Kumpulan 70+ Contoh Soal Mengidentifikasi Informasi Penting dari Teks : Bahasa Indonesia Kelas V

ilmubindo.com - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal mengidentifikasi informasi penting dari teks dilengkapi dengan kunci jawaban muatan mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V revisi Kurikulum 2013. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi seputar contoh soal mengidentifikasi informasi penting dari teks dilengkapi dengan kunci jawaban muatan mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V revisi.

Kumpulan 70+ Contoh Soal Mengidentifikasi Informasi Penting dari Teks : Bahasa Indonesia Kelas V

Gambar: freepik.com

1. Sampah plastik sangat berbahaya jika dibuang dengan sembarangan. Sampah plastik tidak bisa membusuk. Ini berarti bahwa sampah plastik tidak dapat didaur ulang secara alami. Ketika dibawa oleh air sungai, itu mengganggu ekosistem. Banyak hewan mati karena tertelan limbah plastik.

Gagasan utama dari bacaan di atas adalah ....
A. banyak jalan yang dilewati kendaraan
B. aspal jalan mulai rusak karena tak dirawat
C. akibat dari rusaknya jalan
D. penyebab kerusakan jalan

2. Rafles selalu belajar dengan sungguh-sungguh. Dia tidak mau menyia-nyiakan waktunya. Ia bahkan belajar dengan niat yang sangat tinggi. Sesulit apapun bahan pelajaran yang dihadapinya, Rafles tidak mudah patah semangat. Apabila tidak mengerti ia segera bertanya pada guru atau teman.

Informasi tersurat pada cerita tersebut adalah ....
A. Rafles malas bertanya kepada gurunya
B. Semudah-mudahnya peajaran, Rafles ranjin bertanya
C. Rafles selalu belajar setiap saat
D. Rafles tidak mudah patah semangat

3. Pelestarian hutan Suaka Margasatwa Nantu di Gorontalo semakin terancam. Alasannya adalah sekarang ada penambang ilegal. Mereka mencari emas. Ada ratusan penambang ilegal.

Gagasan utama dari bacaan di atas adalah ....
A. penambangan ilegal di hutan Suaka Margasatwa Nantu
B. penyebab penambangan ilegal di hutan Suaka Margasatwa Nantu
C. ancaman terhadap pelestarian hutan di Suaka Margasatwa Nantu
D. cegah penambangan ilegal di hutan Suaka Margasatwa Nantu

4. Tumbuhan hijau membutuhkan cahaya matahari yang cukup untuk pertumbuhannya. Dengan mendapat cahaya matahari yang cukup, daun tumbuhan terlihat lebih hijau. Malah, tumbuhan yang kurang mendapat cahaya matahari, daunya lebih pucat. Selain itu, tumbuhan yang kurang mendapat cahaya matahari akan tumbuh tidak normal, yaitu memmounyai batang yang tinggi dan berdaun kecil.

Informasi tersirat dari teks tersebut adalah ....
A. Dampak negatif cahaya matahari untuk tumbuhan hijau
B. Manfaat cahaya matahari untuk tumbuhan hijau
C. Tumbuhan hijau membutuhkan cahaya matahari untuk pertumbuhan
D. Dengan cahaya matahari yang cukup, daun tumbuhan hijau terlihat lebih hijau

5. Penyakit influenza adalah penyakit yang sangat mudah ditransfer. Penyakit ini menyebar melalui kontak langsung dari satu orang ke orang lain. Menurut temuan terbaru, penyebaran virus influenza terkait erat dengan kelembaban. Di negara-negara beriklim seperti Amerika Utara dan Eropa, wabah flu biasanya terjadi di musim dingin. Di negara tropis, influenza menyebar di musim hujan.

Gagasan utama dari bacaan di atas adalah ....
A. penyebaran penyakit influenza
B. sejenis penyakit yang mudah ditularkan
C. mudah ditransfer
D. penyebab influenza

6. Di sebuah desa hiduplah seorang petani. Ia bekerja sejak selesai subuh dan pulang saat matahari mulai terbenam. Ia giat mengerjakan sawah dan ladangnya. Ketika bekerja, Pak Tani tidak pernah mengeluh. Ia ingin membahagiakan keluarganya. Berkat ketekunan Pak Tani, hasil panennya sangat melimpah.

Informasi tersurat dari teks tersebut adalah ....
A. Di sebuah desa hiduplah beberapa orang petani yang kaya
B. Ia tak sanggup membahagiakan keluarganya
C. Ia bekerja sejak sebelum subuh hingga sakit
D. Berkat ketekunan Pak Tani, hasil panennya sangat melimpah

7. Memainkan alat musik sasando tidak mudah. Diperlukan harmonisasi perasaan dan teknik untuk menciptakan melodi melodi. Ini juga membutuhkan keterampilan jari untuk memetik senar seperti kecapi.

Gagasan utama dari bacaan di atas adalah ....
A. bermain Sasando itu sulit
B. bermain sasando tidak sulit
C. teknik bermain sasando
D. karakteristik alat musik sasando

8. Lebih dari dua dekade berada dalam penjara, Mandela menjadi simbol perlawanan terhadap apartheid. Para pemimpin dunia terus meminta Pemerintah Afrika Selatan membebaskannya. Sebagai tanggapan atas tekanan dari dalam dan luar negeri, Presiden F.W. de Klerk pada 2 Februari 1990 mencabut pemberangusan ANC dan mengumumkan pembebasan segera Mandela. Pada 1993 Mandela mendapat hadiah Nobel Perdamaian bersama F.W. de Klerk untuk jasanya menghentikan sistem apartheid.Ia pun pernah menulis buku yang berjudul Long Walk to Freedom pada 1994.

