Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Jenis-Jenis Teks Diskusi


Hai ketemu lagi dengan saya, kali ini saya akan memberikan sedikit penjelasan mengenai jenis-jenis teks diskusi. Harapannya semoga adik-adik SMP kelas 8 dapat terbantu dengan materi ini sebagaimana kita ketahui banyak sekali referensi dan buku yang dapat kita jadikan sebagai pedoman dalam mencari materi. nah kali ini kalian tidak usah kuatir karena saya akan memaparkannya secara lengkap disini. SEMOGA BERMANFAAT.

JENIS-JENIS TEK DISKUSI
Banyak jenis diskusi yang dapat digunakan sebagai forum untuk menyelesaikan suatu masalah. jenis-jenis diskusi tersebut sebagai berikut.

Jenis-Jenis Teks Diskusi

1.  Diskusi Kelompok
     Diskusi kelompok ini digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah. metode yang digunakan yaitu proses berpikir kelompok. oleh karena itu, diskusi kelompok merupakan suatu kegiatan koordinatif yang mengandung langkah-langkah tertentu dan harus dipatuhi oleh kelompok.

2.  Dialog Interaktif
     Dialog Interaktif merupakan percakapan yang melibatkan pemirsa atau pendengar dengan nara sumber atau pembicara. Nara sumber dalam dialog interaktifbisa lebih dari satu. Adanya beberapa nara sumber ini bertujuan menjaga keseimbangan informasi yang disajikan. Pemirsa atau pendengar berperan untuk ikut menanggapi atau menanyakan seputar isi pembicaraan dalam dialog tersebut.

3.  Rapat
     Rapat merupakan komunikasi timbal balik dengan sarana bahasa antara dua orang atau lebih untuk memperdalam pemahaman suatu masalah agar dapat mencapai kesepahaman dan memutuskan pengambilan langkah tertentu dalam rangka suatu kerjasama tetap. Rapat lebih bersifat formal dan dilakukan oleh suatu instansi atau perkumpulan.

4.  Diskusi Panel
     Diskusi panel adalah diskusi yang dilakukan oleh sekelompok orang (panel). Mereka  membahas sebuah topik yang menjadi perhatian umum di hadapan khalayak, bisa juga pendengar radio atau penonton televisi. sementara itu, khalayak ini diberi kesempatan untuk bertanya atau memberikan pendapat.

5.  Simposium
     Simposium merupakan variasi dari diskusi panel. Dalam simposium terdapat beberapa ahli yang memiliki pandangan berbeda tentang permasalahan yang sedang dibicarakan dan disampaikan dalam diskusi tersebut. Peserta simposium terlibat aktif dalam kegiatan tersebut.

6. Seminar
   Dalam seminar terdiri atas moderator, notulis, pemrasaran, pembahas, dan peserta.diskusi jenis ini untuk mencari kesepakatan langkah atau pandangan dalam menghadapi suatu persoalan. diskusi ini bersifat formal sehingga pemrasaran perlu menyiapkan makalah atau kertas kerja untuk disajikan.

7. Konferensi
    Konferensi merupakan bentuk diskusi resmi mengacu pada pengambilan tindakan. diskusi ini bertujuan untuk membuat keputusan bersama dan bertindak sesuai dengan keputusan tersebut. Dalam konferensi ini, aspek yang diutamakan adalah cara menyelesaikan masalah tersebut sehingga sering dilakukan pemungutan suara  untuk menentukan cara penyelesaian efektif.

8. Komite
    Komite sering didengar dalam suatu instansi atau perkumpulan, misalnya komite sekolah, komite pemilihan umum, dan bentuk perkumpulan lain. Komite melakukan pengusutan sesuai bidang komite tersebut. Lalu mendiskusikannya dengan anggota komite lain berdasarkan temuan penelitian.

9. Diskusi Fak
    Diskusi fak bertujuan mengolah suatu bahan secara bersama-sama dibawah bimbingan seorang ahli. diskusi ini biasanya diselenggarakan pada akhir suatu cerita atau makalah yang mengupas suatu masalah dari bidang ilmu tertentu.

10. Diskusi Podium
      Diskusi podium adalah suatu penjelasan suatu masalah yang dilakukan oleh wakil dari berbagai kelompok yang memiliki pendapat berbeda. Dalam diskusi ini, masalah-malasah bersifat umum dijelaskan secara panjang lebar sehingga jelas.

11. Forum diskusi
      Forum diskusi merupakan bentuk dialog yang sering digunakan dalam bidang politik. Forum diskusi merupakan kombinasi dari beberapa bentuk dialog. Dalam bidang politik, para pemimpin partai sering mengadakan forum diskusi secara terbuka kepada para pendengar atau pemirsa televisi.

12. Lokakarya
      Lokakarya adalah pertemuan antara para ahli untuk membahas masalah praktis atau bersangkutan dengan pelaksanaan dalam bidang keahliannya. oleh karena itu, peserta lokakarya biasanya berlatar belakang sama.

13. Debat
      Debat merupakan pembicara saling adu argumentasi. Pelaku debat bisa antarpribadi atau antarkelompok. Tujuan dari debat untuk mencapai kemenangan bagi salah satu pihak yang berdebat. oleh karena itu, terjadi sikap saling menjatuhkan antarpribai atau antarkelompok yang berdebat.

Demikianlah penjelasan dari saya, sekali lagi saya ucapkan semoga bermanfaat. Sampai Jumpa Lagi.



 


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Jenis-Jenis Teks Diskusi