanya adalah komitmen, yaitu: komitmen secara fisik, mental, dan emosional. 3) Komitmen secara mental juga diperlukan, yaitu dengan memproses informasi yang didapatkan bukan sekedar mendengar informasi selintas, dari kuping kiri ke kuping kanan, atau membaca selintas tanpa menyimak. 4) Seorang pembelajar perlu secara fisik memberikan komitmennya dalam belajar, misalnya dengan menyediakan waktu khusus untuk belajar, terlibat secara fisik dalam mencari bahan-bahan yang harus dipelajari, ataupun mencatat hal-hal penting yang ditemui dalam belajar. 5) Komitmen secara mental ini, dapat dilakukan misalnya dengan mengaitkan informasi yang baru diterima, dengan pengalaman kita, dan mencari cara ataupun kesempatan untuk menerapkan informasi baru ini untuk meningkatkan kualitas pekerjaan, kegiatan, dan kehidupan kita.

Urutan kalimat tersebut yang tepat untuk dijadikan paragraf padu adalah....
A. 1). 4), 2), 5), dan 3)
B. 2). 4), 3), 5), dan 1)
C. 3). 4), 5), 1), dan 2)
D. 4). 3), 1), 5), dan 2)
E. 2). 3), 4), 5), dan 1)

43. Opini berupa penilaian terdapat pada kalimat di bawah ini yaitu....
A. Kenaikan harga itu merupakan kado ulang tahun baru 2014 yang tidak simpatik, tidak bijak, dan tidak logis
B. Pertamina tidak bisa semata-mata menjadikan harga pasar dunia sebagai kiblat dalam membuat keputusan. Sebab, di sisi lain perusahaan memperoleh keuntungan besar atas hasil tambang minyak dan gas yang dieksploitasi dari perut bumi Indonesia
C. Redaksi menduga bahwa pengakuan pemerintah yang tidak mengetahui rencana kenaikan harga elpiji hingga 50% itu tidak benar
D. Pemerintah seharusnya menggunakan keuntungan besar dari hasil tambang minyak dan gas untuk sebesar-besar kemakmuran dan kesejahteraan rakyat
E. Caranya dengan mengambil atau menyisihkan sepersekian persen keuntungan untuk menyubsidi kebutuhan bahan bakar kalangan masyarakat menengah ke bawah

44. Bacalah paragraf berikut dengan seksama!
Tahun 2005, Maret, posisi Tugu Khatulistiwa dikoreksi kembali oleh tim dari BPPT yang berkerja sama dengan Pemerintah Kota Pontianak secara satelit. Ternyata, terdapat perbedaan ±117 m dari posisi yang asli ke arah selatan Khatulistiwa. Perbedaan itu terjadi karena faktor akurasi alat dan cara yang digunakan pada waktu dulu dan sekarang. Menurut ahli geologi, bumi itu mengalami pergeseran secara alami sebanyak ±1 mm, apalagi kalau terjadi gempa akan semakin besar pergeserannya.

Arti istilah akurasi sesuai dengan isi teks tersebut adalah...
A. kebenaran
B. kesalahan
C. kedudukan
D. ketepatan
E. kecepatan

45. Opini berupa kritik terdapat pada kalimat di bawah ini yaitu....
A. Kenaikan harga itu merupakan kado ulang tahun baru 2014 yang tidak simpatik, tidak bijak, dan tidak logis
B. Pertamina tidak bisa semata-mata menjadikan harga pasar dunia sebagai kiblat dalam membuat keputusan. Sebab, di sisi lain perusahaan memperoleh keuntungan besar atas hasil tambang minyak dan gas yang dieksploitasi dari perut bumi Indonesia
C. Redaksi menduga bahwa pengakuan pemerintah yang tidak mengetahui rencana kenaikan harga elpiji hingga 50% itu tidak benar
D. Pemerintah seharusnya menggunakan keuntungan besar dari hasil tambang minyak dan gas untuk sebesar-besar kemakmuran dan kesejahteraan rakyat
E. Caranya dengan mengambil atau menyisihkan sepersekian persen keuntungan untuk menyubsidi kebutuhan bahan bakar kalangan masyarakat menengah ke bawah

