Rangkuman Materi Membaca Teks Sastra Dilengkapi Contoh Soal | Bahasa Indonesia Kelas IX

ilmubindo.com - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan rangkuman materi membaca teks sastra dilengkapi dengan contoh soal terbaru USBN bahasa Indonesia kelas 9. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi seputar rangkuman materi membaca teks sastra dilengkapi dengan contoh soal terbaru USBN bahasa Indonesia kelas 9.

Rangkuman Materi Membaca Teks Sastra Dilengkapi Contoh Soal | Bahasa Indonesia Kelas IX

Gambar: freepik.com

A. Menentukan Isi Tersurat Teks Sastra

Makna tersurat merupakan makna yang secara langsung dinyatakan atau tertulis di dalam teks. Makna tersurat dapat ditentukan dengan mudah karena seluruh informasi hanya merujuk pada isi teks sastra (derpen dan fabel). Namun, hal ini tetap membutuhkan pembacaan teks secara mendalam agar isi teks dapat dipahami secara utuh. Makna tersurat pada cerpen dan fabel biasanya berkaitan dengan unsur intrinsik, yakni tokoh, penokohan, latar, alur, dan bahasa.

B. Menentukan Makna Kata/Istilah pada Teks Sastra

Makna kata pada cepen dan fabel dapat ditemukan di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Namun, terkadang sebuah teks fiksi menggunakan kata yang memiliki banyak makna. Untuk mengatasinya, ketika menentukan makna kata, kesesuain makna dan konteks kalimat dalam rangkaian cerita harus diperhatikan dengan baik. Pahami terlebih dahulu makna kata dalam kalimat dan sesuaikan juga makna kata yang dituju dengan keseluruhan isi cerita.

C. Menyimpulkan Isi Tersirat dalam Teks Sastra

Tersirat berarti tidak disampaikan secara langsung. Informasi tersirat dapat ditentukan dengan membaca seluruh isi teks sastra secara mendalam agar maksud yang tersembunyi di dalam cerita dapat dipahami. informasi atau makna tersirat dalam sebuah teks sastra juga berkaitan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam cerita. Nilai tersebut mencakup nilai sosial, budaya, moral, kebenaran, religius, dan sebagainya. Nilai-nilai ini tidak secara langsung dinyatakan atau tidak tertulis di dalam teks.

D. Menyimpulkan Pernyataan yang Merupakan Ringkasan Peristiwa

Untuk dapat menyimpulkan pernyataan yang merupakan ringkasan peristiwa, terlebih dahulu, kalian harus memahami apa yang dimaksud dengan ringkasan. Tidak semua orang dapat dengan mudah memahami karya sastra yang dibacanya. Hal ini disebabkan oleh panjangnya cerita atau karena gaya bahasa yang digunakan pengarang sulit dipahami. Cara sederhana agar dapat memahami karya sastra adalah meringkas isinya. Ringkasan ini sangat membantu pembaca dalam memahami isi karya sastra. Hal yang perlu diperhatikan adalah isi cerita tetap harus urut antara aslinya dan ringkasannya.

E. Mengurutkan Peristiwa sesuai dengan Teks Sastra yang  Dibaca

Urutan peristiwa dalam cerita disebut juga alur. Menurut KBBI, alur adalah rangkaian peristiwa yang direka dan dijalin dengan saksama dan menggerakkan jalan cerita dari awal hingga akhir. Alur dapat juga diartikan jalinan peristiwa dalam karya sastra untuk mencapai efek tertentu. Keterkaitannya dapat diwujudkan oleh hubungan temporal atau waktu dan oleh hubungan kausal atau sebab-akibat.

F. Menunjukkan Bukti Watak Tokoh, Latar, Nilai dalam Teks Sastra

Latar meliputi waktu, tempat, dan suasana pada sebuah cerita. Latar waktu berisi penjelasan tentang kapan peristiwa dalam cerita terjadi. Contohnya, pagi hari, musim hujan, musim kemarau, atau seperti pada jam (tertentu).

Latar tempat berisi penjelasan tentang semua keterangan lokasi kejadian dalam cerita. Contohnya di kota tertentu, di desa tertentu, di gunung dan di pantai. Sementara itu, latar suasana berisi penjelasan tentang situasi dan atmosfer tempat yang tercipta pada sebuah cerita. Contohnya suasana sedih, menengangkan, kacau, dan hening.

Watak atau penokohan adalah cara pengarang menggambarkan atau melukiskan tokoh dalam cerita yang ditulisnya. Dalam penokohan, karakter seorang tokoh dapat dilihat melalui dialog tokoh, dialog tokoh lain, penjelasan tokoh, dan penggambaran fisik. 

