Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Contoh Teks Prosedur Cara Memakai Blender untuk Membuat Jus

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan contoh teks Prosedur cara memakai blender untuk membuat jus. Semoga contoh teks yang admin bagikan kali ini dapat membantu kalian dalam mencari referensi tentang bagaimana menggunakan blender.

Cara Memakai Blender untuk Membuat Jus

Contoh Teks Prosedur Cara Memakai Blender untuk Membuat Jus
www.ilmubindo.com
  1. Siapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan, yaitu satu unit blender, buah maupun sayur untuk dibuat jus, dan air putih secukupnya.
  2. Cuci semua bahan sampai bersih, kupas kulit buah yang tidak bisa dimakan (pisang, nanas, dan lainnya) dan buang bijinya (jeruk, apel, pepaya, dan lain-lain).
  3. Potong kecil-kecil sayur maupun buah yang akan dibuat jus, usahakan memotong dengan bentuk dadu agar cepat halus.
  4. Masukkan air putih secukupnya, banyaknya air yang dimasukkan disesuaikan dengan jenis buah serta selera masing-masing. Beberapa jenis buah segar seperti nanas dan jeruk sudah banyak mengandung cairan jadi tidak perlu banyak menambahkan air.
  5. Masukkan potongan buah atau sayuran secara bersamaan ataupun bertahap, disesuaikan dengan resep jus yang kalian dapatkan.
  6. Mulailah menyalakan blender, atur pada kecepatan rendah selama 10 detik kemudian naikkan kecepatan selama 10 detik berikutnya. Waktu yang dibutuhkan tidak harus sama, tergantung bahan-bahan yang akan dibuat jus serta kemampuan masing-masing blender.
  7. Setelah halus, langsung tuangkan ke dalam gelas saji atau gunakan saringan khusus untuk memisahkan biji buah maupun ampas yang muncul di atas jus. Jika tidak memiliki saringan khusus, kalian bisa memakai kain lembut yang bersih.
  8. Kalian bisa menambahkan pemanis buatan seperti gula atau madu. Namun, jika ingin menggunakan pemanis alami, tambahkan buah apel, atau jeruk manis pada daftar bahan pembuat jus.
  9. Tambahkan juga es batu bila menginginkan sensasi kesegaran maksimal. Namun, jika kalian membuat jus untuk kerperluan terapi kesehatan, sebisa mungkin hindari penggunaan es batu.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Teks Prosedur Cara Memakai Blender untuk Membuat Jus