Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Soal Simulasi Dilengkapi dengan Kunci Jawaban UN Bahasa Indonesia Tahun 2018 (Bag.5)

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan bagikan kepada kalian contoh soal simulasi ujian nasional Bahasa Indonesia tahun 2018. Semoga soal-soal yang admin bagikan ini dapat membantu kalian dalam mencari referensi soal-soal ujian nasional terbaru. Selamat belajar dan semoga sukses yah!!!

1. Bacalah fabel berikut!
Seekor kuda sedang berjalan dari sebuah ladang gandum menuju sebuah hutan yang lebat. Kuda itu telah puas memakan gandum yang ada di ladang itu. Ketika dia menuju hutan lebat di tengah jalan sang kuda melihat sebuah kulit harimau tertinggal di semak-semak.
"Ah, mungkin pemburu lupa membawanya," pikirnya. Kuda itu lalu mencoba memakai kulit harimau itu dan ternyata pas ditubuhnya.
Lalu terlintas di benak kuda ituuntuk menakuti hewan-hewan hutan yang melewati dirinya, kuda bergegas mencari tempat bersembunyi. Akhirnya, ia menemukan semak-semak yang cukup gelap untuk bersembunyi. Kuda itu bersembunyi menunggu hewan hutan melewatinya. Tak lama kemudian beberapa domba gunung berjalan ke arah dirinya, kuda itu bersiap-siap untuk meloncat. Ketika domba-domba itu melewati kuda, segera meloncatlah kuda ke arah domba-domba itu. Serentak domba-domba itu berlarian ke sana kemari. Mereka ketakutan dengan kulit harimau yang dipakai oleh kuda itu. Sang Kuda hanya tertawa setelah domba-domba itu berlarian.
Isi tersirat fabel tersebut adalah ....
A. pemburu lupa membawa kulit harimau di semak-semak
B. seekor kuda bersembunyi di semak-semak menunggu hewan lain lewat
C. kuda menertawakan domba-domba yang berlarian karena takut
D. seekor kuda memakai kulit harimau untuk menjahili hewan-hewan di hutan

Kunci Jawaban: D

Soal Simulasi 1 dan Kunci Jawaban UN Bahasa InSoal Simulasi Dilengkapi dengan Kunci Jawaban UN Bahasa Indonesia Tahun 2018 (Bag.5)donesia Tahun 2018 (Bag.5)
www.ilmubindo.com

2. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Akhirnya John tidak tahan lagi. "Saya menyesal, saya tidak bisa menerima Pak Wayan lebih lama di sini. Sebab saya akan punya tamu besok. Pak Wayan sudah satu minggu di sini, saya kira sudah waktunya Pak Wayan pulang. Mungkin sudah rindu pada keluarga. Keluarga mungkin sudah rindu sekali dengan Pak Wayan. Saya mengerti. Saya tidak akan menahan Pak Wayan lebih lama.," kata John.
Wayan terkejut. Tapi lalu tersenyum,"Ah, tak apa-apa Pak John, saya sudah biasa pergi dari rumah satu bulan. Mereka tidak akan apa-apa. Lagipula keponakan saya ini belum melihat Taman Mini dan Ancol. Ia bahkan kepingin cari kerja di sini. "
"Tapi saya akan ada tamu besok. Kamar tamu akan dipakai."
....
John jadi bingung. Ia merasa sudah menyampaikan keinginannya dengan sopan. Tapi tamunya tidak mengerti. Ia makin merasa haknya sebagai pemilik rumah sudah ditindas. Sementara Wayan sudah meloncatkan pikirannya untuk mengajak keponakannya ke Taman Mini besok paginya. Akhirnya John terang-terangan mengusir. "Maaf Pak Wayan. Saya kira saya tidak bisa lagi menerima Pak Wayan di sini. Saya ada tamu besok. Saya harap Pak Wayan mengerti."
Sekarang Wayan mulai tertegun.
"Maksud Pak John, saya harus pulang?"
Akibat konflik yang ditimbulkan dalam kutipan tersebut adalah ....
A. John akan menerima tamu
B. Wayan akan tidur di ruang tamu
C. Wayan mengajak keponakannya
D. John mengusir Wayan