G. Menilai Keunggulan/Kelemahan Karya Sastra yang Dibaca

Setiap karya sastra yang dibuat akan diapresiasi oleh banyak pembaca. Ada pembaca yang merasa karya sastra yang dinikmatinya memiliki banyak keunggulan, akan tetapi ada juga yang menilai ada kekurangan dalam karya sastra yang dinikmatinya. Hal ini waja. Penilaian setiap orang terhadap sebuah karya berbeda dengan penilaian orang lain. Namun, penilaian yang diberikan tentu saja harus tetap objektif sesuai dengan kemampuan apresiasi pembaca.

H. Kumpulan Contoh Soal Latihan

Contoh Soal membaca teks sastra dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru

1. Hujan lebat disertai badai yang terjadi mengakibatkan banjir bandang di sejumlah kawasan Kota Padang. Akibatnya, 8 orang dikabarkan hilang, 20 rumah rusak berat. Tidak hanya itu, beberapa jembatan putus, puluhan hektar swah rusak, hewan ternak hanyut, dan ribuan orang terkena dampaknya

Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ....
A. Bantuan untuk korban banjir disalurkan tim sukarelawan.
B. Penyebab bencana banjir adalah penebangan liar.
C. Banjir bandang di Kota Padang mengakibatkan kerugian besar.
D. Padang dilanda banjir sehingga melumpuhkan aktivitas warga.

2. Nilai yang terdapat dalam cerpen yang menyangkut masalah baik buruk, sopan santun, dan etika antar manusia adalah nilai ....
A. sosial
B. budaya
C. moral
D. agama

3. Kelapa sawit berbentuk pohon. Tingginya dapat mencapai 24 meter. Akar serabut tanaman kelapa sawit mengarah ke bawah dan samping. Selain itu juga terdapat beberapa akar napas yang tumbuh mengarah ke samping atas untuk mendapatkan tambahan oksigen.

Pernyataan yang sesuai isi paragraf di atas adalah ....
A. Kelapa sawit berakar serabut.
B. Akar napas kelapa sawit mengarah tegak ke atas.
C. Tinggi pohon kelapa sawit mencapai 24 cm.
D. Akar napas kelapa sawit berfungsi untuk mengeluarkan oksigen.

4. Pada zaman dahulu, hidup seekor burung merak yang angkuh. Suatu hari, ia bertemu dengan seekor burung bangau. Merak ingin memamerkan bulunya yang indah kepada bangau. Ia merentangkan bulunya di bawah sinar matahari untuk membuat bangau kagum.

Watak burung merak pada cerita di atas adalah .
...
A. angkuh
B. usil
C. rendah hati
D. baik hati

5. Fungsi judul puisi secara umum adalah ....
A. menulis isi puisi dan tema puisi
B. memilih diksi dan bait puisi
C. menentukan tema dan diksi puisi
D. menarik perhatian dan mengetahui isi puisi

6. Di sekolah, Edo selalu mendapat nilai 100 saat ulangan. Ia dikenal sebagai siswa yang berprestasi. Setiap pulang sekolah, Edo selalu mengulang pelajaran yang sudah dipelajarinya di sekolah.
Watak tokoh Edo dalam penggalan cerita di atas adalah ....
A. baik
B. pemberani
C. malas
D. rajin

7. Bacalah kutipan cerita berikut dengan cermat!
Pak Tohari seorang pejabat di suatu lembaga negara. Beliau sudah bekerja sebagai pegawai selama 38 tahun. Karena sudah berusia 57 tahun 9 bulan, Pak Tohari menyadarinya bahwa sebentar lagi beliau akan turun dari jabatan tersebut. Hal tersebut dikemukakan kepada keluarganya saat makan malam bersama keluarga.

Makna kata turun pada paragraf tersebut adalah ....
A. bekerja di tempat lain
B. menuju ke bawah
C. pensiun
D. menjadi staf

8. Burung gagak suka diejek oleh teman-temannya. Akan tetapi, burung gagak tidak pernah marah dan merasa dendam pada teman-temannya. Ia tetap menerima semua ejekan teman-temannya itu dengan hati yang iklas.