Keistimewaan Mandela dalam teks tersebut adalah ....
A. Mandela mendapat hadiah Nobel Perdamaian
B. Mandela mendapat pembebasan penjara
C. Menjalani hukuman dengan sabar C. Mandela mendapat hadiah Nobel Perdamaian
D. Menjadi sImbol perlawanan apartheid

9. Festival rakyat di daerah saya sangat ramai. Acara berlangsung di alun-alun dekat istana. Ada banyak pedagang yang menjual berbagai jenis barang, misalnya pakaian, sepatu, dan tas. Mereka tidak hanya menjual barang tetapi juga makanan tradisional. Wow, festival ini sangat meriah.

Gagasan utama dari bacaan di atas adalah ....
A. karnaval
B. perayaan festival rakyat
C. acara di alun-alun dekat istana
D. festival rakyat di dekat saya

10. Sejak tahun 2005, Saya mulai melamar untuk menjadi ilustrator penerbit dunia caranya, Saya memasang lamaran pekerjaan untuk menjadi ilustrator di beberapa web dengan dilengkapi ilustrasi terbaik karya saya. Tapi, lama sekali tidak dapat order. Paling hanya order membuat komik tanpa imbalan. Meski begitu tetap Saya kerjakan sambil mengasah kemampuan menggambar, kata Ardian Syaf.

Keteladanan tokoh tersebut adalah ....
A. cerdas dan pintar
B. berbakti kepada orang tuanya
C. pekerja keras
D. tidak mudah putus asa

11. Pupuk organik adalah pupuk yang berasal dari sisa-sisa makhluk hidup. Pupuk bisa berasal dari kotoran hewan. Selain itu, kotoran manusia dapat dibuat untuk pupuk jenis ini. Ada juga pupuk organik yang berasal dari sisa-sisa tanaman seperti panen mendengkur.

Gagasan utama dari bacaan di atas adalah ....
A. sisa-sisa makhluk hidup
B. definisi Pupuk Organik
C. pupuk dari kotoran hewan
D. limbah manusia dapat digunakan sebagai pupuk

12. Habiburrahman El Shirazy merupakan sosok fenomenal dalam dunia sastra negeri ini. Beberapa karyanya, antara lain Ayat-ayat Cinta dan Ketika Cinta Bertasbih, berhasil mendapat sambutan luar biasa dari pembaca novel tanah air. Bahkan karya-karyanya telah dibuat dalam bentuk film dan sinetron.
Menurut Kang Abik, demikian panggilan akrab para penggemar kepadanya, ia dapat membuat beberapa novel dalam satu waktu. Ibarat makan, katanya, bosan jika harus makan satu menu terus dalam beberapa hari. Strategi selang-seling dalam menulis novel Islaminya ia jalani untuk menghindari kejenuhan.

Keistimewaan tokoh tersebut adalah ....
A. Beliau dapat menulis beberapa novel dalam satu waktu.
B. Dapat menerjemahkan buku dari bahasa Arab dan Inggris.
C. Karya-karyanya sudah banyak dibuat dalam bentuk film.
D. Beliau sudah gemar membaca dan menulis sejak muda.

13. Hasil laut seperti karang, teripang, dan kepiting adalah barang ekspor. Karena itu, nelayan kita harus sangat terampil dalam menanam dan memanen hasil laut ini sehingga tidak ada makanan laut dari luar negeri yang mencapai Indonesia. Generasi muda harus memikirkan perkembangan laut. Jangan mengambil pandangan bahwa laut itu menakutkan, tetapi harus sebaliknya, laut adalah teman.

Ide utama paragraf adalah ....
A. laut dan isinya harus disimpan dalam pembangunan
B. produk Maritim adalah barang ekspor
C. budaya laut harus diajarkan sejak dini
D. laut adalah sahabat sejati manusia

14. Adam Malik Batubara lahir di Pematangsiantar, Sumatera Utara, 22 Juli 1917. Semenjak kecil ia gemar menonton film koboi, membaca, dan fotografi. Beliau pernah menjadi Menteri Perdagangan, Menteri Luar Negeri, lalu Ketua DPR, hingga puncak kariernya sebagai Wakil Presiden Indonesia ke-3. Adam Malik menempuh pendidikan dasarnya di Holladech-Inlandsche School Pematangsiantar. Ia melanjutkan ke Sekolah Agama Parabek di Bukittinggi, namun hanya satu setengah tahun saja karena kemudian pulang kampung dan membantu orang tua berdagang. Disela-sela kesibukan barunya itu, ia banyak membaca berbagai buku yang memperkaya pengetahuan dan wawasannya. Pada usia 20 tahun, ia bersama dengan Soemanang, Sipahutar, Armijn Pane, Abdul Hakim, dan Pandu Karta wiguna memelopori berdirinya Kantor Berita Antara pada tahun 1937.

Keteladanan tokoh tersebut adalah ....
A. pelopor berdirinya Kantor Berita Antara pada tahun 1937
B. gemar menonton film koboi, membaca, dan fotografi
C. menjadi Menteri Perdagangan, Menteri Luar Negeri, dan DPR
D. banyak membaca berbagai buku yang memperkaya pengetahuan dan wawasannya

15. Manusia dapat menggerakan tubuhnya karena adanya otot. Otot atau yang dikenal dengan istilah daging terdiri atas sel-sel otot. Sifat sel otot adalah mempunyai kemampuan untuk mengerut (kontraksi) dan meregang kembali (relaksasi).