Kunci Jawaban: D

3. Bacalah fabel berikut!
Dahulu kala ada seorang petani yang memiliki seekor angsa yang cantik. Setiap hari angsa menelurkan sebuah telur emas yang berkilauan. Petani tersebut mengambil dan membawa telur emas tersebut ke pasar dan menjualnya. Dalam waktu singkat, petani tersebut menjadi kaya. Namun, tidak lama kemudian keserakaan dan ketidaksabaran petani tersebut terhadap angsa muncul karena angsa hanya memberikan sebutir telur satiap hari. Petani merasa hal itu belum cukup.
Suatu hari setelah menghitung uangnya, sebuah ide muncul di kepalanya. Ide bahwa ia akan mendapatkan semua telur emas sang angsa dengan cara memotong angsa tersebut. Ketika ide tersebut dilaksanakan, tidak ada sebutir telur pun yang ditemukan. Padahal angsanya yang sangat berharga terlanjur mati dipotong.
Akibat konflik yang ditimbulkan dalam fabel tersebut adalah ....
A. angsa mati setelah dipotong petani
B. angsa bertelur satu butir sehari
C. petani ingin cepat kaya
D. petani ingin mendapat banyak telur

Kunci Jawaban: A

4. Bacalah kedua kutipan fabel berikut!
Fabel I
Seekor anak kambing yang sangat lincah ditinggalkan oleh pengembalanya di atap jerami kandang untuk menghindari anak kambing dari bahaya. Anak kambing itu mencari rumput di pinggir atap. Saat itu ia melihat seekor serigala. Anak kambing memandang serigala itu dengan raut muka yang penuh ejekan dan penuh kemenangan. Anak kambing itu mengejek serigala karena ia berpikir serigala tersebut tidak akan bisa naik ke atap.
Serigala itu pun menatap anak kambing dari bawah.
"Saya mendengarmu," kata sang serigala. " Saya tidak dendam terhadap ejekanmu karena atap yang berbicara dan bukan kamu"
Fabel II
Burung bangau mendapat ide dan berpura-pura duduk termenung dengan perasaan sedih di tebing tasik. Seekor katak yang kebetulan berada di situ tampak bangau yang sangat murung dan sedih lalu bertanya, 
Kenapakah aku lihat akhir-akhir ini bersedih saja wahai bangau?"
"Apa memusingkan kamu, sedangkan kita hidup di sini sudah sekian lama tidak ada masalah," tanya katak.
"Aku tahu, aku sering terbang ke sana kemari dan mendengar manusia sedang berbincang tentang bencana kemarau yang akan menimpa kawasan ini dalam beberapa bulan lagi. Kau pasti juga merasakan bahwa akhir-akhir ini udara terasa panas. Hujan pun sudah lama tak turun. Aku khawatir tasik ini akan kering dan semua penghuni tasik ini akan mati."
Katak mengangguk tanda mengerti apa yang disampaikan bangau tadi.
Perbedaan pola pengembangan pada kedua fabel tersebut adalah ....

 Fabel I
Fabel II
 A.
 menggunakan alur maju
 menggunakan alur sorot balik
 B.
 menggunakan sudut pandang orang ketiga
 menggunakan sudut pandang orang kedua
 C.
 menggunakan sebutan aku
 menggunakan sebutan nama tokoh
 D.
 menggunakan paparan
 menggunakan dialog

Kunci Jawaban: D

5. Bacalah data buku berikut!
Judul           : 99 Cahaya di Langit Eropa
Penulis        : Hanum Salsabila Rais dan Rangga Almahendra
Penerbit      :  PT. Gramedia
Tebal          :  340 Halaman

Paragraf berikut yang menyatakan kelemahan buku adalah ....
A. Novel 99 Cahaya di Langit Eropa karya Hanum Salsabila Rais dan Rangga Almahendra bertemu menapaki jejak Islam di Eropa. Buku ini berisi kisah-kisah perjalanan kedua penulis selama berada di Eropa.
B. Bahasa yang digunakan dalam novel ini begitu santai, lugas, dan sederhana. Seakan-akan penulis mengajak pembaca turut serta dalam perjalanan spritual yang dilakukan.
C. Novel ini memiliki kekurangan. Pada pemotongan subbab terkesan di paksa. Pada akhir subbab, tiba-tiba pembaca dibawah masuk lagi pada rangkaian cerita sebelunya yang terputus.
D. Kehancuran Islam di Eropa adalah karena setitik nila, yaitu perang saling menguasai yang menyebabkan trauma berkepanjangan. Jika proses masuknya Islam konsisten melalui cara damai seperti di Indonesia, tentunya Eropa hingga kini masih akan bercahaya sebagaimana Cordoba berhasil memerangi abad gelap di Eropa.

Kunci Jawaban: C


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Soal Simulasi Dilengkapi dengan Kunci Jawaban UN Bahasa Indonesia Tahun 2018 (Bag.5)