Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Soal Simulasi Lengkap dengan Kunci Jawaban UN Bahasa Indonesia Tahun 2018 (Bag.3)

ilmubindo.com_ Kali ini kita admin akan bagikan Soal Simulasi 1 dan Kunci Jawaban UN Bahasa Indonesia Tahun 2018 (Bag.3). Semoga soal-soal yang admin bagikan ini dapat membantu kalian dalam mencari referensi soal-soal ujian nasional terbaru 2018. Silakan kalian melanjutkan ke bagian empat contoh soal simulasi UN Bahasa Indonesia. Selamat belajar, semoga kalian sukses.

1. Bacalah teks berikut dengan cermat!
Kain batik kini mulai mendunia. Batik selalu dicari dan dijual di berbagai pasar, baik lokal maupun internasional. Daya tarik batik tidak hanya pada proses pembuatannya namun juga pada berbagai pilihan motifnya.
Warna batik memiliki daya pikat yang tinggi. Mula-mula batik hanya terdiri atas satu macam warna. Misalnya di Jawa Barat, khususnya Cirebon, warna paling populer adalah putih-merah tua dan putih biru tua dan terkenal dengan motif mega mendungnya. Di Solo, terkenal warna batik sogan atau cokelat-putih. Sedangkan di Yogyakarta terkenal dengan warna batik hijau-putih.
Ringkasan tepat bacaan tersebut adalah ....
A. Setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri mengenai warna batik
B. Batik Cirebon terkenal dengan motif mega mendung
C. Daya tarik batik meliputi proses pembuatan, motif, serta warnanya
D. Mula-mula batik hanya memiliki satu macam warna, namun kemudian menjadi banyak warna dan motif

Kunci Jawaban: C

Soal Simulasi Lengkap dengan Kunci Jawaban UN Bahasa Indonesia Tahun 2018 (Bag.3)
www.ilmubindo.com

2. Bacalah kedua teks berikut!
Teks I
Maman, pedagang bawang merah di Pasar Plered, Cirebon, Jawa Barat, Selasa (12/5), mengatakan dirinya menjual bawang merah kepada konsumen hanya mengambil untung Rp500,00 per kg. Merosotnya harga bawang merah dipengaruhi jumlah pembeli bawang merah ditingkat konsumen beekurang. "Jumlah pelanggan saya sekarang berkurang setengahnya sehingga bawang merah lama lakunya. Biasanya setiap hari bisa menghabiskan satu sampai tiga kuintal, tapi sekarang berkurang banyak," katanya.
Teks II
"Harga bawang merah di Makassar turun menjadi Rp 10.000,00 per kg dari sebelumnya Rp 35.000,00 sampai Rp 40.0000,00 per kg. Hal ini dikarenakan petani sedang panen raya," kata habib (45), petani di daerah Makassar, Senin (22/6).
Ia mengatakan bahwa dengan penurunan harga bawang merah tersebut, harapan petani untuk mendapat banyak uang dari musim panen  sekarang pupus. Harga bawang merah terus menurun.
Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah ....

Teks I
Teks II
 A.
 siapa, di mana, kapan, mengapa
 mengapa, siapa, di mana, kapan
 B.
 di mana, kapan, siapa, mengapa
 mengapa, siapa, di mana, kapan
 C.
 siapa, mengapa, di mana, kapan
 di mana, siapa, kapan , mengapa
 D.
 di mana, kapan , siapa, mengapa
 di mana, mengapa, siapa, kapan

Kunci Jawaban: D
3. Bacalah identitas buku berikut!
Judul Buku           :  Siapakah Ben Franklin?
Penulis                  :  Dennis Brindell Fradin
Penerjemah           :  Ellen Sirait
Penerbit                :  PT. Grasindo
Tahun Terbit         :  2006
Tebal                     :  110 halaman
Bahasa                  :  Indonesia
Paragraf yang menyatakan keemahan buku adalah ....
A. Ben Franklin merupakan salah satu tokoh paling berpengaruh di dunia. Franklin dikenal sebagai salah seorang pendiri negara Amerika Serikat. Beliau di anggap sebagai tokoh yang berperan penting dalam berdirinya Amerika Serikat.
B. Ben Franklin merupakan pengarang politikus, ilmuwan, diplomat, dan penemu. Temuannya membuka pengertian yang lebih mendalam pada bidang kelistrikan. Beliau menemukan penangkal petir, kaca mata, ordometer (pengukur jarak tempuh pada kendaraan) dan peralatan musik.
C. Terlepas dari kekurangan yang ada, buku ini layak anda baca. Isinya sangat menarik dan informatif. Selain itu, dengan membaca buku ini Anda akan termotivasi menjadikan diri Anda sebagai orang yang berguna bagi orang lain.Sebagai contoh, Ben Franklin yang selama hidupnya telah memberikan sumbangan yang besar bagi orang lain.
D. Sayang sekali buku ini tidak dilengkapi biografi penuis sehingga pembaca tidak mengetahui identitas penulis secara lengkap. Selain itu,penulis tidak memaparkan alasan penulisan buku biografi ini. Jadi, pembaca sulit mengetahui latar belakang pembuatan buku ini.