Gagasan pokok paragraf di atas adalah ....
A. manusia dapat bergerak karena otot
B. otot disebut juga daging
C. otot dapat meregang
D. otot dapat mengerut

16. Tjoet Nyak Meutia adalah pahlawan nasional Indonesia dari Aceh. Awalnya Tjoet Meutia melakukan perlawanan terhadap Belanda bersama suaminya Teuku Muhammad. Namun pada Maret 1905, suaminya berhasil ditangkap Belanda dan dihukum mati. Tjoet Meutia kemudian menikah dengan Pang Nanggroe sesuai wasiat suaminya dan bergabung dengan pasukan lainnya di bawah pimpinan Teuku Muda Gantoe.

Keteladanan yang bisa dipetik dari tokoh pada penggalan biografi tersebut adalah ....
A. Berjuang bersama dengan suami bukanlah hal yang baik
B. Rela ditangkap dan dihukum mati oleh Belanda demi perjuangan
C. Menikah lagi seusai suaminya wafat/meninggal
D. Tidak hanya laki-laki yang harus berjuang demi bangsa dan negara

17. Bahan baku tahu Sumedang berupa kacang kedelai. Bahan ini disuplai dari Bandung. Untuk keperluan produksi, secara rutin dikirim 5 ton kacang kedelai per minggu. Harga kacang kedelai yang digunakan berkisar antara Rp12.700,00 sampai Rp13.000,00 per kilogram.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....
A. Bahan baku tahu Sumedang
B. Pembuatan tahu Sumedang
C. Harga kacang kedelai
D. Pengiriman kacang kedelai

18. Demi ibunya yang telah bersusah payah membiayai hidup dan pendidikannya, Habibie belajar dengan sungguh-sungguh. Tekadnya ia harus jadi orang sukses. Pada saat ia kuliah di Jerman itu, tahun 1955, di Aachean, 99% mahasiswa Indonesia yang belajar di sana diberi beasiswa penuh. Hanya beliaulah yang memiliki paspor hijau. Ketika musim liburan tiba, ia menggunakan waktunya untuk mengikuti ujian dan bekerja. Sehabis masa libur, ia kembali fokus belajar. Gaya hidupnya ini sangat berbeda dibandingkan teman-temannya yang memilih menggunakan waktu liburan musim panas untuk bekerja, mencari pengalaman, tanpa mengikuti ujian.

Hal yang dapat diteladani dari tokoh adalah ....
A. Belajar dengan sungguh-sungguh dan pekerja keras
B. Tidah patuh pada orang tua
C. Mencari pengalaman bekerja
D. Tidak mengikuti ujian

19. Para petani banyak diuntungkan dengan memanfaatkan pupuk organik. Jangka waktu kesuburan tanah menjadi semakin lama. Biaya yang dikeluarkan untuk pembelian pupuk juga semakin murah. Hasil panennya pun lebih menyehatkan apabila dikonsumsi. Harga jual hasil panen dengan pupuk organik di pasaran lebih tinggi. Dengan demikian, petani mendapatkan keuntungan yang berlipat.

Ide pokok bacaan di atas adalah ....
A. hasil panen pupuk organik
B. keuntungan memakai pupuk organik
C. keuntungan petani yang berlipat
D. manfaat pembuatan pupuk organik

20. Mohammad Hatta lahir 12 Agustus 1902 di Bukit Tinggi. Sejak kecil Hatta adalah seorang tokoh yang rajin belajar, baik pelajaran agama maupun ilmu pengetahuan, ia pelajari semuanya. Setelah dewasa Hatta sering pergi ke daerah-daerah untuk memberikan kursus kepada anggota-anggota partai bagaimana cara berpolitik untuk membela kebenaran dan memperjuangkan nasib bangsa dari Belanda. Hatta juga dikenal dengan karangannya yang berisi kritikan-kritikan kepada Belanda. Meski pernah ditangkap dan dibuang ditepi sungai Digul, Hatta tetap pada pendirian tidak mau bekerja sama dengan Belanda.

Hal yang dapat diteladani dari tokoh dalam kutipan tersebut adalah ....
A. Pendiriannya tidak mau bekerja sama dengan Belanda.
B. Keinginan Hatta untuk menjadi pegawai Belanda.
C. Kritik-kritiknya kepada Belanda.
D. Ketidakseriusan Hatta dalam belajar.

21. Untuk menambah kompetensi di dunia kerja, bahasa Inggris perlu dikuasai. Penguasaan bahasa Inggris memiliki nilai penting untuk mendongkrakkemajuan karier. Pada era persaingan dunia kerja yang semakin kompetitif, seseorang yang menguasai bahasa Inggris otomatis memiliki peluang kerja. Seseorang yang tidak menguasai bahasa Inggris peluangnya lebih kecil untuk diterima sebagai karyawan.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....
A. dunia kerja semakin kompetitif dengan bahasa Inggris
B. peluang kerja bagi yang tidak bisa berbahasa Inggris
C. bahasa Inggris untuk mendongkrak kemajuan
D. penguasaan bahasa Inggris bagi pencari kerja

22. Ibu Soed bernama lengkap Saridjah Niung Bintang Soedibio. Beliau seorang pencipta lagu anak-anak legendaris. Beliau mencipta 200 lebih lagu anak-anak. Tokoh musik tiga zaman (Belanda, Jepang, Indonesia) ini pertama kali mengumandangkan suaranya di radio NIROM Jakarta pada 1927. Ibu Soed juga mahir mengalunkan biola. Sebagai pemusik biola, beliau ikut mengiringi lagu “Indonesia Raya” ketika pertama kali didengungkan di Gedung Pemuda pada 28 Oktober 1928. Setelah menamatkan pendidikan di KweekSchool, Bandung. Ibu Soed mengajar di HIS Petojo. Ibu Soed juga mendirikan sekolah wanita di Jepara dan Rembang. Di sana ia mulai mengajar anak-anak menyanyi. Dia prihatin melihat anak-anak Indonesia tampak kurang bahagia. Dia berpikir, untuk menyenangkan anak-anak itu dengan menyanyi.

