Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Contoh Soal dan Kunci Jawaban Kalimat Acak dalam Teks Prosedur (Bag. 1)

ilmubindo.com_ Bacalah teks prosedur berjudul "Membuat Pisang Epe" berikut dan susunlah menjadi kalimat prosedur yang baik dan benar!

Membuat Pisang Epe

Cara membuat:
  1. Langkah pertama, bautlah saus untuk pisang epe.
  2. Langkah kedua, rebuslah pisang bersama kulitnya sampai mayang.
  3. Kupas kulit pisang yang sudah matang direbus.
  4. Tekanlah pisang yang sudah direbus agar menjadi agar menjadi pipih.
  5. Bakar pisang sambil dibolak-balik.
  6. Sajikan pisang epe yang sudah matang dibakar dengan saus gula merah yang sudah dibuat.
  7. Pisang epe siap untuk disantap.
Contoh Soal dan Kunci Jawaban Kalimat Acak dalam Teks Prosedur (Bag. 1)
www.ilmubindo.com
Jawaban:
  1. Langkah pertama, buatlah saus untuk pisang epe. Pada kalimat tersebut menggunakan kata keterangan pertama. Langkah tersebut berisi perintah membuat saus pisang epe.
  2. Langkah kedua, rebuslah pisang bersama kulitnya sampai matang. Pada kalimat tersebut menggunakan kata keterangan kedua. Berarti, langkah tersebut menjadi langkah kedua dalam membuat pisang epe. Langkah tersebut berisi perintah merebus pisang bersama kulitnya sampai matang.
  3. Kupas kulit pisang yang sudah matang direbus. Kalimat tersebut menjelaskan kalimat pada langkah kedua. Kalimat tersebut menjelaskan langkah yang harus dilakukan setelah pisang matang direbus.
  4. Tekanlah pisang yang sudah direbus agar menjadi pipih. Kalimat tersebut menjelaskan langkah pada langkah ketiga. Setelah pisang matang direbus, pisang harus ditekan menjadi pipih.
  5. Bakar pisang sambil dibolak-balik. Langkah tersebut dilakukan setelah langkah keempat . Setelah pisang dipipihkan, pisang dibakar dan dibolak-balik.
  6. Sajikan pisang epe yang sudah matang dibakar dengan saus gula merah yang sudah dibuat. Langkah tersebut menjelaskan pisang sudah matang dibakar. Jadi, kalimat pada langkah ini menjelaskan kalimat pada langkah kelima. Pisang yang sudah selesai dibakar diberi saus gula merah yang sudah dibuat.
  7. Pisang epe siap untuk disantap. Kalimat tersebut merupakan langkah terakhir dalam prosedur membuat pisang epe. Pisang epe yang sudah matang dan diberi saus gula merah siap disantap.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Soal dan Kunci Jawaban Kalimat Acak dalam Teks Prosedur (Bag. 1)