Watak burung gagak yang tergambar pada cerita di atas adalah ....
A. penakut dan malas
B. suka mengejek dan jahat
C. sabar dan pemaaf
D. pendendam dan pemarah

9. “Mungkin kau sedang berada di sana. Ribuan kilometer jaraknya. Di negeri jauh yang tak terbayangkan. Perasaanku hampa. Tak lama berselang, kabar itu muncul di TV. Tsunami menggulung apapun di pantai impian yang pernah kau sebut. Ribuan orang meninggal dunia. Semua bangunan hampir rata dengan tanah. Menyesakkan. Aku berusaha mencari informasi tentang keberadaanmu. Sia-sia. Patah arang rasanya,”lanjutmu.

Makna ungkapan patah arang pada kutipan cerita tersebut adalah ....
A. sulit ditemukan
B. menghilang entah kemana
C. putus asa
D. tidak ada

10. Pada siang hari di akhir musim gugur, satu keluarga semut sedang bekerja mengumpulkan makanan. Mereka mengeringkan butiran-butiran gandum yang telah mereka kumpulkan. Saat itu, tiba-tiba ada seekor belalang kelaparan datang memohon agar keluarga semut memberikan sedikit makanan untuk dirinya.

Watak yang tergambar dari semut pada cerita di atas adalah ....
A. rajin
B. serakah
C. malas
D. angkuh

11. Kira-kira seratus meter kakiku tersandung, lalu jatuh. Beberapa orang yang kebetulan ada di pinggir jalan mula-mula hanya menengokku. Namun, saat aku tak bisa bangun, mereka datang menolongku. Bagaikan salah seorang dari keluargaku, mereka mendudukkan aku.

Nilai moral yang terdapat pada teks tersebut adalah ....
A. Teguh pendirian
B. Tidak peduli
C. Menghargai orang lain
D. Tolong-menolong

12. Akhir-akhir ini setiap kali ada demonstrasi di situ pula terjadi kekerasan. hal ini diperkuat dengan peristiwa hari Selasa, 16 Oktober 2012 di depan Istana Negara. Demonstrasi yang dilakukan para buruh ini menimbulkan bentrokan fisik antara buruh dengan aparat penegak hukum. Demonstrasi memang tergolong penting dalam penegakan demokrasi. Namun, jangan dimaknai bahwa demokrasi selalu berkaitan dengan kekerasan.

Simpulan paragraf tersebut adalah ....
A. Masyarakat prihatin dengan para buruh di Istana Merdeka
B. Aparat penegak hukum tidak boleh melakukan kekerasan
C. Buruh harus melakukan demonstrasi dengan tertib
D. Demokrasi Indonesia dicoreng dengan tindak kekerasan

13. Sarjo mempersilakan Pak Sukardi beserta anak buahnya untuk masuk ke rumahnya melihat tanaman koleksi Sarjo sekaligus mampir untuk beristirahat. Pak Sukardi kaget melihat koleksi Sarjo. Ternyata Sarjo memiliki bonsai yang lebih banyak daripada koleksi di rumahnya.
"Mas, saya ingin membeli bonsai yang berpot besar itu!"
"Sudah Pak, ambil saja! Saya sudah sejak kecil mengumpulkan ini semua."

Karakter tokoh Sarjo dalam kutipan teks tersebut adalah ....
A. ceroboh, malas, kaya
B. cermat, pelit, perhitungan
C. ramah, telaten, dermawan
D. rajin, pemarah, teliti

14. Lingkungan hidup dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu: unsur hayati (biotik), unsur sosial budaya, dan unsur fisik (abiotik). Unsur hayati (biotik), yaitu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari makhluk hidup seperti manusia, hewan, tumbuhan dan jasad renik. Unsur sosial budaya, yaitu lingkungan sosial dan budaya yang dibuat oleh manusia berupa sistem nilai, gagasan, dan keyakinan dalam perilaku sebagai makhluk sosial. Unsur fisik (abiotik), yaitu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari makhluk tak hidup seperti tanah, air, iklim, udara, dan lain sebagainya. Keberadaan unsur ini sangat besar bagi kelangsungan hidup segenap kehidupan di bumi.

Simpulan isi teks tersebut adalah ....
A. ketiga unsur lingkungan tersebut penting bagi kelangsungan kehidupan
B. ketiga unsur tersebut harus bisa saling disinergikan dengan baik.
C. lingkungan hidup terbagi menjadi tiga macam unsur.
D. tiga macam unsur itu adalah biotik, abiotik, dan unsur sosial.

15. Supaya jagung selalu tersedia sebagai bahan makanan manusia, maka petani jagung harus menanam kembali sebagian biji jagung dari hasil panen. Biji jagung yang tua dapat ditanam kembali. Dari sinilah akan dimulai lagi perkembangbiakan jagung.

Kesimpulan dari paragraf tersebut adalah ....
A. Jagung harus dipanen jika sudah tua
B. Perkembangbiakan jagung berasal dari biji
C. Untuk Menjaga ketersediaannya jagung harus dipanen.
D. untuk menjaga ketersediaannya jagung harus ditanam kembali.

16. Pelanggaran peraturan berlalu lintas di jalan raya yang dilakukan pengemudi becak itu diakui oleh Kepala Dishub Kota Solo, Yosca Herman Soedrajad. Dia merasa kesulitan menertibkan para pengemudi becak yang melanggar aturan lalu lintas karena becak tidak teregistrasi. Namun, pihak terkait, seperti kepolisian dan Dishub harus segera mengatasi persoalan itu. Pelanggaran lalu lintas yang banyak dilakukan pengemudi becak itu sangat berbahaya, baik bagi mereka sendiri maupun pengguna jalan lain.

Simpulan isi teks tersebut adalah ....
A. Pengemudi becak juga harus diperlakukan sama para pengemudi kendaraan yang lain, jangan ada anak emas dalam penertiban berlalu lintas
B. Jika karena tak teregistrasi pengemudi becak tidak bisa dikani tilang maka harus dicari jalan lain agar mereka mau menaati aturan lalu lintas
C. Para pengemudi becak harus diberi pemahaman tentang tertip berlalu lintas.
D. Harus ada pembicaraan dua arah, antara organisasi atau perkumpulan pengemudi becak dan pihak-pihak

17. Tanaman talas sangat cocok ditanam saat musim hujan. Pada musim tersebut tanah menjadi gembur. Tanah yang gembur menjadikan tanaman talas tumbuh subur. Sinar matahari yang tidak berlebihan cukup untuk pertumbuhan tanaman talas. Selain itu, tumbuhan tidak akan kekurangan air.
Mengapa tanaman talas sangat cocok ditanam saat musim hujan Tanaman talas sangat cocok ditanam saat musim hujan karena ....
A. Air dalam tanah menjadikan akar tanaman talas kuat.
B. Tanaman talas mendapat air yang cukup untuk pertumbuhan.
C. Sinar matahari yang cukup dapat menyuburkan tanah.
D. Tanaman talas akan tumbuh subur didaerah perairan.

18. Lidah buaya bersifat merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit. Dalam lendir lidah buaya terkandung zat lignin yang mampu menembus dan meresap kedalam kulit. Lensir ini akan menahan hilangnya cairan tubuh dari permukaan kulit. Hasilnya, kulit tidak terlihat kering dan terlihat awet muda.
Simpulan isi paragraf tersebut adalah ....
A. Zat lignin yang terkandung dalam lendir lidah buaya mampu meresap kedalam kulit sehingga kulit tidak terlihat kering
B. Manfaat lidah buaya dapat kita rasakan antara lain menghaluskan kulit dan merawat keremajaan kulit.
C. Lidah buaya mampu merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit karena mengandung berbagai jenis lendir yang baik untuk kulit
D. Lendir dalam lidah buaya menjadikan kulit terlihat kering karena kandungan zat lignin tidak mampu menembus kulit.

19. Wortel merupakan sayuran yang mempunyai beberpa manfaat. Sayuran tersebut menyuplai serat untuk memperlancar proses pencernaan. Kandungan vitamin A pada wortel bermanfaat bagi kesehatan mata. Selain itu, wortel dapat dimanfaatkan untuk pewarna alami.

Kalimat utama paragraf tersebut adalah ....
A. Kandungan vitamin A pada wortel bermanfaat bagi kesehatan mata.
B. Selain itu, wortel dapat dimanfaatkan untuk pewarna alami.
C. Wortel merupakan sayuran yang mempunyai beberapa manfaat.
D. Sayuran tersebut menyuplai serat untuk memperlancar prose pencernaa.

20. Penguasaan yang mendalam mengenai bahasa merupakan tolok ukur keberhasilan seorang wartawan. Kemahiran berbahasa wartawan akan memudahkannya memanipulasi bahasa sesuai dengan tujuan yang ingin dicapainya. Pilihan kata yang tepat dapat membangkitkan emosi pembaca. Sebaliknya, pilihan kata yang ceroboh dapat menimbulkan reaksi yang tidak diharapkan.

Simpulan isi teks tersebut adalah ....
A. Wartawan pintar memanipulasi bahasa
B. Wartawan harus terampil mengolah bahasa
C. Wartawan pandai mengolah bahasa
D. Wartawan memang menguasai bahasa