46. Cermati paragraf berikut!
1) Mungkin belum banyak orang tahu bahwa Jember adalah salah satu nama kabupaten di Provinsi Jawa Timur. 2) Namun, banyak yang tidak asing ketika mendengar Jember Fashion Carnaval (JFC) yang menjadi karnaval terbaik dan terheboh keempat di dunia. 3) Sebuah proses kreasi yang dikerjakan dengan serius pada saatnya akan membawa hasil yang sangat luar biasa, seperti yang diperjuangkan Dynand Fariz sejak 2001 bersama rekan-rekannya. 4) JFC awalnya hanya dipandang sebelah mata, kini mampu menarik perhatian dunia. 5) Bahkan, para talen JFC tersebut sering diundang dalam kegiatan resmi berbagai negara sehingga nama Jember menjadi salah satu daerah yang diperhitungkan dalam industri kreativitaswisata karnaval Pada paragraf tersebut terdapat kesalahan penggunaan kata serapan.

Penggunaan kata serapan yang salah terdapat pada kalimat nomor....
A. 1) dan 2)
B. 2) dan 3)
C. 3) dan 5)
D. 4) dan 5)
E. 3) dan 4)

47. Opini berupa saran terdapat pada kalimat di bawah ini yaitu....
A. Kenaikan harga itu merupakan kado ulang tahun baru 2014 yang tidak simpatik, tidak bijak, dan tidak logis
B. Pertamina tidak bisa semata-mata menjadikan harga pasar dunia sebagai kiblat dalam membuat keputusan. Sebab, di sisi lain perusahaan memperoleh keuntungan besar atas hasil tambang minyak dan gas yang dieksploitasi dari perut bumi Indonesia
C. Redaksi menduga bahwa pengakuan pemerintah yang tidak mengetahui rencana kenaikan harga elpiji hingga 50% itu tidak benar
D. Pemerintah seharusnya menggunakan keuntungan besar dari hasil tambang minyak dan gas untuk sebesar-besar kemakmuran dan kesejahteraan rakyat
E. Caranya dengan mengambil atau menyisihkan sepersekian persen keuntungan untuk menyubsidi kebutuhan bahan bakar kalangan masyarakat menengah ke bawah

48. Cermati paragraf berikut!
Dia mengatakan ketika kita harus menanamkan rasa kecintaan terhadap tanah air juga menghargai berbagai jenis kebudayaan daerah masing-masing. Apabila hal ini tidak dilakukan, mereka tidak akan pernah tertarik apalagi mencintai jenis kebudayaan milik negaranya sendiri.
Perbaikan kata penghubung (konjungsi) yang tercetak miring pada paragraf tersebut adalah....
A. bahwa, dan, untuk
B. bahkan, tetapi, agar
C. jika,namun, agar
D. bahwa, juga, serta
E. bahwa, dan, dengan

49. Masalah yang diangkat dalam teks editorial merupakan masalah yang aktual, kontroversial, dan fenomenal. Aktual berarti....
A. peristiwa luar biasa
B. diulas tidak hanya satu media
C. polemik muncul dalam bentuk diskusi, debat, konferensi
D. dipublikasikan berulang-ulang
E. baru terjadi ditandai dengan tulisan mencolok

50. Cermati paragraf berikut!
1) Raflesia Arnoldi merupakan tumbuhan yang terkenal walaupun tumbuhan spesies ini keberadaannya sangat langka. 2) Ia memiliki bunga yang berukuran sangat besar, bahkan merupakan bunga terbesar di dunia. 3) Habitat tumbuhan ini di jaringan tumbuhan merambat. 4) Raflesia Arnoldi tidak memiliki daun sehingga tidak mampu berfotosintesa. 5) Tumbuhan ini endemic di Pulau Sumatra, terutama bagian selatan (Bengkulu, Jambi, dan Sumatra Selatan). 

