Kumpulan 50+ Contoh Soal Ringkasan (Ikhtisar) dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas X

ilmubindo.com - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal materi ringkasan dan ikhtisar dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X revisi terbaru menggunakan Kurikulum 2013. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi seputar contoh soal materi ringkasan dan ikhtisar dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X revisi terbaru.

Kumpulan 50+ Contoh Soal Ringkasan (Ikhtisar) dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas X

Gambar: freepik.com

1. Tari tanggai memiliki persamaan dengan Tari Gending Sriwijaya. Perbedaannya adalah Tari Tanggai dibawakan oleh 5 orang sednagkan Tari Gending Sriwijaya dibawakan oleh 9 orang dan perlengkapan penari Gending Sriwijaya lebih lengkap dibandingkan dengan Tari Tanggai. Penari Tari Tanggai menggunakan pakaian khas daerah seperti kain songket, dodot, pending, kalung, sanggul malang, kembang urat atau ramai, tajuk cempako, kembang goyang dan tanggai yang berbentuk kuku terbuat dari lempengan tembaga dan kerana tanggai yang dipakai penari, maka tari ini dinamakan Tari Tanggai.

Ide pokok paragraf tersebut adalah ....
A. Persamaan dari Tari Tanggai dengan Tari Gending Sriwijaya
B. Persamaan dan perbedaan Tari Tanggai dengan Tari Gending Sriwijaya
C. Tari Tanggai dibawakan oleh 5 orang.
D. Tari Gending Sriwijaya dibawakan oleh 9 orang

2. Tujuan penulisan ikhtisar adalah untuk ....
A. menjabarkan sebuah karangan
B. memendekkan isi buku
C. Mengambil seluruh isi buku
D. mengambil inti dari sebuah bacaan, buku, atau sejenisnya
E. memudahkan pembaca dalam membeli buku

3. Jeruk nipis lokal memiliki kekhasan yang berbeda dengan tanaman lain. Pohonnya tumbuh sebagai pohon kecil bercabang lebat dan tidak beraturan. Tajuknya selalu hijau. Tinggi pohon antara 1,5 – 5 meter. Ranting-rantingnya berduri pendek, kaku, dan tajam. Daunnya selang-seling, berbentuk jorong sampai bulat dan berukuran (4-8) cm x (2-5) cm. Bagian tepi daun bergerigi kecil dan tangkai daunnya bersayap sempit.

Ide pokok teks tersebut adalah ....
A. Karakter buah jeruk nipis
B. Ciri-ciri pohon jeruk nipis
C. Jenis-jenis jeruk nipis
D. Sifat daun jeruk nipis

4. Masker wajah memiliki banyak fungsi sesuai dengan jenisnya. Masker lumpur dapat mengurangi lemak. Masker coklat dapat melembabkan kulit wajah. Masker bengkuang menghilangkan noda hitam dan membuat kulit wajah lebih berseri.
Menggunakan masker wajah dapat menghaluskan dan menyehatkan wajah. Gunakan secara teratur untuk hasil yang maksimal. Pergunakan jenis masker sesuai dengan manfaat yang ingin kita peroleh.

Ringkasan teks tersebut adalah ....
A. Gunakan masker sesuai dengan kulit
B. Masker lumpur mengurangi lemak
C. Masker membuat kulit wajah berseri
D. Fungsi masker dan penggunaannya

5. Minggu lalu, saya berekreasi ke Taman Tirta. Suasananya sangat menyenangkan. Sayangnya, ada hal yang membuat kami tidak nyaman. Sampah-sampah berserakan di kawasan Taman Tirta. Ternyata, fasilitas tempat sampah sangat minim sehingga tidak cukup untuk menampung sampah para 

Simpulan paragraf di atas adalah ....
A. Sampah-sampah berserakan di Taman Tirta karena minimnya tempat sampah
B. Taman Tirta adalah tempat rekreasi yang sangat menyenangkan walaupun banyak sampah
C. Suasana Taman Tirta sangat menyenangkan
D. Tempat sampah di Taman Tirta sangat sedikit sehingga membuat tidak nyaman

6. Pemimpin adalah sosok yang menjadi panutan. Dia akan menentukan merah hitamnya wilayah yang dipimpinnya. Oleh karena itu, pemimpin yang baik sangat diperlukan. Seorang pemimpin yang baik ditandai oleh dimilikinya jiwa kepemimpinan. Jiwa itu diwujudkan dalam sikap bijaksana, jujur, mengayomi, rela berkorban, dan tanpa pamrih.

