Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Jenis-Jenis dan Contoh Teks Diskusi | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini kita akan membahasa tentang jenis dan contoh teks diskusi dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 9. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang jenis dan contoh teks diskusi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan belajar anak didik dalam memahami jenis dan contoh teks diskusi dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

Jenis-Jenis Teks Diskusi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia
www.ilmubindo.com
 
Jenis-Jenis Teks Diskusi

Banyak jenis diskusi yang dapat digunakan sebagai forum untuk menyelesaikan suatu masalah. jenis-jenis diskusi tersebut sebagai berikut.

Diskusi Kelompok
 
Diskusi kelompok ini digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah. metode yang digunakan yaitu proses berpikir kelompok. oleh karena itu, diskusi kelompok merupakan suatu kegiatan koordinatif yang mengandung langkah-langkah tertentu dan harus dipatuhi oleh kelompok.

Dialog Interaktif
 
Dialog Interaktif merupakan percakapan yang melibatkan pemirsa atau pendengar dengan nara sumber atau pembicara. Nara sumber dalam dialog interaktifbisa lebih dari satu. Adanya beberapa nara sumber ini bertujuan menjaga keseimbangan informasi yang disajikan. Pemirsa atau pendengar berperan untuk ikut menanggapi atau menanyakan seputar isi pembicaraan dalam dialog tersebut.
 
Rapat
 
Rapat merupakan komunikasi timbal balik dengan sarana bahasa antara dua orang atau lebih untuk memperdalam pemahaman suatu masalah agar dapat mencapai kesepahaman dan memutuskan pengambilan langkah tertentu dalam rangka suatu kerjasama tetap. Rapat lebih bersifat formal dan dilakukan oleh suatu instansi atau perkumpulan.

Diskusi Panel
 
Diskusi panel adalah diskusi yang dilakukan oleh sekelompok orang (panel). Mereka  membahas sebuah topik yang menjadi perhatian umum di hadapan khalayak, bisa juga pendengar radio atau penonton televisi. sementara itu, khalayak ini diberi kesempatan untuk bertanya atau memberikan pendapat.

Simposium
 
Simposium merupakan variasi dari diskusi panel. Dalam simposium terdapat beberapa ahli yang memiliki pandangan berbeda tentang permasalahan yang sedang dibicarakan dan disampaikan dalam diskusi tersebut. Peserta simposium terlibat aktif dalam kegiatan tersebut.

Seminar 

Dalam seminar terdiri atas moderator, notulis, pemrasaran, pembahas, dan peserta.diskusi jenis ini untuk mencari kesepakatan langkah atau pandangan dalam menghadapi suatu persoalan. diskusi ini bersifat formal sehingga pemrasaran perlu menyiapkan makalah atau kertas kerja untuk disajikan.
 
Konferensi
 
Konferensi merupakan bentuk diskusi resmi mengacu pada pengambilan tindakan. diskusi ini bertujuan untuk membuat keputusan bersama dan bertindak sesuai dengan keputusan tersebut. Dalam konferensi ini, aspek yang diutamakan adalah cara menyelesaikan masalah tersebut sehingga sering dilakukan pemungutan suara  untuk menentukan cara penyelesaian efektif. 
 
Komite
 
Komite sering didengar dalam suatu instansi atau perkumpulan, misalnya komite sekolah, komite pemilihan umum, dan bentuk perkumpulan lain. Komite melakukan pengusutan sesuai bidang komite tersebut. Lalu mendiskusikannya dengan anggota komite lain berdasarkan temuan penelitian.

Diskusi Fak
 
Diskusi fak bertujuan mengolah suatu bahan secara bersama-sama dibawah bimbingan seorang ahli. diskusi ini biasanya diselenggarakan pada akhir suatu cerita atau makalah yang mengupas suatu masalah dari bidang ilmu tertentu.

Diskusi Podium
 
Diskusi podium adalah suatu penjelasan suatu masalah yang dilakukan oleh wakil dari berbagai kelompok yang memiliki pendapat berbeda. Dalam diskusi ini, masalah-malasah bersifat umum dijelaskan secara panjang lebar sehingga jelas.

Forum diskusi
 
Forum diskusi merupakan bentuk dialog yang sering digunakan dalam bidang politik. Forum diskusi merupakan kombinasi dari beberapa bentuk dialog. Dalam bidang politik, para pemimpin partai sering mengadakan forum diskusi secara terbuka kepada para pendengar atau pemirsa televisi.
 