Kunci Jawaban: D

4. Bacalah kutipan cerpen berikut!
"Dari mana kau dapat arloji bagus begini?" tanya Siti ketika arloji itu saya berikan. Dada saya berdesir. Saya senang karena Udin menyukai arloji itu. Tapi apakah ia akan bisa menerima keterusterangan saya?
Akhirnya, saya ceritakan asal-usul jam itu ketika dua anak kami sudah tidur lelap. Saya menarik napas panjang ketika kisah itu rampung saya lontarkan.
"Mengapa baru sekarang kamu ceritkn"?
"Karena ku anggap itu tak penting."
"Kau pikir hal itu sepele?'
"Bukan. Soalnya ia bukan perempuan istimewa dalam hidupku."
Pernyataan yang menunjukkan tokoh saya jujur adalah ....
A. Tokoh saya menceritakan asal-usul arloji milik Siti, istrinya
B. Tokoh saya berdesir ketika istrinya menanyakan asal-usul arloji
C. Tokoh saya mengaggap istrinya adalahperempuan paling istimewa
D. Tokoh saya merasa senang karena Siti, istrinya menyukai arloji itu

Kunci Jawaban: A

5. Bacalah fabel berikut!
Perna ada seorang pria yang memelihara seekor kuda dan seekor keledai untuk mengangkut beban. Sudah menjadi kebiasaan pria tersebut untuk memuati keledainya dengan beban yang berat sampai keledai tersebut terhuyung-huyung karena beban yang terlalu berat, sementara sang kuda diizinkan untuk berjingkrak sepanjang jalan dengan beban yang ringan.
Saat mereka melakukan perjalanan di suatu hari, sang keledai yang telah menderita sakit selama beberapa hari terakhir, berkata kepada sang kuda,"Maukah kamu mengangkut sebagian dari beban saya untuk beberapa kilometer saja? Aku merasa sangat tidak enak badan, tetapi jika kamu mau membawa sebagian bebanku hari ini, mungkin saya akan cepat sembuh kemabali. Beban yang terlalu berat ini bisa membunuhku."
Sang Kuda hanya menendang-nendangkan kakinya dan berkata kepada sang Keledai agar tidak usah mengeluh dan mengganggunya dengan kata-kata keluhan. Sang Keledai menjadi terhuyung-huyung selama berjalan setengah kilometer dan tiba-tiba jatuh ke tanah dan mati.
Saat itulah, sang Pemilik datang dan hanya bisa berpasrah dengan apa yang terjadi. Ia lalu melepaskan beban dari keledai yang telah mati, lalu ditempatkannya di atas punggung kuda. "Aduh keluh sang Kuda saat dia merasakan beban berat di punggungnya, ditambah dengan berat tubuh sang Keledai yang telah mati.,"Sekarang saya mendapat ganjaran karena sifat saya yang jelek. Dengan menolak menanggung sebagian beban sang Keledai, sekarang saya harus membawa seluruh beban tersebut ditambah dengan berat tubuh teman saya yang malang ini."
Keangkuhan sang kuda pada kutipan fabel tersebut adalah .....
A. Sang Kuda kalau berjalan selalu terhuyung-huyung
B. Sang Kuda menolak membantu keledai mengakut beban bawaan
C. Sang Kuda selalu berjingkrak sepanjang jalan
D. Sang Kuda rela mengangkut tubuh keledai yang sudah tidak bernyawa

Kunci Jawaban: B


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Soal Simulasi Lengkap dengan Kunci Jawaban UN Bahasa Indonesia Tahun 2018 (Bag.3)