Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Contoh Teks Prosedur Cara Menggunakan Mikroskop

ilmubindo.com_ Mikroskop merupakan alat yang digunakan untuk mengamati objek berukuran sangat kecil atau mikroskopis. Pengamatan tersebut sering dilakukan dalam rangka penelitian. Mikroskop tidak hanya digunakan oleh para peneliti, tetapi juga siswa sekolah. Sebelum menggunakan mikroskop, seseorang harus memerhatikan beberapa perlengkapan berikut.
  1. Sebuah meja untuk menaruh mikroskop.
  2. Sebuah mikroskop yang berfungsi dengan baik.
  3. Objek yang akan diamati.
Setelah beberapa aspek tersebut terpenuhi, seseorang dapat menggunakan mikroskop. Langkah-langkah menggunakan mikroskop sebagai berikut.

Contoh Teks Prosedur Cara Menggunakan Mikroskop
www.ilmubindo.com
  1. Tempatkan kaca benda atau object glass dengan preparat yang akan diamati pada meja objek! Atur sedemikian rupa agar objek tersebut berada tepat di lapangan pandang!
  2. Kemudian, jepit kaca jendela dengan menggunakan penjepit khusus yang ada pada bagian atas meja objek!
  3. Sembari mengamati objek dari samping, peneliti dapat menurunkan lensa objek sedikit demi sedikit. Gunakan pemutar kasar sampai jarak lensa dengan objek hanya sekira 5 mm! Pada sebagian jenis mikroskop pengaturan jarak tidak dilakukan menggunakan pemutar kasar, tetapi dengan menaikturunkan meja objeknya. Mikroskop jenis ini menuntut kehati-hatian pemakai. Jika salah perhitungan, lensa objek dapat menyentuh meja objek hingga tergores.
  4. Cermatilah bayangan yang tampak dari lensa okuler! Jika dibutuhkan, gunakan pemutar kasar untuk menaikturunkan lensa objek hingga tampilan tampak jelas! Jika objek masih tampak belum jelas, ulangi langkah pada bagian 3 di atas!
  5. Setelah objek penelitian tampak jelas, gunakan pemutar halus untuk menurunkan lensa objek agar objek dapat terlihat lebih jelas!
  6. Objek dapat tampak lebih jelas dengan cara mengganti atau mengubah lensa objek. Gunakan revolver untuk memperjelas tampakan! Sementara itu, posisi objek tidak boleh bergeser. Jika objek bergeser, pengamatan harus diulangi dari awal.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Teks Prosedur Cara Menggunakan Mikroskop