Ringkasan teks tersebut adalah ....
A. Pemimpin menentukan hitam merahnya wilayah yang dipimpin
B. Jiwa pemimpin harus tampak dalam kehidupan sehari-hari
C. Keberadaan sosok pimpinan baik sangat diperlukan
D. Pemimpin sebagai panutan harus memiliki jiwa kepemimpinan

7. Salah satu jenis cokelat adalah compound chocolate. Cokelat ini memiliki rasa manis dan harganya juga cukup murah. Selain itu, proses pembuatannya juga termasuk mudah. Jadi, tak heran kalau compound chocolate termasuk cokelat yang sering dan banyak 

Simpulan dari paragraf di atas adalah ....
A. Compound chocolate memiliki rasa manis dan harganya juga cukup murah
B. Proses pembuatan compound chocolate yang sangat mudah
C. Salah satu jenis cokelat adalah compound chocolate
D. Compound chocolate termasuk cokelat yang sering dan banyak dikonsumsi

8. Tidur merupakan salah satu cara menjaga tubuh agar tetap sehat. Orang yang tidur 8 jam per malam, bisa dipastikan lebih sehat dibandingkan orang yang sering bangun sepanjang malam. Tidur yang baik memulihkan sistem imun. Ketika tidur pulas di malam hari, kadar melatonik meningkat dan memperbaiki imunitas.

Rangkuman isi teks tersebut adalah ....
A. Tidur adalah cara menjaga tubuh tetap sehat dan sebaiknya tidur selama 8 jam karena dapat meningkatkan imunitas
B. Tidur yang pulas selama 8 jam merupakan salah satu cara menjaga tubuh agar tetap sehat
C. Tidur adalah cara menjaga tubuh tetap sehat dan sebaiknya kurang dari 8 jam sehari agar imunitas meningkat
D. Tidur yang pulas di malam hari cukup dapat meningkatkan imunitas diri dan harus selama 8 jam seminggu

9. Festival rakyat di daerah saya sangat ramai. Acara berlangsung di alun-alun dekat istana. Ada banyak pedagang yang menjual berbagai jenis barang, misalnya pakaian, sepatu, dan tas. Mereka tidak hanya menjual barang tetapi juga makanan tradisional. Wow, festival ini sangat meriah.

Ide pokok dari bacaan di atas adalah ....
A. acara di alun-alun dekat istana
B. karnaval
C. festival rakyat di dekat saya
D. perayaan festival rakyat

10. Kebiasaan mencontek justru akan memadamkan semangat belajar. Para pencontek biasa berpikir untuk menyiapkan bahan-bahan untuk membuat contekan, nilai yang diperoleh pun kadang lebih bagus dari siswa yang jujur. Nilai boleh saja bagus, namun sebenarnya ia tidak tahu apa-apa dan tidak ada apa-apanya. Ilmu pengetahuannya tidak pernah bertambah karena rajin mencontek. Lalu apa bedanya dengan mereka yang tidak pernah sekolah?

Rangkuman isi teks tersebut adalah ....
A. Tidak sepantasnya seorang pelajar mencontek
B. Kebiasaan mencontek dapat memadamkan semangat belajar karena hanya sibuk membuat contekan, tidak memiliki pengetahuan, dan tidak ada bedanya dengan mereka yang tidak sekolah
C. Kebiasaan mencontek memadamkan semangat belajar
D. Kebiasaan mencontek dapat merugikan jati diri pelajar

11. Penyakit influenza adalah penyakit yang sangat mudah ditransfer. Penyakit ini menyebar melalui kontak langsung dari satu orang ke orang lain. Menurut temuan terbaru, penyebaran virus influenza terkait erat dengan kelembaban. Di negara-negara beriklim seperti Amerika Utara dan Eropa, wabah flu biasanya terjadi di musim dingin. Di negara tropis, influenza menyebar di musim hujan.

Ide pokok dari bacaan di atas adalah ....
A. sejenis penyakit yang mudah ditularkan
B. mudah ditransfer
C. penyebaran penyakit influenza
D. penyebab influenza

12. Pada era global, sumber daya manusia (SDM) andal merupakan kebutuhan yang mendasar. Usaha untuk mendapatkan SDM andal dapat dilakukan melalui berbagai cara, misalnya melalui penataran, pelatihan, kursus, lokakarya, seminar, atau kegiatan sejenis. Cara yang paling efektif untuk menghasilkan SDM andal adalah melalui jalur pendidikan. Dengan mengikuti pendidikan tertentu, seseorang dapat belajar berdasarkan kurikulum terprogram dan hari efektif yang pasti.

Ringkasan teks tersebut adalah ....
A. SDM yang andal dapat diupayakan melalui berbagai cara antara lain cara pendidikan dan pelatihan
B. Hendaknya kita memilih jalur pendidikan untuk menciptakan SDM andal
C. Pada era global, SDM yang andal menjadi kebutuhan mendasar
D. Jalur pendidikan merupakan cara efektif menciptakan SDM andal

13. Pelestarian hutan Suaka Margasatwa Nantu di Gorontalo semakin terancam. Alasannya adalah sekarang ada penambang ilegal. Mereka mencari emas. Ada ratusan penambang ilegal.

