Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Soal Simulasi Dilengkapi dengan Kunci Jawaban UN Bahasa Indonesia Tahun 2018 (Bag.1)

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan kepada kalian contoh soal simulasi ujian nasional Bahasa Indonesia tahun 2018. Semoga dapat membantu kalian dalam memahami soal-soal ujian nasional yang nantinya akan kalian hadapi tidak lama lagi. Semangat belajar yah, moga kalian lulus 100% dengan nilai memuaskan.

Soal Simulasi Dilengkapi dengan Kunci Jawaban UN Bahasa Indonesia Tahun 2018 (Bag.1)

1. Bacalah paragraf berikut!
Ekosistem di Indonesia masih banyak yang terjaga, salah satunya kawasan pegunungan seribu Gunungkidul, Yogyakarta. Di daerah itu air sungai di bawah tanah melimpah. Di goa dan disekitar sungai masih dihuni segerombolan kelelewar dan fitokplanton. Fitokplanton menjadi makanan ikan sehingga ikan dapat berkebangbiak dengan baik. Hewan-hewan reptilia, seperti ular, kadal, dan tokek masih berkeliaran. Berung-burung kecil berkicau, musang berlarian, ayam berkokok, dan berbagai jenis serangga hidup saling memengaruhi. Hal tersebut menjadikan Gunungkidul sekarang menjadi wisata andalan di provinsi D.I. Yogyakarta.

Makna kata bercetak miring dalam teks tersebut adalah ....
A. bertelur
B. bersisik
C. berkaki
D. melata 

Kunci Jawaban: D

2. Bacalah paragraf berikut!
Hutan bakau merupakan ekosistem pendukung utama kehidupan di wilayah pesisir. Selain sebagai habitat biota laut, hutan bakau berfungsi mengurangi dampak tsunami. Hutan bakau juga berfungsi untuk menahan tepian atau pulau dari pengikisan ombak atau abrasi. Setiap pengerusakan hutan bakau sangat berpotensi terhadap berkurangnya luasan kawasan daratan akibat abrasi.

Kalimat bercetak miring dalam teks tersebut mengandung makna ....
A. Pengerusakan hutan bakau mengurangi luasan laut
B. Pengerusakan hutan bakau menahan pengikisan ombak
C. Pengerusakan hutan bakau berakibat luasan laut bertambah
D. Pengerusakan hutan bakau berakibat luas daratan bertambah

Kunci Jawaban: C

3. Bacalah teks biografi tokoh berikut!
Ibu Soed bernama lengkap Saridjah Niung Bintang Soedibio. Beliau adalah seorang pencipta lagu anak-anak legendaris. Beliau telah mencipta 200-an lebih lagu anak-anak. Tokoh musik tiga zaman (Belanda, Jepang, Indonesia) ini pertama kali mengumandangkan suaranya di radio NIROM Jakarta pada 1927. Ibu Soed mahir mengalunkan biola. Sebagai pemusik biola beliau ikut mengiringi lagu "Indonesia Raya" ketika pertama kali didengungkan di gedung Pemuda pada 28 Oktober 1928. Setelah menamatkan pendidikan di Kweekschool Bandung, beliau mengajar di HIS Petojo. Ibu  Soed juga mendirikan sekolah wanita di Jepara dan Rembang. Di sana beliau mulai mengajar anak-anak menyanyi. Beliau prihatin melihat anak-anak Indonesia tampak kurang bahagia. Beliau berpikir, untuk menyenangkan anak-anak itu dengan menciptakan lagu anak-anak.

Keistimewaan tokoh biografi tersebut adalah ....
A. Ibu Soed pencipta lagu anak-anak dan mahir mengalunkan biola.
B. Ibu Soed menamatkan pendidikan di Kweekschool Bandung
C. Ibu Soed prihatin melihat anak-anak Indonesia kurang bahagia
D. Ibu Soed prihatin melihat anak-anak Indonesia tidak bisa menyanyi.

Kunci Jawaban: A

4. Bacalah teks biografi berikut!
Bob Sadino merupakan pengusaha asal Indonesia yang berbisnis di bidang pangan dan peternakan. Beliau merupakan pemilik jaringan usaha kemfood dan kemchick. Dalam banyak kesempatan, beliau sering terlihat mengenakan kemeja lengan pendek dan celana pendek. Pakaian yang beliau kenakan tersebut menjadi ciri khasnya. Beliau perna bekerja di DJakarta Lioyd do kota Amsterdam, Belanda dan juga di Hamburg, Jerman. Pada tahun 1967, beliau dan keluarga kembali ke Indonesia dan bekerja di sebuah perusahaan. Setelah beberapa lama, beliau memutuskan berhenti dari pekerjaannya dan bertekad menjadi pengusaha yang mandiri.

Sifat yang dapat diteladani dari tokoh tersebut adalah ....
A. Bob Sadino memiliki bisnis di bidang pangan dan peternakan
B. Bob Sadino memiliki pengalaman tinggal dan bekerja di luar negeri
C. Bob Sadino memiliki tekad untuk menjadi  pengusaha yang mandiri
D. Bob Sadino suka mengenakan kemeja lengan pendek dan celana pendek

Kunci Jawaban: C

5. Bacalah bagian teks ulasan berikut!
Jika orang mengatakan tugas utama mahasiswa adalah kuliah, saya masih bisa berpendapat. Saya tidak setuju jika dikatakan prestasi akademik tinggi otomatis menjadikan karir seseorang di tempat kerja kelak tinggi juga. Prestasi mahasiswa adalah prestasi akademik atau hard skills. Prestasi sebenarnya bukan bukan saat di kelas. Prestasi atau sukses itu terjadi setelah tamat kuliah. Dunia karier, baik sebagai karyawan maupun wirausaha.

Kutipan teks ulasan tersebut merupakan bagian ....
A. pendahuluan
B. sinopsis buku
C. keunggulan buku
D. penutup

Kunci Jawaban: A


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Soal Simulasi Dilengkapi dengan Kunci Jawaban UN Bahasa Indonesia Tahun 2018 (Bag.1)