Kalimat yang menggunakan kata serapan yang tidak baku terdapat pada nomor....
A. 1) dan 2)
B. 4) dan 5)
C. 3) dan 4)
D. 3) dan 5)
E. 1) dan 4)

51. Masalah yang diangkat dalam teks editorial merupakan masalah yang aktual, kontroversial, dan fenomenal. Kontroversial berarti....
A. peristiwa luar biasa
B. diulas tidak hanya satu media
C. polemik muncul dalam bentuk diskusi, debat, konferensi
D. dipublikasikan berulang-ulang
E. baru terjadi ditandai dengan tulisan mencolok

52. Cermati kalimat berikut!
1) Kebudayaan Indonesia adalah seluruh kebudayaan lokal yang berasal dari beraneka suku di Indonesia, seluruh kebudayaan lokal yang telah ada sebelum dijadikan kebudayaan nasional Indonesia pada tahun 1945. 2) Banyak sekali orang ingin mempelajarinya, mengeksplorasi, dan mengapresiasikan kebudayaan Indonesia ini sejak dahulu sampai sekarang, terutama ilmuwan atau mahasiswa untuk keperluan materi perkuliahannya. 3) Pada dasarnya kebudayaan itu terbentuk dan dipengaruhi oleh kebudayaan besar lainnya, seperti kebudayaan Tionghoa, kebudayaan India, kebudayaan Arab. 4) Kebudayaan India terutama masuk dan penyebaran agama Hindu dah Budha di Nusantara jauh sebelum Indonesia terbentuk dan kerajaan-kerajaan yang bernapaskan agama Hindu dan Budha sempat mendominasi Nusantara pada abad ke 5 Masehi ditandai dengan berdirnya kerajaan tertua di Nusantara, Kutai, sampai pada penghujung abad ke 15 Masehi. 5) Kebudayaan Tionghoa masuk dan mempengaruhi kebudayaaan Indonesia kerena interaksi perdagangan yang inisiatif antara pedagang-pedagang Tionghoa dan Nusantara (Sriwijaya). 6) Selain itu, banyak pula yang masuk bersama perantau-perantau Tionghoa yang datang dari daerah selatan Tiongkok dan menetap di Nusantara lalu mereka menetap dan menikahi penduduk lokal menghasilkan perpaduan kebudayaan Tionghoa dan lokal yang unik. Semisal kebudayaan Jawa, Betawi, dan sebagainya.

Kalimat utama paragraf tersebut adalah....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
E. 6)

53. Berikut ini merupakan struktur teks editorial yaitu....
A. tesis-isi-penegasan
B. tesis-argumen-penegasan
C. isu-argumen-penutup
D. tesis-isi-penutup
E. isu-inti-penegasan

54. Bacalah teks berikut dengan cermat!
Gaya minimalis yang mendominasi tren perumahan di Indonesia sejak beberapa tahun terakhir tampaknya masih akan menjadi pilihan banyak kalangan. Tak heran, banyak pengembang juga masih terus manjual gaya yang diadaptasi dari Eropa dan di Indonesia mendapat sentuhan tropis untuk perumahan mereka. Selain kesederhanaan struktur dan sifat menenangkan yang dimilikinya, rumah minimalis juga sangat fungsional sehingga cocok dengan masyarakat modern yang serba cepat dan ingin praktis.

Ide pokok paragraf tersbeut adalah....
A. Gaya minimalis menjadi favorit banyak kalangan B. Banyak pengembang menjual rumah gaya minimalis
C. Rumah gaya minimalis diadaptasi dari Eropa
D. Gaya minimalis mendominasikan tren perumahan Indonesi
E. Rumah gaya minimalis mempunyai struktur sederhana dan menenangkan

55. Bacalah penggalan teks editorial berikut ini!
Pertamina mengirim kado tahun baru 2014 yang pahit kepada masyarakat. Menaikkan harga elpigi tabung 12 kg lebih dari 50 persen. Akibatnya sampai di tingkat konsumen harganya menjadi Rp125.000,00 hingga Rp130.000,00. Bahkan di lokasi yang relatif jauh dari pangkalan, mencapai RP150.000,00-Rp200.000,00.
Pengenalan isu pada penggalan teks editorial di atas yaitu....
A. Pertamina mengirim kado tahun baru 2014 yang pahit kepada masyarakat
B. Menaikkan harga elpigi tabung 12 kg lebih dari 50 persen
C. Pertamina mengirim kado tahun baru 2014 yang pahit kepada masyarakat dengan menaikkan harga elpigi
D. Akibatnya sampai di tingkat konsumen harganya menjadi Rp125.000,00 hingga Rp130.000,00
E. Bahkan di lokasi yang relatif jauh dari pangkalan, mencapai RP150.000,00-Rp200.000,00