Keistimewaan tokoh biografi tersebut adalah ....
A. Ibu Soed prihatin melihat anak-anak Indonesia kurang bahagia.
B. Ibu Soed prihatin melihat anak-anak kurang pintar bernyanyi.
C. Ibu Soed pencipta lagu anak-anak dan mahir
D. Ibu Soed menamatkan pendidikan di Kweekschool, Bandung.

23. Gotong royong saat berladang masih membudaya di komunitas Dayak Jalai, Kalimantan Barat. Mereka bekerja sukarela tanpa diganjar upah sepeser pun. Pemilik ladang cukup menyediakan bahan dan peralatan menanam padi serta konsumsi. Bekerja dengan gotong royong saat berladang tidak semata mampu menekan biaya produksi. Tradisi itu juga merekatkan rasa persaudaraan dan solidaritas warga

Ide pokok bacaan di atas adalah ....
A. Penekanan biaya produksi
B. Tradisi masyarakat Dayak Jalai
C. Budaya gotong royong
D. Peralatan penanam padi

24. Inti atau dasar permasalahan dari suatu teks adalah ....
A. gagasan penjelas
B. kalimat utama
C. ide pokok
D. informasi penting

25. Menjadi filatelis atau pengumpul perangko sudah dianggap kuno. Di tengah kemajuan teknologi, banyak pilihan untuk menikmati hobi dan hiburan. Ada hobi game online, fashion, beternak, dll. Mengumpulkan prangko dan benda-benda pos lainnya agaknya mulai ditinggalkan orang.

Ide pokok bacaan di atas adalah ....
A. jenis-jenis hobi
B. hobi orang masa sekarang
C. anggapan filatelis itu kuno
D. banyak pilihan untuk menikmati hobi dan hiburan

26. Ide pokok dapat dijumpai pada ....
A. paragraf awal
B. paragraf akhir
C. kalimat utama
D. kalimat penjelas

27. Perayaan tahun baru yang berlangsung meriah di Jakarta meninggalkan sejumlah persoalan. Satu di antara persoalan tersebut adalah rusaknya sejumlah taman kota di Jakarta. Kerusakan taman ini seperti terlihat di Monas Jakarta. Hampir semua tanaman hias yang berada di area tersebut rusak akibat terinjak-injak ribuan pengunjung.

Ide pokok bacaan di atas adalah ....
A. taman kota di Jakarta rusak
B. tanaman hias rusak diinjak-injak
C. masalah yang muncul setelah perayaan tahun baru
D. perayaan tahun baru berlangsung meriah

28. Organ gerak pada hewan dan manusia memiliki kesamaan. Alat-alat gerak yang digunakan pada manusia dan hewan ada dua macam, yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot. Kedua alat gerak ini akan bekerja sama dalam melakukan pergerakan. Kerja sama antara kedua alat gerak tersebut membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak.

Ide pokok paragraf di atas adalah ....
A. kesamaan alat gerak hewan dan manusia
B. kesamaan hewan dan manusia
C. gerakan tulang dan otot
D. sistem gerak

29. Tokoh kartun Shincan dianggap tidak dapat dijadikan model yang baik untuk anak-anak. Banyak protes yang ditujukan kepadanya melalui surat pembaca di berbagai media cetak. Protes sebagian besar dilakukan oleh ibu-ibu. Mereka menyatakan bahwa Shincan mempunyai kelakuan negatif yang tenyata banyak diikuti oleh anak-anak. Tokoh Shincan memang mempunyai karakter sebagai penebar virus yang berbahaya.

Apakah simpulan dari kutipan teks di atas ....
A. Banyak protes yang ditujukan kepadanya melalui surat pembaca di berbagai media cetak.
B. Tokoh Shincan mempunyai karakter sebagai penebar virus yang berbahaya.
C. Tokoh kartun Shincan dianggap tidak dapat dijadikan model yang baik untuk anak-anak.
D. Shincan mempunyai kelakuan negatif yang tenyata banyak diikuti oleh anak-anak.

30. Salah satu ciri dari makhluk hidup adalah bergerak. Secara umum, gerak dapat diartikan berpindah tempat atau perubahan posisi sebagian atau seluruh bagian dari tubuh. Makhluk hidup akan bergerak apabila ada rangsangan yang mengenai sebagian atau seluruh bagian tubuhnya.

Kalimat utama paragraf di atas terletak di ....
A. awal dan akhir paragraf
B. awal paragraf
C. akhir paragraf
D. tengah paragraf

31. Smart phone (ponsel pintar) bukanlah sesuatu yang dianggap mewah pada zaman sekarang. Hampir sebagian besar orang tidak bisa lepas dari alat ini karena memberikan banyak kemudahan. Memang benar smart phone memberikan banyak kemudahan. Akan tetapi, jika seseorang berlebihan dalam menggunakannya justru akan merugikan. Smart phone yang digunakan secara berlebihan memberikan dampak negatif. Dampak negatif tersebut bisa merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Simpulan teks tersebut adalah ....
A. Kemudahan dan dampak negatif smart phone.
B. Jika seseorang berlebihan dalam menggunakan smartphone justru akan merugikan
C. Smartphone memberikan banyak kemudahan.
D. Dampak negatif tersebut bisa merugikan diri sendiri maupun orang lain.

32. Salah satu ciri dari makhluk hidup adalah bergerak. Secara umum, gerak dapat diartikan berpindah tempat atau perubahan posisi sebagian atau seluruh bagian dari tubuh. Makhluk hidup akan bergerak apabila ada rangsangan yang mengenai sebagian atau seluruh bagian tubuhnya.