Ide pokok dari bacaan di atas adalah ....
A. ancaman terhadap pelestarian hutan di Suaka Margasatwa Nantu
B. penambangan ilegal di hutan Suaka Margasatwa Nantu
C. penyebab penambangan ilegal di hutan Suaka Margasatwa Nantu
D. Cegah penambangan ilegal di hutan Suaka Margasatwa Nantu

14. Kereta Api Kahuripan dari Bandung ke Kediri anjlok di Desa Kaligunting Saradan, Madiun, Jawa Timur. Kecelakaan diduga disebabkan terlepasnya engsel dan as kereta sehingga roda kereta keluar jalur. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Mungkin karena kereta hanya diisi sekitar 50 penumpang. Saat ditemui di lokasi kejadian, Kepala Humas PT. Kereta Api Daerah Operasi VII Madiun Wahyu Kartono menuturkan, penyebab pasti kecelakaan ada beberapa kemungkinan, antara lain faktor sarana kereta, prasarana rel, dan faktor teknis lainnya.

Ringkasan teks tersebut adalah ....
A. Sebaiknya pemerintah menyelidiki penyebab pasti kecelakaan
B. Anjloknya kereta api Kahuripan di Desa Kaligunting Saradan, Madiun
C. Anjloknya Kereta Api Kahuripan di Desa Kaligunting Saradan tidak menimbulkan korban jiwa dan penyebabnya diduga karena terlepasnya engsel dan as kereta
D. Masyarakat harus hati-hati jika menggunakan jasa kereta api

15. Bicara soal mempercantik bulu mata, rasanya ganjil jika tak menyebut maskara. Mastuta memang merupakan salah satu kosmetik yang ampuh mempercantik tampilan bulu mata. Tak heran bila torehan mastuta berhasil menciptakan citra bulu mata lentik memancarkan daya pikat.Warna dasar mastuta adalah hitam, cokelat, dan cokelat kehitaman. Warna cokelat menciptakan tampilan warna naturaldan sering dipilih wanita dengan warna kulit kuning langsat. Sementara mastuta hitam sering dipilih kulit warna gelap

Ikhtisar yang tepat berdasarkan teks tersebut adalah ....
A. Mempercantik dengan mastuta dapat menciptakan kesan bulu mata menjadi lebih lentik dan memberikan daya pikat
B. Mastuta adalah kosmetik untuk memperindah bulu mata dan banyak dipilih pemilik warna kuning langsat maupun kulit gelap
C. Torehan mastuta dapat mempercantik setiap wanita yang memakainya dan menarik semua perhatian yang melihatnya.
D. Mastuta merupakan kosmestik yang dapat mempercantik bulu mata dan memiliki tiga warna dasar yaitu, cokelat, hitam dan cokelat kehitaman
E. Alat untuk mempercantik bulu mata adalah mastuta yang dapat memancarkan daya pikat dan memiliki beraneka warna dasar

16. Karakter adalah kunci keberhasilan individu. Karakter merupakan nilai-nilai manusia yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan, dan kebangsaan yang terwujud dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan, dan perbuatan. Perbuatan atau perilaku manusia tersebut berdasarkan norma-norma agama, hukum,tata krama, budaya, dan adat istiadat.
Pendidikan karakter penting bagi pelajar.Pendidikan karakter tidak hanya diterapkan di sekolah, tetapi di rumah dan di lingkungan sosial. Peserta pendidikan karakter tidak hanya anak usia dini hingga remaja, tetapi juga dewasa. Pendidikan karakter penting bagi pelajar karena berguna untuk kelangsungan hidup bangsa Indonesia.Sudahkah kalian menyadarinya?

Ringkasan yang tepat dari teks di atas adalah ....
A. Karakter adalah kunci keberhasilan individu yang penting bagi pelajar
B. Kunci keberhasilan individu adalah pendidikan karakter
C. Pendidikan karakter diterapkan di sekolah, rumah, dan lingkungan sosial.
D. Pendidikan karakter untuk kelangsungan hidup bangsa Indonesia.

17. Karangan yang disajikan secara singkat disebut ....
A. ringkasan
B. gagasan pendukung
C. wacana
D. gagasan pokok

18. Daun pandan suji digunakan sebagai indikator alami karena dapat menunjukkan sifat asam dan basa suatu larutan. Sebelum menjadi ekstrak larutan daun pandan suji yang siap digunakan, daun pandan suji ditumbuk hingga halus. Setelah itu, ditambahkan larutan etanol pada tumbuhan daun pandan suji dan disaring dengan kertas hijau. Tujuan penyaringan tumbuhan daun pandan suji untuk melarutkan zat-zat yang terkandung dalam daun pandan suji. Jika ditambahkan reagen akan menunjukkan hasil berupa perubahan warna.