56. Banyaknya faktor penyebab Ciliwung menjadi sumber banjir. Ada faktor yang tak dipenuhi manusia dan yang dipengaruhi manusia. Faktor nonmanusia adalah tingginya curah hujan, jenis tanah, dan topografi wilayah aliran. Sementara itu, yang dipengaruhi manusia adalah penggunaan dan pengelolaan lahan sepanjang DAS (Daerah Aliran Sungai) Ciliwung.
Berdasarkan letak kalimat utamanya, paragraf di atas adalah paragraf....
A. induktif
B. deduktif
C. campuran
D. naratif
E. deskriptif

57. Bacalah penggalan teks editorial berikut ini!
Perlambatan pertumbuhan ekonomi nasional mulai membawa dampak serius bagi kehidupan masyarakat. Data badan Pusat Statistik (BPS) menyebut melemahnya perekonomian berimbas pada melonjaknya angka pengangguran pada kuartal III tahun 2015 ini mencapai 7,56 juta orang. Karena itu, pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla ini harus bekerja lebih keras lagi agar roda perekonomian kembali bergerak cepat.

Pengenalan isu pada penggalan teks editorial di atas yaitu....
A. Perlambatan pertumbuhan ekonomi nasional mulai membawa dampak serius bagi kehidupan masyarakat
B. Data badan Pusat Statistik (BPS) menyebut melemahnya perekonomian berimbas pada melonjaknya angka pengangguran pada kuartal III tahun 2015 ini mencapai 7,56 juta orang
C. Karena itu, pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla ini harus bekerja lebih keras lagi agar roda perekonomian kembali bergerak cepat
D. Perlambatan pertumbuhan ekonomi nasional mulai membawa dampak serius berupa melonjaknya angka pengangguran
E. Perlambatan pertumbuhan ekonomi nasional mulai membawa dampak serius sehingga Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla ini harus bekerja lebih keras

58. Berita ribuan unggas ternak mati karena flu burung di Indonesia pertama kali dilaporkan juli 2004, tetapi berita tentang manusia terkena flu burung baru di keluarga Iwan yang meninggal pecan lalu. Padahal, almarhum Iwan bukan peternak burung dan tidak memelihara burung di rumahnya. Oleh karena itu, masyarakat heboh dan Menteri Kesehatan menjadi sibuk. Pemerintah belum memberikan penjelasan yang cukup.

Simpulan paragraf tersebut adalah....
A. Ribuan unggas ternak mati terkena flu burung
B. Flu burung menyerang Indonesia pada Juli 2021
C. Masyarakat resah karena kurang informasi
D. Di Indonesia, flu burung juga menyerang manusia
E. Menteri Kesehatan bertambah sibuk

60. Bacalah paragraf berikut!
Bendungan Gerak Paramayan Baru di Kabupaten Serang, Banten, yang berfungsi sebagai pengatur irigasi ribuan hektar sawah di wilayah Banten, mulai mongering akibat menurunnya volume air setelah akhir juli. Kondisi yang ditimbulkan oeh musim kemarau diperkirakan berlangsung hingga lima bulan kedepan.
Gagasan utama paragraf di atas adalah....
A. Bendungan Gerak Paramayan Baru berfungsi mengairi ribuan hektar sawah di wilayah Banten
B. Volume air Bendungan Gerak Paramayan Baru menurun
C. Bendungan Gerak Paramayan Baru mulai mengering

D. Kondisi itu meresahkan penduduk
E. Musim kemarau diperkirakan berlangsu hingga lima bulan ke depan

61. Berikut ini merupakan contoh kalimat berkata ganti penunjuk, kecuali....
A. Sungguh, kenaikan harga itu merupakan kado yang tidak simpatik, tidak bijak, dan tidak logis
B. Kalau dugaan kita yang seperti itu benar adanya, bisa saja di antara kita menengarai langkah pemerinta itu sebagai reaksi semu
C. Keuntungan besar itulah yang seharusnya digunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran dan kesejahteraan rakyat
D. Rasanya mustahil kalau pemerintah, dalam hal ini Menteri Ekuin dan Menteri BUMN tidak tahu, tidak diberi tahu serta tidak dimintai pandangan, pendapat, dan petimbangan
E. Pertamina mengirim kado tahun baru 2014 yang pahit kepada masyarakat dengan menaikkan harga elpigi

62. Bacalah paragraf berikut!
Keberadaan PKL cukup memusingkan Pemda Kota Malang, dan rupanya belum ada kebijakan dan konsep yang pas dalam menanganinya. Bahkan, banyak yang bermain “kucing-kucingan” baik pada PKL-nya maupun aparatnya. Menurut penelitian Pusat Studi Kependudukan dan Lingkungan Universitas Muhammadiyah Malang yang bekerja sama dengan Pemda/Bappeda kota Malang, sebanyak 44,7% PKL meminta izin kepada perorangan/kelompok aparat. Hanya 42,1% izin resmi dari pemerintahan daerah.
Masalah yang disoroti dalam paragraf tersebut adalah....
A. PKL semakin marak mengais rezeki di pinggir-pinggir jalan di kota Malang
B. PKL yang membludak mengakibatkan lalu lintas di sekitarnya semerawut
C. Keberadaan PKL yang cukup membantu Pemda Malang
D. Penelitian PKL oleh pemda dan Universitas Muhammadiyah Malang
E. Keberadaan PKL kota Malang belum semua memiliki izin resmi

63. Ciri kebahasaan teks editorial salah satunya menggunakan kalimat pertanyaan tidak yang ditujukan untuk mendapatkan jawaban. Kalimat-kalimat tersebut dimaksudkan agar pembaca merenungkan masalah yang dipertanyakan sehingga tergugah untuk berbuat sesuatu.
Kalimat tersebut dinamakan ....
A. kalimat tidak langsung
B. kalimat majemuk
C. kalimat retorik
D. kalimat aktif
E. kalimat pasif 

64. Di daerah Kulonprogo, puluhan hektar tanaman padi yang telah menguning habis dilalap banjir. Puluhan ribu tanaman jagung yang siap panen pun tidak terhindar dari bencana ini meski area tanaman ini sedikit lebih tinggi dari tanaman padi. Tanaman sayuran yang berada di lahan satu meter lebih tinggi juga tergenang air. Tak ketinggalan tanaman semangka yang tinggal beberapa hari dipetik hanyut terbawa arus.
Simpulan dari paragraf di atas adalah....
A. Hilang semua harapan petani akibat bencana banjir
B. Lahan pertanian menjadi korban utama bencana banjir
C. Kerugian petani sangat besar akibat bencana banjir
D. Banjir selamanya menjadi masalah petani
E. Banjir kali ini telah memusnahkan tanaman siap panen di kawasan Kulonprogo

65. Berikut ini merupakan contoh kalimat yang menggunakan konjungsi kausalitas yaitu ....
A. Perlambatan pertumbuhan ekonomi nasional mulai membawa dampak serius bagi kehidupan masyarakat
B. Data badan Pusat Statistik (BPS) menyebut melemahnya perekonomian berimbas pada melonjaknya angka pengangguran pada kuartal III tahun 2015 ini mencapai 7,56 juta orang
C. Masyarakat sebagai konsumen menjadi terkaget-kaget karena kenaikan tanpa didahului sosialisasi
D. Keuntungan besar itulah yang seharusnya digunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran dan kesejahteraan rakyat
E. Caranya dengan mengambil atau menyisihkan sepersekian persen keuntungan untuk menyubsidi kebutuhan bahan bakar kalangan masyarakat menengah ke bawah

66. Perhatikan paragraf berikut!
Satu di antara berbagai sumber daya alam potensial yang masih menjadi sektor tumpuan masyarakat dan Pemerintah Indonesia saat ini adalah hutan. Dalam ekosistem hutan terdapat fungsi lingkungan yang mencakup fungsi ekologis, fungsi sosial, dan fungsi ekonomis. Ekosistem hutan sangat penting tidak hanya bagi kehidupan manusia, tetapi juga bagi kelangsungan flora dan fauna di dalamnya. Berdasarkan UU Rl Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan, hutan mempunyai tiga fungsi, yaitu fungsi konservasi, fungsi lindung, dan fungsi produksi. Sesuai dengan UU tersebut, Pemerintah mengelola kawasan hutan berdasarkan fungsi pokoknya, yaitu hutan konservasi, hutan lindung, dan hutan produksi.

Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah....
A. Hutan menjadi satu-satunya sumber daya alam yang menjadi tumpuan Pemerintah Indonesia
B. Ekosistem hutan hanya penting bagi kelangsungan hidup flora dan fauna yang hidup di dalam hutan
C. Berdasarkan undang-undang, Pemerintah Indonesia tidak diwajibkan mengelola hutan sesuai fungsinya
D. Berdasarkan undang-undang, hutan mempunyai fungsi konservasi, fungsi lindung, dan fungsi produksi
E. Sesuai dengan undang-undang, hirtan mempunyai dua fungsi lingkungan, yaitu fungsi ekologis dan ekonomis

67. Bacalah penggalan teks editorial berikut ini! Benarkah pemerintah tidak tahu atau tidak diberi tahu mengenai rencana Pertamina menaikkan secara sewenang-wenang.
Kaidah kebahasaan pada penggalan teks editorial di atas seperti berikut ini yaitu....
A. penggunaan kalimat retorik
B. penggunaan kata-kata populer
C. penggunaan kata-kata penunjuk
D. penggunaan konjungsi kausalitas
E. penggunaan kalimat langsung

68. Perhatikan paragraf berikut!
Melalui (...) diabetes, Metformin Sustain Release, yang (...) lepas lambat, Ferron mampu menciptakan terobosan pengembangan obat diabetes. Berbeda dengan obat diabetes lainnya yang harus dikonsumsi tiga kali sehari,Metformin Sustain Release cukup dikonsumsi sekali sehari. Dengan demikian, (...) itu diyakini Ferron dapat meningkatkan kepatuhan pasien dalam mengonsumsi obat diabetes.

Kata serapan yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah....
A. produk, bertehnologi, inovasi
B. produk, berteknologi, inovasi
C. produksi, bertehnologi, inovasi
D. produk, bertekhnologi, inovasi
E. produksi, berteknologi, inovasi

69. Pada teks editorial memungkinkan penulis untuk memasukkan pendapat/kutipan dari penulis lain dengan topik terkait sebagai gagasan pendukung opini penulis Bagian struktur teks editorial manakah pendapat/ kutipan ini dituliskan....
A. isu
B. tesis
C. isi
D. argumen
E. penegasan

70. Perhatikan paragraf berikut!
Kemajuan tekhnologi dan berkembangnyamodel pakaian jadi yang semakin modheren membuat industry batik semakin meredup.Keadaan tersebut mengancam keberlangsungan hidup para perajin. Saat ini jumlah pembuatalat membatik, canting tulis, tinggal hitungan jari.Pembuat canting cap dan malam juga semakinsedikit. Kondisi tersebut diperparah dengan tidak adanya ketertarikan generasi muda untukmembuat alat batik seperti pendahulunya.

Perbaikan istilah tercetak miring dalam paragraf tersebut adalah....
A. tehnologi, modern, industri
B. teknologi, modhern, industri
C. tehnologi, modhern, industri
D. teknologi, modern, industri
E. teknologi, moderen, industry

71. Berikut ini syarat rekomendasi yang baik adalah
A. praktis
B. dapat dipraktikkan
C. menjadi solusi bagi penerima saran
D. dapat memeccahkan masalah
E. melerai pertikaian

72. Gedung itu dibangun di atas lahan seluas 1,732 meter persegi dengan biaya sebesar Rp2,95 triliun.
Kesalahan tanda baca kama (,) pada kalimat tersebut beserta alasannya adalah....
A. Penulisan Rp 2,95 triliun karena menyatakan jumlah uang menggunakan tanda koma dan angka 00 di belakang jumlah
B. Penulisan 1,732 meter karena untuk menunjukkan jumlah digunakan tanda titik setiap tiga angka dari belakang
C. Penulisan Rp 2,95 triliun karena hanya terdiri atas tiga angka sehingga tidak memerlukan tanda baca
D. Penulisan 7,732 meter karena untuk menunjukkan jumlah tidak diperlukan tanda baca apa pun
E. Penulisan Rp 2,95 triliun karena kata rupiah merupakan singkatan harus diikuti tanda titik

73. Bacalah teks percakapan berikut!
A : “Jadi, kita sudah bisa mendapatkan pelayanan kesehatan gratis dengan mudah?”
B : “Iya, tentu saja. Sudah dengar tentang program kesehatan pemerintah yang baru, kan?”
A : “Iya iya. Waaah saya senang sekali kalau begitu.”
B : “Semua orang tentunya juga senang ha ha ha.”