Banyaknya kalimat penjelas dari paragraf di atas adalah ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

33. Hutan merupakan paru-paru dunia. Tanpa adanya hutan kita tidak akan bisa hidup di bumi ini. Pohon-pohon yang ada di hutan setiap harinya memproduksi oksigen yang sangat kita butuhkan untuk bernafas. Jika hutan kita tak terselamatkan dari penebangan liar dan pembakaran maka cepat atau lambat pohon-pohon di hutan akan habis.

Hal tersebut berdampak pada kelangsungan hidup makhluk hidup temasuk diri kita. Jika hutan habis maka tak ada lagi pohon yang menghasilkan oksigen untuk kita bernafas. Lalu bagaimana kita akan hidup? Marilah bersama-sama kita kampanyekan program one man one tree. Satu orang wajib menanam minimal satu pohon. Mari selamatkan, lestarikan, dan jaga hutan kita. Untuk adanya masa depan untuk kita dan anak cucu kita.

Teks persuasi tersebut memberikan informasi tentang ....
A. Ajakan untuk kembali memperbaiki lingkungan daerah pantai yang rusak akibat abrasi dengan melakukan reboisasi hutan mangrove
B. Kerusakan hutan yang diakibatkan oleh factor alam, seperti gempa bumi
C. Dampak dari kerusakan hutan serta berisi tentang ajakan untuk menanam pohon agar keberlangsungan hidup makhluk hidup tetap terjaga
D. Ajakan untuk menjaga lingkungan hidup untuk kehidupan yang sehat dan menentramkan

34. Hal yang harus diperhatikan dalam membuat kesimpulan adalah ....
A. tema dan pilihan kata
B. amanat dan bahasa
C. bahasa dan pilihan kata
D. bahasa dan intonasi

35. Kalimat berikut yang merupakan kalimat persuasi adalah ....
A. Mengapa kamu membolos hari ini?
B. Mari hidup rukun demi terciptanya lingkungan yang damai!
C. Kelas kami akan mengadakan study tour ke Palembang, namun dia memilih untuk tidak ikut.
D. Aku menolak hadir dalam acara tersebut.

36. Yang bukan merupakan cara menyimpulkan teks laporan adalah ....
A. Menentukan judul
B. Membuat kalimat utama
C. Membaca teks dengan seksama
D. Membuat kesimpulan dari teks

37. Teks nonfiksi adalah teks yang berisi informasi berdasarkan ....
A. opini
B. fakta
C. tema
D. prediksi

38. Tumbuhan merupakan sumber kehidupan yang ada di sekitar kita.Tumbuhan memberi banyak manfaat bagi kehidupan manusia.Bagian tumbuhan dapat digunakan sebagai bahan makanan, baik daun,buah maupun bagian lainya.Tumbuhan dapat membuat udara sejuk karena mampu menghasilkan oksigen.Tumbuhan juga dapat dibuat menjadi perabot rumah tangga dan kerajinan bernilai tinggi.Selain itu,tumbuhan dapat dibuat menjadi obat untuk menjaga kesehatan manusia.

Kesimpulan dari teks di atas adalah ....
A. Manfaat tumbuhan bagi manusia
B. Manfaat tumbuhan bagi hewan
C. Cara tumbuhan berkembang biak
D. Tumbuhan dapat menghasilkan oksigen

39. Kita dapat memperkirakan isi teks nonfiksi hanya dengan membaca ... saja.
A. Judulnya
B. Pertanyaannya
C. Isinya
D. Kalimatnya

40. Ciri Kesimpulan yang benar adalah ....
A. Menggunakan bahasa yang baik dan benar
B. Berbelit-belit
C. Tidak mudah dipahami
D. Tidak jelas

41. Informasi dalam teks nonfiksi disajikan secara ....
A. tersirat dan simpulan
B. tersurat dan tersirat
C. tersurat dan tertulis
D. tertulis dan terbaca

42. Langkah yang dilakukan sebelum menuliskan kembali informasi penting dari suatu teks untuk disampaikan secara lisan adalah ....
A. membaca bagian awal
B. membaca bagian akhir teks
C. membaca judul teks
D. membaca teks seluruhnya dengan teliti

43. Kata atau ungkapan yang mewakili konsep yang telah disebutkan adalah ....
A. Kata sifat
B. Kata kunci
C. Kata baku
D. Kata kerja

44. Tujuan membuat catatan informasi dari teks dalam bentuk tabel adalah ....
A. menarik untuk dilihat
B. catatan menjadi rapi
C. informasi menjadi lebih lengkap
D. mempermudah menyampaikan informasi secara lisan

45. Lingkungan pasar Indrasari tampak tidak terpelihara kebersihannya. Tumpukan sampah terlihat di pojok-pojok pasar. Tumpukan sampah juga ada di antara kios-kios dan jalan di dalam pasar. Lalat-lalat beterbangan menghinggapi makanan yang dijual. Di lingkungan pasar tidak tersedia tempat pembuangan sampah yang cukup.

Pertanyaan yang tepat dengan isi teks di atas adalah ....
A. Berapa jumlah kios di pasar Indrasari?
B. Mengapa pasar Indrasari sepi pengunjung?
C. Kapan kerjabakti di pasar Indrasari dilaksanakan?
D. Bagaimana keadaan lingkungan pasar Indrasari?

46. Untuk mempermudah menceritakan kembali informasi dalam sebuah bacaan kita perlu membuat catatan dalam bentuk ....
A. ide pokok
B. gagasan utama
C. tabel
D. narasi yang panjang

47. Dari judulnya, yang dapat membantu kita memperoleh perkiraan informasi pada teks nonfiksi adalah ....
A. gagasan pokok
B. kesimpulan
C. kata kunci
D. kalimat utama

48. Adam malik sudah aktif berorganisasi sejak remaja. Pada usia 17 tahun, ia menjadi ketua Postindo di Pematang Siantar (1934-1935). Karier jurnalistiknya di mulai ketika menjadi penulis di majalah Partindo dan surat kabar Pelita Andalas. Ia memutuskan untuk merantau ke Jakarta karena ingin berbakti kepada bangsa dan negara.

Hal yang dapat diteladani dari tokoh dalam biografi di atas adalah ....
A. meninggalkan orang tuanya untuk merantau
B. menjadi seorang jurnalis
C. aktif dalam organisasi sejak remaja
D. menjadi ketua Postindo di Pematang Siantar (1934-1935)

49. Tim Nasional Indonesia U-19 dijadwalkan menggelar pemusatan latihan di Eropa. Ternyata ada beberapa sajian wajib yang dibawa oleh Evan Diman dan kawan-kawan ke salah satu negara benua biru tersebut. Kecap jadi barang yang wajib dibawa. Kecap sebagai penyedap masakan kondusif untuk dikonsumsi Timnas U-19.

Pernyatan yang sesuai dengan paragraf tersebut adalah ....
A. Tim Nasional Indonesia U-19 dijadwalkan latihan di Eropa.
B. Jadwal pemusatan latihan Timnas U-19 di Indonesia.
C. Persiapan yang dibawa Evan Dimas dan Kawan-kawan.
D. Kecap ialah masakan kesukaan seluruh Timnas U-19

50. Informasi yang terdapat pada suatu teks dinamakan informasi ....
A. terbaru
B. lama
C. tersurat
D. tersirat

51. Berbagai pikiran jelek menghantui kepala yang penat dan tubuh yang lelah. Kemanakah engkau gadis kecil? Mungkinkah anak gedongan itu telah tewas? Parameter pencarian demikian luas. Flo bisa saja tidak menuruni lereng menuju lembah melainkan naik terus ke puncak atau berjalan berputar-putar mengelilingi lereng, tersesar dalam fatamorgana hingga habis tenaganya.

Simpulan akibat dari konflik tersebut adalah ....
A. Pencarian terhadap tokoh tidak boleh karena lelah.
B. Pencarian terhadap tokoh tidak boleh karena tokoh telah tewas.
C. Pencarian terhadap tokoh belum berhasil ditemukan.
D. Pencarian tokoh dilakukan di lereng dan lembah.

52. Informasi yang tidak disajikan secara langsung pada suatu teks dinamakan informasi ....
A. terbaru
B. lama
C. tersurat
D. tersirat

53. Ayah mengamati saya dari atas ke bawah. Ia bangun dan menjangkau tangan kananku. Katanya, "Untuk apa bunga ini, heh?" Aku tidak tahu alasannya apa, aku telah mengasihi bunga ditanganku ini. Ayah meraih dan merenggutnya dari tanganku. Kulihat bongkah otot tangan Ayah menggenggam bunga kecil-kecil itu. Aku menahan untuk tidak berteriak. "Laki-laki tidak perlu bunga, Buyung. Kalau perempuan, bolehlah. Tetapi engkau laki-laki." Ayah melemparkan bunga itu. Aku menjerit. Ayah pergi. Ibu masih berdiri. Aku membungkuk, mengambil bunga itu, membawanya ke kamar.

Isi tersirat kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. Ayah tidak ingin bila bunga itu dipetik.
B. Ayah ingin bunga itu sebagai hiasan di taman.
C. Ayah tidak ingin Buyung mempunyai sifat lembut menyerupai perempuan.
D. Ayah tidak ingin anaknya menyukai bunga.

54. Indonesia adalah negara yang memiliki keanekaragaman. Dengan perbedaan yang dimiliki, baik suku, ras, agama, dan budaya, mampu menjadikan Indonesia negara yang unik. Untuk itu semua pihak mengupayakan terciptanya kerukunan hidup seperti yang digambarkan dalam semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Judul yang tepat untuk teks nonfiksi di atas adalah ....
A. Indonesia Kaya Budaya
B. Rukun itu Indah
C. Kerukunan dalam Keberagaman
D. Kehidupan Bermasyarakat

55. Semasa hidup, kakek penyuka, penulis, pembaca puisi dan menerbitkannya. Dilihat dari beberapa komentar penyair di bukunya, puisi kakek adalah pusisi nyentrik. Puisinya ladang dari segala perasaan yang dimiliki manusia. Satu hal dari kenyentrikan puisinya selalu memandang dunia dengan tawa. Buku-buku sastra tersusun rapi di salah satu ruang rumah. Di situlah kakek bermeditasi melahirkan puisi.

Isi kutipan cerpen tersebut menceritakan ....
A. Aktivitas tokoh kakek menulis puisi di ruang khusus miliknya.
B. Keinginan tokoh aku mengikuti jejak kakek semasa hidup.
C. Kebiasaan tokoh aku yang suka membaca buku tentang puisi.
D. Tokoh aku menceritakan sang Kakek yang menyukai puisi.

56. Internet memiliki banyak manfaat bagi siswa, diantaranya internet sebagai sumber informasi dan ilmu pengetahuan sehingga siswa dapat mencari informasi yang berhubungan dengan materi di sekolah dan membantu siswa dalam menyelesaikan tugas dengan mudah. Hal tersebut dapat membuat siswa lebih kreatif dan aktif dalam mencari informasi dan ilmu pengetahuan.

Namun sayangnya, internet tidak selalu memberikan dampak yang baik bagi kita. Dampak yang tidak baik pun sebenarnya sudah ikut bergabung dalam kehidupan kita. Dampak negatif tersebut, misalnya pornografi, kekerasan, kecanduan game online, dan kecanduan jejaring sosial, yang sangat berpengaruh pada kehidupan remaja, khususnya pelajar.

Simpulan teks persuasif tersebut adalah ....
A. internet merupakan sumber informasi
B. internet merupakan sumber pengetahuan
C. dampak positif dan negatif dari internet
D. dengan internet siswa menjadi kecanduan

57. Berdasarkan bahan yang dikandung, minuman dapat dikelompokkan menjadi minuman berbahan soda dan berbahan alkohol. Minuman berbahan soda biasanya dapat menimbulkan efek menyegarkan, namun dapat menimbulkan rasa tidak enak di lambung(kembung). Minuman alkohol merupakan minuman yang mengandung alkohol di dalamnya. Selain dilarang oleh agama, minuman berbahan alkohol ini juga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit pada tubuh kita, seperti penyakit liver dan kanker.

Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ....
A. Minuman beralkohol dapat menimbulkan penyakit radang
B. Minuman berbahan soda lebih baik daripada alkohol
C. Minuman alkohol menimbulkan rasa segar
D. Minuman berbahan soda dapat menimbulkan penyakit

58. Penyebab seseorang mengalami gangguan pencernaan, antara lain, pola makan tidak teratur. Misalnya, sering terlambat makan, kurang mengonsumsi sayur dan buah, dan kurang memperhatikan gizi makanan. Salah satu upaya menjaga saluran pencernaan agar tetap sehat, makanlah dengan pola makan sehat dan seimbang.

Simpulan teks persuasif tersebut adalah ....
A. sering terlambat makan adalah penyebab sakit pencernaan
B. kurang mengonsumsi sayur dan buah adalah penyebab utama sakit pencernaan
C. makanlah dengan pola makan sehat dan seimbang.
D. penyebab gangguan pencernaan, antara lain, pola makan tidak teratur.

59. Burung merpati memiliki beragam jenis warna, antara lain cokelat, putih, hitam, atau perpaduan dari beberapa warna tersebut Merpati memiliki semacam sensor dalam hidungnya yang digunakan untuk mengenali bau rumahnya. lnilah penyebab burung merpati dapat pulang ke rumahnya setelah terbang jauh. Makanan burung ini adalah biji-bijian, seperti jagung, beras, kacang hijau, dan lain sebagainya. Bahkan, di daerah desa burung merpati biasa memakan gabah yang sedang dijemur oleh petani.

Bagaimana burung merpati dapat kembali ke kandangnya setelah terbang jauh ....
A. Mengepakkan sayapnya sekuat tenaga
B. Menggunakan sensor dalam hidungnya
C. Memakan biji-bijian agar awas
D. Memanfaatkan jenis warna

60. Kebersihan sangatlah penting untuk dijaga. Karena dengan kebersihan, akan tercipta kesehatan. Sebaliknya, jika kita tidak menjaga kebersihan, maka penyakit akan mengintai kita. Oleh karena itu, marilah kita menjaga kebersihan dengan cara membersihkan lingkungan sekitar kita ....
A. Kebersihan sangatlah penting untuk dijaga.
B. marilah kita menjaga kebersihan
C. jika kita tidak menjaga kebersihan, maka penyakit akan mengintai kita.
D. dengan kebersihan, akan tercipta kesehatan

61. Indonesia merupakan paru-paru dunia kedua. Indonesia memiliki hutan lebat yang memberikan banyak oksigen. Di negara ini terdapat tumbuh-tumbuhan dan hewan yang khas, seperti matoa, kayu cendana, burung cenderawasih, orang utan, dan komodo.

Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ....
A. Hewan hidup makmur di hutan Indonesia
B. Matoa, kayu cendana, komodo, meru-pakan fauna yang ada di Indonesia
C. Indonesia memiliki hutan yang pa-ling luas di dunia
D. Hutan di Indonesia memiliki aneka jenis tumbuhan dan hewan khas

62. Susu sangatlah bermanfaat bagi kesehatan kesehatan kita. Dengan meminum susu, tubuh akan menjadi sehat serta kuat karena susu mengandung protein dan kalsium tinggi. Namun hanya satu susu diantara yang lain yang memiliki zat-zat tambahan yang begitu menyehatkan tubuh yaitu susu Ultra Milk. Oleh karena itu jika anda ingin sehat dan kuat, marilah kita meminum susu Utra Milk.

Simpulan isi teks persuasi tersebut adalah ....
A. Susu yang memiliki zat-zat tambahan yang begitu menyehatkan tubuh yaitu susu Ultra Milk.
B. Susu sangatlah bermanfaat bagi kesehatan kesehatan kita.
C. Dengan meminum susu, tubuh akan menjadi sehat serta kuat
D. Jika anda ingin sehat dan kuat, marilah kita meminum susu Utra Milk.

63. Tiga orang tewas dan sepuluh orang lainnya luka saat sebuah minibus bertabrakan dengan truk bermuatan pasir di jalur Magelang-Semarang di Dusun Digelan, Jawa Tengah Kemarin. Korban tewas ialah Joko Susanto 35 tahun, supir minbus, warga Bener, Purworejo, dan dua penumpang, yakni Pardi 40 tahun dan Wiwit 25 tahun, warga Rembang. Minibus yang ditumpangi korban tengah mengangkut13 orang yang hendak berwisata ke Candi Borobudur.

Pernyataan yang sesuai dengan teks tersebut adalah ....
A. Korban dari kecelakaan di Dusun Digelan 13 tewas 10 luka-luka.
B. Kecelakaan minibus dengan truk bermuatan pasir terjadi di Dusun Digelan.
C. Terjadi kecelakaan di Purworejo Jawa Tengah.
D. Korban hendak berwisata ke Semarang.

64. Betapa sulitnya seorang pecandu rokok untuk menghentikan kebiasaan merokoknya. Seberapa mahal pun harga rokok tidak dapat menghentikan mereka. Misalnya, di Malaysia, harga 20 batang rokok dapat setara dengan lima persen pendapatan buruh kasar. Di Shanghai, Cina, petani dan perokok menghabiskan uang untuk membeli rokok lebih banyak daripada yang dipakai untuk membeli gandum, daging, dan buah-buah sebagai kebutuhan utama mereka. Hentikan merokok sebelum candu rokok melekat pada diri Anda.

Kalimat di atas yang menunjukkan ajakan adalah ....
A. Hentikan merokok sebelum candu rokok melekat pada diri Anda.
B. Seberapa mahal pun harga rokok tidak dapat menghentikan mereka.
C. Betapa sulitnya seorang pecandu rokok untuk menghentikan kebiasaan merokoknya.
D. Membeli rokok lebih banyak daripada yang dipakai untuk membeli gandum, daging, dan buah-buah sebagai kebutuhan utama mereka.

65. Sebentar lagi musim penghujan akan segera tiba. Sejumlah persiapan pun dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengantisipasi masalah banjir yang kerap menjadi langganan kala musim penghujan datang. Selain melakukan normalisasi waduk, Pemprov DKI pun mulai melakukan simulasi terkait penyaluran logistik kepada warga saat banjir. Pemprov DKI mempelajari berdasarkan hasil evaluasi dari musibah banjir yang terjadi pada awal tahun sebelumnya.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....
A. Pemprov DKI langganan banjir setiap tahun
B. Antisipasi Pemprov DKI terhadap banjir
C. Pemprov DKI mempelajari hasil evaluasi banjir
D. Persiapan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta

66. Tokoh kartun Shincan dianggap tidak dapat dijadikan model yang baik untuk anak-anak. Banyak protes yang ditujukan kepadanya melalui surat pembaca di berbagai media cetak. Protes sebagian besar dilakukan oleh ibu-ibu. Mereka menyatakan bahwa Shincan mempunyai kelakuan negatif yang tenyata banyak diikuti oleh anak-anak. Tokoh Shincan memang mempunyai karakter sebagai penebar virus yang berbahaya.

Apakah harapan penulis dari kutipan teks di atas ....
A. Pemerintah melarang diterbitkannya komik Shincan.
B. Orang tua harus memperhatikan anak-anaknya ketika membaca komik Shincan.
C. Orang tua melarang anak-anaknya untuk membaca komik Shincan.
D. Orang tua mendampingi anak-anaknya ketika membaca komik Shincan

67. Warga kelurahan Berok Nipah akan membudayakan kembali Surau. Anak-anak harus shalat berjamaah setiap waktu di surau. Setiap hari minggu mereka harus mengikuti kegiatan didikan subuh di surau dekat rumah adat masing-masing. begitu juga pada bulan Ramadhan. Anak-anak mengikuti pesantren ramadhan. Sejak saat itu tidak ada lagi anak-anak bermain dimalam hari.

Informasi tersirat pada teks tersebut adalah ....
A. Menanamkan agar shalat berjamaah
B. Membiasakan shalat subuh di surau
C. Mewajibkan mengikuti pesantren ramadhan.
D. Menanam ajaran agama sejak dini

68. Sebentar lagi musim penghujan akan segera tiba. Sejumlah persiapan pun dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengantisipasi masalah banjir yang kerap menjadi langganan kala musim penghujan datang. Selain melakukan normalisasi waduk, Pemprov DKI pun mulai melakukan simulasi terkait penyaluran logistik kepada warga saat banjir. Pemprov DKI mempelajari berdasarkan hasil evaluasi dari musibah banjir yang terjadi pada awal tahun sebelumnya.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....
A. Pemprov DKI langganan banjir setiap tahun
B. Antisipasi Pemprov DKI terhadap banjir
C. Pemprov DKI mempelajari hasil evaluasi banjir
D. Persiapan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta

69. Selain melakukan diet, olahraga merupakan cara yang dapat mengatasi masalah kegemukan. Hal ini pada kenyataan tidak hanya pada orang dewasa, melainkan juga pada anak-anak. Hanya saja, beberapa anak merasa malas untuk melakukan kegiatan fisik, apalagi jika televisi telah menghipnotisnya.

Informasi yang tersirat pada teks tersebut adalah ....
A. Hal ini pada kenyataan tidak hanya sekedar pada orang dewasa.
B. Diet adalah salah satu cara untuk mengatasi kegemukan.
C. Olahraga merupakan cara yang dapat mengatasi masalah kegemukan.
D. Beberapa anak merasa malas untuk melakukan kegiatan fisik.

70. Trusmi merupakan desa yang dijuluki sentra batik Cirebonan. Hampir semua orang mengenal batik, bahkan masyarakat Tiongkok sangat menyukai motif-motif batik dari desa yang satu ini. Batik banyak sekali ditemukan di desa yang berjarak kurang lebih lima kilometer ke arah barat Kota Cirebon ini. Dari produk rumahan sampai produk pabrikan terkenal dapat ditemukan di desa tersebut. Motifnya pun sangat beragam, ada mahkota, mega mendung, dan motif-motif pesisiran lainnya.

Ide pokok bacaan di atas adalah ....
A. Trusmi sebagai sentral batik Cirebon
B. Kegemaran orang Cina akan motif batik
C. Berbagai motif batik Cirebon
D. Produk batik rumahan dan pabrikan