Ketika tiga tetes ekstrak daun pandan suji ditambahkan dengan satu tetes HCI, warna ekstrak daun pandan suji berubah hijau kekuningan. Apabila sampel makanan yang diuji ditambahi HCI, akan menghasilkan perubahan warna selain hijau kekuningan. Dapat dikatakan bahwa sampel makanan tersebut menggunakan pewarna buatan (sintetis).

Simpulan yang tepat berdasarkan kutipan laporan percobaan tersebut adalah ....
A. Daun pandan suji digunakan pedagang sebagai pewarna alami berbagai makanan.
B. Daun pandan suji merupakan indikator alami untuk menguji pewarna makanan
C. Makanan yang mengandung pewarna buatan memiliki warna hijau kekuningan
D. Makanan yang mengandung pewarna

19. Langkah pertama yang harus dilakukan jika kita ingin membuat ringkasan adalah ....
A. Membaca naskah atau teks asli.
B. Menulis poin yang penting.
C. Menggabungkan setiap gagasan utama menjadi satu kesatuan paragraf.
D. Langsung membuat ringkasan dengan kalimat sendiri.

20. Kebersihan lingkungan sekolah adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sekolah. Dengan kebersihan lingkungan, warga sekolah menjadi nyaman. Kenyamanan mereka menjadi faktor penunjang keberhasilan belajar bagi siswa. Dengan kenyamanan itu pula, para guru lancar menjalankan tugasnya.

Kebersihan lingkungan sekolah juga mendukung kesehatan warga sekolah. Dengan lingkungan yang bersih, sekolah terbebas dari berbagai penyakit. Penyakit berat ataupun ringan tidak akan menyerang warga sekolah.

Ringkasan teks tersebut adalah ....
A. Kebersihan lingkungan sekolah membuat warga sekolah menjadi nyaman dan sehat.
B. Kebersihan lingkungan tidak terpisahkan dengan kesehatan warga sekolah yang nyaman
C. Kebersihan lingkungan sekolah mendukung keberhasilan dan kesehatan seluruh warga sekolah.
D. Kebersihan lingkungan sekolah akan menjadi penjamin kesehatan dan keberhasilan warga sekolah

21. Perbedaan ringkasan dan ikhtisar adalah ....
A. Ikhtisar mempertahankan urutan gagasan yang membangun karangan itu, terserah pada pembuat ikhtisar, sedangkan ringkasan belum memperlihatkan sosok dasar dari aslinya dan inti tidak meninggalkan urutan dasar yang melandasinya
B. Ikhtisar mempertahankan urutan gagasan yang membangun karangan itu, terserah pada pembuat ikhtisar, sedangkan ringkasan akan memperlihatkan sosok dasar dari aslinya dan inti tidak meninggalkan urutan dasar yang melandasinya
C. Ikhtisar tidak mempertahankan urutan gagasan yang membangun karangan itu, terserah pada pembuat ikhtisar, sedangkan ringkasan tidak memperlihatkan sosok dasar dari aslinya dan inti tidak meninggalkan urutan dasar yang melandasinya.
D. Ikhtisar tidak mempertahankan urutan gagasan yang membangun karangan itu, terserah pada pembuat ikhtisar, sedangkan ringkasan tetap memperlihatkan sosok dasar dari aslinya dan inti tidak meninggalkan urutan dasar yang melandasinya
E. Ikhtisar tetap mempertahankan urutan gagasan yang membangun karangan itu, terserah pada pembuat ikhtisar sedangkan ringkasan tidak memperlihatkan sosok dasar dari aslinya dan inti tidak meninggalkan urutan dasar yang melandasinya.

22. Mayoritas pelajar Indonesia sebenarnya punya kemampuan cukup untuk mengikuti perkuliahan berstandar internasional. Di Belanda, misalnya, mahasiswa asal Indonesia disebut jarang mengalami kesulitan berarti ketika menempuh studi. Keberhasilan itu antara lain ditengarai karena para mahasiswa tak mengalami masalah psikologis yang serius di sana. Mereka mampu beradaptasi dengan lingkungan kampus.

Bakker menyarankan, pelajar Indonesia yang berniat melanjutkan studi ke Belanda harus punya motivasi cukup kuat. Menurut dia, hal ini akan menjadi salah satu faktor penting yang membuat mereka mampu merampungkan studi di luar negeri.

"Di luar negeri nantikan mereka (mahasiswa) harus belajar keras, mungkin mereka juga akan merasa kesepian. Mengingat kembali motivasi awal akan membuat mereka kuat," jelas Bakker.

Ringkasan dari teks tanggapan tersebut adalah ....
A. Motivasi menjadi faktor penting pelajar Indonesia yang berniat melanjutkan studi ke Belanda
B. Di luar negeri, pelajar Indonesia harus belajar keras dan mampu merampungkan studinya
C. Pelajar Indonesia punya kemampuan mengikuti perkuliahan standar internasional dan harus memiliki motivasi yang besar.
D. Mayoritas pelajar Indonesia berniat belajar ke luar negeri dan ingin merampungkan studinya

23. Pak Anton, Pak Yohan, dan Pak Natan berasal dari suku yang berbeda-beda. Mereka juga mempunyai kesukaan makanan yang berbeda-beda. Makanan kesukaan mereka adalah makanan khas daerahnya. Mereka juga sangat ahli dalam memainkan alat musik daerah masing-masing.

Ringkasan yang tepat sesuai dengan wacana di atas adalah ....
A. Pak Anton, Pak Yohan dan Pak Natan berasal dari suku yang berbeda-beda.
B. Mereka menyukai kegemaran yang berbeda.
C. Pak Anton, Pak Yohan dan Pak Natan berasal dari suku yang berbeda. Mereka memiliki kesukaan makanan dan keahliannya masing-masing.
D. Pak Anton, Pak Yohan dan Pak Natan menyukai makanan yang berbeda.

24. Menurut penelitian Badan Kesehatan Dunia (WHO), rokok berbahaya bagi kesehatan. Rokok mengandung 4.000 zat kimia yang berbahaya. Sedikitnya 25 jenis penyakit yang timbul sebagai akibat merokok. Di dunia ditemukan 70 juta kematian dalam kurun waktu 50 tahun terakhir karena penyakit yang disebabkan kebiasaan merokok. Satu di antaranya adalah kanker. Sebuah survei pernah menyebutkan bahwa kanker paru-paru menjadi penyebab kematian di Australia pada tahun 1993. Meskipun banyak anggota masyarakat yang meninggal karena penyakit akibat merokok, hal itu ternyata tidak cukup kuat menjadi shock teraphy para pecandu rokok. Sebaliknya, jumlah perokok aktif kian bertambah, termasuk di Indonesia.

Simpulan isi teks tersebut adalah ....
A. Merokok menyebabkan kematian 70 juta jiwa pada kurun waktu 50 tahun
B. Negara yang paling terkena dampak akibat rokok adalah Australia pada tahun 1993
C. Dalam rokok terkandung 4.000 zat kimia berbahaya yang menimbulkan sedikitnya 25 jenis penyakit
D. Rokok mengandung zat kimia berbahaya yang menyebabkan kematian sehingga menjadi masalah kesehatan dunia

25. Menggabungkan kalimat dari setiap gagasan pokok agar menjadi karangan singkat yang padu dalam membuat ringkasan harus menggunakan ....
A. kalimat tanya
B. kalimat perintah
C. tanda titik
D. kalimat rangkaian sendiri

26. Pengelola tempat wisata Curug Bersih memperkirakan ada sekitar 15 ribu pengunjung yang mendatangi tempat wisata ini pada masa liburan anak sekolah tahun ini. Perkiraan ini dianggap tidak berlebihan karena membludaknya jumlah pengunjung yang datang pada musim liburan tahun lalu. Untuk menambah daya tarik pengunjung, pengelola akan menyiapkan beberapa macam hiburan, seperti pentas musik dan pertunjukan-pertunjukan seni lainnya.

Gagasan utama paragraf di atas adalah ....
A. Pentas musik di tempat wisata Curug Bersih
B. Membludaknya jumlah pengunjung di tempat wisata ini
C. Perkiraan jumlah pengunjung tempat wisata Curug Bersih tahun ini
D. Pengelola menyiapkan beberapa hiburan untuk menambah daya tarik tempat wisata ini

27. Ringkasan singkat dari artikel penelitian, tesis, review, atau setiap analisis mendalam tentang topik tertentu, dan sering digunakan untuk membantu pembaca dengan cepat maksud dan tujuan sebuah paper adalah definisi dari ....
A. Abstrak
B. sinopsis
C. Karya ilmiah
D. Daftar pustaka
E. Rangkuman

28. Produsen rokok juga sangat diuntungkan dengan mudahnya mereka mendapatkan daun tembakau dari para petani. Perusahaan rokok juga mempekerjakan banyak tenaga kerja sehingga secara tidak langsung perusahaan rokok membantu menyelesaikan masalah pengangguran di Indonesia. Selain itu perusahaan rokok juga memberikan devisa yang banyak bagi Indonesia, dengan pajak rokok yang besar.

Kutipan teks di atas menampilkan ....
A. pendapat pro
B. argumen
C. pendapat kontra
D. isu

29. Taman Nasional Kerinci Sablat terletak di empat wilayah Provinsi, yaitu Sumatra Barat, Jambi, Bengkulu dan Sumatera Selatan. Sebagian besar kawasan Taman Nasional ini merupakan rangkaian pegunungan Bukit Barisan Selatan di bagian Sumatera bagian tengah. Luas taman Nasional Kerinci Sablat adalah 1.360.000 ha sesuai dengan penetapan hasil tata batas. Daerah taman Nasional ini merupakan hutan hujan tropis yang telah terdaftar sebagai situs warisan dunia UNESCO sejak 2004.

Paragraf di atas memiliki ide pokok ....
A. Rangkaian bukit barisan
B. Letak Taman Nasional Kerinci Sablat
C. Situs warisan dunia ENESCO sejak 2004
D. Luas Taman Nasional Kerinci Sablat

30. Kantong plastik juga membahayakan penyu. Di dalam air, kantong plastik yang transparan akan terlihat menyerupai ubur-ubur. Sementara itu, ubur-ubur adalah makanan kesukaan penyu. Penyu akan mengira plastik itu adalah ubur-ubur. Jika penyu memakan plastik itu, penyu akan mati.

Simpulan paragraf di atas adalah ....
A. Bahaya kantong plastik bagi penyu
B. Plastik transparan di laut membahayakan penyu karena bisa dikira makanannya
C. Penyu sangat suka makan ubur-ubur
D. Penyu suka makan kantong plastik yang transparan di laut

31. Dalam segala aspek kehidupan kita pasti melakukan kegiatan bertanya. Siswa di sekolah akan bertanya kepada guru tentang materi pelajaran tidak difahaminya. Siswa melakukan kegiatan bertanya sebagai proses memahami materi secara utuh. Jadi berbagai manfaat bisa kita peroleh dengan bertanya.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....
A. Bertanya menandakan siswa dapat menyerap materi pelajaran
B. Berbagai manfaat bisa kita peroleh dengan bertanya
C. Kita bisa mengetahui segela hal yang tidak diketahui
D. Bertanya digunakan dalam setiap aspek kehidupan

32. Pembangunan dan aktivitas manusia juga turut mengancam keberadaan penyu. Penyu bertelur di pinggir pantai. Di sisi lain, aktivitas manusia di pantai terus meningkat. Penyu jadi bingung mencari tempat untuk bertelur. Lama kelamaan, tempat tinggal penyu akan hilang.

Simpulan paragraf tersebut adalah ....
A. Pembangunan dan aktivitas manusia berpengaruh terhadap perilaku penyu
B. Pembangunan dan aktivitas manusia terus meningkat
C. Pembangunan dan aktivitas manusia yang terus meningkat bisa menghilangkan tempat tinggal penyu.
D. Penyu bertelur di pinggir pantai

33. Remaja harus mendapat pendidikan karakter agar mereka tidak terjerumus pada hal-hal negatif. Melalui pendidikan karakter remaja dibentuk menjadi remaja yang berakhlak mulia, kreatif , percaya diri, peduli terhadap sesama dan santun. Jadi, pendidikan karakter sangat penting bagi remaja.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....
A. Pendidikan karakter sangat penting bagi remaja.
B. Remaja perlu memiliki sikap pengasih/ membantu sesama.
C. Remaja perlu memiliki sikap toleransi terhadapp sesama manusia.
D. Pendidikan karakter membentuk remaja yang berprestasi.

34. ASI atau air susu ibu adalah sumber makanan utama bagi bayi. ASI mengandung banyak nutrisi penting bagi bayi. ASI mengandung asam amino yang diperlukan untuk proses tumbuh kembang otak bayi. Selain itu, ASI mengandung zat untuk kekebalan tubuh bayi.

Simpulan paragraf tersebut adalah ....
A. ASI mengandung zat untuk kekebalan bayi
B. Asam amino diperlukan untuk proses tumbuh kembang otak bayi
C. ASI adalah sumber makanan utama bagi bayi
D. ASI adalah sumber makanan utama bayi karena mengandung berbagai nutrisi yang penting untuk bayi

35. Untuk mengembangkan ekspresi serta penghematan kata, merupakan kegunaan dari ....
A. Kesimpulan
B. Sinopsis
C. Ikhtisar
D. Ringkasan
E. Rangkuman

36. Betapa sulitnya seorang pecandu rokok untuk menghentikan kebiasaan merokoknya. Seberapa mahal pun harga rokok tidak dapat menghentikan mereka. Misalnya, di Malaysia, harga 20 batang rokok dapat setara dengan lima persen pendapatan buruh kasar. Di Shanghai, Cina, petani dan perokok menghabiskan uang untuk membeli rokok lebih banyak daripada yang dipakai untuk membeli gandum, daging, dan buah-buah sebagai kebutuhan utama mereka. Hentikan merokok sebelum candu rokok melekat pada diri Anda.

Simpulan yang tepat untuk teks tersebut adalah ....
A. Orang Cina menghabiskan rokok lebih banyak daripada makanan dan kebutuhan pokok.
B. Di Malaysia harga rokok mencapai 20 ringgit setiap batangnya.
C. Kita harus menghentikan kebiasaan merokok agar tidak menjadi kecanduan.
D. Harga rokok di luar negeri sangat mahal bahkan setara dengan pendapatan buruh.

37. Paragraf dengan gagasan utama di akhir disebut ....
A. Campuran
B. Ineratif
C. Deduktif
D. Induktif

38. Tidur merupakan salah satu cara menjaga tubuh agar tetap sehat. Orang yang tidur 8 jam per malam, bisa dipastikan lebih sehat dibandingkan orang yang sering bangun sepanjang malam. Tidur yang baik memulihkan sistem imun. Ketika tidur pulas di malam hari, kadar melatonik meningkat dan memperbaiki imunitas.

Simpulan paragraf tersebut yang tepat adalah ....
A. Tidur dengan waktu cukup dan berkualitas dapat melindungi diri dari penyakit.
B. Tidur yang cukup adalah tidur yang tidak bangun-bangun sepanjang malam.
C. Tidur yang cukup sebaiknya kurang dari 8 jam sehari.
D. Tidur yang cukup dapat meningkatkan imunitas diri.

39. Ciri khas teks eksposisi yaitu adanya ....
A. Pemaparan fakta
B. Persamaan rima
C. Alur cerita
D. Menggambarkan objek secara subjektif

40. Pada umumnya, sakit tenggorokan disebabkan oleh virus. Biasanya, terkait dengan tanda-tanda penyakit saluran napas lainnya. Seperti, hidung tersumbat atau batuk. Kebanyakan sakit tenggorokan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, untuk membantu agar lebih nyaman ketika sakit, dapat dilakukan dengan minum air hangat yang diberi air perasan jeruk lemon dan madu.

Simpulan paragraf tersebut yang tepat adalah ....
A. Usaha meringankan rasa sakit ketika menderita sakit tenggorokan.
B. Sakit tenggorokan dapat dikurangi dengan minum air perasan jeruk lemon
C. Penyakit tenggorokan disebabkan kebanyakan oleh virus.
D. Tanda-tanda penyakit tenggorokan adalah hidung tersumbat.

41. Hidup selalu menghadapkan kita pada pertukaran, pertukaran antara apa yang kita dapatkan dan apa yang kita korbankan, pertukaran antara prinsip yang kita pegang dan nama baik yang kita pertaruhkan. Adakalanya pertukaran itu sulit, yaitu antara apa yang kita anggap benar dan orang lain menganggap apa yang kita anggap benar itu salah. Dalam pertukaran itu setiap hari kita membuat pilihan dan keputusan, dan masing-masing punya risikonya sendiri sendiri. 

Ringkasan yang sesuai dengan kutipan tersebut adalah ....
A. Adakalanya pertukaran itu sulit, yaitu antara apa yang kita anggap benar dan orang lain menganggap apa yang kita anggap benar itu salah
B. Hidup selalu menghadapkan kita pada pertukaran, pertukaran antara apa yang kita dapatkan dan apa yang kita korbankan
C. Dalam pertukaran itu setiap hari kita membuat pilihan dan keputusan, dan masing-masing punya risikonya sendiri-sendiri.
D. Hidup selalu menghadapkan kita pada pertukaran. Dalam pertukaran itu kita membuat pilihan dan punya risikonya sendiri-sendiri.
E. Hidup selalu menghadapkan kita pada pertukaran, pertukaran itu setiap hari kita membuat pilihan dan keputusan, dan masing-masing punya risikonya sendiri-sendiri. 

42. Kantong plastik juga membahayakan penyu. Di dalam air, kantong plastik yang transparan akan terlihat menyerupai ubur-ubur. Sementara itu, ubur-ubur adalah makanan kesukaan penyu. Penyu akan mengira plastik itu adalah ubur-ubur. Jika penyu memakan plastik itu, penyu akan mati.

Simpulan paragraf di atas adalah ....
A. Penyu sangat suka makan ubur-ubur
B. Penyu suka makan kantong plastik yang transparan di laut
C. Bahaya kantong plastik bagi penyu
D. Plastik transparan di laut membahayakan penyu karena bisa dikira makanannya

43. 1) Obesitas yang mewabah di Amerika Serikat mulai menjangkiti Indonesia. 2) Tanpa kenal batasan kelas sosial jumlah obesitas terus meningkat. 3) Masalah yang disekat-sekat sebagai penyakit gaya hidup ini. 4) Penyebab utamanya adalah pola makan yang tidak teratur.

Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

44. Leptospirosis adalah penyakit akibat bakteri Leptospira sp. Bakteri ini dapat ditularkan dari hewan pada manusia atau sebaliknya. Apabila tikus terinfeksi, tinja atau kencingnya dapat menularkan virus pada manusia. Penyakit ini juga disebut penyakit weil, demam sawah, demam pemotong tebu, demam lumpur, dan lain-lain. Oleh karena itu, kita harus menjaga kebersihan lingkungan

Simpulan paragraf di atas adalah ....
A. Leptospirosis adalah penyakit akibat bakteri Leptospira sp.
B. Kita harus menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari penyakit leptospirosis.
C. Leptospirosis juga disebut penyakit weil, demam sawah, demam pemotong tebu, demam lumpur, dan lain-lain.
D. Leptospirosis dapat ditularkan dari hewan pada manusia atau sebaliknya.

45. Ada orang-orang yang kemungkinan sebaiknya cukup menetap dalam hati kita saja, tapi tidak bisa tinggal dalam hidup kita. Maka, biarlah begitu adanya, biar menetap di hati, diterima dengan lapang. Toh dunia ini selalu ada misteri yang tidak bisa dijelaskan. Menerimanya dengan baik justru membawa kedamaian. 

Ringkasan yang sesuai dengan kutipan tersebut adalah ....
A. Adakalanya seseorang ada dalam hati kita namun tidak ada dalam kehidupan kita
B. Seseorang ada dalam hati kita adakalanya suatu saat pergi dari kehidupan kita
C. Seseorang dalam hidup kita adakalanya kita bisa hidup bersamanya sampai mati.
D. Seseorang tidak selamanya akan menetap dalam hati kita
E. Seseorang ada dalam hati kita adakalanya tidak ada dalam impian kita

46. Permainan sepakbola menuntut kemampuan teknik dasar yang baik. Teknik dasar ini merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki pemain agar dapat mengembangkan kemampuan dan keahliannya lebih lanjut. Penguasaan teknik dasar yang baik akan memberikan suguhan permainan sepak bola yang menarik.

Simpulan paragraf di atas adalah ....
A. Teknik dasar harus dimiliki pemain agar mampu mengembangkan kemampuan dan keahliannya
B. Permainan sepakbola harus disuguhkan secara menarik
C. Teknik dasar dalam permainan sepakbola
D. Permainan sepakbola menuntuk kemampuan teknik dasar yang baik supaya menyuguhkan permainan yang menarik

47. Kemampuan membaca bukanlah perilaku yang timbul begitu saja. Ia muncul dari kesadaran diri akan pentingnya [...] sebagai upaya memupuk, menyuburkan, mengembangkan kebun pengetahuan agar berbuah ilmu yang bermanfaat.

Kata yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A. Berhitung
B. Menggunakan
C. Membaca
D. Menulis

48. Walaupun dianggap sebagai gulma, eceng gondok juga mempunyai manfaat. Eceng gondok dapat dijadikan peluang usaha sebagai bahan dasar kerajinan tangan. Bagian tumbuhan eceng gondok yang sudah dikeringkan ternyata bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan tas, kopor, sandal, keranjang, tatakan gelas, tikar, dan sebagainya. Akhir-akhir ini eceng gondok juga banyak dimanfaatkan untuk mendukung industri mebel, yakni sebagai pengganti rotan yang harganya semakin melangit.

Simpulan paragraf di atas adalah ....
A. Eceng gondok sebagai pengganti rotan yang harganya semakin melangit.
B. Eceng gondok dibuat tas, kopor, sandal, keranjang, tatakan gelas, dan tikar
C. Eceng gondok dimanfaatkan untuk bahan kerajinan tangan dan industri mebel.
D. Eceng gondok dapat dijadikan bahan kerajinan yang berkualitas tinggi

49. Meski terlihat mungil dan berukuran kecil, tetapi menanam bonsai cukup sulit. Teknik menanam bonsai sama sekali tidak bisa disepelekan. Sebab, seorang penanam bonsai harus menguasai berbagai teknik perawatan.

Simpulan paragraf di atas adalah ....
A. Cara menguasai teknik perawatan bonsai cukup sulit
B. Menanam bonsai cukup sulit karena harus menguasai berbagai teknik perawatan
C. Teknik menanam bonsai sama sekali tidak bisa disepelekan
D. Bonsai bentuknya mungil dan berukuran kecil

50. Berikut yang merupakan pengertian ikhtisar adalah ....
A. penyajian singkat dari suatu karangan asli, namun tidak tetap mempertahankan urutan isi dan sudut pandang pengarang asli
B. penulisan pokok-pokok masalah penulisannya yang harus berurutan, tidak boleh secara acak atau disajikan dalam bahasa pembuat ikhtisar dengan mengubah tema sebuah wacana
C. penulisan pokok-pokok masalah penulisannya tidak harus berurutan, boleh secara acak atau disajikan dalam bahasa pembuat ikhtisar tanpa mengubah tema sebuah wacana.
D. penyajian singkat dari suatu karangan asli, namun tetap mempertahankan urutan isi dan sudut pandang pengarang asli
E. penulisan pokok-pokok masalah penulisannya yang harus berurutan, tidak boleh secara acak atau disajikan dalam bahasa pembuat ikhtisar tanpa mengubah tema sebuah wacana