Teks opini berdasarkan teks drama pendek hasil konversi artikel di atas adalah....
A. Saya senang sekali kalau begitu
B. Kita sudah bisa
C. Kita mendapatkan pelayanan kesehatan gratis
D. Kesehatan gratis dengan mudah
E. Pelayanan kesehatan gratis

74. Troke adalah kondisi kesehatan yang serius yang membutuhkan penanganan cepat. Ketika pasokan darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke otak terputus, maka sel-sel otak akan mulai mati. Oleh karena itu, semakin cepat penderita ditangani, kerusakan yang terjadi pun semakin kecil bahkan kematian bisa dihindari.

Simpulan dari artikel tersebut ialah....
A. Stroke bukanlah penyakit
B. Stroke merupakan penyakit ringan 
C. Penanganan penyakit stroke tidak perlu terburu-buru
D. Penanganan penyakit stroke bisa dibawa ke dukun
E. Penanganan penyakit stroke harus cepat agar kerusakan yang terjadi semakin kecil

75. Perhatikan pernyataan berikut!
Modalitas merupakan cara pembicara menyatakan sikap terhadap suatu imajinasi dalam komunikasi antarpribadi Contoh kalimat yang tidak terdapat kata modalitas diantaranya....
A. Ita harus membuat laporan sekolah
B. Kita wajib menghormati kedua orang tua
C. Kami tentu akan mendukungmu dalam meraih cita-cita
D. Jangan khawatir, aku pasti akan datang
E. Orang yang mencariku seorang kolektor

76. Semaraknya industri busana hijab di Indonesia sebenarnya juga terjadi di arena global. Sederet desains kelas dunia dengan label busana internasional ramai-ramai mengeluarkan koleksi hijab. Semangat ini tidak terlepas dari perspectif industri yang melihat komunitas muslim sebagai pasar yang potensial sekalipun busana hijab tidak exhlusif dan merupakan busana yang hanya dikenakan kaum muslimin.
Kata serapan baku untuk memperbaiki kata bercetak miring dalam paragraf tersebut adalah....
A. desainer, perspektif, eksklusif
B. desains, perspektip, eksklusif
C. desain, perspectip, exklusip
D. disainer, persepektif, eksklusip
E. disain, persektip, eksklusif desain,perspectip, exklusip

77. Perhatikan pernyataan berikut!
Daya pikir untuk membayangkan (dalam angan-angan).
Kalimat definisi pada pernyataan di atas merupakan pengertian dari....
A. Modalitas
B. Tajuk rencana
C. Editorial
D. Imajinasi
E. Teks opini

78. 1) Dia memang patut disebut sebagai maniak bola. 2) Sejak usia 10 tahun ,dia telah mendedikasikan hidupnya untuk olahraga sepakbola. 3) Kini dia berusia 29 tahun. 4) Dia mengaku tidak bisa memisahkan hidupnya dengan sepakbola.
Kalimat-kalimat yang berupa fakta adalah nomor....
A. 1) dan 2)
B. 3) dan 4)
C. 2) dan 3)
D. 4) dan 1)
E. 2) dan 4)

79. Perhatikan pernyataan berikut!
Artikel dalam surat kabar yang mengungkapkan pendirian editor atau pemimpin surat kabar.
Kalimat definisi pada pernyataan di atas merupakan pengertian dari....
A. Nukilan
B. Keterangan aposisi
C. Aktual
D. Editorial
E. Fenomenal

80. 1) Selama lima tahun ini, pemerintah banyak mengalokasikan dana 10 Milyar untuk pengadaan mesin pengering gabah di Kalimantan. 2) Diharapkan, mesin pengering gabah bisa menaikkan daya tawar petani di hadapan Bulog atau pedagang. 3) Maka, pemerintah harus betul-betul memperhatikan nasib petani. 4) Bukan sekadar janji-janji dan mengklaim memperhatikan petani.

Kalimat yang merupakan fakta adalah nomor....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kumpulan 80+ Contoh Soal Fakta dan Opini Artikel Dilengkapi Kunci Jawaban | Bahasa Indonesia Kelas XII

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /