Kumpulan 50+ Contoh Soal Teks Drama : Kelas XI Dilengkapi Kunci Jawaban Terbaru

ilmubindo.com - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal teks drama dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam muatan mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI revisi menggunakan Kurikulum 2013. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi seputar contoh soal teks drama dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam muatan mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI revisi.

Kumpulan 50+ Contoh Soal Teks Drama : Kelas XI Dilengkapi Kunci Jawaban Terbaru

Gambar: freepik.com

1. Jenis drama yang menonjolkan gerakan tanpa kata-kata disebut ....
A. Opera
B. Dagelan
C. Monolog
D. Pantomim
E. Tablo

2. Watak atau karakter tokoh dalam drama dapat ditampilkan melalui beberapa hal berikut, kecuali ...
A. Ekspresi
B. Mimik
C. Gerak
D. Blocking
E. Dialog

3. Berikut ini termasuk persiapan pementasan drama, kecuali ....
A. latihan vokal
B. meditasi dan mediasi
C. menghafal teks
D. memahami cerita
E. bloking dan ekspresi

4. Jenis drama yang menggabungkan cerita sedih dan lucu disebut ....
A. Tragikomedi
B. Dagelan
C. Tragedi
D. Komedi
E. Melodrama

5. Salah satu alasan perlunya berlatih pernapasan dalam memerankan drama adalah ....
A. memperlancar dialog antarpemain
B. memperjelas ekspresi dan gerak anggota tubuh dalam mendukung peran
C. membantu pengaturan dan pertahanan vokal selama pentas berlangsung
D. membantu pengaturan dan pertahanan nada selama pentas berlangsung
E. mempermudah pembedaan karakter dan sifat dasar pemeranan

6. Narasi di awal cerita, kata-kata pembuka, pengantar, ataupun latar belakang cerita yang biasanya disampaikan oleh narator atau dalang disebut ....
A. Resolusi
B. Prolog
C. Dialog
D. Epilog
E. Orientasi

7. Watak atau karakter tokoh dalam drama dapat ditampilkan mellaui beberapa hal berikut, kecuali ....
A. Gerak
B. Ekspresi
C. Mimik
D. Bloking
E. Dialog

8. Saya : Maaf, buku ini harganya berapa, Bang?
Penjual : Buku yang mana?
Saya : Buku yang ini. (sambil memegang satu buku yang cukup tebal)
Penjual : Oh... ini Rp 89.000,00
Saya : Wah, mahal amat, Bang.
Penjual : ...
Drama tersebut tergolong dalam struktur bagian ....
A. Resolusi
B. Klimaks
C. Penyelesaian
D. Orientasi
E. Komplikasi

9. Sifat dasar yang harus diperankan pemain dalam drama sehingga memungkinkan untuk bertentangan dengan sifat yang dimiliki disebut ....
A. Ekspresi
B. Alur
C. Akting
D. Laku
E. Perwatakan

10. Jenis drama yang menonjolkan gerakan tanpa kata-kata disebut ....
A. Monolog
B. Opera
C. Dagelan
D. Pantomim
E. Tablo

11. Setting sebuah drama mengandung unsur ....
A. suasana cerita
B. tempat dan waktu cerita
C. tempat terjadinya peristiwa
D. waktu peristiwa bergulir
E. tempat, waktu, dan suasana cerita

12. Jenis drama yang tidak menggunakan naskah disebut ....
A. Lokal
B. Modern
C. Internasional
D. Nasional
E. Tradisional

13. Pada tahap persiapan pementasan drama, seorang sutradra melakukan seleksi untuk memilih pemeran yang sesuai dengan peran yang akan dimainkan. Tahapan ini disebut ....
A. Akting
B. Editing
C. Lighting
D. Casting
E. Bloking

14. Romeo : Petunjuk cinta yang gaib telah mempersatukan aku ke hadapanmu. Dan cinta yang kudapatkan akan kutaruhkan segalanya. Tapi... aku seorang Montague...
Julit : Dan aku seorang Capulet. Mengapa kita punya nama? Biarlah aku menjadi Capulet dan kau bukan Montague, Romeo!

Tema yang tersirat dari penggalan drama di atas adalah ....
A. Percintaan
B. pertentangan keluarga
C. Kepercayaan
D. Persahabatan
E. Permusuhan

15. Urutan struktur drama yang tepat adalah ....
A. Prolog, klimaks, epilog
B. Orientasi, konflik, peleraian
C. Pemaparan, orientasi, resolusi
D. Komplikasi, resolusi, konklusi
E. Orientasi, komplikasi, resolusi

16. Sukro : Sudahlah, Min! Suatu saat pasti berhasil. Jangan mudah putus asa!
Jasmin : Tapi, saya sudah keluar modal banyak. Kapan sepeda motorku bisa kembali?
Penggalan dialog di atas menggambarkan watak tokoh secara ....
A. Batin
B. Langsung
C. Mutlak
D. Lengkap
E. Lahir

17. Brilian : Sekarang serahkan hp kalian, kami akan minta uang tebusan!!! (mendorong Dimi masuk)
Dimi : Ka... ka... kami tidak bawa hp (gugup).
Brilian : Periksa kantongnya!!
Timmy : Siap, bos. (memeriksa kantong)
Markus: Ada gak? Ini tempat apa? (matanya melotot)
Timmy : Ruang menyimpan perkakas bekas (sambil meraba kantong si anak). Ini bos, hpnya (mengeluarkan hp N.95).
Markus : Tanyakan nomor hp orang tuanya! Hubungi untuk minta tebusan!
Timmy : Siap, bos!
Latar kutipan tersebut adalah ....
A. Rumah
B. Ruang tamu
C. Gudang
D. Kamar
E. Garasi

18. Waktu itu sudah hampir jam satu. Sekolah sudah usai. Bahwa Yanti belum pulang itulah yang menyebabkan Asdiarti terkejut.
Asdiarti : Kau masih ada di sini, Yanti. Belum pulang?
Yanti : (Tidak menjawab. Ia hanya menggeleng dan terus melanjutkan membaca)
Penggalan drama tersebut memuat latar ....
A. Suasana
B. Alat
C. tempat
D. Tempat
E. Waktu

19. Ayu : Sudah malam lo Sis, kita harus segera pulang
Siska : Sudahlah Yu, tenang saja toh ini baru jam sembilan lebih sedikit. Jalanan masih ramai
Ayu : Ih, sudah malam begini kok tenang. Kan kita perempuan, masak pulang sampai larut malam. Tidak enak kan dengan tentangga. Nanti mereka mengira kita suka keluyuran malam.
Siska : (Dengan sikap tenang) Sudah, nanti saya antar kamu. Memang repot, kita ini perempuan tidak wajar kalau pulang terlalu malam. Kita pun tidak berani melanggar aturan tidak tertulis di masyarakat kita ini.

Penggalan drama di atas mengandung nilai ....
A. sosial
B. budaya
C. agama
D. pendidikan
E. moral

20. Fenita : Kamu harus menentukan sikap. Pilih aku atau dia, sekarang juga!
Verri : Beri aku kesempatan sekali lagi...
Fenita : Tidak perlu basa-basi. Kalau tidak aku yang memutuskan, titik!
Penggalan dialog di atas menunjukkan drama sampai pada bagian ....
A. Pemaparan
B. Resolusi
C. Penyelesaian
D. Konflik
E. Klimaks

21. Rina : Apa-apaan sih? Kok posterku disobek? (menahan marah)
Aji : [...]
Rina : Maaf..maaf enak saja!
Aji : (dengan amat menyesal) Iya deh, aku ganti postermu. Tapi kamu mau maafin aku kan?
Rina : Ya. Lain kali kamu jangan ceroboh.
Aji : (dengan tersenyum) Oke, Bos!
Dialog yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang kutipan drama tersebut adalah ....
A. Begitu saja kok kamu marah, Rin.
B. Baiklah aku akan beli yang baru.
C. Tenang, jangan marah Rin.
D. Maafin aku Rina. Aku tidak sengaja.
E. Maafin aku Aji. Aku tidak sengaja.

22. Satilawati : Pengecut! Sedikit diserang kritik orang, engkau hendak melarikan diri. Untuk menjaga nama supaya jangan merosot. Aku sudah maklum.
Ishak : (Sambil menunjuk keluar) pergi daripadaku. Engkau boleh memusuhi aku. Untuk cita-cita aku bersedia mengorbankan segalanya juga cintaku.

Watak tokoh Ishak dalam penggalan drama di atas adalah ....
A. Pemarah
B. Sombong
C. tidak bertanggung jawab
D. Pembual
E. Pemberani

23. Jupri : Teman-teman bolehkah aku bergabung bersama kalian?
Lenih: Oh, tentu saja mari sini!
Jupri: Kalian sedang apa?
Wilda: Kami sedang mengumpulkan baju-baju bekas untuk disumbangkan ke komunitas anak jalanan.
Jupri: Waaah, kebetulan! Aku punya banyak sekali pakaian bekas. Boleh aku sumbangkan?
Leni: Tentu boleh.

Watak Wilda dalam penggalan teks di atas adalah ....
A. peduli
B. suka pamer
C. sombong
D. pemurah
E. pendendam

24. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu dilakukan pada saat menyusun teks drama, kecuali ....
A. menentukan tema
B. mengatur akting pelaku
C. mencantumkan petunjuk pementasan
D. merancang alur dan setting
E. menyusun ringkasan cerita

25. Interior sebuah rumah kampung di daerah Bumiayu berupa sebuah meja di tengah. Di sebelah kiri meja menghadap ke samping, duduk seorang asing sedang menghabiskan makanannya.
Orang asing : (mendorong kursinya ke belakang dan menghabiskan minumannya). Enak-enak sekali. Sungguh aku rasakan, baiklah aku mengaso sekarang. Aku capek sekali habis jalan kaki lewat hutan-hutan itu. Alhamdulillah, aku mujur sekali menemukan rumah ini.
Tahapan alur pada penggalan drama tersebut adalah ....
A. Prolog
B. Klimaks
C. Antiklimaks
D. Konflik
E. Resolusi

26. Tina : Hei, semua berhenti! (Sambil menggberka meja)
Anwar : Tidak usah ikut campur!
Bagian yang ditulis dalam kurung penggalan dialog di atas disebut ....
A. petunjuk pementasan
B. kramagung
C. Epilog
D. Prolog
E. Wawancang

27. Interior sebuah rumah kampung di daerah Bumiayu berupa sebuah meja di tengah. Di sebelah kiri meja menghadap ke samping, duduk seorang asing sedang menghabiskan makanannya.
Orang asing : (mendorong kursinya ke belakang dan menghabiskan minumannya). Enak-enak sekali. Sungguh aku rasakan, baiklah aku mengaso sekarang. Aku capek sekali habis jalan kaki lwat htan-hutanitu. Alhamdulillah, aku mujur sekali menemukan rumah ini.

Cuplikan cerita tersebut berlatar ....
A. Dalam rumah
B. Pinggir kampung
C. Tengah hutan
D. Perjalanan
E. Daerah pemukiman

28. Ciri yang membedakan peristiwa pada drama dengan peristiwa pada kehidupan sehari-hari yaitu ....
A. ditata dan direkayasa
B. tak terencanakan
C. terjadi dengan tidak sengaja.
D. secara alamiah.

29. Salah satu karya sastra yang berbentuk dialog disebut ....
A. teks ulasan
B. teks deskripsi
C. teks drama
D. teks persuasif
E. teks cerpen

30. Berikut ini termasuk persiapan pementasan drama, kecuali ....
A. latihan vokal
B. meditasi dan mediasi
C. menghafal teks
D. memahami cerita
E. bloking dan ekspresi

31. Teks yang akan dipentaskan dan berbentuk dialog antar tokoh disebut ....
A. panggung
B. tata lampu
C. naskah cerita
D. aktor atau pemeran

32. Kalimat dalam teks drama yang ditulis dalam kurung, tidak didialogkan, melainkan
diaktingkan disebut ....
A. prolog
B. wawancang
C. monolog
D. pantomim
E. kramagung

33. Pmeran tokoh-tokoh yang membawakan cerita disebut ....
A. ilustrasi
B. kostum
C. naskah
D. aktor

34. Ciri utama sebuah drama di bawah ini adalah ....
A. Tidak menggunakan naskah, berupa cerita, tidak dipentaskan
B. Berupa cerita, berbentuk dialog, dipentaskan
C. Diperankan dengan tarian, tidak berbentuk dialog
D. Berupa cerita, tidak berdialog, menggunakan gerakan

35. Tempat pementasan yang menunjukkan setting cerita dengan didukung dekorasi atau properti disebut ....
A. aktor
B. panggung
C. naskah
D. tata lampu

36. Narasi di awal cerita, kata-kata pembuka, pengantar, ataupun latar belakang cerita yang biasanya disampaikan oleh narator atau dalang disebut ....
A. Dialog
B. Resolusi
C. Prolog
D. Epilog
E. Orientasi

37. Unsur ekstrinsik teks drama, kecuali ....
A. budaya
B. latar
C. sosial
D. agama

38. Prolog adalah bagian dalam drama yang berupa ....
A. kata-kata indah dalam sebuah drama
B. kata-kata pembuka, pengantar, ataupun latar belakang
C. kata-kata bermajas yang digunakan untuk mengakhiri drama
D. kata-kata yang dibuat dan disampaikan oleh penulis naskah drama

39. Beberapa hal yang perlu dilakukan dalam pemeranan drama, kecuali ....
A. pemahaman dan penghayatan terhadap karakter tokoh
B. menulis naskah sederhana satu babak
C. pahaman terhadap seluruh isi naskah
D. pemahaman terhadap setiap dialog

40. Contoh epilog sebuah drama terdapat pada paragraf ....
A. Dori: “Jadi, begitu akhir ceritamu?”
Rido: “Ya, begitulah.”
B. Dori: “Menurutmu, aku pandai?”
Rido: “Loh, memangnya tidak?”
Dori: “Ya, tidak.”
Rido: “Ah, sudahlah. Sebaiknya kita pulang. Cerita sudah berakhir.”
C. Penonton! Terima kasih telah hadir dan menonton pementasan drama kami. Sekali lagi, terima kasih!
D. Begitulah hari itu berakhir. Berkat sebuah ketulusan, ribuan nyawa berhasil diselamatkan. Memang, kebaikan kecil bisa berarti besar sekali tanpa diduga.

41. Tokoh jahat disebut ....
A. tritagonis
B. campuran
C. antagonis
D. protagonis

42. Dilan, Habibie dan Ainun, Laskar Pelangi, Cek Toko Sebelah, termasuk ke dalam jenis drama ....
A. Film
B. Televisi
C. Panggung
D. Wayang
E. Boneka

43. Bu Ida : Terima kasih, Fa
Rifa: Sebentar, BU. Saya ambilkan uang kembaliannya.
Bu Ida: Sudah, ambil saja untukmu.
Rifa: Ah, yang benar Bu?
Bu Ida: Ya, saya suka cara kamu melayani konsumen di kantin sekolah ini.
Rifa: Makasih Bu

Isi naskah drama di atas adalah ....
A. Hubungan antara guru dan siswa di sekolah
B. Penghargaan konsumen kepada pelayan kantin
C. Pelayanan petugas kantin sekolah
D. Kantin sebagai tempat berlatih berdagang
E. Kujujuran menjadi pendorong prestasi kerja

44. Drama adalah suatu teks yang menggambarkan ... dan ... melalui tingkah laku (akting) yang dipentaskan.
A. percakapan, watak manusia
B. tulisan, percakapan
C. kehidupan, watak manusia
D. kehidupan, percakapan

45. Kalimat dalam tanda kurung bertujuan untuk melukiskan tindakan yang harus dilakukan pemain. Kalimat itu sering disebut ....
A. Prolog
B. Epilog
C. Kramagung
D. Naskah

46. Struktur drama terdiri dari ....
A. prolog, dialog, dan epilog.
B. dialog, kramagung, wawancang.
C. orientasi, komplikasi, sampai dengan resolusi.
D. prolog, dialog, kramagung, wawancang, dan epilog.

47. Kalimat yang terdapat dalam tanda kurung pada teks drama, berfungsi untuk ....
A. Dihayati
B. Dihiraukan
C. Dibaca pemain
D. Dilakonkan

48. Berdasarkan perannya, tokoh terbagi atas ....
A. tokoh protagonis dan tokoh antagonis
B. tokoh protagonis, antagonis, dan tritagonis
C. tokoh utama dan figuran
D. tokoh utama dan tokoh pembantu

49. Kesenian berikut yang tidak termasuk drama tradisional adalah ....
A. opera
B. ludruk
C. ketoprak
D. lenong

50. Dahlan :Kamis malam Jumat. Jumat apa?
Rosana : Malam Jumat Kliwon, Pak! Bukankah hari kelahiran ibu juga jatuh pada hari Jumat Kliwon?
Dahlan :Ya, beutl! Ibumu waktu mau meninggal kurang satu minggu sudah ada tanda-tanda.....nasihat-nasihat berharga. Masa hidupnya banyak meninggalkan kesan teladan. Tetapi....juga ada kelemahannya.
Rosana : Kelamahan? Memang manusia tidak ada yang sempurna
Dahlan : Ya, jangan sampai menurun pada anak cucu. Ibumu dahulu sakit-sakitan karena banyak pikiran. Ikut-ikutan orang jual-beli perhiasan. Barangnya hilang, ibumu gigit jari menanggung hutang. Siapa lagi kalau bukan Bapak yang turun tangan?
Rosana : Bukankah pada diri Bapak juga ada kelemahannya?
Dahlan : Apa? Bapak rasa tidak ada! (Tongkat terjatuh, kemudian dipungut lagi)
Rosana : Maaf, Pak.. ibu bertambah sakit akibat Bapak dahulu sering mabuk judi, bukan? Ros masih ingat barang-barang rumah dilelang. Habis terjual!
Dahlan : Ya...., itu akibat perbuatan ibumu, tahu! (keras). Serakah dan mau menang sendiri. Mudah-mudahan pengalaman pahit, miskin, tidak terulang lagi!

Pesan atau amanat yang terkandung dalam penggalan drama di atas adalah ....
A. sifat buruk menurun pada anak
B. manusia berusaha untuk sempurna
C. anak harus patuh pada orang tua
D. sifat serakah dan suka berjudi membuat orang hancur
E. nasib manusia ditentukan oleh Tuhan