Lokakarya
 
Lokakarya adalah pertemuan antara para ahli untuk membahas masalah praktis atau bersangkutan dengan pelaksanaan dalam bidang keahliannya. oleh karena itu, peserta lokakarya biasanya berlatar belakang sama.

Debat
 
Debat merupakan pembicara saling adu argumentasi. Pelaku debat bisa antarpribadi atau antarkelompok. Tujuan dari debat untuk mencapai kemenangan bagi salah satu pihak yang berdebat. oleh karena itu, terjadi sikap saling menjatuhkan antarpribai atau antarkelompok yang berdebat.
 
Contoh Teks Diskusi
 
Dampak Asap Kebakaran Hutan
 
Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dibeberapa tempat di Indonesia telah menyedot perhatian publik. Pasalnya, asap pekat kebakaran ini tak hanya mengganggu aktivitas warga di sekitarnya, tetapi juga sangat berdampak bagi kesehatan warga. Lalu seberapa bahaya kabut asap akibat kebakaran hutan bagi tubuh manusia?

Dokter spesialis ahli penyakit dalam subspesialis pernapasan dan paru Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung Hendarsyah Suryadinata mengatakan, kebakaran sangat berimbas pada lingkungan dan makhluk hidup di sekitarnya. Dampak khususnya dirasakan warga sekitar yang terpaksa menghirup asap pekat disebabkan kebakaran itu. Menurut Hendarsyah, terdapat sistem koloid dalam kabut asap ini.

"Sistem koloid itu pencampuran, proses pendiversian dua zat, yang dimaksud asap adalah pencampuran atau proses diversi satu zat pendiversinya adalah gas, sedang zat yang terdiversinya padat," kata Hendarsyah kepada. Hendasyah mengatakan, semua zat yang terkandung pada asap ini bisa berimbas pada tubuh seseorang. Namun, hal itu tergantung dari lama paparan dan konsentrasi asap. Pertama, tubuh bagian luar seperti kulit. Kedua adalah mukosa tubuh yang ada di beberapa tempat di antarannya pada mata dan kelopaknya.

Lalu, mukosa pada sistem hidung, pada bibir, mulut, dan lainnya. "Kemudian yang lebih bahaya paparan tersebut masuk ke saluran pernapasan melalui hidung ataupun lewat mulut," kata Hendarsyah. Asap yang molekulnya di atas 10 mikro, akan banyak tertumpuk di daerah tenggorokan. Adapun yang di bawah 10 mikron bisa masuk sampai saluran napas paling bawah yang disebut dengan alveolus. Sebelumnya ke alveolus, asap-asap ini akan memengaruhi sistem pertahanan tubuh.

Ketika daya tahan tubuh lemah, akan merangsang proses peradangan. Apabila, asap partikel itu terserap masuk ke alveolus, akan terdeposit ke paru, dan hal itu akan merangsang proses reaksi yang menyebabkan gangguan fungsi organ tubuh. Menurut Hendarsyah, seseorang yang menghisap asap kebakaran sama dengan menghisap rokok yang bisa menimbulkan penyakit paru obstruktif kompulsif (PPOK). Namun, hal itu membutuhkan waktu yang lama untuk menimbulkan kelainan. "Kalau pada kabut asap ini, paling sering menimbulkan permasalahan saluran napas. Itu menimbulkan infeksi," kata dia.
 
Infeksi saluran pernapasan bisa menyebabkan daya tahan tubuh  seseorang menjadi lemah sehingga lebih mudah terserang virus. "Karena paparan zat tersebut bisa mencetuskan proses alergi itu, misal orang yang tadinya tidak memiliki asma justru bisa terkena apabila terpapar asap itu," kata dia. Sebagai upaya penanggulangan, sumber asap itu harus dihentikan sehingga tidak terhirup warga. Selain itu, perlu proteksi diri dengan mngurangi interaksi atau aktivitas di luar ruangan, dan menggunakan alat pemurni udara atau air purifier. Selain itu, menggunakan masker yang direkomendasikan seperti masker N95.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang jenis dan contoh teks diskusi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan ini bermanfaat buat kemajuan belajar anak didik di sekolah. Selamat belajar dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Jenis-Jenis dan Contoh Teks Diskusi | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /